10 Kabel Antena TV Berkualitas dan Tahan Lama

Kabel Coaxial atau Bayonet Naur Connector (BNC) merupakan jenis kabel yang sering digunakan untuk antena TV. Kabel ini berfungsi sebagai media penghubung antara perangkat keras yang satu dengan ke perangkat lain untuk transmisi data dengan mengubah sinyal listrik.

Ketika gambar siaran televisi Anda mengalami masalah, seperti gambar tidak jernih, keluar “semut”, maka bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh buruknya kualitas kabel antena TV Anda sehingga berpengaruh pada daya tangkap sinyal.

Karena itu, penting untuk memilih kabel antena TV yang berkualitas agar daya tangkap sinyal bagus dan tidak ada kendala saat transmisi data. Disamping itu, antena TV berkualitas juga lebih awet dan tahan lama.

Meskipun demikian, Anda juga harus memperhatikan saat memasangnya. Jangan sampai kabel antena TV yang bagus tersebut tidak berfungsi dengan maksimal hanya karena saat memasangnya salah atau kurang tepat.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih kabel antena TV, antara lain adalah mengetahui kualitas bahan yang digunakan, jenis kabel, dan ukuran diameter yang tepat.

Untuk itu, kami menyajikan 10 kabel antena TV berkualitas dan tahan lama lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai kabel antena TV, cara memilihnya hingga memasangnya dengan benar.

Mengenal bagian-bagian kabel antena TV

Sebelum memutuskan untuk membeli kabel antena TV, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian kabel coaxial berikut ini :

  • Centre Core:Bagian ini berisi inti tembaga yang terletak di tengah-tengah kabel. Centre Core berfungsi sebagai media untuk menghantarkan aliran listrik.
  • Dielectric Insulator: Lapisan ini biasanya terbuat dari bahan jenis plastik dan berfungsi sebagai pemisah antara inti kabel tembaga dengan lapisan metal yang membalutnya.
  • Metallic Shield: Lapisan yang berbahan metal ini berfungsi sebagai pelindung untuk bagian inti dari kabel, sekaligus juga menjaga dan melindungi dari pengaruh gelombang elektromagnetik yang berasal dari luar.
  • Plastic Jacket: Lapisan paling luar ini berfungsi untuk melindungi komponen-komponen yang ada di dalam kabel. Lapisan ini biasanya terbuat dari bahan yang kuat, lentur, dan tahan terhadap gangguan cuaca.

Cara memilih kabel antena TV

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih kabel antena TV, antara lain adalah :

  • Perhatikan kualitas bahan yang digunakan

Untuk mengetahui kualitas kabel yang akan Anda beli. Anda bisa cek tingkat kerapatan serabutnya. Semakin rapat, semakin bagus kualitasnya.

Selanjutnya, Anda juga bisa cek diameter konduktor tengah yang berukuran 1 mm. Kemudian pastikan konduktor tersebut memiliki kualitas tembaga murni atau asli dan bukan sepuhan.

Cara melihat keaslian inti tembaga kabel antena TV adalah dengan cara mengupas ujung kabel konduktor, kemudian kikir bagian tersebut dengan menggunakan benda yang terbuat dari bahan logam, seperti gunting, pisau, dan lain sebagainya.

Jika inti tembaga tersebut murni, maka ketika dikikir akan berwarna kuning kecoklatan hingga ke bagian dalamnya. Sedangkan jika dikikir berwarna putih, maka bagian tersebut bukan tembaga murni, melainkan alumunium yang disepuh tembaga.

  • Pilih RG6 untuk kabel antena TV

Pada awalnya, kabel antena TV menggunakan kabel RG59. Namun seiring berjalannya waktu kabel RG59 dirasa kurang efektif karena konduktornya lebih kecil jika dibandingkan dengan RG6. Karena itu, kabel RG59 tidak memiliki kualitas sinyal sebagus RG6.

RG6 memiliki rating frekuensi yang tinggi (diatas 50 MHz) daripada RG59. Sehingga kabel RG6 tidak hanya bisa digunakan untuk TV saja, namun juga untuk CATV, satelit, maupun internet broadband.

RG6 memiliki Dielectric Insulation yang dibuat menjadi lebih tebal agar dapat mencegah listrik yang dialirkan tidak merusak bagian sensitif dari peralatan elektronik.

Selain itu, RG6 juga dibuat dengan shielding yang berbeda sehingga dapat menangani sinyal level GHz dengan lebih efektif.

Meskipun demikian, sebenarnya untuk kabel antena TV juga bisa menggunakan RG7 hingga RG11, tapi tentu lebih merepotkan saat Anda ingin memasangnya.

  • Perhatikan besaran diameternya

Besaran diameter kabel antena memiliki beberapa ukuran, seperti 3C, 5C dan 7C. Untuk kebutuhan antena TV, Anda bisa menggunakan yang 3C dan 5C. Sedangkan 7C biasanya digunakan untuk instalasi CCTV system.

Adapun kegunaan kabel 3C untuk kebutuhan kabel antena dengan panjang kurang lebih 10 meter, kabel 5C untuk kebutuhan kabel antena dengan panjang kurang lebih 30 meter, dan kabel 7C untuk kebutuhan kabel antena dengan panjang kurang lebih 50 meter.

Jadi pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah. Jika tempat Anda tinggi dan dekat dengan sumber pemancar, maka Anda bisa memilih yang 3C. Sedangkan untuk ukuran umum di Indonesia, Anda bisa menggunakan yang 5C.

Cara memasang kabel antena TV

Setelah Anda membeli kabel antena TV, maka pastikan juga Anda mengetahui cara memasangnya. Berikut ini adalah cara memasang kabel antena TV yang benar, yaitu :

  • Kupas kulit kabel hingga kurang lebih 1.5 cm dengan menggunakan cutter atau alat pengupas lainnya.
  • Jika sudah terlihat bagian serabut, kertas alumunium foil, dan kabel tengah, maka Anda bisa menyatukan seluruh serabut kabel antena dengan cara di pelintir, usahakan jangan sampai ada yang tersisa.
  • Kemudian, kendurkan baut pada port jack agar pemasangan menjadi lebih mudah.
  • Langkah berikutnya adalah, masukkan kabel tengah inti tembaga berikut dengan isolatornya yang berwarna putih. Tapi, untuk bagian serabut hanya dililitkan saja ke bagian luar lalu jepit atau solder, pastikan serabut dan kabel inti tembaga tidak bersentuhan atau menyatu.
  • Setelah semua bagian masuk, lalu tutup keseluruhan bagian-bagian tersebut dengan rapi dan kuat.

10 Kabel antena TV berkualitas dan tahan lama

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kabel antena TV dan cara memasangnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi kabel antena TV berkualitas dan tahan lama dari berbagai merek berikut ini :

10. Kabel Antena TV Kitani 5C

foto-kabel-antena-tv-berkualitas-dan-tahan-lama-10

Harga : Rp 86.000

Kualitas tinggi dan kuat

Kabel Kitani terkenal dengan kualitasnya yang premium, kuat, dan andal digunakan untuk mendukung berbagai perangkat elektronik, termasuk televisi.

Kitani 5C Coaxial ini terbuat dari bahan tembaga murni dengan serabut tembaga dan pelapis ganda. Selain itu, kabel ini dilengkapi dengan konektor (professional plug), sehingga sangat berkualitas dan kuat.

Spesifikasi lain dari produk ini adalah, impedensi 75 Ohm, Shielded (selubung aluminium foil), dan panjang 20 meter. Harga yang ditawarkan kabel Kitani memang lebih mahal, tapi terjamin kualitasnya. Anda bisa membeli kabel antena TV ini di Shopee.

9. Kabel Antena TV Belden RG6

foto-kabel-antena-tv-berkualitas-dan-tahan-lama-9-

Harga : Rp 3.500

Kandungan tembaga lebih tinggi dan bisa dibeli dengan harga per meter

Belden RG6 bisa menjadi pilihan terbaik untuk mendukung kejernihan gambar televisi Anda di rumah. Karena kabel ini memiliki kandungan tembaga yang lebih tinggi, dilengkapi dengan insulasi aluminium foil dan juga PVC jacket.

Harga yang ditawarkan produk ini terjangkau dan murah. Per meter harganya 3.350 rupiah saja. Jadi, Anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan panjang kabel yang Anda inginkan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kabel ini di Shopee.

8. Kabel Antena TV Maxtron

10/foto-kabel-antena-tv-berkualitas-dan-tahan-lama-8

Harga : Rp 25.000

Panjang 20 meter dengan tembaga murni dan pelapis ganda

Kabel antena TV dari Maxtron ini memiliki kualitas yang sangat tinggi. Terbuat dari bahan tembaga murni dengan serabut juga tembaga serta pelapis ganda.

Kabel ini bisa digunakan untuk berbagai jenis televisi, seperti TV tabung, TV LCD, TV LED, TV Plasma, maupun smart TV. Selain itu, kabel ini juga bisa digunakan untuk perangkat CCTV, Set Top Box DVB-T2, Receiver Parabola, dan lain sebagainya.

Kabel antena TV ini juga sudah dilengkapi dengan konektor Professional Plug sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk mencari konektor. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kabel antena TV ini di Shopee.

7. Kabel Antena TV Tanaka

foto-kabel-antena-tv-berkualitas-dan-tahan-lama-7

Harga : Rp 40.000

Kabel berkualitas dan cocok digunakan untuk antena jenis PF

Kabel antena TV dengan panjang 20 m dari Tanaka ini memiliki kemampuan transmisi data yang sangat baik, sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan booster sebagai penguat sinyal.

Kabel antena ini sudah dilengkapi dengan Shielded (selubung aluminium foil) agar sinyal tidak mudah bocor. Selain itu, kuat dan tidak mudah sobek karena memiliki Black Jacket yang terbuat dari PVC dengan bahan baku murni.

Kualitas bahan yang digunakan pun juga sudah berstandar internasional dengan impedansi 75 Ohm, sehingga tidak membuat kabel ini berubah bentuk saat instalasi. Anda bisa mendapatkan kabel antena TV ini di Shopee.

6. Kabel Antena TV Venus

foto-kabel-antena-tv-berkualitas-dan-tahan-lama-6

Harga : Rp 28.000

Panjang 20 meter dan kompatibel dengan semua jenis TV

Kabel coaxial dari venus ini memiliki panjang 20 meter. Dilapisi dengan Black Jacket dari bahan PVC tebal 6,80 mm. Bisa digunakan berbagai jenis TV maupun perangkat elektronik lainnya seperti parabola dan CCTV.

Selain itu, produk dari Venus ini memiliki impedansi 75 Ohm, 1.02 mm CCS Conductor, dan 4,80 mm Foaming PE. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kabel antena TV ini di Shopee.

5. Kabel Antena TV Intracom

foto-kabel-antena-tv-berkualitas-dan-tahan-lama-5

Harga : Rp 21.000

Harga terjangkau dan berkualitas tinggi

Kabel antena TV 5C dari Intracom ini memiliki ukuran panjang 15 meter. Sangat cocok digunakan untuk mendukung antena TV Anda di rumah, karena kualitasnya yang tinggi dengan bahan dari tembaga murni.

Selain itu, serabut dari kabel ini juga terbuat dari bahan tembaga serta memiliki pelapis ganda. Dan, produk ini juga sudah dilengkapi dengan konektor Professional Plug yang sangat berkualitas dan kuat.

Kabel ini juga bisa digunakan untuk indoor maupun outdoor karena ketahanannya yang kuat, tidak mudah rusak, dan anti interference. Untuk impedansi sama dengan kabel yang berkualitas lainnya, yaitu 75Ohm. Anda bisa membeli kabel antena TV ini di Shopee.

4. Kabel Antena Aoki AT3000

foto-kabel-antena-tv-berkualitas-dan-tahan-lama-4

Harga : Rp 22.000

Cocok digunakan untuk antena Aoki AT3000

Untuk Anda yang menginginkan kabel dengan diameter lebih kecil, maka Anda bisa memilih jenis kabel 3C dari brand Aoki. Kabel ini memiliki ukuran panjang 15 meter dan cocok digunakan untuk antena Aoki AT3000.

Kabel ini juga telah memiliki impedansi 75 Ohm, bisa untuk 2 TV dan mudah memasangnya. Anda bisa membeli kabel antena TV ini di Shoope.

3. Kabel Antena TV Kitani 3C

foto-kabel-antena-tv-berkualitas-dan-tahan-lama-3_

Harga : Rp 35.000

Jenis 3C dan berkualitas

Selain kabel antena 5C, Kitani juga mengeluarkan produknya yang 3C dengan ukuran panjang 10 meter. Kabel ini terbuat dari bahan tembaga murni yang berkualitas, kuat dan tidak mudah putus.

Kitani 3Cini juga dilengkapi dengan allumunium foil yang berfungsi untuk mencegah gangguan sinyal. Selain itu, kulit kabel terbuat dari bahan PVC yang tahan terhadap berbagai macam cuaca.

Produk ini memiliki spesifikasi, seperti diameter jacket 5.2 mm, kawat inti 0.6 mm, dan insulator 3 mm. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kabel antena TV ini di Shopee.

2. Kabel Antena TV Dalongqi

foto-kabel-antena-tv-berkualitas-dan-tahan-lama-2

Harga : Rp 20.000

Memudahkan saat instalasi, ruangan menjadi lebih rapi dan bersih

Kabel antena TV male to male dari brand Dalongqi ini berguna untuk menyambungkan kabel antena dari colokan di dinding ke lubang antena TV. Fungsinya agar interior ruangan televisi Anda terlihat lebih rapi dan bersih.

Kebel OFC (interior conductor) ini memiliki panjang 1.5 meter, dan dilapisi oleh kulit yang terbuat dari bahan PVC yang kuat dan tidak mudah putus. Sedangkan lapisan dalamnya terbuat dari bahan PE insulation. Anda bisa membeli kabel antena TV ini di Bukalapak.

1. Kabel Antena TV Jack Compression

foto-kabel-antena-tv-berkualitas-dan-tahan-lama-1

Harga : Rp 50.000

Kompatibel dengan berbagai macam perangkat elektroik

Kabel antena TV Jack Compression ini berukuran 15 meter. Kelebihannya bisa digunakan untuk parabola, indovision, first media, karena dalam produknya sudah dilengkapi dengan F Connector.

Kabel ini juga dapat menunjang kualitas gambar siaran TV Anda menjadi lebih jernih sesuai dengan yang Anda inginkan.

Adapun untuk ukuran inti tembaga, kabel ini berdiameter 1 mm. Memiliki serabut luar yang banyak sehingga tidak akan terjadi kebocoran sinyal. Selain itu, selubung yang digunakan kabel ini tahan terhadap berbagai cuaca, baik panas atau pun hujan.

Dan, seperti kabel antena TV berkualitas lainnya, produk ini juga memiliki nilai impedansi 75 Ohm. Anda bisa membeli kabel antena TV ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kabel antena TV, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti mengetahui kualitas bahan, jenis kabel, ukuran diameter kabel, merek dan juga harganya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara memasangnya dengan benar agar sinyal yang didapatkan lebih optimal, sehingga gambar siaran TV Anda menjadi lebih jernih.
  • Anda bisa memilih kabel antena TV dari Kitani, karena produknya memiliki kualitas premium yang terjamin bagus, kuat, dan tahan lama.
  • Jika Anda ingin kabel antena TV berkualitas dengan harga yang bisa dibeli per meter, maka Anda bisa membeli kabel antena TV dari Belden.
  • Namun, untuk Anda yang ingin kabel antena TV dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas yang sangat baik, maka Anda bisa memilih kabel antena TV dari brand Tanaka.

Referensi

  1. Kitani,Pertanyaan yang Sering Di Tanyakan, https://www.kitani.co.id/media.php?mod=faq&halaman=4#collapse4
  2. Electronics Notes, Buying the Best TV Antenna Cable, https://www.electronics-notes.com/articles/antennas-propagation/rf-feeders-transmission-lines/buying-tv-coaxial-cable.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *