10 Alat Pembuat Kopi Espresso Manual untuk Penikmat Kopi Sejati

Kini, minum kopi tidakhanya sekadar menjadi kebiasaan rutin sehari hari. Lebih dari itu,menyesap cairan pekat berkafein sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Hal ini terlihat dari banyaknya kedai atau coffee shop yang bermunculan di berbagai daerah di Indonesia.

Tidak hanya di kota-kota besar, kemunculan coffee shop sudah merambah sampai ke pelosok desa. Dan, secangkir kopi berbahan dasar espressomenjadi pilihan favorit bagi para penikmat kopi sejati di Indonesia.

Karena itu, kami menyajikan beberapa alat pembuat kopi espresso manual untuk penikmat kopi sejati berikut dengan harga serta ulasanya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai alat pembuat kopi espresso dan cara perawatannya.

Mengenal kopi espresso

Pada dasarnya, Espresso adalah cairan hitam kental yang terbuat dari hasil ekstraksi kopi yang sudah di-roasting atau disangrai. Dahulu, espresso sangat terkenal di kalangan masyarakat Eropa, terutama di negara asalnya, Italia.Espresso juga bisa disebut sebagi intinya kopi, karena espresso dihasilkan dari proses penyeduhan bubuk kopi dengan air panas bertekanan tinggi.

Secara harfiah, Espressobisa juga diartikan sebagai kopi cepat (express), karena disajikan dalam waktu yang relatif cepat. Espresso biasa digunakan sebagai bahan dasar minuman berbasis kopi. Menenggak satu cup espresso dapat membuat kita terjaga seharian.Asupan kafein pada cairan pekat ini mampu menambah semangat dan konsentrasi.

Citarasa espresso sangat dipengaruhi oleh jenisbeans (biji kopi) yang digunakan. Espresso yang dibuat dengan kopi Arabica, memiliki citarasa yang lebih ringan, manis, lembut, dengan body atau kekentalan menengah yang nyaman dinikmati.

Sedangkan, espresso berbahan kopi Robusta akan terasa lebih kuat, pahit, getir, namun memiliki aroma semerbak yang menggugah selera. Maka dari itu, tak jarang peracik kopi profesional menggabungkan kopi Arabica dan Robusta sebagai houseblend yang digunakan untuk membuat espresso.

Pahami jenis-jenis minuman berbahan espresso!

Menggabungkan dua jenis kopi ini mampu menghasilkan citarasa yang lebih kaya, yaitu sensasi buah-buahan dan karamel ala Arabica, dan body yang tebal dengan aroma memikat khas Robusta.

Selain itu, membuat espresso dengan houseblend (Arabica dan Robusta) juga lebih murah, karena harga Arabica yang cukup mahal, bisa dikurangi dengan penambahan Robusta yang harganya cenderung lebih murah.

Houseblend yang menggunakan Arabica dan Robusta biasanya digunakan untuk membuat minuman kopi berbasis espresso yang harganya terjangkau, sebut saja minuman es kopi susu kekinian yang sangat populer dalam beberapa tahun belakangan ini.

Rasa pahit dan getir dari kopi Robusta tidak akan terlalu terasa karena sudah ditutupi oleh kopi Arabica yang dicampur dengan bahan baku lainnya seperti susu segar, krimmer kental manis, gula aren, atau bahkan bola-bola tapioka (boba) yang belakangan ini cukup populer di kalangan generasi milenial.

Karena itu, selain es kopi susu yang kekinian, espresso juga digunakan untuk membuat minuman kopi klasik ala Italia, seperti Café Latte, Capuccino, Macchiato, Moccachino dan masih banyak lagi.

Jenis minuman kopi klasik itu menggunakan espresso yang dicampur dengan berbagai bahan lain, terutama susu segar pada menu Café Latte, Capuccino dan Macchiato, perbedaannya hanya dari jenis takaran antara susu, micro foam, dan espress yang digunakan. Khusus untuk menu Mocaccino, selain susu segar, dan espresso, minuman ini dibuat dari bubuk cokelat murni.

Pilih alat pembuat espresso manual

Membuat espresso identik dengan penggunaan mesin espresso yang canggih dan mahal. Bayangkan saja, untuk membeli sebuah mesin-mesin canggih yang biasa digunakan di coffee shop itu, anda harus merogoh kocek dalam dalam. Satu mesin espresso berfitur standar, dapat dibeli dengan harga puluhan juta rupiah.

Selain mahal, mesin espresso juga sangat boros listrik. Mesin espresso standar dengan single porta filter dan steamer memiliki daya sekitar 1.500 – 3.000 watt. Tak heran, jika satu cangkir kopi di coffee shop dihargai cukup mahal kan?

Tapi jangan khawatir, anda tetap bisa menikmati minuman kopi berbahan dasar espresso tanpa harus membeli mesin espresso yang mahal itu. Banyak alat pembuat espresso manual yang memiliki kualitas seduhan serupa dengan mesin espresso profesional.

Saat ini terdapat beragam jenis alat pembuat espresso manual dengan berbagai fungsi yang berbeda. Moka Pot misalnya, alat yang terbuat dari stainless steel ini digunakan untuk membuat espresso dengan metode penyeduhan tradisional ala Italia, yaitu dengan memanfaatkan pemanasan dari kompor.

Ada pula alat pembuat espresso manual tanpa listrik. Biasanya, alat semacam ini menggunakan tenaga manusia. ROK Presso misalnya, untuk membuat espresso dengan alat ini, anda harus menekan dua buah tuas yang terhubung pada plunger yang terpasang pada chamber tempat menuang air panas. Di bawah chamber itu, ada portafilter yang digunakan untuk menempatkan bubuk kopi.

Beberapa produsen bahkan memproduksi alat pembuat espresso portable yang bisa dibawa ke mana saja.Jenis ini biasanya diperuntukkan bagi pecinta kopi yang gemar bepergian, traveling, atau berpetualang ke berbagai tempat wisata. Tentunya, dengan alat ini, Anda tetap bisa menikmati espresso kapan saja dan di mana saja.

Cara merawat alat pembuat espresso manual

Agar Anda bisa menikmati espressosetiap hari, tentunya Anda diharuskan untuk merawat alat pembuat espresso manual yang Anda miliki. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat alat pembuat espresso manual, seperti :

  • Bersihkan secara rutin. Agar manual espresso maker Anda lebih awet, sebaiknya Anda membersihkannya secara rutin. Bekas kopi yang menempel biasanya akan menimbulkan aroma tidak sedap jika tidak dibersihkan.
  • Jangan mencuci alat pembuat espresso manual dengan sabun. Karena busa pada sabun biasanya bersifat korosif yang nantinya akan menimbulkan karat pada alat pembuat espresso.
  • Simpan di tempat kering dan tidak lembab. Tempat yang lembab biasanya akan membuat alat Anda berjamur, yang akan berpengaruh pada rasa espresso yang dihasilkan.
  • Rendam alat pembuat espresso manual dengan air hangat. Cara ini mampu meluruhkan sisa lemak kopi dan debu-debu kecil yang menempel pada alat Anda.
  • Jangan menuang air panas lebih dari 95 derajat. Ada beberapa bagian dari alat pembuat espresso manual yang terbuat dari karet atau silikon. Menuangkan air panas yang lebih dari 95 derajat, dapat membuat material karet dan silikon memuai bahkan retak dan putus.

10 Alat Pembuat Kopi Espresso Manual untuk Penikmat Kopi Sejati

Setelah Anda mengetahui tentang alat pembuat espresso manual beserta cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi alat pembuat kopi espresso manual untuk penikmat kopi sejati berikut ini :

10. ROK Presso GC

rok_presso_gc

Harga : Rp 2.799.000

Tekanan lebih banyak, tenaga lebih sedikit

Kepopuleran ROK Presso sebagai manualespresso maker sudah tidak diragunakan lagi. ROK Presso bahkan digunakan sebagai alat pembuat espresso untuk tujuan komersial. Banyak kedai kopi yang mengandalkan ROK Presso untuk membuat berbagai jenis minuman nikmat berbahan espresso.

Fitur yang disajikan alat asal Inggris ini pun semakin berkembang, seperti pada seri terbarunya, Rok Presso GC (Glass Composite). Masih mengusung konsep espresso tanpa listrik, ROK Presso GC mampu menghasilkan espresso dengan kualitas yang mendekati mesin espresso profesional.

Pada seri sebelumnya, ROK Presso menggunakan material yang terbuat dari alumunium padat dengan bagian cylinder dan plunger yang terbuat dari plastik tebal transparan. Pada ROK Presso GC, material cylinder dan plunger nya diganti dengan bahan glass composite yang lebih tahan banting.

Penggunaan material glass composite rupanya berpengaruh cukup signifikan, terutama pada daya yang dihasilkan dalam memberi tekanan pada proses ekstraksi kopi. Sebelumnya, Anda harus menambahkan booster pada plunger ROK Presso untuk meringankan tenaga yang dikeluarkan saat Anda menekan lengan plunger untuk mengekstrasi espresso.

Untuk seri terbaru ini, ROK Presso GC hadir dengan brew chamber yang lebih sempit, sehingga mampu memberi tekanan lebih banyak dengan tenaga yang lebih sedikit. Tekanan yang dihasilkan dari material terbaru ini mampu mencapai 15bar, sehingga menghasilkan espresso kental dengan crema keemasan yang tebal. Anda bisa membeli alat pembuat espresso manual ini di Shopee.

9. Flair Espresso Maker

flair_espresso_maker

Harga : Rp 2.497.000

Compact, praktis dan simple

Flair Espresso Maker merupakan alat pembuat espresso manual besutan Intact Idea LLC, sebuah perusahaan berbasis di negara bagian California, Amerika Serikat.

Alat buatan Sergio Landau ini digadang-gadang menjadi saingan terberat ROK Presso. Flair mengusung desain yang compact dan minimalis yang mudah dibongkar pasang. Desain ini menjadikan Flair sangat praktis dan mudah dibawa ke mana saja untuk menyeduh espresso yang nikmat.

Flair dilengkapi dengan koper kecil yang ringkas, sehingga memudahkan untuk dibawa ke mana saja. Berbeda dari ROK Presso yang menggunakan dua tuas, alat pembuat espresso tanpa listrik ini hanya menggunakan satu tuas untuk menghasilkan tekanan maksimal pada saat mengekstraksi kopi.

Flair juga dilengkapi dengan unit brew head yang terdri dari portafilter, piston, shower screen, gelas ukur, dan sebuah tamper berbahan alumunium. Alat ini dibuat menggunakan material alumunium padat yang ringan, yaitu seberat 1.9 Kg saja.

Portafilter nya sendiri mampu menampung bubuk kopi seberat 25 gram (2 shot espresso) dengan kapasitas air maksimal 65 ml. Untuk menghasilkan espresso yang nikmat, Anda disarankan menggunakan bubuk kopi sebanyak 17 gram saja.

Selanjutnya, usahakan untuk menekan bubuk kopi menggunakan tamper yang tersedia hingga padat sebelum memasukkan ari panas 90 derajat ke dalam brew head. Kemudian, pasanglah tuas piston pada tempatnya untuk menekan air yang digunakan sebagai proses mengekstraksi kopi. Tekan secara perlahan dan konsisten untuk menghasilkan satu shot espresso.

Tuas piston pada Flair dirancang khusus untuk menghasilkan tekanan sebanyak 9 sampai 15 bar. Maka tak heran jika espresso yang dihasilkan mengeluarkan crema tebal seperti mesin espresso profesional. Anda bisa membeli alat pembuat espresso manual ini di Shopee.

8. Aeropress

aeropress

Harga : Rp 600.000

Menghasilkan espresso bercitarasa unik

Aeropress tengah populer di kalangan penyeduh kopi. Alat ciptaan Alan Adler, seorang ilmuwan dari Universitas Stanford, Amerika Serikat ini bahkan telah digunakan oleh para barista profesional.

Walaupun termasuk dalam alat penyeduh kopi untuk metode manual brewing, Aeropress juga bisa digunakan untuk membuat espresso. Jika dilihat dari desainnya, Aeropress terbilang sederhana karena hanya berbentuk tabung plastik dengan tuas plunger vertikal.

Jika diamati, Aeropress sekilas mengingatkan kita dengan French Press karena menggunakan plunger vertikal.Namun siapa sangka citarasa kopi yang dihasilkan dari Aeropress cukup menjanjikan, dan menawarkan nuansa baru untuk ritual minum kopi yang lebih khidmat.

Cara penggunaannya pun relatif mudah, Anda hanya perlu mengisi beberapa gram kopi sesuai keingingan pada chamber yang berisi kertas penyaring. Anda bisa mengaduk kopi yang sudah terendam air menggunakan pengaduk yang disediakan Aeropress. Kemudian, Anda tinggal menekan plungeryang sekilas mirip alat suntik itu untuk mengekstraksi bubuk kopi. Anda bisa membeli alat pembuat espresso manual ini di Lazada.

7. Wacaco Minipresso GR

wacaco_minipresso_gr

Harga : Rp 689.000

Cocok untuk para petualang

Wacaco Minipresso GR adalah alat espresso portable yang tidak membutuhkan listrik saat digunakan. Bentuknya mini dan bobotnya hanya sekitar 360 gram sehingga membuat alat ini mudah dibawa ke mana saja.

Cara menggunakannyacukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan bubuk kopi pada chamber yang tersedia. Karena berukuran mini, alat ini hanya bisa digunakan untuk membuat single shot espresso dengan bubuk kopi seberat 7 sampai 10 gram.

Masukkan air panas sebanyak 50 ml di atas chamber tersebut, kemudian buka handle yang tersedia untuk memompa air panas. Tekan pompa tersebut beberapa kali untuk mengekstraksi bubuk kopi menjadi 30 ml espresso.Anda bisa membeli alat pembuat espresso manual ini di Shopee.

6. Staresso

staresso

Harga : Rp 638.000

Desain terbaik dan nyaman saat digunakan

Mengusung konsep easy to use dan portable, Staresso telah mendapatkan penghargaan RED DOT Awards di Jerman. Straresso mampu menghasilkan tekanan hingga 15 sampai 20 bar, cukup mumpuni untuk sekelas alat espresso manual semacam ini.

Minipresso juga dilengkapi handle hidrolik yang digunakan untuk memompa air panas saat mengekstraksi kopi. Karena berukuran mini, Staresso ini hanya bisa digunakan untuk menghasilkan single shot espresso.

Menariknya, alat ini juga bisa digunakan sebagai milk ftother, alias pengaduk susu untuk membuat café latte. Anda bisa membeli alat pembuat espresso manual ini di Shopee.

5. Italexpress Moka Pot

italexpress_moka_pot

Harga : Rp 115.600

Alat penyeduh espresso berbasis kompor

Italexpress merupakan satu di antara merek moka pot yang terkenal di dunia.Moka pot buatan Italia ini telah melegenda dan populer digunakan sebagai alat pembuat espresso portable. Alat ini dapat menghasilkan espresso dengan metode seduh tradisional ala Italia. Untuk membuat espresso menggunakan alat ini, Anda hanya perlu memanaskannya di atas kompor.

Italexpress Moka Pot berkapasitas besar, sehingga mampu menghasilkan 6 cups espresso. Terbuat darimaterial alumunium berkualitas tinggi, yang mampu menghantarkan panas secara maksimal selama proses ekstraksi kopi.

Soal rasa, jangan ditanya, moka pot legendaris ini mampu menghasilkan espresso kental yang nikmat. Karena mengusung konsep tradisional, espresso yang dihasilkan hanya sedikit mengeluarkan crema. Namun jangan khawatir, citarasa seduhan espresso yang dihasilkan Italexpress tidak diragukan lagi kualitasnya. Anda bisa membeli alat pembuat espresso manual ini di Blibli.

4. Latina Saigon Vietnam

latina_saigon_vietnam

Harga : Rp 185.000

Murah dan mudah digunakan

Alat yang populer untuk menyeduh sajian kopi susu ala Vietnam ini mampu menghasilkan espresso kental yang nikmat. Agar lebih maksimal, kami menyarankan Anda untuk menggunakan Latina Saigon Vietnam Drip (200 ML).

Produk dari Latina ini dibuat menggunakan material stainless steelyang berkualitas, sehingga mampu menghantarkan panas secara maksimal saat mengekstraksi bubuk kopi.

Seperti Vietnam Drip pada umumnya, Latina Saigon terdiri dari tiga bagian, yaitu dripper, tamper, dan brewing chamber.Menariknya, Latina Saigon telah mengusung model srew temper, alias temper ulir yang lebih mudah digunakan untuk menyeduh espresso.Anda bisa membeli alat pembuat espresso manual ini di Lazada.

3. Bialetti Fiammetta

bialetti_fiammetta

Harga : Rp380.000

menyeduh espresso dengan metode tradisional Italia

Siapa yang tidak kenal dengan Bialetti.Moka pot buatan Alfonso Bialetti ini sangat populer di seluruh dunia.Bialetti Fiammetta ini merupakan inovasi pembuat espresso manual yang menggabungkan konsep klasik dengan kualitas seduhan kopi generasi ke-3 (3rd Wave).

Alat ini berkapasitas cukup besar, dan mampu menghasilkan sampai 3 cups espresso dalam sekali seduh. Seperti moka pot pada umumnya, alat ini memerlukan kompor untuk mengekstraksi kopi.

Desainnya yang cantik, membuat alat ini diminati oleh pecinta kopi dunia. Tak hanya home brewer, barista profesional pun kerap menggunakan alat pembuat espressomanual ini.Anda bisa membeli alat pembuat espresso manual ini di Shopee.

2. Bialetti Moka Express

bialetti_moka_express

Harga : Rp 385.000

Desain klasik dan legendaris

Satu lagi produk buatan Bialetti yang populer di kalangan penikmat kopi.Bialetti Moka Express yang merupakan alat pembuat espresso manual yang legendaris.

Alat ini masih mempertahankan desain klasiknya hingga saat ini.Tidak heran jika Bialetti Moka Express dijadikan salah satu benda koleksi di Museum Nasional Inggris.

Moka Express ini lah yang menjadi cikal bakal penyebutan Moka Pot.Bisa dibilang, Bialetti Moka Express ini adalah the founding father nya moka pot modern yang sering Anda temui saat ini.

Produk Bialetti yang asli memiliki ciri khas, yaitu logo Manusia Kecil Berkumis yang dalam bahasa Italia disebut L’omino Con I Baffi.Logo ini didesain oleh anak Alfonso Bialetti, yaitu Renato Bialetti yang seorang karikaturis.Anda bisa membeli alat pembuat espresso manual ini di Shopee.

1. Blackanswered

blackanswered

Harga : Rp 3.100.000

Buatan lokal dengan citarasa internasional

Alat pembuat espresso manual ini mungkin menjadi satu-satunya yang berasal dari Indonesia.Blackanswered merupakan mesin pembuat espresso manual ciptaan seorang seniman alumunium asal Yogyakarta, Noor Asif.

Di bawah bendera Coffeewae, Blackanswered menjadi salah satu alat pembuat espresso yang fenomenal.Tidak hanya digunakan untuk mengekstraksi bubuk kopi menjadi espresso, Blackanswered juga memiliki pipafrother yang bisa digunakan untuk membuat micro foam pada fresh milk.

Citarasa espresso yang dihasilkan menggunakan alat ini pun tidak bisa dipandang sebelah mata.Blackanswered mampu menghasilkan kualitas espresso yang menyamai hasil mesin canggih seharga puluhan juta rupiah.Anda bisa membeli alat pembuat espresso manual ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli alat pembuat espresso manual, pastikan Anda mengetahui berbagai fitur dan cara penggunaan alat tersebut.
  • Selain itu, sesuaikan harga dan kebutuhan Anda sebelum membeli alat pembuat espresso manual.
  • Jika Anda ingin menggunakan alat pembuat espresso manual untuk keperluan komersial, Anda bisa memilih ROK Presso GC.
  • Namun, untuk Anda yang ingin menikmati espresso dengan sensasi yang unik dan tidak biasa, Anda bisa memilih Latina Saigon.
  • Sedangkan, jika Anda ingin mencicipi citarasa espresso dari alat buatan lokal dengan kualitas internasional, Anda bisa menggunakan mesin espresso manual buatan Yogyakarta, Blackanswered.

Referensi

  1. Home Grounds (2020), The Best Manual Espresso Machines (Lever Espresso Machine Reviews),https://www.homegrounds.co/best-manual-espresso-machines/
  2. Coffee Channel (2020), Best Portable Espresso Makers 2020 – Reviews & Buyer’s Guide, https://coffee-channel.com/best-portable-espresso-makers/
  3. Roasty (2020), How to Make Espresso Without an Espresso Machine, https://www.roastycoffee.com/how-to-make-espresso/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *