10 Grinder Kopi Manual yang Cocok Untuk Para Traveler

Minum kopi menjadi sangat populer belakangan ini, terutama bagi para traveler. Tidak hanya nikmat, kafein yang terkandung dalam kopi bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan daya tahan tubuh. Dan, dalam takaran yang tepat, kafein dapat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu alat yang sampai hari ini masih digunakan dan spesial bagi para barista adalah Grinder manual. Walaupun memakan waktu dan tenaga dalam proses pembuatannya, hasil gilingan dari grinder manual dapat memberikan sensasi khas dan cita rasa kopi sejati yang nikmat.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa grinder kopi manual yang cocok untuk para travelerberikut dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagai pengetahuan mengenai cara memilih grinder kopi manual dan perawatannya.

Perhatikan bagian dari mata gilingan

Mata gilingan adalah elemen terpenting yang harus dimiliki penggiling kopi manual. Tidak jauh beda dengan yang dimiliki grinder elektrik, mata gilingan pada grinder manual juga terdiri dari dua buah dinding bergerigi. Mata gilingan jenis ini biasa disebut sebagai conical burr.

Umumnya, conical burr pada grinder manual terbuat dari gabungan berbagai bahan, seperti keramik atau porselen dan baja. Mata gilingan ini terdiri dari dua bagian, satu digunakan untuk memutar biji kopi, satu bagian lagi dipasang permanen untuk menahan biji kopi agar tergiling sempurna.

Mata gilingan yang bisa diputar umumnya dapat dilepas dan dibersihkan. Jika Anda memilih gilingan manual, pastikan conical burr pada grinder tersebut dapat dilepas dan mudah dibersihkan. Selain itu, pastikan juga mata gilingannya bisa diatur sesuai dengan tingkat kehalusan biji kopi yang diinginkan.

Pilih material terbaik dan berkualitas

Grinder manual dibuat dari berbagai material. Umumnya, grinder manual yang berkualitas adalah yang dibuat dari bahan alumunium atau stainless steel. Bahan tersebut membuat grinder tidak berkarat dan mudah saat dibersihkan.

Namun, ada pula grinder yang terbuat dari bahan kaca tebal, umumnya jenis kaca pirex yang dipilih sebagai bagian penampung kopi pada grinder manual. Ada pula yang menggunakan bahan plastik.

Jika ingin menghasilkan cita rasa kopi yang terbaik, sebaiknya Anda memilih grinder manual yang terbuat dari bahan stainless steel. Selain anti karat, stainless steel tidak meninggalkan aroma tertentu selama proses penggilingan kopi. Yang Anda perlu ketahui, kopi merupakan jenis biji yang mudah menyerap aroma yang ada di dekatnya.

Jika grinder manual Anda terbuat dari plastic, maka bisa jadi selama proses menggiling, plastik akan mengalami pemanasan dan terkadang menimbulkan bau. Nah aroma plastik itu kemudian akan diserap oleh biji kopi. Hasilnya, seduhan kopi Anda menjadi kurang nikmat.

Perhatikan kapasitasnya

Karena menggunakan tenaga manusia, kapasitas grinder manual biasanya tidak besar. Umumnya, grinder manual hanya bisa digunakan untuk menggiling 10-100 gram kopi saja per sekali giling. Jumlah takaran 10-20 gram sebenarnya sudah cukup untuk membuat 1 sampai 2 cangkir kopi per sekali giling.

Grinder manual biasanya terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama berupa tabung untuk menampung kopi yang masih berbentuk biji, bagian ke dua adalah tuas yang bisa diputar untuk menggiling kopi, dan bagian ke tiga adalah tabung untuk menampung hasil gilingan kopi. Bagian tuas adalah bagian yang harus Anda perhatikan.

Jika tuas dibuat vertikal, dengan ujung tuas berbentuk pedal yang bisa diputar searah jarum jam, maka kapasitas maksimal 100 gram kopi sudah cukup untuk Anda. Bahkan jika Anda memasukkan lebih dari 50 gram kopi, proses penggilingan kopi pun akan semakin lama. Kopi yang terlalu lama menempel pada tabung penggilingan beresiko mengalami perubahan rasa.

Perhatikan harga dan kualitasnya

Walaupun tidak semahal grinder elektrik, grinder manual berkualitas biasanya tidak murah. Sebelum memilih grinder manual, ada baiknya untuk meriset harganya. Karena tak sedikit grinder manual yang dijual dengan harga di atas Rp 1 juta.

Cobalah untuk mencari banyak referensi tentang harga grinder manual terbaru di sejumlah marketplace. Selain harga, Anda juga harus mengetahui kualitas dari grinder kopi manual yang ingin Anda beli.

Cara merawat grinder kopi manual

Setelah memilih grinder kopi manual sesuai kebutuhan, hal yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara merawat grinder kopi manual Anda. Berikut tips merawat grinder kopi manual yang bisa Anda lakukan di rumah :

  • Bersihkan secara teratur, jangan biarkan noda bekas menggiling kopi tertinggal pada grinder manual Anda. Jika dibiarkan, lama kelamaan sisa bubuk kopi akan teroksidasi dan berjamur.
  • Gunakan baking soda saat mencuci grinder manual. Baking soda sangat ampuh membersihkan sisa-sisa kotoran, jamur dan debu yang menempel pada bagian grinder manual.
  • Gunakan sikat kecil untuk menggosok bagian grinder yang tak terjangkau. Pilih sikat yang halus agar tidak menimbulkan goresan pada bagian grinder manual Anda.
  • Bongkar grinder manual setelah digunakan. Sikati setiap bagian dari grinder manual tersebut sampai benar-benar bersih.
  • Simpan grinder manual Anda pada tempat khusus alat-alat kopi. Anda bisa menggunakan kantong kain goodie bag atau plastik untuk membugkus grinder manual yang telah digunakan.

10 Grinder kopi manual yang cocok untuk para traveler

Setelah Anda mengetahui cara memilih dan merawat grinder kopi manual, berikut ini adalah deretan grinder kopi manual terbaik yang yang cocok untuk para treveler :

10. Hario Skerton Ceramic Coffee Mill

hario_skerton_ceramic_coffee_mill

Harga : Rp 660.000

Hasil gilingan halus, cocok untuk membuat espresso

Hario merupakan salah satu merek alat-alat kopi terbaik di dunia.Hario terkenal dengan produk-produk manual brewing yang berkualitas. Nah, produsen alat kopi asal Jepang ini juga mengeluarkan produk grinder kopi manual.

Adalah Hario Skerton Ceramic Coffee Mill, grinder kopi manual buatan Hario yang cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan gilingan kopi terbaik setiap hari. Dengan berat 500 gram dan kapasitas mencapai 100 gram, grinder manual ini cukup ringan untuk dibawa ke mana saja.

Dari segi hasil gilingan, jangan ditanya, Hario Skerton Ceramic Coffee Mill menjadi pilihan yang pas bagi Anda yang ingin mencoba berbagai level gilingan kopi. Hasil gilingan grinder ini mampu mencapai kehalusan yang dibutuhkan untuk membuat espresso.

Dengan tuas giling yang bisa diatur, grinder manual ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan gilingan kasar untuk menyeduh kopi dengan metode tubruk atau French Press. Anda bisa membeli grinder manual ini di Lazada.

9. Porlex Mini Stainless Steel Coffee Grinder

porlex_mini_stainless_steel_coffee_grinder

Harga : Rp 900.000

Mudah dibawa keman-mana

Siapa yang tidak kenal Porlex? Produsen alat kopi ini bisa dibilang jago nya dalam membuat grinder kopi manual. Salah satu grinder kopi manual terbaiknya adalah Porlex Mini Stainless Steel Coffee Grinder.

Sesuai namanya, grinder manual ini berukuran cukup kecil dan bisa dibawa ke mana saja. Beratnya yang cukup ringan, yaitu 250 gram, membuat Porlex Mini Stainless Steel Coffee Grinder ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati kopi sambil bepergian.

Dibuat dengan material yang kokoh, grinder kopi manual ini juga cocok menjadi koleksi untuk ngopi di rumah. Kapasitas grinder ini cukup kecil yaitu maksimal 20 gram biji kopi untuk sekali penggilingan. Anda bisa membeli grinder manual ini di Lazada.

8. JavaPresse Manual Coffee Grinder

javapresse_manual_coffee_grinder

Harga : Rp 750.000

Hasil gilingan konsisten

JavaPresse Menual Coffee Grinder ini sebelumnya terkenal di kalangan petualang. Bentuknya yang ringkas dan ramping membuat grinder kopi ini mudah ditempatkan di dalam ransel kecil.

Salah satu keunggulan grinder manual ini adalah kemampuannya untuk menghasilkan gilingan yang konsisten. Apa pun metode seduh yang ingin Anda gunakan, JavaPresse mampu diandalkan untuk menggiling biji kopi menjadi bubuk yang sesuai level gilingan yang Anda inginkan.

Namun, hasil gilingan JavaPresse lebih cocok digunakan untuk menyeduh kopi dengan metode Aeropress dan French Press. Anda bisa membeli grinder manual ini di Tokopedia.

7. Handground Precision Coffee Grinder

handground_precision_coffee_grinder

Harga : Rp 1.250.000

Grinder manual premium dengan hasil gilingan presisi

Jika konsisten saja tidak cukup, maka hasil gilingan presisi adalah jawabannya. Handground Precision Coffee Grinder merupakan grinder kopi manual yang mampu menghasilkan gilingan yang presisi. Tidak ada lagi hasil gilingan tak rata jika menggunakan grinder manual ini.

Itu lah mengapa Handground Precision Coffee Grinder dinobatkan sebagai grinder kopi manual kelas premium. Dirancang khusus untuk gilingan kopi medium to coarse, grinder manual ini sangat cocok bagi Anda yang gemar menyeduh kopi dengan metode French Press atau V60.

Hasil gilingan Handground Precision Coffee Grinder bisa dikatakan yang terbaik untuk menghasilkan bubuk kopi medium to coarse. Untuk level medium to coarse, hasil gilingan grinder ini benar-benar merata, konsisten dan pastinya presisi. Anda bisa membeli grinder manual ini di Lazada.

6. Hario Skerton Pro

hario_skerton_pro

Harga : Rp 1.050.000

Versi premium dari Hario Skerton

Jika Anda sudah memiliki grinder manual Hario Skerton. Tentu Anda sudah mengenal Hario Skerton Pro. Grinder manual ini adalah versi pengembangan dari grinder terdahulu. Perbedaan yang mencolok dari versi yang lama adalah, Hario Skerton Pro menggunakan handle penggiling yang lebih stabil.

Handle pada Hario Skerton Pro dibuat lebih panjang dan solid, sehingga Anda lebih nyaman saat menggiling kopi menggunakan grinder ini. Selain itu, versi premium dari Hario Skerton ini juga dilengkapi mode pengaturan yang lebih simple, yaitu sebuah cincin kecil di bawah burr yang bisa mengatur tingkat kehalusan gilingan.

Masalah hasil gilingan, jangan ditanya, Hario Skerton Pro mampu menghasilkan gilingan kopi medium hingga fine dengan konsisten. Anda bisa membeli grinder manual ini di Shopee.

5. Kalita Coffee Mill KH-3

kalita_coffee_mill_kh_3

Harga : Rp 720.000

Klasik dan cocok untuk minum kopi di rumah

Jika sebelumnya Kalita terkenal dengan alat seduh manual brew Kalita Wave, kali ini produsen alat seduh kopi ini mengeluarkan produk grinder manual. Dengan desain klasik khas penggiling kopi buatan Eropa, Kalita Coffee Grinder dirancang khusus untuk ngopi di rumah.

Kapasitas grinder manual ini memang tidak banyak, yaitu hanya 35 gram biji kopi dalam sekali giling. Maka dari itu, grinder manual ini sangat cocok untuk membuat 2 cangkir kopi dengan metode manual brew menggunakan alat seduh Kalita, seperti Kalita Flat Bottom dan Kalita Wave. Anda bisa membeli grinder manual ini di Shopee.

4. Hario Mini Slim Grinder

hario_mini_slim_grinder

Harga : Rp 499.000

Grinder manual berkonsep travel-friendly

Hario memang rajanya alat seduh manual. Satu lagi grinder kopi manual buatan Hario yang layak menjadi koleksi. Hario Mini Slim Grinder dirancang khusus untuk Anda yang ingin membuat kopi di mana saja. Dengan konsep travel-friendly, Hario Mini Slim Grinder ini memang dibuat untuk para penghobi traveling.

Mirip dengan Porlex Mini, Hario Mini Slim Grinder juga memiliki desain yang ringkas dan ringan. Kapasitas penggilingannya pun hanya 20 gram per sekali giling. Walaupun berukuran mini, soal kualitas gilingan patut diacungi jempol.

Hario Mini Slim Grinder mampu menghasilkan berbagai level gilingan dengan tingkat konsistensi terbaik. Anda bisa membeli grinder manual ini di Shopee.

3. Rhinowares Compact Hand Grinder

rhinowares_compact_hand_grinder

Harga : Rp 715.000

Dirancang untuk AeroPress

Bagi Anda yang gemar menyeduh kopi dengan metode AeroPress, tentu sudah mengenal grinder manual yang satu ini. Rinowares Compact Hand Grinder memang dirancang khusus untuk menyeduh kopi dengan metode manual brewing.

Terutama untuk AeroPress karena memiliki adaptor bawaan yang sesuai dengan tabung seduh yang dimiliki AeroPress. Anda tidak perlu lagi menuang bubuk kopi ke tabung AeroPress, karena bisa langsung dilakukan dengan grinder manual ini.

Walaupun dibuat khusus untuk AeroPress, Rinowares Compact Hand Grinder juga bisa diandalkan untuk menghasilkan gilingan kopi sesuai keinginan. Conical burr yang diusung Rinowares cukup konsisten menghasilkan bubuk kopi utuk level medium to coarse. Anda bisa membeli grinder manual ini di Lazada.

2. Lido 2 Hand Grinder

lido_2_hand_grinder

Harga : Rp 3.290.000

Hasil gilingan mengagumkan

Lido 2 Hand Grinder merupakan grinder kopi manual besutan Orphan Espresso. Kelebihan utama dari grinder manual ini adalah mode penggunaannya yang mudah digenggam. Selain desainya yang kokoh, Lido 2 Hand Grinder ini mempu menghasilkan gilingan kopi yang sangat konsisten.

Material kaca dan stainless steel yang digunakan alat ini, membuat kopi yang dihasilkan mendapatkan citarasa terbaiknya. Sedikit sekali unsur plastik yang ditemukan pada grinder manual ini.

Menariknya, Lido 2 Hand Grinder ini dilengkapi dengan Micrometric Stepless External Grind Size Adjustment System, yaitu sistem pengaturan level gilingan yang bisa disesuaikan dengan berbagai ukuran sesuai alat seduh yang digunakan. Anda bisa membuat gilingan untuk espresso, AeroPress, manual brewing, sampai level coarse untuk menyeduh dengan metode French Press. Anda bisa membeli grinder manual ini di Lazada.

1. Latina Sumba

latina_sumba

Harga : Rp 180.000

Grinder murah dengan hasil gilingan konsisten

Dinobatkan sebagai grinder manual terbaik di kelasnya, Latina Sumba menjadi rekomendasi dari praktisi kopi Indonesia. Dari segi desain, Latina Sumba tak jauh beda dengan Porlex, pelopor grinder manual ternama di dunia.

Latina Sumba dilengkapi dengan indikator volume gilingan dan mampu menampung 30 gram biji kopi utuk sekali giling. Hampir seluruh bagian Latina Sumba menggunakan material stainless steel yang tahan karat.

Untuk mata gilingan, Latina Sumba mengandalkan burr konikal yang terbuat dari keramik premium. Anda bisa menentukan tingkat gilingan biji kopi dengan cara memutar pengunci yang ada di bagian bawah burr.

Bagi Anda yang ingin menikmati kopi di rumah, Latina Sumba merupakan grinder kopi manual yang susah untuk ditolak. Dengan harga yang cukup murah, Latina Sumba mampu menghasilkan gilingan kopi dengan tingkat konsistensi dan presisi yang baik. Anda bisa membeli grinder manual ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli grinder manual, Anda harus memperhatikan mata gilingannya, material yang digunakan, kapasitas ruang penggilingan dan harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara merawat grinder manual yang Anda pilih agar tetap awet dan menghasilkan seduhan kopi terbaik.
  • Anda bisa memilih Hario Skerton Pro, Porlex Mini, Handground Precision Coffee Grinder dan Lido 2 Hand Grinder jika ingin memiliki grinder manual premium terbaik.
  • Sedangkan, jika Anda gemar menyeduh kopi dengan metode manual brew, Kalita Coffee Mill dan Rinowares merupakan pilihan yang tepat.
  • Namun untuk Anda yang menginginkan hasil gilingan konsisten dengan grinder manual yang terjangkau, Anda bisa memilih Latina Sumba.

Referensi

  1. Choosing a Coffee Grinder, http://www.manualcoffeebrewing.com/choosing-a-coffee-grinder/
  2. How to Pick The Perfect Manual Coffee Grinder For You,https://www.javapresse.com/blogs/grinding-coffee/how-to-pick-the-perfect-manual-coffee-grinder-for-you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *