10 Jenis UPS Terbaik untuk Kantor Startup

UPS atau uninterruptible power supply merupakan sebuah perangkat yang digunakan sebagai benteng terakhir ketika terjadi kegagalan daya listrik. Pemadaman listrik secara mendadak, atau terjadinya anomali aliran listrik akan sangat mempengaruhi perangkat elektronik, terutama komputer.

UPS menjadi sangat penting di era ekonomi digital seperti saat ini, sebab hampir semua sektor menggunakan computer sebagai server data perusahaan. Namun, harga UPS yang mencapai ratusan hingga miliaran rupiah tentu sangat sulit untuk perusahaan rintisan atau startup.

Karena itu, kami menyajikan beberapa jenis dan macam UPS yang sempurna untuk startup dengan harga murah, beserta ulasan produknya. Namun, sebelumnya perkenankan kami akan membagikan informasi tentang cara memilih UPS dan tips perawatannya.

Alasan mengapa kantor Anda membutuhkan UPS

Setiap perusahaan pasti memiliki pusat data atau server berupa database komputer yang harus selalu aktif. Namun, tidak jarang terjadi pemadaman listrik secara mendadak atau turunnya tegangan listrik yang disebabkan tidak stabilnya arus.

Permasalahannya adalah, perangkat elektronik yang shutdown secara paksa sering kali akan mengalami error. Jika berlangsung terus menerus, komponen penting pada komputer dapat dipastikan akan mengalami kerusakan parah.

UPS adalah salah satu perangkat yang dapat menyelamatkan sistem kantor Anda dari potensi error. Sebab dengan perangkat ini, Anda akan memiliki cukup waktu untuk men-shutdown sistem secara manual beberapa saat setelah terjadi blackout.

Pilih UPS dengan daya paling sesuai untuk sistem kantor

Ada banyak pilihan UPS untuk komputer kantor Anda. Mulai dari perangkat berdaya dibawah 400 watt hingga puluhan ribu watt. Namun, semakin tinggi daya yang dapat di-cover oleh UPS maka semakin mahal pula perangkatnya.

Bila tujuan Anda hanyalah untuk menjaga keaktivan router atau modem internet, dan satu computer server, maka hindari memilih UPS dengan specs tinggi. Sebab masih banyak produk UPS dibawah dua juta rupiah yang bisa diandalkan.

Namun, sebaiknya jangan memaksakan UPS bertenaga kecil untuk meng-cover banyak perangkat berdaya besar. Hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan serius pada baterai UPS. Hitunglah dengan cermat berapa besaran daya perangkat yang ingin diproteksi.

Perhatikan 3 tipe UPS terbaik yang bisa Anda gunakan untuk kantor

Ada tiga tipe UPS yang biasa digunakan untuk kebutuhan perusahaan maupun rumahan. Pertama, UPS bertipe standby unit. Bilamana terjadi mati listrik, maka UPS ini akan langsung bekerja secara otomatis dalam 20 sampai 100 milidetik. Dan, gap waktu ini cukup bisa ditoleransi untuk sebagian besar alat elektronik.

Kedua, line-interactive unit. UPS tipe ini memiliki kemiripan dengan standby unit, namun memiliki beberapa fitur special transformer. Fitur ini membuat UPS jadi lebih efektif saat terjadi anomali aliran listrik yang sedang tidak stabil.

Ketiga, online unit.UPS tipe ini sangatlah praktis, sebab dapat dikendalikan dan dipantau statusnya secara remote. Berbeda dengan tipe lainnya, wall power UPS ini menggunakan sistem baterai. Oleh sebab itu, perangkat akan secara otomatis aktif tanpa time gap.

Perhatikanfitur UPS yang akan Anda beli

Secara spesifik, setiap produsen UPS selalu menerapkan fitur khusus pada produk mereka. Dan, ada beberapa fitur yang sangat perlu untuk dipertimbangkan ketika memilih UPS. Pertama, software atau OS compability. Beberapa UPS mengharuskan Anda untuk meng-install driver di komputer yang digunakan untuk memeriksa status.

Kedua, number of outlets. Pada saat memilih UPS, Anda akan dihadapkan oleh opsi apakah akan menggunakan UPS bertenaga baterai atau non-baterai, atau bahkan keduanya. Hal ini sangat penting, jadi harap cermati kembali kebutuhan dan budget perusahaan Anda.

Ketiga, tingkat kebisingan. Beberapa UPS terkadang menggunakan kipas/fan besar untuk menjaga suhu perangkat tetap stabil. Namun, untuk beberapa alasan suara yang dihasilkan UPS terkadang sangat mengganggu. Dan, persoalan ini akan menimbulkan masalah produktivitas dan konsentrasi bekerja Anda.

Keempat, replaceable battery. Pada dasarnya, Anda sangat disarankan untuk mengganti komponen UPS yang telah aus dalam beberapa tahun sekali. Terutama untuk komponen seperti baterai. Oleh sebab itu, silahkan memeriksa kembali jangka waktu pemakaian baterai, serta garansinya bila memang disediakan oleh produsen.

Cara merawat dan menjaga performa UPS

UPS merupakan alat elektronik yang cukup sensitif, jadi Anda akan membutuhkan beberapa usaha ekstra untuk menjaga performanya. Sebab perangkat yang satu ini memiliki komponen yang memiliki resistensi yang cukup rendah terhadap lingkungan, seperti kelembaban. Oleh karena itu, berikut tata cara merawat UPS :

  • Seperti alat elektronik pada umumnya, seperti smartphone atau laptop, charge-;ah terlebih dahulu sebelum digunakan atau dinyalakan selama 8 hingga 12 jam (sesuai besar kecil dayanya).
  • Pastikan untuk tidak asal menyambungkan UPS dengan perangkat elektronik kantor. Hitunglah terlebih dahulu kapasitas daya dengan kebutuhan listriknya. Kelebihan beban akan menyebabkan kerusakan dalam waktu yang singkat.
  • Beberapa UPS memiliki spesifikasi untuk digunakan pada perangkat elektronik khusus, seperti komputer atau alat-alat kesehatan.
  • Pastikan untuk meletakkan UPS di tempat yang kering dan sejuk. Sebab perangkat ini memiliki resistensi yang rendah terhadap kelembaban, dan rentan terjadinya overheat.
  • Matikan atau cabut kabel daya UPS ketika akan lama tidak digunakan. Hal ini akan memperpanjang daya tahan baterai.

10 Jenis UPS terbaik untuk kantor startup

Setelah Anda mengetahui dan memahami mengenai hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan UPS untuk kantor. Perkenankan kami memberikan rekomendasi produk UPS terbaik berikut ini :

10. APC Easy UPS 3S 10 kWatts Double Converstion Online

apc_easy_ups_3s_10_kwatts_double_conversion_online

Harga : Rp 63.753.000

Memberikan rasa aman pada server kantor ketika krisis listrik

Easy UPS menggunakan fitur 3 fase back-up konsumsi daya saat listrik mengalami gangguan. Dengan daya hingga 10kWatts, dapat dipastikan komputer server kantor tidak akan terpengaruh dengan ketidakstabilan tegangan hingga matinya listrik secara mendadak.

Easy UPS juga memiliki fitur eco mode, yang mana listrik secara efektif dialirkan ke alat-alat listrik yang dalam keadaan aktif saja, tanpa mengorbankan proteksi. UPS jenis ini sangat mudah dipasang, dan hanya memiliki dimensi 53cm x 25 cm x 70 cm. Selain ini juga dapat beroperasi di suhu 0-40 derajat. Anda bisa membeli UPS ini di Multipro.id.

9. CyberPower OL6000ERT3UD

cyberpower_ol6000ert3ud

Harga : Rp 50.000.000

Menjaga keaktifan critical system dengan double convertion-zero time transfer

Anda kini tidak perlu lagi bolak balik memeriksa kondisi UPS, sebab dengan OL6000ERT maintainance dapat dilakukan secara online. Perangkat ini memiliki kapasitas 6kVA/5.4kW dan dapat secara pintar mengatur sendiri jumlah listrik yang dialirkan tergantung jumlah daya yang tersisa.

Dengan pengawasan yang dapat dilakukan secara online real-time, tentu UPS ini akan sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi kebutuhan sumber daya. OL6000ERT hanya memiliki dimensi 43.3 cm x 66 cm x 13.2 cm, dan sangat mudah dipasang di sudut ruangan manapun. Anda bisa membeli UPS ini di Dimensidata.

8. ICA PN-2022B 4kVA/ 2kWatts

ica_pn_2022b_4kva_2kwatts

Harga : Rp 7.700.000

Daya lebih besar dan menjamin keaktifan server kantor Anda

ICA PN-2022B merupakan UPS yang memiliki daya cukup besar namun memiliki harga beli yang jauh lebih murah dari produk sejenis. Perangkat ini bekerja secara otomatis dengan jeda waktu yang sangat singkat ketika tegangan listrik mendadak jatuh atau mati.

UPS ICA PN-2022B memiliki daya hingga 4kVA/2kW, dan AC voltage 160 – 250 V. Dengan transfer time<4ms serta back up time hingga 4 menit. Anda akan punya cukup waktu untuk mematikan sistem secara manual supaya tidak terjadi error ketika dinyalakan kembali. Anda bisa membeli UPS ini di Blibli.

7. ProLink PRO810S 1P/1P 10kVA Online

prolink_pro810s_1p_1p_10kva_online

Harga : Rp 50.532.500

Inventer pintar dengan teknologi simple network management protocol (SNMP)

UPS PRO810S merupakan inventer pintar yang bisa diawasi secara remote dengan teknologi SNMP. Perangkat ini dapat secara otomatis mengubah kapasitas daya dari 1kVA menjadi 10kVA. Selain itu, PRO810S juga menggunakan smart battery untuk mengoptimalkan penggunaan energi.

Tidak hanya memakai smart battery, untuk menekan potensi yang ditimbulkan anomali tegangan listrik, PRO810S menerapkan True Double-Convertion Online UPS. Selain itu, perangkat ini juga memiliki output-input factor correction 0.80/0.99. Anda bisa membeli UPS ini di Ralali.

6. EATON E Series NV800

eaton_e_series_nv800

Harga : Rp 1.425.000

UPS mini terbaik untuk home working para digital freelancer

Eaton E Series NV 800 merupakan inverter atau UPS dengan ukuran kecil namun memiliki daya besar. Perangkat ini memiliki fitur automatic voltage regulation (AVR) untuk menjamin aliran serta menekan fluktuasi listrik. NV 800 hanya memiliki dimensi 10 cm x 14 cm x 30 cm dengan berat keseluruhan 6.5 Kg.

UPS ini juga memiliki output power capacity 800VA/ 480W, serta back-uptime half load 8 menit dan <1 menit untuk full load. Selain itu, Anda juga bisa memantau status dari daya NV 800 langsung melalui software WINPOWER. Anda bisa membeli UPS ini di Tokopedia.

5. Laplace Neutron 1250VA With AVR

laplace_neutron_1250va_with_avr

Harga : Rp 1.840.300

Menjaga kestabilan listrik server kantor dengan power protection

Neutron AVR merupakan UPS atau inventer pintar yang sempurna untuk memastikan pasokan listrik untuk perangkat penting seperti router atau modem. UPS satu ini dilengkapi dengan RJ11 Protection yang berguna untuk menghalau dampak dari sambaran petir.

Neutron AVR memiliki green power function yang dapat mengurangi anomali energi serta daya listrik. Selain itu, UPS ini juga memiliki waktu pengisian daya atau recharging yang pendek, serta ukuran yang dapat ditempatkan dimana pun. Anda bisa membeli UPS ini di Bukalapak.

4. Tripp Lite SMARTINT 2.2kVS/ 2.2kVA UPS

tripp_lite_smartint2200vs_2200va_intl_ups_smart_pr

Harga : Rp 33.391.400

Melindungi server data proyek kantor Anda dari blackout

UPS ini memiliki kapasitas daya 2.2kVA yang cukup untuk melindungi computer server kantor selama 19 menit untuk shutdown secara manual. SMARTINT menggunakan teknologi pintar pada sistem pembagian daya untuk memperpanjang masa battery dengan sangat efektif.

SMARTINT menerapkan software Watchdogsw yang digunakan untuk mengawasi sistem status daya, serta built-in dengan tiga jenis network management card TLNETCARD, WEBCARDLX, dan SNMPWEBCARD. Anda bisa bisa membeli UPS ini di Lazada.

3. EMERSON Liebert ITA 16kVA 1200758

emerson_liebert_ita_16kva_1200758

Harga : Rp 62.199.000

UPS simple-compact power protection dengan kapasitas hingga 16000VA/14400W

Liebert ITA merupakan UPS dengan bertenaga besar dengan teknologi tinggi, namun memiliki harga yang sangat terjangkau. Normalnya, Anda harus mengeluarkan ratusan juta rupiah untuk mendapatkan inventer dengan spesifikasi sejenis. Dan, walaupun memiliki specs super, nyatanya Liebert ITA hanya memiliki dimensi 13 cm x 43.5 cm x 75 cm, dan berat hanya 35 Kg.

Liebert ITA menggunakan 400V long back-up model tanpa baterai. UPS jenis ini mengutamakan reabilitas dan efisiensi dengan output power 0.9/0.8 yang dapat menghasilkan tenaga hingga 30% lebih banyak dari UPS lain. Anda bisa membeli UPS ini di Satu-Tech.com.

2. Yoshiga HPT 3-1 20

yoshiga_hpt_3_1_20

Harga : Rp 70.840.000

Berteknologi tinggi dan mampi melindungi perangkat penting kantor Anda

Yoshiga HPT adalah UPS dengan kemampuan dan teknologi tinggi. Tidak hanya menyuplai energi hingga 20kVa, dengan daya 18kW hampir semua perangkat di ruang kantor Anda bisa di-cover dengan sempurna selama 10 menit full load.

UPS ini juga bisa di-set dalam tiga macam output-input voltage.Dan, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kondisi ruang yang lembab. Sebab, Yoshiga HPT menerapkan dataline protection PCB Anti-korosi.Sedangkan untuk interface-nya, HPT menggunakan RS232 yang dapat langsung dihubungkan ke PC. Anda bisa membeli UPS ini di Bhinneka.

1. General Electric LP-11U 16721

general_electric_lp_11u_16721

Harga : Rp 104.600.000

UPS super untuk power back-up server kantor hingga alat-alat kesehatan

Ini merupakan produk UPS atau inventer yang memiliki spesifikasi premium dengan terknologi terkini. LP-11U dapat melakukan power back-up hingga 22 menit. Perangkat ini juga dapat menghasilkan daya hingga 10kVA dan dapat digunakan hingga 8kWatts.

Dengan kemampuan yang tinggi, UPS ini hanya memiliki dimensi 68 cm x 31.3 cm x 72 cm, yang sangat sesuai untuk ditempatkan di ruangan kantor yang sempit. LP-11U adalah salah satu UPS portable terbaik yang bisa ditemukan di marketplace Indonesia. Anda bisa membeli UPS ini di Bhinneka.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli UPS, sebaiknya Anda dengan cermat mempertimbangkan mengenai kebutuhan perangkat yang akan diproteksi. Selain itu, hati-hati dalam memilih jenis UPS, pastikan kembali kompatibilitas perangkat dan software-nya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan penempatan UPS. Sebab, alat elektronik ini sangat rentan terhadap suhu ruangan yang tinggi dan kelembaban. Perhatikan pula tata cara perawatannya dengan seksama.
  • Anda bisa memilih UPS dengan jenis seperti Yoshiga HPT yang memiliki daya sangat besar, serta teknologi yang mumpuni dengan harga cukup realistis untuk perusahaan rintisan atau startup.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan UPS bertenaga besar, menggunakan teknologi terbaru, serta terjamin kualitas pabrikannya, Anda bisa memilih UPS General Electric LP-11U .
  • Namun, untuk Anda yang bertujuan hanya memproteksi beberapa perangkat yang tidak terlalu berat seperti router, modem, atau komputer server, Anda bisa memilih UPSLaplace Neutron.

Referensi

  1. Cyber Power, Choosing a UPS System 101: The Fundamentals,https://www.cyberpowersystems.com/blog/buying-guides/choosing-a-ups/
  2. How-To Geek (2017), How to Select an Uninterruptible Power Supply (UPS) for Your Computer, https://www.howtogeek.com/161479/how-to-select-a-battery-backup-for-your-computer/
  3. Powertron, 5 Tips and Trick to Extend UPS Battery Life, https://www.powertronbatteryco.com/5-tips-tricks-extend-ups-battery-life/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *