10 Dispenser Galon Bawah Bagus dan Berkualitas

Anda tidak perlu lagi memasak air saat membuat kopi atau teh, segalanya akan lebih mudah dan praktis jika Anda memiliki dispenser. Salah satu jenis dispenser yang diminati masyarakat saat ini adalah dispenser galon bawah (bottom loading).

Dispenser galon bawah ini biasanya memiliki fitur cukup banyak yang lebih memudahkan serta dilengkapi teknologi yang lebih canggih. Selain itu, saat memasang galon, Anda tidak perlu mengangkatnya lagi sehingga lebih hemat tenaga.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa dispenser galon bawah bagus dan berkualitas berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang berbagai hal yang menarik terkait dispenser galon bawah serta cara perawatannya.

Alasan Memilih Dispenser Galon Bawah

Secara umum terdapat 2 jenis dispenser dilihat dari peletakannya, yaitu top loading dan bottom loading. Letak galon dispenser top loading berada pada bagian atas dispenser, sehingga saat memasangnya Anda harus mengangkat galon terlebih dahulu, jika tidak tepat air bisa tumpah.

Sedangkan letak dispenser bottom loading berada di bagian bawah dispenser, sehingga lebih mudah saat memasangnya. Dispenser bottom loading (galon bawah) biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada top loading, namun seiring perkembangan teknologi banyak dispenser bottom loading yang harganya terjangkau serta berkualitas.

Selain itu, biasanya dispenser bottom loading dilengkapi dengan fitur cukup banyak yang memudahkan penggunanya seperti menyediakan air panas dan dingin dengan mudah, terdapat layar LED, memiliki sistem alarm, serta memiliki fitur keamanan (child lock) yang berfungsi mengunci keran air panas sehingga aman bagi anak-anak.

Pilih Jenis Air Yang Tepat Untuk Dispenser Anda

Secara umum ada 7 jenis air yang biasa dikonsumsi oleh manusia untuk kebutuhan air minum sehari-hari. Adapun 7 jenis air tersebut adalah sebagai berikut:

Air Tanah (Spring Water)

  • Spring water berasal dari bawah tanah yang mengalir secara alami pada permukaan bumi.

Air Bawah Tanah (Artesian Water)

  • Artesin water berasal dari lapisan tanah paling dalam, untuk mendapatkannya perlu di bor hingga menembus tanah dan bebatuan.

Air Mineral Berkarbonasi (Sparkling Water)

  • Sparkling water mengandung karbon dioksida dan berkarbonasi, namun tidak mengandung gula maupun kalori.

Purified Water

  • Jenis air purifed water merupakan jenis air yang dihasilkan dari beberapa tahapan pengolahan atau proses sehingga menghasilkan air murni tanpa ada lagi mikroorganisme seperti bakteri dan lain-lain.

Air Keran (Tap Water)

  • Air keran ini biasanya didapatkan secara langsung dan mengalir ke rumah-rumah melalui pipa-pipa penyaluran air.

Air RO (Reverse Osmosis Water)

  • Air RO dibuat melalui proses penyaringan dengan tujuan agar dapat menyingkirkan kontaminan aestetisk yang menimbulkan rasa tidak sedap, warna, dan bau.

Air mineral (Mineral Water)

  • Air ini memiliki kandungan mineral alami maupun buatan. Biasanya air mineral dihasilkan dari mata air pegunungan yang telah diproses dan di dalamnya kaya akan mineral, garam dan senyawa sulfur.

Dari 7 jenis air minum diatas terdapat beberapa air yang biasanya cara menggunakannya memakai dispenser, seperti air mineral yang kini banyak diproduksi dalam kemasan galon, sehingga memudahkan saat memasang galon ke dispenser.

Selain itu, Anda bisa menggunakan air keran, air tanah maupun purified water saat menggunakan dispenser galon bawah, karena dispenser ini biasanya dilengkapi dengan teknologi yang bisa menghasilkan air bersih, bebas bakteri dan zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan.

Memilih Dispenser Yang Lebih Hemat Energi

Salah satu alasan yang harus menjadi pertimbangan saat membeli dispenser adalah pemakaian konsumsi listrik. Hal ini karena dispenser kerap dinyalakan selama 24 jam, sehingga menimbulkan kekhawatiran pembengkakkan beban biaya listrik. Anda bisa memilih dispenser yang memiliki daya yang rendah.

Namun, Anda juga bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini agar dispenser yang Anda pilih hemat energi:

Pilih dispenser dengan pilihan suhu yang lebih sedikit. Anda bisa memilih tipe 2 pilihan suhu seperti panas dan normal.
Pilih dispenser yang memiliki saklar terpisah, agar pemakaian bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti ketika Anda sering menginginkan air suhu panas, maka Anda bisa mematikan saklar untuk suhu dingin.
Pilih dispenser yang memiliki pengaturan suhu.

Perhatikan Bahan Serta Ukuran Tangki Penyimpanan Air

Tangki adalah salah satu bagian penting dari dispenser, karena sebagai tempat penyimpanan air saat akan dipanaskan atau didinginkan. Pastikan memilih tangki yang terbuat dari bahan berkualitas seperti stainless steel food grade yang anti karat dan aman bagi kesehatan.

Selain itu, perhatikan ukuran tangki. Standar ukuran tangki biasanya 1 liter yang cukup Anda gunakan untuk kebutuhan keluarga. Namun, ada juga ukuran tangki yang lebih besar hingga 3.5 liter yang bisa Anda gunakan untuk banyak orang, seperti untuk memenuhi kebutuhan air minum karyawan di kantor.

Pilih Dispenser Yang Memiliki Fitur Child Lock

Fitur pengaman (child lock) berfungsi untuk menjaga anak-anak agar terhindar dari air panas yang bisa keluar dari dispenser apabila dibuat bermain-main. Tentu ketidaktahuan anak-anak saat memencet keran panas pada dispenser bisa mengakibatkan kecelakaan yang fatal. Anda harus memastikan fitur pengaman tidak mengalami kebocoran, kuat dan terbuat dari bahan berkualitas.

Cara Merawat dan Membersihkan Dispenser Galon Bawah

Agar dispenser Anda tetap awet dan tahan lama, serta terhindar dari bau yang tidak sedap, maka bersihkan dispenser secara berkala. Anda bisa membersihkan setiap dua sampai tiga bukan sekali. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan dispenser galon bawah:

  • Sebelum membersihkan, pastikan melepaskan kabel listrik dari stopkontak kemudian rapikan. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari bahaya listrik serta lilitan kabel yang bisa membuat Anda terjatuh saat akan membersihkan dispenser.
  • Jangan menggunakan sabun atau zat kimia lain untuk membersihkannya, karena bisa mempengaruhi rasa air dalam kemasan.
  • Anda bisa membersihkan dispenser dengan larutan cuka. Anda bisa memasukkan cuka ke dalam dispenser yang telah terisi air hangat, kocok hingga tercampur sampai rata.
  • Periksa bagian dispenser yang biasanya digunakan untuk meletakkan galon, perhatikan area ujung dispenser. Jika terlihat ada kotoran yang menumpuk, maka segera bersihkan dengan tisu atau lap basah hingga bersih. Anda juga bisa membersihkan dengan sikat lembut jika terdapat bintik-bintik pada bagian tersebut.
  • Jika memungkinkan, Anda bisa melepas bagian pelindung tetesan atau baki dispenser saat membersihkannya, perhatikan bagian bawahnya dan pastikan noda atau kotoran bersih kembali.
  • Setelah dispenser Anda bersih dan terisi dengan air, kemudian hidupkan mesin dispenser dan tunggu 30 menit sampai 1 jam sebelum digunakan kembali.

10 Dispenser Galon Bawah Bagus Dan Berkualitas

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang dispenser galon bawah serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi dispenser galon bawah bagus dan berkualitas dari berbagai merek berikut ini:

10. Sharp SWD-78EHL-SL

Sharp_SWD_78EHL_SL

Harga : Rp 3.200.000

Membuat air tetap bersih, bebas kuman dan zat-zat yang berbahaya

Dispenser dari Sharp ini dilengkapi dengan fitur layar LCD Display temperature dan jam sehingga memudahkan pengoperasian serta lebih hemat energi. Dispenser ini akan memberikan keamanan dan kenyamanan maksimal karena dilengkapi dengan fitur child lock, quick flow dan ozone sanitizer.

Selain itu, desain Sharp SWD-78EHL-SL ini sangat keren sehinggga sangat cocok digunakan untuk rumah maupun kantor Anda, dan dispenser ini dilengkapi dengan fitur cooking tap & big tray yang akan memudahkan Anda saat ingin memasak air dengan cepat dan praktis. Anda bisa membeli dispenser ini di Bukalapak.

9. Sanken HWD520IC

Sanken_HWD520IC

Harga : Rp 1.395.000

Lebih praktis, anti karat dan hemat energi

Dispenser Sanken HWD520IC ini dirancang agar Anda dapat menggunakan air panas, normal dan air dingin dengan mudah dari keran yang berbeda. Membuat kopi, teh maupun susu tidak akan sulit lagi, karena dispenser ini mampu memanaskan dan menyimpan air panas dengan sangat baik, dan dilengkapi fitur child lock yang aman bagi anak-anak.

Selain itu, dispenser ini memiliki teknologi pendingin IC-Cool yang akan membuat minuman lebih dingin dan segar saat diminum. Anda bisa membeli dispenser ini di Bukalapak.

8. Miyako WDP 300

Miyako_WDP_300

Harga : Rp 798.000

Desain lebih kokoh dengan harga lebih terjangkau

Dispenser Miyako WDP 300 ini memiliki 2 keran yang bisa menghasilkan air panas dan dingin. Dispenser ini juga dilengkapi dengan child-lock system pada tombol air panas sehingga aman bagi anak-anak.

Selain itu, dispenser ini memiliki indikator LED yang akan menyala saat proses pemanasan maupun pendinginan, sehingga membuat Anda lebih mudah mendeteksinya sebelum digunakan. Anda bisa membeli dispenser ini di Bukalapak.

7. Denpoo DDB-29

Denpoo_DDB_29

Harga : Rp 1.199.000

Desain lebih elegan, modern dan hemat energi

Dispenser Denpoo DDB-29 ini memiliki 3 pilihan keran air yakni dingin, normal dan panas, serta dilengkapi dengan fitur child lock tombol pengaman air panas sehingga aman bagi anak-anak.

Desain dispenser ini juga akan menambah kesan elegan ruangan Anda, karena modelnya yang lebih modern dan keren. Selain itu, dispenser ini lebih hemat energi karena memiliki daya yang kecil 190 watt. Anda bisa membeli dispenser ini di Bukalapak.

6. Polytron PWC777

Polytron_PWC777

Harga : Rp 1.350.000

Memudahkan Anda dengan fitur yang lebih canggih dan modern

Dispenser Polytron PWC777 ini akan memberikan kemudahan serta kenyamanan dengan teknologi integrated warning system yang berfungsi memberikan sinyal alarm saat dispenser tidak dalam kondisi yang baik.

Alarm dispenser Polytron akan berbunyi saat pintu tidak menutup secara sempurna, air dalam keadaan habis, dan gangguan pada pompa. Selain itu, dispenser ini akan membuat tangki selalu terisi air karena adanya teknologi proactive water tank system yang mempu mendeteksi jumlah air yang ada dalam tangki. Anda bisa membeli dispenser ini di Bukalapak.

5. Electrolux EQBXF00BXSI

Electrolux_EQBXF00BXSI

Harga : Rp 3.000.000

Membuat ruangan lebih elegan dan berkualitas

Dispenser galon bawah dari Electrolux ini memiliki desain modern yang akan membuat tampilan interior ruangan Anda semakin terlihat mewah. Dispenser ini dilengkapi dengan 2 tombol yang bisa digunakan untuk membuat air panas, normal maupun dingin dengan mudah dan praktis.

Dispenser ini berukuran 410 x 437 x 1200 mm dengan tangki yang terbuat dari bahan stainless steel sehingga lebih higienis dan anti karat. Selain itu, kompresor pendinginnya sangat kuat dan efisien. Anda bisa membeli dispenser ini di Bukalapak.

4. Maspion MD-105 BL

Maspion_MD_105_BL

Harga : Rp 1.800.000

Tabung air anti karat dengan kompresornya yang tidak membuat berisik ruangan

Dispenser merek Maspion ini dilengkapi dengan 3 pilihan air yaitu panas, normal dan dingin. Dispenser ini juga sangat nyaman digunakan karena memiliki kompresor halus sehingga tidak menimbulkan suara berisik pada ruangan.

Selain ittu, kompresor ini mampu menghasilkan kualitas air yang sehat dan higienis karena tangki atau tabung airnya terbuat dari bahan anti karat. Anda bisa membeli dispenser ini di Bukalapak.

3. Changhong CMD-X5

Changhong_CMD_X5

Harga : Rp 1.450.000

Lebih mudah saat memasang, anti karat dan kompresor tahan lama

Dispenser Changhong CMD-X5 ini memiliki smart sensor control yang dapat membuat kompresor lebih awet dan tahan lama. Tangki dan pipa air galon ini terbuat dari stainless steel sehingga anti karat dan mampu menghasilkan air lebih higienis dan sehat.

Pipa pada dispenser Changhong CMD-X5 memiliki bentuk ā€˜Zā€™ yang bisa membuat daya hisap air lebih maksimal sehingga bisa mencapai tetes terakhir. Selain itu, bagian galon bawah dispenser ini dilengkapi dengan roda yang bisa memudahkan Anda saat mengangkat dan memasangnya. Anda bisa membeli dispenser ini di Bukalapak.

2. Modena DD 7301 L

Modena_DD_7301_L

Harga : Rp 2.145.000

Desain lebih elegan, hemat energi dan ramah lingkungan

Dispenser dari Modena memiliki desain elegan dengan warna dasar hitam yang akan membuat tampilan ruangan Anda nampak lebih mewah. Dispenser tipe DD 7301 L galon bawah ini memiliki 3 pilihan air yaitu panas, normal dan dingin yang bisa digunakan dengan mudah.

Konsumsi daya listrik dispenser ini termasuk kategori rendah sehingga membuat Anda lebih hemat energi. Selain itu, dispenser ini ramah lingkungan karena dilengkapi CFC free compressor. Anda bisa membeli dispenser ini di Bukalapak.

1. Cosmos CWD-7890

Cosmos_CWD_7890

Harga : Rp 2.129.000

Anti karat, lebih higienis dan easy instalation

Dispenser Cosmos ini dirancang agar Anda dapat menggunakan air panas, normal dan air dingin dengan mudah dari keran yang berbeda. Dispenser ini memiliki model galon bawah yang memudahkan Anda saat memasang galon.

Selain itu, dispenser ini memiliki tabung dan pipa yang terbuat dari stainless steel sehingga anti karat dan bisa menghasilkan minuman lebih higienis dan sehat. Anda bisa membeli dispenser ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli dispenser galon bawah, Anda harus memperhatikan spesifikasinya terutama bahan dan ukuran tabung, daya listrik serta pilih yang memiliki fitur child lock.
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatan dispenser dan membersihkan secara berkala agar kualitas air yang keluar dari dispenser tetap bersih dan terhindar dari kuman maupun zat-zat yang membahayakan tubuh.
  • Anda bisa memilih dispenser Modena DD 7301 L, karena dispenser ini hemat energi, ramah lingkungan serta memiliki desain yang akan membuat tampilan interior Anda lebih elegan.
  • Namun jika Anda ingin dispenser yang dilengkapi dengan LCD display, terdapat pengaturan quick flow, serta memiliki ozone sanitizer yang membuat air tetap higienis, Anda bisa menjatuhkan pilihan ke dispenser Sharp SWD-78EHL-SL.
  • Sedangkan, jika Anda ingin dispenser buatan produk dalam negeri yang bagus dan berkualitas, maka Anda bisa memilih dispenser Maspion MD-105 BL.

Referensi

  • Sharp (2017), Tips Cerdas Memilih Dispenser Hemat Listrik, https://www.sharp-indonesia.com/ind/article/detail/648/tips-cerdas-memilih-dispenser-hemat-listrik
  • Newair (2017), How to Clean Your Water Cooler: A Step-by-Step Guide, https://www.newair.com/blogs/learn/clean-water-cooler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *