10 Lensa Kamera Terbaik untuk Foto Produk

Selain keahlian fotografer, memotret foto produk juga memerlukan perangkat penunjang. Lensa menjadi satu di antara perangkat penting yang menentukan hasil foto produk yang berkualitas. Penggunaan lensa yang dipadupadankan dengan fitur kamera, dapat menghasilkan nilai artistik yang tinggi.

Itu lah mengapa setiap foto produk memerlukan proses yang panjang. Hanya foto terbaiklah yang bisa menggugah rasa penasaran dan keingingan membeli dari konsumen. Jadi teliti dengan cermat ketika memilih lensa kamera yang tepat untuk foto produk.

Karena itu, kami menyajikan beberapa lensa kamera terbaik untuk foto produk lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai lensa kamera hingga cara merawatnya.

Pilih lensa berdasarkan kegunaannya

Lensa kamera memiliki beragam fungsi dan kegunaan. Anda tidak bisa sembarangan memilih lensa yang sesuai dengan foto produk yang ingin dihasilkan. Lensa tele misalnya, lensa jenis ini diranang khusus untuk mengambil foto produk dari jarak yang jauh.

Lensa tele dibuat dari material khusus yang tersusun dari superspectra. Kekuatan zoom nya digunakan untuk menangkap objek dari jarak jauh tanpa membuat gambar bergetar, flare atau ghosting. Ada pula lensa fix atau lensa yang hanya memiliki satu focal length. Lensa ini digunakan untuk menghasilkan gambar yang tajam dengan efek bokeh yang dramatis.

Lensa fix memiliki aperture maksimal untuk mengumpulkan banyak cahaya. Ini lah mengapa setiap foto yang diambil menggunakan lensa fix terlihat terang, bersih, jernih dan sangat detail.

Kenali jenis lensa berdasarkan kamera yang sudah Anda miliki

Memilih lensa memang lebih rumit dibandingkan memilih kamera. Salah satu yang harus Anda perhatikan sebelum memilih lensa adalah mengenal jenis dan menyesuaikannya dengan kamera. Umumnya, kamera terbagi berdasarkan ukuran sensor, yaitu full frame dan APSC. Jadi, lensa juga harus disesuaikan dengan besaran sensor tadi.

Karena kamera memiliki ukuran sensor yang berbeda, maka pabrikan lensa juga memproduksi dua macam lensa sesuai dengan sensor yang diusung oleh kamera. Lensa full frame memiliki jangkauan sensor yang lebih luas dibandingkan dengan lensa APSC. Dari segi bentuknya, lensa APSC memiliki ukuran diameter yang lebih kecil dari lensa full frame.

Pilih lensa yang sesuai passion fotografi Anda

Memotret produk diperlukan keahlian khusus yang disesuaikan dengan passion fotografernya. Maka dari itu setiap fotografer tentu memiliki karakter foto yang menjadi ciri khas nya.

Misalnya, jika Anda gemar memotret produk dengan bantuan model, Anda bisa memilih lensa yang memiliki focal length 85 mm sampai 135 mm untuk kamera full frame. Namun, jika menggunakan kamera APSC, anda bisa mencoba lensa fix 50 mm yang dapat menghasilkan gambar tajam yang dramatis.

Kenali fitur lensa yang ingin digunakan

Lensa yang digunakan pada kamera DSLR tentu akan berbeda dengan lensa yang digunakan pada kamera mirrorless. Selain perbedaan dasar itu, Anda juga harus melihat fitur-fitur yang diusung oleh lensa tersebut, misalnya fitur EF, motor focus dan ketajaman foto yang dihasilkan. Jangan ragu untuk mencari referensi sebanyak banyaknya tentang lensa sebelum membelinya.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mencoba berbagai lensa sebelum memutuskan untuk membeli. Mudahnya, Anda bisa menyewa lensa di berbagai jasa penyewaan lensa terdekat untuk mengetahui kualitas lensa yang ingin Anda miliki.

Sesuaikan dengan budget

Ini yang paling penting. Saat ingin membeli lensa, hendaknya sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai lensa yang ingin Anda beli melebihi budget yang sudah ditetapkan. Harga lensa kamera di pasaran sangat bervariatif, tergantung dari fitur dan kegunannya.

Lensa orisinal yang sesuai dengan merek kamera memang cenderung lebih mahal. Namun, lensa orisinal memiliki keandalan yang lebih baik dari pada lensa pabrikan lain. Namun, tak semua lensa pabrikan memiliki kualitas yang buruk, jika Anda jeli, ada beberapa lensa pabrikan yang dibuat dengan fitur dan keandalan menyerupai lensa orisinal.

Cara merawat lensa kamera

Agar lensa kamera lebih awet dan berfungsi dengan baik, pastikan Anda merawatnya secara benar. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat lensa kamera, sebagai berikut:

  • Jaga kebersihan lensa kamera. Kebersihan lensa adalah poin penting yang harus dilakukan untuk merawat lensa agar lebih awet. Bersihkan lensa setiap kali digunakan dengan lap khusus dan cleaner.
  • Jauhkan lensa dari air. Lensa yang terkena air cenderung lebih lembab. Air yang terperangkap di dalam perangkat lensa akan menimbulkan uap dan menimbulkan jamur. Akibatnya hasil bidikan dari lensa tersebut pun tidak akan sempurna.
  • Jangan sentuh lensa dengan jari. Sidik jari yang menempel pada lensa akan membekas lama. Selain itu, jari Anda mungkin berkeringat atau lembab saat menyentuh bagian kaca pada lensa. Jika tidak dibersihkan, lama kelamaan lensa akan lembab dan berjamur.
  • Jangan memasang filter terlalu kuat. Untuk mendapatkan efek tertentu, terkadang fotografer memerlukan filter khusus. Filter ini dipasang pada ujung lensa di bagian pengait cover lensa. Jika diputar terlalu kuat, kemungkinan motor pada lensa akan mengalami kerusakan.
  • Simpan lensa di tempat yang kering. Anda bisa menggunakan silica gel saat menyimpan lensa. Butiran silica akan menyerap air dan udara lembab di sekitar lensa sehingga lensa terlindung dari jamur. Anda juga bisa menggunakan box khusus untuk menyimpan lensa. Jangan lupa untuk menutup lensa kamera setelah digunakan.

10 Lensa kamera terbaik untuk foto produk

Setelah mengetahui cara memilih dan merawat lensa kamera, berikut ini merupakan pilihan lensa kamera terbaik yang digemari sebagai perangkat foto produk, antara lain:

10. Yongnuo YN 50 mm f/1.8

yongnuo_yn_50mm_f_1_8

Harga : Rp 630.000

Lensa fix murah yang terbaik di kelasnya

Yongnuo menjadi salah satu produk lensa kamera yang menjadi andalan para fotografer. Lensa prima atau fix berukuran 50 mm ini terbilang menjadi produk terfavorit dari Yongnuo. Dengan focal length 50 mm dan aperture lebar yang mencapai f/1,8 membuat hasil jepretan dari lensa ini cukup tajam dan berkualitas.

Yougnuo YN 50 mm sangat cocok digunakan untuk kamera DSLR besutan Canon. Lensa ini juga sudah dibekali fitur lens flare untuk meminimalkan hasil gambar yang buram. Warna yang dihasilkan pun cukup akurat dengan kontras yang baik.

Untuk memudahkan penggunanya, lensa ini juga telah dilengkapi AF/MF yang digunakan untuk mengganti mode auto focus ke manual focus. Anda bisa membeli lensa kamera ini di Shopee.

9. Nikon AF-S Nikkor 50 mm f/1.8G

nikon_af_s_nikkor_50mm_f_1_8g

Harga : Rp 2.423.000

Mengunci fokus lebih cepat dan tanpa suara

Tidak bisa dipungkiri bahwa lensa produk Nikon memang sangat diminati penggiat fotografi. Salah satu lensa yang digemari untuk foto produk adalah Nikon AF-S NIKKOR 50mm f/1.8G. Dirancang khusus untuk menghasilkan foto tajam dengan detail dramatis, lensa ini menjadi pilihan terbaik di kelasnya.

Fitur Super Integrated Lens Coating nya mampu menghasilkan gambar jernih tanpa lens flare dan ghosting yang mengganggu. Soal akurasi warna jangan ditanya, Nikon selalu bisa diandalkan untuk menghasilkan warna natural dengan saturasi yang lebih hidup.

Menariknya, lensa ini telah dilengkapi teknologi Silent Wave Motor AF System, yaitu fitur autofocus yang mampu mengunci fokus secara cepat dan tanpa suara. Lensa ini sangat cocok jika disandingkan dengan kamera Nikon seri DX atau kamera DSLR bersensor APS-C. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

8. Fujifilm XF 23mm f/2 R WR

fujifilm_xf_23mm_f_2_r_wr

Harga : Rp 4.499.000

Praktis, cepat, dan tahan cuaca

Fujifilm tak main-main untuk urusan perlengkapan fotografi. Lensa dengan wide-angle ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan lensa ringan dan ringkas. Fujifilm XF 23mm f/2 R WR sangat cocok dipadupadankan dengan perangkat kamera mirrorless Fujifilm X-series.

Focal length sebesar 23 mm bisa diandalkan untuk mengambil objek produk dengan latar belakang panorama. Lensa yang telah dibenamkan elemen aspherical ini mampu mengurangi distorsi gambar untuk menghasilkan gambar yang tajam dan bersih. Anda bisa membeli Fujifilm XF 23mm f/2 R WR ini di Shopee.

7. Canon EF-S 55-250mm f/4-5.6 IS STM

canon_ef_s_55_250mm_f_4_5_6_is_stm

Harga : Rp 2.100.000

Cocok untuk memotret jarak jauh

Dengan focal length setara dengan lensa 35mm, lensa ini sangat cocok digunakan untuk mengambil gambar objek dari jarak jauh. Lensa ini telah dilengkapi image stabilization, yang mampu mengurangi goncangan pada gambar hingga kecepatan 3.5 shutter speed tanpa menggunakan tripod.

Dibekali fitur stepping motor (STM), kamera ini bisa diandalkan untuk mengambil foto atau video dengan fokus yang presisi. Algoritma AF nya yang cepat ditunjang oleh fitur rear focusing system, sehingga bisa digunakan untuk mencari fokus manual ketika dalam mode auto focus. Anda bisa membeli lensa Canon EF-S 55-250mm f/4-5.6 IS STM ini di Shopee.

6. Tamron 70-300mm f/4-5 for Canon

tamron_70_300mm_f_4_5_for_canon

Harga : Rp 1.430.000

Pelopor lensa sapujagad

Tamron 70-300 ini dibekali kemampuan telephoto dengan rasio perbesar 1:2. Bobotnya yang ringan dan kuat membuat lensa ini cocok untuk mengambil foto produk di alam bebas.

Selain focal range yang jauh, lensa yang didesain khusus untuk kamera Canon ini telah menggunakan Internal Surface Coating berlapis untuk meminimalkan flare dan ghosting karena cahaya yang bocor. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Meike 50mm f/2.0

meike_50mm_f_2_0

Harga : Rp 700.000

Ahlinya bokeh dramatis

Tidak banyak yang mengenal lensa ini. Meike 50mm f/2.0 menjadi lensa terbaik bagi Anda yang gemar mengambil gambar dengan efek bokeh yang memukau. Dirancang dengan konstruksi metal, lensa fix ini cocok digunakan untuk memotret detail produk dan modelling.

Anda juga bisa menggunakan lensa ini untuk keperluan macro photography dengan tambahan extensiontube. Untuk menunjang durabilitas, Meike 50mm telah dilapisi coating khusus yang melindungi lensa dari goresan serta mengurangi flare atau ghosting. Anda bisa membeli lensa Meike 50mm ini di Shopee.

4. Sony FE 85mm F1.8

sony_fe_85mm_f1_8

Harga : Rp 5.900.000

Hasilkan foto tajam di segala kondisi

Bagi Anda yang gemar memotret di luar ruangan, lensa Sony FE 85mm ini wajib masuk dalam daftar lensa andalan. Dibekali dengan aperture sebesar f/1.8, lensa ini mampu menghasilkan foto yang tajam bahkan saat minim cahaya atau backlight sekali pun.

Fitur stabilizer nya dirancang khusus untuk menangkap gambar di segala kondisi. Jika Anda menggunakan ISO di atas 3200, lensa ini tetap menghasilkan gambar jernih tanpa noise. Selain itu Sony FE 85mm ini juga dibekali mount yang compatible, sehingga bisa digunakan untuk kamera bersensor full frame maupun APS-C. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Sony Vario-Tessar T* FE 16-35mm F4 ZA OSS

sony_vario_tessar_t_fe_16_35mm_f4_za_oss

Harga : Rp 11.650.000

Foto lanskap lebih hidup

Satu lagi lensa keluaran Sony yang bisa diandalkan dalam menghasilkan foto produk berkualitas. Sony Vario-Tessar T* FE 16-35mm F4 ZA OSS sangat cocok bagi Anda yang gemar memotret produk berlatar diorama hidup.

Dengan focal length selebar 16-35 mm, lensa ini dapat diandalkan untuk mengambil gambar di segala kondisi. Didukung oleh lensa berlabel ZEISS T* (T-Star), lensa ini mampu menghasilkan foto tajam dengan warna natural dan kontras yang baik.

Lensa ini juga dirancang dengan mount yang compatible, sehingga bisa digunakan pada kamera Sony sensor full frame maupun APS-C. Anda bisa membeli lensa kamera ini di Shopee.

2. Olympus M.Zuiko Digital ED 45mm f/1.2 PRO

olympus_m_zuiko_digital_ed_45mm_f_1_2_pro

Harga : Rp 19.399.000

Hasilkan foto close up terbaik

Lensa M.Zuiko ini dirancang khusus untuk kamera Olympus Mirrorless. Dengan focal length 45mm, lensa ini sangat baik jika digunakan untuk mengambil produk secara detail atau close-up. Didukung bukaan ekstra lebar f/1.2, lensa ini mampu menangkap cahaya lebih banyak untuk menghasilkan gambar yang tajam dengan efek bokeh yang mengagumkan.

Tidak banyak lensa yang mengusung aperture sebesar f/1.2, maka tak heran jika lensa M.Zuiko ini menjadi incaran para fotogragfer profesional. Didukung bobot yang ringan, lensa ini cocok digunakan untuk memotret di segala medan. Anda bisa membeli lensa M.Zuiko Digital ED 45mm f/1.2 PRO di Shopee.

1. 7Artisans 35mm F1.2

7artisans_35mm_f1_2

Harga : Rp 1.690.000

Tersedia untuk berbagai merek kamera

Produk lensa buatan Tiongkok ini termasuk dalam lensa favorit para pegiat foto. 7Artisans memiliki berbagai tipe lensa yang dirancang untuk berbagai merek kamera. Anda bisa menggunakan lensa ini untuk kamera mirrorless bersensor APS-C seperti Canon, Sony, Fujifilm, Lumix hingga Olympus.

Dikenal sebagai lensa super hemat, 7Artisans memiliki menjadi lensa fix yang mampu menghasilkan foto tajam dengan efek bokeh yang dramatis. Mengusung aperture lebar f/1.2 dan focal length 35mm, 7Artisans cukup mumpuni menghasilkan foto produk yang detail dengan saturasi warna yang presisi. Anda bisa membeli lensa kamera ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli lensa kamera, pastikan Anda mempertimbangkan jenis, kegunaan, fitur, dan budget yang Anda miliki.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara merawat lensa agar lebih awet dan berfungsi secara normal.
  • Anda bisa memilih Yongnuo YN 50 mm f/1.8 dan 7Artisans 35mm F1.2, karena harganya yang terjangkau dan hasil gambar yang dihasilkan sangat bagus.
  • Sedangkan, bagi Anda yang gemar mengambil foto lanskap dan close up secara profesional, Anda bisa memilih Sony Vario-Tessar T* FE 16-35mm F4 ZA OSS dan M.Zuiko Digital ED 45mm f/1.2 PRO.
  • Namun, untuk Anda yang gemar memotret objek yang jauh dengan lensa telephoto, Anda bisa memilih Canon EF-S 55-250mm f/4-5.6 IS STM dan Tamron 70-300mm f/4-5 for Canon.

Referensi

  1. Darina Kopcok, Best Lens Fot Product Photography, https://expertphotography.com/best-lens-for-product-photography/
  2. Max Bridge (2018), What Are The Best Lenses For Product and Still Life Photography, https://www.slrlounge.com/what-are-the-best-lenses-for-product-and-still-life-photography/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *