10 Headlamp Gunung Terbaik untuk Penggemar Petualangan Out Door

Headlamp gunung menjadi satu di antara peralatan wajib yang harus dimiliki oleh para penggiat olahraga out door, di mana fungsinya tidak hanya memudahkan petualangan saat gelap atau malam hari, namun juga membantu penerangan saat berada di bawah air.

Selain berfungsi sebagai sumber cahaya, headlampbiasanya menjadi perlengkapan keamanan standar untuk setiap pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan di luar ruangan. Sehinggapenting bagi Anda memiliki headlampdengan tingkat kecerahan maksimal, tahan benturan, tahan air, dan juga tahan cuaca ekstrim.

Karena itu kami menyajikan headlamp gunung terbaik lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih headlamp gunung dan juga cara merawatnya.

Pilih yang tahan air

Ketika berhadapan dengan alam liar, Anda harus selalu siap dengan segala kondisi. Ada berbagai kemungkinan dan kondisi yang menghadapkan Anda dengan cuaca buruk, daerah berair dan sebagainya. Sehingga penting bagi Anda untuk memilih headlamp gunung yang memiliki ketahanan tinggi terhadap air.

Umumnya, tingkat ketahanan headlamp terhadap air ditandai dengan nilai IPX yang sesuai standar internasional. Nilai IPX yang dimiliki tiap produk headlamp tentu bervariasi, mulai dari IPX 1 hingga IPX 8. Artinya, semakin tinggi nilai IPX pada produk headlamp, maka semakin baik pula ketahanannya terhadap air.

Seperti yang dijelaskan di paragraf sebelumnya, beberapa produk headlamp bahkan dibekali kemampuan tahan air maksimal dan bisa difungsikan sebagai alat penerangan bawah air. Maka dari itu, standar nilai IPX ini menjadi poin yang harus diperhatikan sebelum memilih headlamp terbaik.

Perhatikan sumber daya headlamp

Setelah mengetahui tingkat waterproof-nya, selanjutnya Anda juga harus mengetahui sumber daya yang digunakan.

Pada dasarnya, produk headlamp yang ada di pasaran memiliki tiga jenis mode sumber daya, yaitu menggunakan baterai biasa, baterai lithium ion yang bisa diisi ulang, atau kombinasi dari keduanya.

Dengan mengetahui sumber daya pada headlamp, Anda tentu bisa mempertimbangkan efektifitas perlengkapan ini saat digunakan.

Misalnya, jika Anda ingin naik gunung dalam waktu satu sampai dua hari, headlamp dengan sumber daya baterai biasa sudah cukup baik.

Namun, ketika melakukan petualangan lebih dari tiga hari, Anda mungkin memerlukan headlamp yang bisa diisi ulang, tentu saja dengan menyiapkan power bank untuk mengisi dayanya.

Ada pula headlamp yang dirancang dengan baterai terpisah, sehingga lebih fleksibel. Baterai yang terpisah tersebut bahkan mampu digunakan sebagai power bank, sehingga memudahkan Anda saat ingin mengisi daya perangkat lain seperti ponsel, laptop hingga lampu tenda dan sejenisnya.

Perhatikan material dan kelengkapannya

Karena dirancang sebagai alat penunjang petualangan, produk headlamp umumnya dibuat dari material plastik yang ringan.

Jika memungkinkan, pilihlah headlamp yang terbuat dari plastik tebal dengan pelindung karet. Headlamp jenis ini tentu akan lebih awet dan aman ketika digunakan.

Selain materialnya, Anda juga harus memperhatikan kelengkapannya. Misalnya pelindung lampu dan strap yang bisa disesuaikan mengikuti bentuk kepala. Kemudian juga kelengkapan lain seperti kabel USB, kepala charger, dan berbagai aksesoris penunjang lainnya.

Ketahui fitur dan penggunaannya!

Hampir semua headlamp yang ada di pasaran menggunakan lampu jenis LED. Selain lebih terang, lampu LED juga lebih tahan lama dan tidak rusak jika terkena air.

Namun, masing-masing produk tentu memiliki standar kualitas yang berbeda. Maka dari itu, ketahui fitur dan penggunaannya berikut ini.

Pertama, jika Anda menginginkan performa yang terbaik, ada baiknya jika memilih headlamp yang memiliki tingkat keterangan di atas 50 lumen.

Sangat disarankan memilih produk yang memiliki pengaturan tingkat intensitas cahaya dan mode jangkauan cahaya. Headlamp jenis ini akan sangat membantu dalam menghadapi segala jenis kondisi.

Pada mode jangkauan cahaya, Anda bisa memilih jenis penerangan untuk jarak jauh, sedang dan dekat. Misalnya saat menghadapi daerah berkabut, Anda bisa menggunakan mode penerangan jarak jauh yang memiliki bukaan cahaya sempit dan terang.

Kedua, Anda juga harus memeriksa apakah headlamp yang Anda pilih memiliki fitur tambahan. Beberapa headlamp sudah dibekali fitur red light yang menghasilkan cahaya terang tanpa membuat silau, dan fitur blinking mode yang dapat dijadikan sinyal berkedip kepada orang lain.

Ada pula fitur anti silau yang membuat cahaya headlamp tetap maksimal, tanpa mengganggu pandangan orang lain yang ada di sekitar Anda. Namun, headlamp jenis ini umumnya memiliki lebih dari satu tombol konfigurasi, sehingga Anda harus memahami cara penggunaannya.

Perhatikan ulasan pelanggannya

Setelah yakin dengan pilihan Anda, tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu ulasan pelanggan tentang produk headlamp tersebut. Produk yang baik tentu akan mendapatkan banyak ulasan positif.

Caranya, Anda bisa mengunjungi berbagai forum pecinta alam untuk bertanya, atau melihat review di market place yang menjual headlamp tersebut. Anda juga bisa memperhatikan ulasan di media sosial dan juga artikel review seperti yang ada pada cekresi.com.

Cara merawat headlamp agar lebih awet dan tidak mudah rusak

Setelah mengetahui cara memilihnya, ada baiknya Anda mengetahui cara merawat headlamp agar awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut cara merawat headlamp dengan benar, yaitu:

  • Lepas strap dan kepala lampu ketika tidak digunakan. Strap yang berbahan karet, biasanya mudah lembab dan basah saat digunakan.
  • Simpan headlamp pada tempat yang kering. Anda bisa menyimpannya di contrainer plastik atau wadah peralatan petualangan yang Anda miliki.
  • Ganti baterai atau isi ulang daya secara berkala. Jangan biarkan lampu pada headlamp mati total.
  • Matikan lampu ketika sudah tidak digunakan. Hal ini membuat headlamplebih hemat daya dan memperpanjang usia pemakaiannya.
  • Hindari headlamp dari kemungkinan terjatuh dan terbentur. Walaupun cukup kuat, headlampakan rusak jika mengalami benturan yang terlalu keras.

10 Headlamp gunung terbaik untuk penggemar petualangan out door

Setelah Anda mengetahui cara memilih dan merawat headlamp dengan benar, maka perkenankan kami menyajikan 10 rekomendasi headlamp terbaik untuk penggemar petualangan out door dari berbagai merek berikut ini.

10. Olight HS2

foto-headlamp-gunung-terbaik-untuk-penggemar-petualangan-10

Harga: Rp 1.170.000

Ringkas dan handal, cocok untuk petualang profesional

Bagi Anda yang menginginkan headlamps gunung berukuran kecil, Olight HS2 bisa menjadi pilihan yang tepat. Meski ukurannya tergolong kecil, headlamps ini tergolong sebagai adventure gear professional.

Selain itu, baterai headlamps ini mampu bertahan hingga 18 jam dan memiliki tingkat kecerahan yang tinggi.

Tidak hanya itu, Olight HS2 telah dilengkapi indikator yang akan berbunyi ketika kapasitas baterainya tinggal 10 persen. Sehingga Anda tak perlu repot melepas headlamps ini hanya untuk memeriksa kapasitas baterai yang tersisa. Anda bisa membeli Olight HS2 ini di Shopee.

9. Sunrei Apollo 400 Headlamp

foto-headlamp-gunung-terbaik-untuk-penggemar-petualangan-9

Harga: Rp 629.000

Anti-dazzling screen, membuat cahaya tidak menyilaukan

Headlamps buatan Sunrei ini memiliki fitur yang sangat mudah digunakan. Dengan satu tombol pengaturan, Sunrei Apollo 400 cocok untuk Anda yang menginginkan kepraktisan.

Walaupun cukup sederhana, kualitas headlamps ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Dilengkapi anti-dazzling screen, headlamps ini menghasilkan kecerahan maksimal tanpa mengganggu pandangan.

Sunrei Apollo 400 juga dilengkapi fitur tahan air, sehingga mampu digunakan di segala medan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli headlamps ini di Shopee.

8. Alonefire HP20 Headlamp

foto-headlamp-gunung-terbaik-untuk-penggemar-petualangan-8

Harga: Rp 275.000

Tingkat kecerahan super

Headlamps yang satu ini menjadi salah satu gear favorit bagi para petualang. Dengan tingkat kecerahan super, Alonefire HP20 mampu menghasilkan cahaya sebesar 8.000 lumens. Cahaya seterang itu, bahkan dapat menerangi hutan belantara yang lebat dan gelap.

Karena ukuran dan bobotnya sedikit besar, headlamps ini memiliki baterai terpisah. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli Alonefire HP20 ini di Shopee.

7. Jetbeam HR30

foto-headlamp-gunung-terbaik-untuk-penggemar-petualangan-7

Harga: Rp 485.000

Fleksibel dan serba guna

Siapa yang tidak terpikat melihat desain headlamp yang satu ini. Jetbeam HR30 disukai para petualang karena desainnya yang menarik.

Selain itu, Jetbeam HR 30 juga mudah dibongkar pasang, sehingga Anda bisa menempatkannya di saku kemeja, atau pada strap ransel carrier. Headlamp gunung ini juga dapat diputar hingga 160 derajat, sehingga sangat fleksibel untuk segala keperluan.

Menariknya, headlamp ini dibekali USB tipe c sebagai soket pengisian dayanya. Anda hanya perlu menghabiskan 3 jam untuk mengisi penuh daya headlamp ini. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli Jetbeam HR 30 ini di Shopee.

6. Nitecore HC65

foto-headlamp-gunung-terbaik-untuk-penggemar-petualangan-6

Harga: Rp 699.000

Ketahanan air maksimal dan tahan benturan

Headlamp gunung ini dirancang untuk petualang profesional. Dengan tingkat ketahanan air IPX8, Nitecore HC65 juga cukup kuat berada di cuaca ekstrem di bawah 40 derajat celsius, dan menyelam hingga kedalaman 2 meter.

Selain itu, terbuat dari material yang kuat dan bahkan mampu bertahan dari benturan. Tidak hanya ketangguhannya, soal kinerja, Nitecore HC65 memiliki sudut pandang lampu yang cukup luas, yaitu 100 derajat.

Menariknya lagi, desainnya sangat fleksibel dan dapat diputar hingga 180 derajat. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli Nitecore HC65 ini di Shopee.

5. Dhaulagiri 606 Headlamp

foto-headlamp-gunung-terbaik-untuk-penggemar-petualangan-5

Harga: Rp 135.000

Fitur lengkap, ringan dan kuat

Bagi Anda yang menggemari produk lokal, headlamp ini layak untuk dimasukkan dalam daftar headlamp terbaik di kelasnya. Dhaulagiri 606 dibekali 3 mode cahaya, yaitu jauh, sedang dan dekat.

Dengan pengisian daya USB, headlamp ini juga dilengkapi red light yang tidak membuat silau. Bobotnya yang ringan dengan material yang kuat, menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki headlamp ini. Anda bisa membeli Dhaulagiri 606 ini di Shopee.

4. Fenix HP30R Headlamp

foto-headlamp-gunung-terbaik-untuk-penggemar-petualangan-4

Harga: Rp 2.190.000

Kecerahan maksimal dan dapat difungsikan menjadi power bank

Ini dia produk headlamps multifungsi dengan fitur terbaik di kelasnya. Dengan tingkat kecerahan hingga 1.750 lumens, Fenix HP30R memiliki jangkauan cahaya yang maksimal. Tidak tanggung-tanggung, pada mode turbo, headlamps ini mampu menerangi sejauh 202 meter.

Selain kecerahan yang maksimal, Fenix HP30R dibekali dengan baterai terpisah yang tahan lama. Baterai tersebut bahkan mampu difungsikan sebagai power bank.

Jadi, Anda bisa menggunakan headlamp ini untuk mengisi ulang daya berbagai perangkat elektronik, seperti ponsel, lampu tenda, baterai kamera dan sebagainya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli Fenix HP30R ini di Shopee.

3. Eiger Apollo Headlamp

foto-headlamp-gunung-terbaik-untuk-penggemar-petualangan-3

Harga: Rp 249.000

Cocok untuk kegiatan outdoor semi profesional

Siapa yang tidak kenal dengan Eiger, produsen adventure gear lokal ini dikenal dengan berbagai perlengkapan petualangan berkualitas.

Selain sepatu, tenda, dan carrier, Eiger juga memiliki produk headlamp yang terlaris di kelasnya. Eiger Apollo Headlamp menjadi perlengkapan wajib yang mampu di andalkan untuk kegiatan out door semi profesional.

Dengan kecerahan mencapai 80 lumen, headlamp ini dibekali oleh fitur waterproof di level IPX4. Sehingga, produk ini cukup aman jika terkena hujan dan cuaca lembab pegunungan.

Pengoperasiannya pun cukup sederhana, karena hanya menyematkan dua tombol untuk switch on/off dan sensor inframerah. Spesifikasi headlamp ini cocok digunakan untuk kegiatan petualangan santai seperti hiking dan trekking. Anda bisa membeli headlamp ini di Shopee.

2. Arei Headlamp Slark

foto-headlamp-gunung-terbaik-untuk-penggemar-petualangan-2

Harga: Rp 199.000

Tahan air, cahanya dapat menjangkau hingga 65 meter

Sebagai kompetitor Eiger, Arei tentu memiliki berbagai pilihan adventure gear menarik. Untuk produk headlamp, Arei mengeluarkan produk yang bisa diandalkan. Dibuat dari material ABS yang kuat, Arei Headlamp Slark menyematkan lampu cree LED yang cahayanya mampu menjangkau hingga 65 meter.

Fitur tahan air pada headlamp ini berada di level IPX5, sehingga cukup baik digunakan pada cuaca hujan, dan terkena percikan air.

Headlamp dari Arei ini juga mampu bertahan pada temperatur 15 hingga 55 derajat Celsius, dan tetap berfungsi saat terjatuh setinggi 1 meter. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mendapatkan produk ini di Shopee.

1. Acebeam H40 Headlamp

foto-headlamp-gunung-terbaik-untuk-penggemar-petualangan-1

Harga: Rp 697.000

Fungsional dan praktis digunakan

Acebeam H40 ini memiliki fitur yang menawan dan tergolong sebagai adventure gear premium favorit yang menawarkan harga murah.

Headlamp ini juga dibekali tingkat kecerahan yang ciamik, material kuat, dan memiliki daya tahan terhadap air.

Selain itu, ketahanan baterainya maksimal, sehingga bisa difungsikan sebagai power bank. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli headlamp ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli headlamp gunung, sebaiknya Anda memperhatikan kualitas cahayanya, material, daya tahan, hingga fitur tambahan yang memudahkan Anda saat memakainya.
  • Anda juga harus mengetahui cara merawat headlamp agar lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih headlampAlonefire HP20, Dhaulagiri 606, Eiger Apollo, dan Arei Headlamp Slark, jika menginginkan headlamp gunung semi profesional berkualitas dengan harga terjangkau.
  • Sedangkan bagi Anda yang menginginkan headlamp gunung dengan fungsi dan ketahanan terbaik, Anda bisa memilih Sunrei Apollo 400, Jetbeam HR30, Nitecore HC65, dan Acebeam H40.
  • Namun, jika Anda pegiat olahraga luar ruang dan penggemar petualangan profesional, Anda bisa memilih headlampOlight HS2 ataupun Fenic HP30R.

Referensi

1. Bennet Slavsky, Switch Back Travel (2020), Hot To Choose Headlamp,https://www.switchbacktravel.com/how-to-choose-headlamp
2. Rei (2020), How To Choose Headlamps, https://www.rei.com/blog/hike/how-to-choose-headlamps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *