10 Mikrofon Terbaik yang Cocok untuk Youtuber

Saat ini, youtuber adalah salah satu profesi yang menjanjikan. Bahkan penghasilan seorang youtuber bisa mengalahkan profesi lain yang dulu dianggap wow oleh banyak kalangan masyarakat.

Salah satu kunci sukses yang mendukung seorang youtuber adalah kualitas konten yang diproduksinya. Untuk mendapatkannya, Anda harus menyiapkan banyak hal, salah satunya dengan menyiapkan mikrofon tambahan ketika membuat konten video kreatif.

Karena itu, kami akan menyajikan informasi mengenai beberapa mikrofon terbaik yang cocok untuk youtuber berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai mikrofon dan cara perawatannya.

Kenali cara kerja mikrofon!

Sinyal listrik yang dihasilkan oleh mikrofon sebenarnya sangat rendah, dan untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan sebuah penguat sinyal yang biasanya disebut amplifier. Namun, sebelum Anda mengetahui lebih jauh tentang mikrofon, kenali dulu cara kerja mikrofon berikut ini :

Pertama, ketika berbicara, suara yang dihasilkan akan membentuk gelombang suara dan akan ditangkap oleh mikrofon. Kemudian, gelombang suara akan menabrak diafragma yang terdiri dari membran plastik tipis. Membran plastik ini akan bergetar sesuai dengan gelombang sauara yang diterimanya.

Kedua, ketika diafragma bergetar, sebuah kumparan berupa kawat dibelakang diafragma akan bergetar sesuai dengan getaran diafragma.

Ketiga, kumparan kawat tersebut mengelilingi magnet kecil dan ketika kumparan kawat tersebut bergetar maka terciptalah suatu medan magnet seiring dengan gerakan kumparan kawat tersebut. Gerakan pada medan magnet inilah yang kemudian akan menimbulkan sinyal listrik. Dan, terakhir, sinyal listrik tersebut kemudian mengalir ke amplifier dan alat perekan suara.

Pilih jenis mikrofon yang tepat

Cara kerja mikrofon dalam mengubah bentuk energinya tidak sama, cara kerja mikrofon tergantung pada jenis-jenis mikrofon. Sedangkan, persamaan diantara mikrofon adalah mereka memiliki diafragma sebagai komponen utamanya.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang jenis-jenis mikrofon sebelum Anda memastikan untuk membelinya :

  • Mikrofon shotgun

Mikrofon berbentuk silinder ini menerima sinyal suara hanya satu arah. Mikrofon ini menangkap dengan baik suara yanng diterima dari arah depan.

Mikrofon jenis ini biasanya digunakan untuk membuat film. Namun para youtuber banyak menggunakan mikrofon ini untuk membuat vlog dan dikombinasikan dengan kamera high-end.

  • Mikrofon lapel

Jenis mikrofon ini memiliki ukuran yang kecil dan tersedia dua varian yaitu dengan kabel atau tanpa kabel. Mikrofon lapel banyak digunakan oleh pembawa acara televisi untuk meliput berita karena ukurannya yang kecil.

Selain itu, mikrofon ini juga cocok digunakan untuk vlog diluar ruangan, karena mikrofon ini dapat dipasang di dekat mulut sehingga dapat merekam suara dengan jelas.

  • Mikrofon handheld

Mikrofon handheld merupakan salah satu jenis mikrofon yang sangat umum digunakan dan biasanya digunakan ketika berbanyi atau berpidato. Untuk penggunaannya sendiri dapat langsung dipegang atau dapat menggunakan standing mic.

  • Mikrofon kondensor

Mikrofon ini merupakan salah satu andalan bagi para youtuber, karena memiliki sensitivitas yang tinggi sehingga mampu meredam noise. Mikrofon kondensor dapat mengubah suara akustik menjadi sinyal digital.

Dari beberapa jenis mikrofon di atas, ada Fish Pole yang merupakan alat bantu bagi mikrofon agar dapat digunakan untuk merekan jarak jauh. Bentuknya seperti alat pancing, maka dari itu biasa disebut Fish Pole. Untuk penggunaannya, Anda tinggal menambah mikrofon diujungnya agar dapat merekam suara jarak jauh.

Cara merawat mikrofon agar lebih awet

Agar mikrofon yang Anda miliki lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini, seperti :

  • Matikan dan nyalakan mikrofon sesuai urutan. Meski terkesan sangat sepele, hal ini rupanya membantu menjaga mikrofon dari arus listrik yang tidak stabil. Pastikan tombol tidak dalam posisi on sebelum Anda memasang stop kontak, dan saat mematikan mikrofon pastikan tombol sudah dalam posisi off sebelum mencabut stop kontak.
  • Sebaiknya gunakan filter pada mikrofon Anda. Bukan hanya untuk menjaga kualitas suara saja, filter memiliki fungsi lain yaitu mencegah saliva yang memiliki sifat korosif mengenai elemen-elemen penting pada mikrofon .
  • Bersihkan permukaan mikrofon secara teratur dengan alat pembersih khusus. Namun, yang perlu diingat adalah jangan pernah menyemprotkan cairan apa pun langsung ke mikrofon karena elemen-elemen di dalam mikrofon sangat rentan terhadap cairan ataupun karat. Semprotkan cairan ke lap baru kemudian seka ke bagian yang ingin Anda bersihkan.
  • Simpan mikrofon ditemptat yang bersih dan kering. Menyimpan mikrofon di tempat yang lembab akan menyebabkan mikrofon cepat rusak karena elemen-elemen nya yang sangat sensitif.
  • Apapun jenis mikrofon Anda, pastikan selalu terpasang dengan kokoh dan solid pada stand atau mounting kamera. Hal tersebut untuk menjaga agar posisi mikrofon stabil sehingga ketika Anda aktif bergerak, mikrofon tidak mudah terjatuh dan kemudian akan pecah atau rusak.

10 Mikrofon terbaik yang cocok untuk youtuber

Setelah Anda mengetahui berbagai hal mengenai mikrofon baik dari cara kerja hingga jenis-jenis mikrofon, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi mikrofon terbaik yang cocok untuk youtuber berikut ini:

10. Rode VideoMic Pro

rode_videomic_pro

Harga : Rp 1.800.000

Mikrofon shotgun kondensor untuk suara lebih jernih

Rodeo VideoMic Pro merupakan mikrofon keluaran baru yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari model keluaran sebelumnya. Mikrofon ini menggunakan sistem mikrofon shotgun kondensor supercardioid yang juga tersambung dengan jack mini stereo yang dapat digunakan untuk merekam audio secara indoor maupun outdoor.

Pada mikrofon versi pro ini ditambahkan kapsul kondensor sebesar 0.5 inci yang dapat meningkatkan kualitas hasil rekaman suara Anda.Dengan konektor mini jack stereo nya membuat Rode mampu memberikan efek suara rendah hingga 14db.

Serta dengan terpasangnya pola kutub supercardioid dapat meminimalisir noise dari audio di sekitar sehingga hasil rekaman lebih fokus dan jernih pada objek suara yang terdekat dengan mikrofon.Anda dapat membeli mikrofon ini di Blibli.

9. Zoom H1 Handy Portable Digital Recorder

zoom_h1_handy_portable_digital_recorder

Harga : Rp 1.630.000

Fokus merekan audio utama dengan Zoom H1

Mikrofon Zoom H1 merupakan mikrofon directional yang dapat fokus hanya untuk merekan objek audio terdekatnya saja.Zoom H1 menggunakan konfigurasi dengan pola X/Y yang berfungsi untuk menangkap suara dalam hasil stereo.

Tidak seperti omnidirectional mikrofon pada umumnya yang akan merekam semua suara yang ada di sekeliling nya, Zoom H1 hanya akan merekan audio utama yang berasal dari objek terdekat dan mampu mengeliminasi objek-objek suara yang tidak diinginkan.

Mikrofon ini sudah sangat bagus dan cukup memadai untuk digunakan para youtuber dalam membuat konten baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.Anda dapat membeli mikrofon ini di Bukalapak.

8. Rode Lightweight Mic

rode_lightweight_mic

Harga : Rp 1.219.400

Rekam suara Anda dengan mikrofon ringan dari Rode

Masih merupakan produk dari Rode, mikrofon ini merupakan mikrofon ringan dengan berat sekitar 3 ons saja dan cocok untuk audio cam-recorder dengan ukuran kecil. Dengan beratnya yang terbilang ringan, Anda dapat menggunakan nya cukup dengan satu tangan saja.

Mikrofon ini termasuk jenis mikrofon directional yang menggunakan teknologi berupa kutub cardioid berpola.Kutub ini mampu meminimalisir noise dari berbagai arah. Selain itu, mikrofon ini juga dilengkapi dengan Rackote Lyic Shock untuk menjaga kestabilan apabila ada gundukan yang akan menimbulkan goncangan atau getaran.

Mikrofon ini sangat cocok digunakan untuk merekam audio diluar ruangan yang cenderung bising dan tidak stabil.Anda dapat membeli mikrofon ini di Lazada.

7. Blue Yeti

blue_yeti

Harga : Rp 2.990.000

Mikrofon dengan desain unik dan banyak kegunaan

Blue yeti merupakan mikrofon yang paling populer dan banyak digunakan oleh para konten kreator khususnya vlog. Selain untuk merekam audio vokal, mikrofon ini juga dapat digunakan untuk merekam alat musik, dapat digunakan untuk podcasting, dan dapat digunakan baik indoor maupun outdoor.

Mikrofon ini dilengkapi dengan fitur kardioid berpola ganda yang memungkinkan Blue Yeti ini berfungsi sebagai mikrofon bi-directional dan juga omni-direktional. Selain itu, mikrofon ini juga dilengkapi dengan tombol mute dan juga output berupa headphone zero-latecy. Anda dapat membeli mikrofon ini di Lazada.

6. Sennheiser EW 112P G3

sennheiser_ew_112p_g3

Harga : Rp 2.175.000

Rekam audio dengan teknologi pemindai frekuensi otomatis

Sennheiser EW 112P G3 merupakan mikrofon jenis lapel yang hadir menggunakan teknologi nirkabel portabel yang cocok digunakan untuk melakukan perekaman video yang dibuat diluar ruangan. Dilengkapi dengan fitur auto lock yang sangat berguna untuk menghindari perubahan pengaturan yang tidak disengaja.

Mikrofon ini memiliki pemindai frekuensi otomatis yang dapat digunakan untuk mencari frekuensi di sekitar lokasi yang tersedia. Dengan ketersediaan kontrol yang lebih banyak membuat pengoperasian menu lebih mudah.

Selain itu, Sennheiser EW 112P dilengkapi dengan berbagai perangkat tambahan lain yang akan lebih mendukung proses perekaman. Anda dapat membeli mikrofon ini di Bukalapak.

5. Audio Technica AT2020

audio_technica_at2020

Harga : Rp 1.299.000

Mikrofon kondenser dengan kualitas tinggi

Audio Technica AT2020 merupakan mikrofon dengan pola kardioid.Seperti jenis mikrofon kondenser pada umumnya, mikrofon ini datang dengan mikrofon, kantong, dan stand adapter dan cocok untuk melakukan perekaman di dalam ruangan.

Pola kardioid pada mikrofon ini mampu mengurangi objek noise dari sisi kanan, kiri, dan belakang sehingga untuk hasil suaranya akan sangat jernih. Sayangnya, Audio Technica AT2020 bukanlah mikrofon USB yang bisa digunakan hanya dengan mencolokkan kabel USB.Anda membutuhkan kabel XLR yang dijual terpisah dengan mikrofon ini.

Selain itu, Anda dapat menggunakan mikrofon ini untuk podcasting, streaming, dan juga voiceover.Anda dapat membeli mikrofon ini di Lazada.

4. Azden WLX-Pro Lavalier System

azden_wlx_pro_lavalier_system

Harga : Rp 1.530.000

Mikrofon inovatif dengan sistem Nirkabel

Adzen WLX-Pro Lavalier System ini merupakan jenis mikrofon single accepter namu mempunyai dua frekuensi yang dapat dipilih salah satunya jika saluran lainnya mengalami gangguan.Dengan sistem nirkabel, mikrofon ini menggabungkan antara pemancar WL/T-Pro dengan receiver WR-Pro di puncak kamera.

Standar pilihan frekuensinya adalah 169.445MHz dan 170.245Mhz dengan paket body pemcancar untuk seri receiver ‘pro’. Mikrofon ini menggunakan baterai berukuran 9V tunggal yang dilengkapi oleh klip sabuk.

Jangkauan rekam mikrofon ini dapat dibilang sangat jauh, yaitu hingga mencapai sekitar 80 meter sehingga tidak masalah jika Anda menggunakannya untuk membuat video di luar ruangan.Anda bisa membeli mikrofon ini di Lazada.

3. Sennheiser MKE 600 Shotgun

sennheiser_mke_600_shotgu

Harga : Rp 5.000.000

Rekam audio tanpa khawatir suara bising angin

Mikrofon keluaran Sennheiser MKE 600 merupakan jenis mikrofon shotgun yang mampu menangani tantangan pada saat proses pembuatan video. Mikrofon ini menggunakan tenaga baterai dan terdapat saklar on dan off yang berfungsi sebagai pengontrol baterai agar lebih hemat.

MKE 600 dilengkapi dengan fitur switchable low cut yang meminimalisir dari suara bising angin. Dengan tingkat directivity nya yang cukup tinggi sangat memungkinkan mikrofon MKE 600 ini untuk fokus hanya mengambil objek suara dari satu arah saja.

Selain dapat meredam suara bising angin, mikrofon ini juga dapat meredam suara bising yang datang dari arah kiri, kanan dan belakang dengan efektif sehingga suara yang dihasilkan sangat jernih, Mikrofon ini cocok digunakan untuk kegiatan indoor maupun outdoor.Anda dapat membeli mikrofon ini di Bukalapak.

2. Blue Snowball Ice Condenser Microphone Cardioid

blue_snowball_ice_condenser_microphone_cardioi

Harga : Rp 1.269.400

Mikrofon kondenser yang kompatibel dengan berbagai software

Mikrofon snowball ini merupakan mikrofon dengan jenis kondenser namun dengan bentuk yang unik seperti bola. Snowball dilengkapi dengan kapsul kondenser dan juga pola kardioid yang dapat membuat kualitas hasil rekaman yang jernih.

Snowball dapat berfungsi sebagai mikrofon omni-directional yang dapat menangkap suara dari segala arah. Namun, mikrofon ini memiliki pola kardioid dengan pad berukuran -10db yang meredam noise.

Mikrofon ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan video yang berada didalam ruangan dengan jumlah orang yang banyak, karena snowball dapat menangkap banyak suara dengan jernih. Anda dapat membeli mikrofon ini di Lazada.

1. Saramonic UWMIC10

saramonic_uwmic10

Harga : Rp 5.617.000

Cocok digunakan untuk kebutuhan konten di luar ruangan

Mikrofon saramonic ini merupakan mikrofon jenis lapel berukukan kecil dan dapat di klipkan didekat mulut Anda.Saramonic memiliki bandwith RF Switching yang cukup lebar dan juga dilengkapi dengan layar LCD yang sanga mudah untuk dibaca.Serta dilengkapi dengan sinkronisasi inframerah yang digunakan untuk pemancar sinyal dengan penerima sinyal.

Saramonic dilengkapi dengan soket untuk headphone yang digunakan untuk memantau suara audio yang masuk pada saat bersamaan.Selain itu, mikrofon ini juga dipersenjatai dengan fitur autoscan yang secara otomatis dapat mendeteksi objek suara disekitar lokasi yang tersedia.

Mikrofon ini cocok untuk pembuatan kontenyang berada diluar ruangan dengan aktifitas yang padat seperti vlog karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa kemana saja.Anda dapat membeli mikrofon ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli mikrofon, ada baiknya jika Anda mengetahui jenis-jenis mikrofon agar mikrofon yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Terdapat beragam jenis-jenis mikrofon, yaitu mikrofon shotgun, mikrofon lapel, mikrofon handheld, mikrofon kondenser dan fish pole.
  • Untuk Anda yang ingin merekam audio diluar ruangan atau outdoor, Anda bisa memilih mikrofon dari Saramonic seri UWMIC10, karena ukurannya yang kecil, dapat di klipkan, dan mudah dibawa kemana-mana.
  • Namun, untuk kebutuhan konten di dalam ruangan dengan kegunaannya yang beragam, Anda dapat memilih mikrofon kondenser dari Audio Technica AT2020.
  • Sedangkan, untuk Anda ingin membuat konten di dalam ruangan atau di luar ruangan,Anda bisa memilih mikrofon shotgun dari Rode VideoMic Pro.

Referensi

  1. Ross Winn (2020), Best Microphone For YouTube Videos (With Top Creator Picks), https://www.podcastinsights.com/best-youtube-microphones/
  2. Phylicia Hanson-Stitzel (2019), Top 5 Lavalier Mics for Vloggers,https://filtergrade.com/top-5-lavalier-mics-for-vloggers/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *