10 Lampu Motor LED Terbaik Untuk Nyala Lebih Terang

Saat ini motor keluaran terbaru sudah menggunakan lampu LED sebagai aksesoris utama agar produknya nampak lebih stylish dan modern. Selain itu, nyala LED jauh lebih terang dari bohlam konvensional, tahan panas, dan ramah lingkungan.

Jenis lampu ini juga memiliki keunggulan lain, yakni watt-nya lebih rendah dan hemat energi. Meskipun demikian, saat membelinya Anda harus mempertimbangkan kualitas serta merek lampu LED sehingga lampu motor Anda lebih awet dan tahan lama.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa lampu motor LED terbaik untuk nyala lebih terang berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan tentang berbagai macam lampu motor LED beserta spesifikasinya.

Mengetahui manfaat lampu LED untuk motor

Jika ingin pencahayaan lampu motor Anda lebih keren dan wow, maka solusinya adalah ganti lampu konvensional motor Anda dengan jenis LED. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan lampu LED pada motor, yaitu :

Pertama, lebih terang. Sangat jelas jika lampu LED lebih terang lantaran kelistrikannya menggunakan arus DC (direct current), di mana arus listriknya langsung sehingga lebih stabil. Selain itu, sinar terang cahayanya memiliki jangkauan yang lebih jauh.

Kedua, lebih awet. Karena jenis lampu LED ini memiliki watt yang lebih kecil sehingga tidak akan membebankan kinerja crankshaft pada mesin. Selain itu, daya tahannya lebih lama, tidak panas,dan headlamp tidak akan meleleh.

Ketiga, lebih hemat. Usia rata-rata lampu jenis LED ini terbukti lebih lama dibandingkan dengan bohlam pijar biasa. Jadi Anda tidak mudah gonta-ganti lampu pada motor Anda. Selain itu, aki motor Anda tidak akan mudah tekor dan jauh lebih hemat.

Keempat, lebih fokus. Lampu LED akan membuat pancaran sinar yang keluar dari headlamp motor lebih fokus dan tidak menyebar kemana-mana, sehingga sinar cahayanya tidak mengganggu pengendara lainnya.

Meskipun begitu, banyak yang menyatakan silau lampu LED mengganggu, hal itu biasanya pemasangan lampu pada headlamp yang kurang tepat atau penggunaan lampu di jalanan oleh pengendara yang tidak sesuai peraturan, seperti nyala jarak jauh yang dibiarkan menyala terus oleh para biker.

Perhatikan kelistrikan motor Anda sebelum membeli lampu LED

Penting untuk memperhatikan arus kelistrikan motor sebelum memasang lampu LED pada motor kesayangan Anda. Hal ini penting, karena jenis lampu LED membutuhkan arus listrik yang stabil.

Jika motor Anda masih menggunakan kelistrikan dengan arus AC seperti pada motor keluaran lama, maka kemungkinan besar tidak efektif sebab lampu LED bisa kedap-kedip dan kemudian akan mati.

Mengganti lampu LED tanpa diikuti perubahan pada bagian lainnya tentu akan membuat penggunanya merugi. Jadi, pastikan merubah kelistrikan motor Anda terlebih dahulu dari arus AC ke arus DC.

Namun, jika motor Anda keluaran terbaru yang mekanisme kelistrikannya sudah menggunakan arus DC, tentu akan lebih mudah memasangnya. Dan, Anda hanya perlu memperhatikan merek yang berkualitas sehingga lampu LED Anda lebih awet dan tahan lama.

Perhatikan peraturan dan penggunaan cahaya lampu LED saat berkendara

Mengetahui warna cahaya untuk lampu motor ini sangat penting, karena jika tidak tepat bisa jadi Anda akan ditilang polisi. Dalam Pasal 23 Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012, yang mengacu pada Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, di mana beberapa menyebutkan tentang pengaturan sistem lampu utama, seperti :

  • Lampu utama dekat berwarna putih atau kuning muda;
  • Lampu utama jauh berwarna putih atau kuning muda;
  • Lampu posisi depan berwarna putih atau kuning muda.

Peraturan di atas, patut Anda cermati saat Anda ingin memodifikasi cahaya pada lampu sorot motor agar terlihat lebih keren. Untuk lebih aman, pilih lampu LED yang sesuai standar yang telah ditetapkan oleh undang-undang.

Jangan lupa untuk menggunakannya secara tepat saat berkendara. Hal ini dikarenakan warna cahaya putih lampu LED akan memantul, terutama saat digunakan ketika hujan. Siluanya bisa membahayakan pengendara lainnya.

Pilih yang bersertifikat SNI

Banyak jenis lampu LED beredar di pasaran yang menawarkan harga lebih murah. Anda harus hati-hati saat membelinya. Jangan tergiur harganya sehingga membuat lampu yang baru Anda beli cepat rusak atau mati.

Jadi sangat penting memilih lampu motor LED bersertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia)yang tentunya mutu dan kualitasnya sudah terjamin, sehingga lampu lebih awet, nyala lebih terang, dan nyaman saat dibuat berkendara.

Cara merawat lampu LED motor Anda

Ketika Anda sudah membeli lampu LED untuk motor Anda, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar lampu motor lebih awet dan tahan lama. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti :

  • Saat akan memasangnya, pastikan letak titik lampu aman dan tempatnya sudah dibersihkan terlebih dahulu.
  • Pastikan Anda melakukan pengecekan secara berkala terhadap lampu LED dan komponen-komponen yang melekat pada lampu, seperti dudukan atau breket lampu LED, kabel, dan lain-lain.
  • Bersihkan bagian penampang secara rutin agar cahaya terangnya keluar lebih maksimal. Untuk ini, Anda bisa membersihkan penampang sembari memanaskan motor di pagi hari.
  • Jangan sembarangan mengotak-atik kelistrikan motor dengan lampu LED, seperti menambah kabel atau mengganti saklar. Karena bisa membuat putus saat arus listrik yang masuk berlebihan.
  • Jadi, sebaiknya Anda menyerahkan pada ahlinya atau pada mekanik yang sudah berpengalaman saat ingin memasangnya.

10 Lampu motor LED terbaik untuk nyala lebih terang

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang lampu motor LED, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi lampu LED terbaik untuk nyala lebih terang dari berbagai merek berikut ini:

1. Osram LED T19 M5 K1

osram_led_t19_m5_k1

Harga : Rp 50.000

Sinar lebih terang, tahan goncangan, dan berkualitas

Osram LED T19 T19 M5 K1ini sangat cocok digunakan untuk mengganti bohlam lampu motor matic Anda yang sudah rusak atau mati. Nyala lampu yang dihasilkan dari produk ini lebih terang dari bohlam standar biasanya.

Produk lampu Osram ini juga memiliki ketahanan yang lebih terhadap goncangan sehingga tidak mengganggu kelincahan dan kegesitan Anda saat berkendara. Selain itu, rumah lampu atau reflektor motor Anda akan tetap aman,tidak meleleh, dan tidak membuat mika menjadi kuning.

Anda bisa memasang lampu LED ini pada berbagai jenis sepeda motor bebek atau matic, seperti Jupiter ZX, Mio Sporty, Mio J, Smash, Spin, Tornado, Skywave, Skydrive, Kaze-R, dan lain-lain. Jangan lupa untuk memastikan mengubah kelistrikan arus DC, kecuali motor Vario semua generasi, Satria FU, JupMX dan Beat ISS.Anda bisa membelilampu ini di Shopee.

2. Cree LED U2 25W

cree_led_u2_25w

Harga : Rp 42.000

Lebih hemat dan membuat tampilan motor Anda lebih elegan dan wow

Produk dari pabrikan Cree memiliki keunggulan sorotnya 10 kali lebih cerah dari lampu pijar pada daya yang sama. Selain itu, konsumsi energinya lebih hemat dan terdapat perlindungan lingkungan pada produknya, tidak ada timbal, merkuri, dan zat berbahaya lainnya.

Lampu ini responnya sangat cepat dan tidak perlu waktu untuk memulai panas terlebih dahulu. Dan, Cree melengkapi produknya dengan stabilitas yang tinggi, anti getaran, tahan terhadap benturan, dan andal.

Warna cahaya yang ditawarkannya pun bermacam -macam, Anda bisa memilih sesuai dengan warna kesukaan Anda, ada cahaya putih, biru, keemasan, dan lain sebagianya. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

3. RTD LED H4 HS1 PNP

rtd_led_h4_hs1_pnp

Harga : Rp 57.500

Memberikan kesan mewah pada motor Anda

Lampu LED dari pabrikan RTD ini berwarna putih terang yang dihiasi dengan LED kecil berwarna biru pada bagian depannya sehingga dapat memberikan kesan mewah pada motor Anda. Selain itu, lampu ini tidak menghasilkan panas yang berlebih dan aman untuk reflektor motor Anda.

Produk ini sudah bersertifikat CE E9 ROHS, yang berarti telah dilakukan pengujian terlebih dahulu sebelum dipasarkan, dan telah memenuhi persyaratan keamanan, kesehatan, serta perlindungan lingkungan yang sesuai dengan standar Eropa.

Kelebihan lainnya adalah PNP, artinya Anda tidak perlu mengubah kelistrikan motor dari arus AC ke arus DC. Jika motor sudah DC, maka sangat bagus dan tinggal memasangnya saja. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

4. RTD LED M02E 6 Sisi

rtd_led_m02e_6_sisi

Harga : Rp 80.000

Lebih terang dan tetap dingin meskipun dinyalakan dalam waktu yang lama

Sistem pembuangan panas pada lampu ini tidak menggunakan kipas, melainkan dengan serat alumunium yang sudah diuji sehingga lebih awet dan ketika dinyalakan dalam waktu yang lama tetap dingin.

Lampu ini juga menggunakan tipe Emitter Led COB terbaru yang mampu menghasilkan lumens yang tinggi dengan daya yang rendah. Dengan COB, nyala akan lebih merata dan tidak menimbulkan efek silau seperti LED SMD.

Selain itu, titik fokus cahaya pada lampu ini bisa Anda atur dengan cara memajukan atau memundurkan dudukan/posisi lampu pada dudukan H6/HS1/H4nya. Anda bisa membeli lampu ini di Lazada.

5. Osram LED HS1 7185CW

osram_led_hs1_7185cw

Harga : Rp 64.000

Cocok digunakan untuk Anda yang ingin tampil keren dan memukau

Osram LED HS1 memiliki warna putih bersih 6000 K yang dapat membuat tampilan motor Anda seperti baru lagi. Karena itu, lampu keren ini sangat cocok dipakai sebagai penerangan utama untuk aktifitas berkendara Anda sehari-hari.

Namun, untuk jenis motor Scoopy FI dan NVL harus diubah terlebih dahulu arus kelistrikannya menjadi DC. Namun, jika arus motor Anda sudah menggunakan arus DC, maka semakin mantab dan lebih maksimal terangnya. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

6. Philips M2A TYTO

Nyala lebih terang dan cocok untuk motor bebek atau matic Anda

Lampu dari Philips ini mampu menghasilkan cahaya 1000 lumens dan berwarna putih sehingga membuat penerangan berkendara Anda lebih maksimal dan fokus. Lampu ini memiliki tipe soket H6, yang berarti cocok digunakan untuk motor bebek atau matic.

Kemudian, plug and play pada produk ini sangat mudah dipasang, Anda tinggal melepas bohlam lama dan pasang dengan M2A TYTO. Selain itu, lampu initahan panas dan tidak membuat reflektor motor Anda mudah meleleh. Anda bisa mendapatkan lampu ini di Lazada.

7. Philips M3A TYTO

philips_m3a_tyto

Harga : Rp 50.000

Cocok dipakai untuk segala jenis motor sport

Berbeda dengan M2A TYTO, tipe M3A TYTO ini bisa diaplikasikan pada soket H4 yang biasanya dimiliki oleh jenis motor sport. Tentu dengan menggunakan lampu ini, berkendara Anda akan semakin gaya dan elegan.

Yang perlu Anda perhatikan, saat motor Anda masih menggunakan arus AC, maka Anda perlu melengkapinya dengan kiprok agar arus dan tegangan menjadi lebih stabil sebelum masuk ke aki.

Jadi hati-hati saat kiprok Anda tidak berfungsi normal, karena bisa berakibat pada melonjaknya voltase sehingga bisa membuat lampu rusak atau mati. Anda bisa membeli lampu ini di Blibli.

8. Cree LED 2 sisi

cree_led_2_sisi

Harga : Rp 75.000

Hasil pencahayaan sangat fokus

Lampu LED dari pabrikan Cree ini terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik. Hasil dari pencahayaan dekat atau pun jauh dari lampu LED ini sama-sama baiknya.Jadi hasil pencahayaan lampu ini sangat fokus sehingga berkendara Anda lebih nyaman dan aman.

LED ini memiliki suhu warna cahaya putih 600 kelvin, dengan tipe soket H6 yang cocok digunakan untuk motor bebek atau matic. Untuk pemakaiannya, pastikan terlebih dahulu motor Anda telah merubah kelistrikan menjadi arus DC. Anda bisa membelilampu ini di Bukalapak.

9. RTDLEDM11L-H4

rtd_led_m11_l4

Harga : Rp 49.000

Nyala lebih terang dan membuat motor sport Anda lebih wow

Lampu LED ini menggunakan tipe soket H4, yang cocok digunakan untuk segala jenis motor sport. Kelebihan utama lampu ini adalah nyalanya lebih terang dari bohlam biasa dan dapat memberikan kesan mewah pada motor Anda.

RTD mengeluarkan cahaya berwarna putih 6000 K, dengan kemampuan pencahayaan lampu dekat 850 lumens dan lampu jauh 1500 lumens. Saat memasangnya, pastikan motor Anda sudah menggunakan arus full DC. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

10. RTD LED 6 Sisi

rtd_led_6_sisi

Harga : Rp 75.000

Nyala super terang dan pemasangannya lebih mudah

Saat Anda menginginkan motor dengan nyala super terang dan berkendara Anda kelihatan lebih wow di jalanan, maka RTD LED 6 sisi ini adalah pilihan terbaik. Lampu ini berwarna pure white atau putih dengan daya 25 watt.

Pemasangan lampu ini sangat mudah, dan bisa langsung digunakan untuk segala motor dengan arus AC atau pun DC tanpa harus merubah kelistrikan motor Anda, kecuali kendaraan yang menggunakan soket H7. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli lampu LED motor, pastikan Anda merubah sitem kelistrikan menjadi arus DC untuk motor keluaran lama yang masih menggunakan arus AC. Pastikan juga tipe soketnya agar mudah saat memasangnya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan perawatannya agar lampu LED Anda lebih awet dan tahan lama.
  • Anda bisa memilih lampu RTD LED 6 sisi, karena lampu ini memiliki nyala yang super terang dan mudah memasangnya tanpa harus merubahnya ke arus DC.
  • Namun jika Anda ingin lampu LED dengan dari merek berkualitas dan bisa digunakan untuk segala motor bebek dan matic Anda, maka Anda bisa memilih Philips M2A TYTO.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan lampu motor LED dengan nyala lebih terang dan tahan terhadap goncangan, maka Anda bisa memilih Osram LED T19 T19 M5 K1.

Referensi

  1. Emma Samardzija (2016), Guide To Motorcycle Lights,https://www.powerbulbs.com/blog/2016/09/motorcycle-lights-guide
  2. CyclopsAdventureSports (2019),How to Install a Motorcycle Light Kit,https://www.cyclopsadventuresports.com/how-to-install-motorcycle-light-kit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *