10 Digital Synthesizer Terbaikuntuk Membuat Musik EDM

Synthesizer merupakan perangkat musik yang digunakan untuk membuat gelombang suara. Gelombang suara itu diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan aransemen musik elektronik. Dan, salah satu instrumen wajib pada perangkat Synthesizer adalah digital synthesizer.

Digital synthesizer berbentuk keyboards yang telah dibenamkan berbagai macam jenis suara yang bisa dimodifikasi sesuai keinginan pemainnya. Umumnya, dalam meramu musik elektronik, para musisi menggabungkan sound digital synthesizer dengan program komputer.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa digital synthesizer terbaik untuk membuat musik EDM berikut dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih digital synthesizer dan cara merawatnya.

Mengenal digital synthesizer

Electronic Dance Music (EDM) kembali populer beberapa tahun belakangan. Dahulu, EDM sempat menjadi tren di era 1970 sampai 1970 an. Saat itu, musik elektronik identik dengan musik disko retro yang sangat digandrungi anak muda pada zamannya. Tidak hanya di negara Amerika dan Eropa, musik elektronik juga sangat populer di kawasan Asia.

Di Jepang misalnya, pada tahun 1970 an, negeri Sakura itu mempopulerkan genre musik EDM yang dikenal sebagai City Pop. Lagu bergenre City Pop Jepang berjudul Plastic Love yang dipopulerkan oleh Mariya Takeuci bahkan kembali populer beberapa tahun ini. Di Indonesia sendiri, banyak musisi EDM legendaris yang membawa perubahan pada industri musik tanah air.

Lagu-lagu seperti Sakura dan Becelona milik Faris RM pun masih asyik didengarkan hingga saat ini. Seiring perkembangannya, EDM semakin diminati berkat kehadiran musisi internasional seperti Martin Garrix, Skrillex, Kanye West, Allan Walker dan sebagainya. Mereka berhasil mencuri perhatian penggemar musik dengan nuansa musik elektronik yang dibalut dengan unsur pop yang kental.

Allan Walker misalnya, keahliannya meramu musik pop dengan nuansa elektronik membuat nama nya diakui dikancah musik internasional. Dalam meramu musiknya, Allan Walker didukung oleh perangkat musik canggih yang disebut dengan Synthesizer. Instrumen yang kerap disingkat sebagai Synth ini menjadi perangkat wajib bagi musisi EDM.

Cara memilih digital synthesizer yang tepat untuk Anda

Bagi Anda yang ingin membuat musik EDM, berikut ini merupakan tips yang bisa Anda gunakan saat memilih instrument digital synthesizer yang tepat untuk Anda:

  • Pilih yang sesuai dengan keperluan

Digital synthesizer terdiri dari dua jenis, yaitu analog synthesizer dan midi controller. Analog synthesizer biasanya digunakan bagi musisi yang gemar bermain di panggung. Analog synthesizer dilengkapi program digital pada perangkatnya, sehingga Anda tak perlu menggunakan software DAW untuk memainkannya.

Sementara, midi controller adalah perangkat synthesizer yang hanya bisa dioperasikan menggunakan software DAW. Midi controller biasanya digunakan untuk membuat rekaman di studio. Namun ada juga beberapa musisi yang kerap menggunakan midi controller di panggung.

  • Perhatikan fitur digital synthesizer

Umumnya, digital synthesizer memiliki berbagai fitur menarik untuk membuat musik. Beberapa instrumen yang dibekali teknologi workstation dilengkapi dengan fitur yang lebih kompleks seperti membuat arpeggio, looping, tracking vocal sampai merekam alat musik pada fitur squencer.

Arpeggiator pada synth digunakan untuk menghasilkan nada beruntun yang dinamis. Contoh musisi yang kerap menggunakan arpeggio adalah Muse. Sequencer adalah fitur perekam multirack yang mampu merekam berbagai instrument musik. Fitur ini juga digunakan untuk menggabungkan rekaman tersebut menjadi satu track musik.

  • Perhatikan teknologinya

Bagi musisi EDM, teknologi sampling menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki oleh perangkat digital synthesizer. Sampling adalah teknologi yang digunakan untuk mengambil suara dari berbagai sumber yang Anda inginkan. Misalnya suara manusia, angin, air, petir dan sebagainya. Suara-suara tersebut kemudian digabungkan dalam proses editing. Instrumen synth yang memiliki teknologi sampling disebut sebagai sampler.

  • Pelajari cara pengoperasiannya

Memainkan digital synthesizer tidak semudah yang dibayangkan. Ada teknik khusus yang harus Anda pelajari untuk mengoperasikan beragam perangkat synth untuk membuat EDM. Setidaknya sebelum memilih digital synthesizer, Anda mengetahui berbagai fungsi dan cara pengoperasiannya.

Umumnya, instrumen yang digunakan sebagai digital synthesizer berbentuk keyboard. Beberapa instrumen synth bahkan memiliki tombol kunci (keys) dengan beragam oktaf. Mulai dari 61 keys sampai 88 keys.

Kualitas sound yang dihasilkan pun cukup beragam. Ada yang mampu menghasilkan sound piano seperti aslinya, ada pula yang mampu menghasilkan suara berdasarkan frekuensi yang dimodifikasi sedemikian rupa.

Cara merawat digital synthesizer

Setelah Anda membeli digital synthesizer, pastikan Anda mengetahui cara perawatannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk merawat digital synthesizer:

  • Buat ruangan khusus perangkat synthesizer. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat studio khusus untuk menyimpan perangkat digital synthesizer. Studio itu juga bisa digunakan sebagai tempat rekaman.
  • Simpan digital synthesizer dalam tas khusus. Jika tidak memiliki ruangan yang memadai, Anda bisa menyimpan perangkat synthesizer Anda pada tas atau kotak khusus. Menyimpan instrument dalam tas atau kotak membuat synthesizer Anda terlindung dari resiko jatuh dan tergores.
  • Gunakan power supply. Agar daya yang digunakan pada perangkat synthesizer Anda memadai, sebaiknya Anda menggunakan power supply. Power supply juga mengamankan tegangan listrik pada perangkat Anda agar lebih stabil.
  • Bersihkan dengan lap khusus. Jangan lupa untuk membersihkan perangkat digital synthesizer Anda secara rutin. Debu dan kotoran yang menempel akan merusak tampilan perangkat Anda.
  • Gunakan kabel yang sesuai. Perangkat digital synthesizer memiliki konektor yang tersambung dengan kabel khusus. Pastikan Anda menggunakan kabel yang sesuai untuk synthesizer, misalnya firewire, universal, USB atau kabel MIDI.

10 Digital synthesizer terbaik untuk membuat musik EDM

Berikut ini rekomendasi digital synthesizer terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membuat musik EDM, yaitu :

10. Roland Juno Gi

roland_juno_gi

Harga : Rp 6.800.000

Mobile synthesizer dengan digital recording

Roland Juno Gi merupakan perangkat terbaru dari seri klasik Juno G. Digital synthesizer besutan Roland ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas yang tinggi. Desainnya yang kompak dan didukung dengan berbagai fitur canggih membuat Roland Juno Gi menjadi pilihan bagi para musisi EDM.

Beberapa fitur yang dimiliki Roland Juno Gi antara lain 1.300 pilihan sound berkualitas tinggi, 128 suara polifonik dan fitur perekam digital yang bisa digunakan untuk 8-track sekaligus. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan rekaman instrument lain seperti gitar, bass dan vocal menggunakan perangkat ini.

Roland Juno Gi juga didukung oleh 64 trackvirtual dengan berbagai efek suara. Jika kurang puas terhadap suaranya, Anda bisa melakukan ekspor dan impor track data dari aplikasi komputer. Perangkat ini juga memiliki ruang penyimpanan berkapasitas 32 GB menggunakan kartu SDHC. Anda bisa membeli produk ini di Tokopedia.

9. M Audio Axiom 49

m_audio_axiom_49

Harga : Rp 7.449.000

Midi controller yang cocok untuk studio rekaman

M Audio menjadi salah satu brand soundsystem yang diakui oleh pelaku musik digital. Selain soundsystem, M Audio juga mengeluarkan berbagai instrument synthesizer. Salah satunya adalah M Audio Axiom 49.

Didukung oleh 49 tombol keyboard, midicontroller ini cukup pantas digunakan sebagai mitra rekaman. M Audio Axiom 49 bisa dioperasikan menggunakan berbagai Digital Audio Workstation (DAW).

Dengan 9 fungsi mixer, dan 8 encoder, perangkat ini juga memiliki beberapa pad yang bisa digunakan untuk menyimpan dan memainkan berbagai sound seperti drum, sound FX dan sebagainya. Anda bisa membeli M Audio Axiom 49 di Lazada.

8. Roland Juno D

roland_juno_d

Harga : Rp 3.750.000

Keyboard workstation bergaya vintage

Satu lagi digital synthesizer Roland yang layak diperhitungkan. Roland Juno D yang dirilis pertama kali pada tahun 2005 ini merupakan salah satu workstation terbaik di kelasnya. Dengan desain klasik bergaya vintage, Juno D dirancang dengan berbagai fitur menarik.

Didukung oleh 384 jenis suara, Juno D dirancang dengan berbagai program synthesizer yang dapat diandalkan. Anda bisa mengolah berbagai suara, memadukan beragam jenis suara bahkan menciptakan preset baru dengan perangkat ini. Anda bisa membeli produk ini di Tokopedia.

7. Minimoog Voyager XL

minimoog_voyager_xl

Harga : Rp 70.000.000

Klasik dan legendaris

Siapa yang tak kenal Moog. Pelopor synthesizer ini selalu menawarkan produk digital synthesizer terbaik kepada para musisi EDM. Salah satu synthesizer besutan Moog adalah MiniMoog Voyager XL.

Minimoog Voyager XL merupakan synthesizer analog yang legendaris. Perangkat ini dirancang dengan desain retro yang klasik, lengkap dengan papan kayu solid sebagai body-nya. Synthesizer analog ini terbilang mudah untuk digunakan, Anda tinggal menekan tombol power dan memasang kabel plug in kepada mixer atau amplifier untuk memainkannya.

Perangkat ini didukung oleh 1024 sounds dengan berbagai fitur editing analog khas Moog. Sound yang dihasilkan sangat orisinil dengan nuansa retro yang khas. Moog merupakan perangkat synthesizer yang dirancang khusus untuk menghasilkan sura mono synth yang bisa Anda ubah sesuai keinginan.

Tidak hanya itu, analog synthesizer ini juga bisa digunakan sebagai MIDI controller dan mendukung berbagai jenis aplikasi DAW populer. Anda bisa membeli produk ini di Tokopedia.

6. Yamaha Motif XS

yamaha_motif_xs7

Harga : Rp 18.500.000

Dirancang khusus untuk konser

Yamaha Motif XS merupakan salah satu synthesizer yang dirancang dengan berbagai sound akustik yang menawan. Anda bisa mendapatkan suara piano akustik yang persis seperti aslinya dengan Yamaha Motif XS.

Tidak heran jika banyak musisi dunia yang menggunakan synthesizer ini saat konser. Dengan hammeredknobreal-time nya, Anda seakan merasakan sensasi bermain piano sesungguhnya ketika memainkan Yamaha Motif XS.

Didukung dengan ribuan pilihan suara, 16-tracksequencer dan on-boardsampler nya, menjadikan synthesizer ini sangat mumpuni digunakan untuk membuat musik EDM secara profesional. Anda bisa membeli produk ini di Tokopedia.

5. AKAI LPK25

akai_lpk25

Harga : Rp 1.200.000

MIDI keyboard portabel untuk pemula

Mungil dan sederhana, ini lah kesan pertama yang muncul ketika Anda melihat MIDI keyboard besutan AKAI ini. AKAI LPK25 merupakan MIDI controller portabel dengan 25 tuts. Selain desainnya yang ringkas, kemampuan meracik musik AKAI LPK25 pun tidak bisa disepelekan.

MIDI controller ini memiliki 6 tombol audio sampler yang bisa digunakan untuk menyimpan dan memainkan berbagai program suara. AKAI LPK25 juga mendukung berbagai aplikasi DAW populer seperti Ableton dan FL Studio.

Dengan perangkat ini, Anda lebih mudah meracik musik EDM seperti seorang profesional. Fiturnya yang simple membuat MIDI controller ini juga mudah digunakan untuk pemusik pemula sekalipun. Anda bisa membeli produk ini di Lazada

4. Alesis QX49

alesis_qx49

Harga : Rp 3.450.000

Cocok untuk berbagai DAW populer

Alesis menjadi salah satu produsen synthesizer yang diakui oleh para musisi dunia. Salah satu produknya, Alesis QX49 patut menjadi pertimbangan Anda saat memilih synthesizer terbaik. Mengusung tema Total Creative Control, Alesis QX49 didukung oleh 49 tuts responsif yang menjadikan pengalaman bermusik semakin menyenangkan.

Anda lebih mudah mengkomposisi musik elektronik dengan fitur 4 tombol sampler, 2 roda modulasi dan tombol controlAttack, Delay, Sustain, Release (ADSR) yang terpasang rapi dalam sebuah midi controller. Alesis QX49 juga mendukung pengoperasian dengan berabgai software DAW favorit Anda. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Behringer Deepmind 12

behringer_deepmind_12

Harga : Rp 13.600.000

Analog synthesizer dengan Built-in WiFi

Tidak hanya mengeluarkan produk midi controller, Behringer juga terkenal dengan synthesizer analog nya. Salah satu synthesizer analog besutan Behringer adalah Behringer Deepmind 12.

Sesuai namanya, perangkat ini didukung oleh 12 voice polyphonic dengan berbagai fitur peracikan suara. Antara lain 4 mesin FX, 2 oscilator dan 3 generator ADSR. Fitur ciamik lainnya yang dibenamkan pada Synthesizer ini adalah 8 channel modulation matrix dan 32 level sequencer.

Semua fitur mumpuni ini bahkan bisa Anda operasikan hanya dengan tablet android. Behringer Deepmind 12 didukung oleh built-in WiFi yang memudahkan Anda untuk mengatur perangkat ini dari layar tablet. Anda bisa membeli produk ini di Tokopedia.

2. MicrroKORG

microkorg

Harga : Rp 4.799.000

Analog synthesizer dengan efek vokal

Jika Anda meggemari musik synth pop tentu sudah akrab dengan digital synthesizer yang satu ini. MicroKORG merupakan salah satu analog synthesizer yang menjadi pilihan banyak musisi profesional. Di Indonesia, MicroKORG digunakan oleh grup musik Nidji.

Pentolan band The Killers, Brandon Flowers juga kerap terlihat menggunakan MicroKORG di berbagai pementasannya. Salah satu fitur favorit dari synthesizer ini adalah built-in vocoder nya. Dengan fitur ini, Anda bisa menghasilkan berbagai efek vocal melalui perangkat gooseneck microphone yang terhubung dengan MicroKORG.

Ada pula fitur selectable-step arpeggiator yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan nada arpeggio secara instan. MicroKORG didukung oleh 4 voice analog modeling dengan 128 pilihan preset yang bisa diedit sesuka hati. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

1. Alesis Micron

alesis_micron

Harga : Rp 3.000.000

Favorit band pop punk

Jika Anda ingin menghasilkan sound unik khas musik Pop Punk seperti Pee Wee Gaskin, Alesis Micron merupakan pilihan yang tepat. Mengusung tema on-the-go musician, Alesis Micron menawarkan berbagai program suara analog yang realistik.

Dengan lebih dari 1000 program sound, synthesizer ini menawarkan berbagai variabel efek seperti wave, oscillator dan FM synthesis. 8 voice polyphony yang dibenamkan pada programnya, bisa Anda memainkan dengan 20 tipe filter yang menarik.

Tidak hanya itu, Alesis Micron juga didukung oleh fitur sequencer dan arpeggiator. Semua fungsi menarik ini juga bisa terhubung dengan aplikasi MIDI dari komputer. Anda bisa membeli produk ini di Tokopedia.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli digital synthesizer, sebaiknya Anda memperhatikan kegunaan, teknologi, fitur dan cara pengoperasiannya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara perawatan digital synthesizer agar awet dan berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Anda bisa memilih digital synthesizer Roland Juno Gi, karena memiliki berbagai fungsi workstation dan cocok digunakan untuk keperluan konser.
  • Sedangkan, untuk Anda yang gemar dengan suara analog retro yang klasik, Anda bisa memilih MiniMoog Voyager XL.
  • Namun, bagi Anda yang gemar meracik musik di studio dengan berbagai aplikasi DAW, Anda bisa memilih M Audio Axiom 49.

Referensi

  1. Musician’sHQ, Analog VS Digital Synth, Wich To Choose, https://musicianshq.com/analog-vs-digital-synth-which-to-choose/
  2. Syntorial, Picking The Right Synth, https://www.syntorial.com/tutorials/picking-the-right-synth/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *