10 Rekomendasi Board Game klasik untuk Anak-anak

Board game merupakan salah satu permainan yang ramah anak, baik laki-laki atau perempuan biasanya akan menyukainya. Dengan board game, anak-anak bisa bermain sambil mengasah otak sekaligus melatih konsentrasi.

Ada beragam jenis board game yang dijual di pasaran. Saat memilihnya, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal, mulai dari jenis, judul, kriteria, cara bermain hingga harganya.

Untuk itu, kami akan sajikan informasi mengenai beberapa board game dengan harga dan ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan tentang board game lengkap dengan cara bermainnya.

Mengenal board game dan manfaatnya

Semakin berkembangnya zaman, board game juga hadir dengan variasi yang beragam. Tak hanya bisa dimainkan sendiri, tapi banyak board game yang bisa dimainkan oleh banyak orang. Papannya dapat dibagikan pada setiap pemain yang turut memainkan board game tersebut.

Saat ini board game yang paling laris dimainkan dan cukup populer yakni Risk, Monopoly, serta Scrabble. Ada juga board game yang lebih modern yang mana lebih fokus pada adu strategi dan kecermatan.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh anak-anak saat bermain board game, seperti :

  • Mengendalikan emosi pada anak

Ketika bermain board game, Anda dapat melihat ekspresi yang tersirat dari si anak. Ekspresi tersebut muncul karena anak berinteraksi secara langsung dalam permainan yang ia mainkan. Pada saat itu lah orang tua bisa memanfaatkannya untuk mengajarkan mereka dalam melatih dan mengendalikan emosi yang keluar.

  • Sebagai pengalihan dari gawai

Mengenalkan board game pada anak bisa memberikan manfaat positif. Secara tidak langsung Anda bisa mengalihkan perhatian si kecil dari gawai yang mana kerap ia mainkan sehari-hari dalam jangka waktu yang lama, yang mana kadang kala membuat Anda jengkel dan kesal.

  • Melatih fokus

Bermain board game bermanfaat dapat melatih tingkatan fokus pada anak. Ketika memainkannya bersama anak, secara tidak langsung Bunda bisa menilai apakah anak fokus dengan apa yang dijlelaskan atau kah tidak.

  • Ajang quality time bersama anak

Selain mengalihkan perhatian anak, dengan bermain board game, Bunda juga dapat meningkatkan waktu bersama anak-anak lebih lama lagi alias memiliki quality time yang lebih efektif dibandingkan. Sebab Anda juga akan selalu berada di dekat anak-anak ketika memainkan board game dan mendapatkan kedekatan yang lebih berkualitas.

Cara memilih board game bagi anak

Ada banyak board game yang bisa digunakan dan dimainkan oleh anak-anak. Namun, dalam memilih board game, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal jika baru kali pertama membelinya. Dari pada salah pilih, lebih baik perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Sebelum membeli board game yang akan dimainkan nanti, hal pertama yang harus Bunda perhatikan adalah sesuaikan board game yang hendak dibeli dengan karakteristik anak Anda. Setiap anak pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda dengan anak lainnya.
  • Carilah informasi terlebih dahulu tentang board game yang akan Bunda beli. Apakah board game tersebut cocok untuk dimainkan oleh anak Anda atau belum. Setiap board game biasanya memiliki acuan usia yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi Anda.
  • Tidak semua board game tersedia di toko offline. Di era serba mudah seperti sekarang ini, Bunda tidak perlu khawatir mencarinya, sebab Anda bisa membelinya secara online.
  • Jika Anda bingung ingin membelikan yang mana untuk memainkannya bersama anak di rumah, Anda bisa memilih board game dengan predikat paling laris. Biasanya jenis-jenis yang paling laris sudah pasti disukai oleh anak-anak.

10 Rekomendasi board game klasik untuk anak-anak

Jika Anda berencana membelikan board game untuk mengisi waktu bersama anak di rumah, berikut ini kami berikan rekomendasi berbagai board game pilihan yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membelinya:

10. Game of Life

game_of_life

Harga : Rp 260.000

Paling populer dan banyak disukai

Board game yang satu ini rupanya sudah eksis sejak tahun 1960 silam dan paling laris sepanjang masa. Untuk menjadi pemenang, Anda tidak harus sampai paling cepat di garis finish. Sebab, cara mainnya adalah pemain harus mendapatkan kekayaan dan poin kebahagiaan lebih banyak dibandingkan pemain lainnya.

Untuk memainkan Game of Life dibutuhkan 2 hingga 6 pemain. Game ini juga tersedia dalam dua mode yakni Classic dan Enchanced. Anda bisa membeli board game ini di Bukalapak.

9. Ular Tangga

ular_tangga

Harga : Rp 59.800

Mudah dimainkan oleh anak-anak

Buat anak-anak yang baru saja mulai bermain board game, sepertinya Ular Tangga bisa jadi salah satu yang disukai oleh mereka. Board game yang sudah ada sejak tahun 1943 ini sangat mudah untuk dimainkan oleh siapapun. Permainan ini juga tidak membutuhkan strategi khusus.

Anda bersama anak hanya perlu memainkannya dengan mengocok dadu, angka yang muncul dari dadu yang telah dikocok bisa dipakai untuk melanjutkan posisi Anda ke tangga selanjutnya. Siapa yang tercepat mencapai tangga paling akhir, maka dia lah pemenangnya. Anda bisa membeli board game ini di Lazada.

8. Risk Godstorm

risk_godstorm

Harga : Rp 620.000

Board game yang penuh dengan trik

Bagi orang tua yang memiliki anak sudah cukup besar, Anda bisa mengenalkan board game Risk kepada anak. Board game yang sudah populer sejak tahun 1950 ini cukup banyak dimainkan.

Risk sendiri merupakan papan permainan yang memiliki konsep seperti kontrol area. Tujuan utama dari board game ini adalah menaklukan dunia dengan cara menguasai setiap wilayah yang terdapat di papan permain yang mana berupa peta dunia.

Anak-anak bisa jadi akan suka sekali diajak berselancar dengan board game yang satu ini. Jika Bunda tertarik untuk membelikannya untuk anak di rumah, Anda bisa membeli board game ini di Blibli.

7. Pictionary

pictionary

Harga : Rp 419.900

Bisa dijadikan media interaktif dengan anak

Pictionary merupakan board game sederhana yang amat mudah dimainkan. Umumnya, board game yang satu ini bisa dimainkan oleh kelompok yakni 3 orang atau lebih. Jadi, Anda bisa mengajak sang anak sekaligus ayah mereka dalam memainkan Pictionary.

Board game ini terdiri dari empat elemen. kartu kategori, penghitung pasir dan dadu. Siapapun bisa memainkan game yang satu ini, baik anak-anak hingga orang dewasa. Dengan memainkan board game ini bersama anak di rumah, Anda bisa mendapatkan quality time yang menyenangkan bersama si kecil. Anda bisa membeli board game ini di Blibli.

6. Trivial Pursuit

trivial_pursuit

Harga : Rp 188.000

Bisa melatih pola pikir pada anak

Trivial Pursuit merupakan papan permainan yang cara memainkannya layaknya tebak gambar. Untuk memainkannya, setiap pemain harus menempatkan token penilaian di tengah papan. Lalu, kocok kedua deck dan tempatkan masing-masingnya pada dudukan kartu yang tersedia. Yang berwarna biru tua adalah trivia untuk orang dewasa, sedangkan warna biru merupakan trivia untuk anak-anak.

Selanjutnya, putuskanlah berapa lama setiap pemain diberi waktu untuk menjawab pertanyaan. Jawabannya sendiri harus akurat. Untuk mengawali permainan ini, tentukan saja siapa yang akan bermain pertama menggunakan gulungan yang terdapat di board game ini. Anda bisa membeli board game ini di Bukalapak.

5. Othello

othello

Harga : Rp 75.000

Mengajarkan anak tentang strategi

Othello adalah board game sederhana yang dimainkan pada papan ukuran 20 x 20 cm yang mana di dalamnya terdapat 64 cakram hitam putih dua sisi. Pada dasarnya, board game ini cukup mudah untuk dipelajari, Walaupun ada strategi tersendiri yang harus dilakukan apabila ingin memenangkan game yang satu ini.

Cara bermainnya adalah pemain hars melempar koin untuk memutuskan siapa yang akan bermain putih-putih dan bergerak lebih dulu. Pada setiap belokan, pemain dapat menempatkan satu bagian di papan dengan warna menghadap ke atas. Untuk empat gerakan pertama, pemain harus bermain ke salah satu dari empat kotak di tengah papan dan tidak ada potongan yang ditangkap atau dibalik. Begitupun selanjutnya saat lawan mendapatkan giliran bermain. Anda bisa membeli board game ini di Lazada.

4. Monopoly

monopoly

Harga : Rp 22.000

Cocok dimainkan berkelompok

Jika berbalik ke belakang, hampir semua anak-anak pernah memainkan permainan yang satu ini. Jika Anda ingin bermain Monopoly bersama anak di rumah, sepertinya belum ada kata terlambat.

Cara memainkannya pun tidak sulit. Setiap pemain hanya perlu melemparkan dadu, lalu membeli properti yang diinginkan atau diincar, membayar sewa kepada pemain lainnya, dan lain-lain. Memang secara tidak langsung permainan ini membutuhkan strategi tertentu. Rasanya akan menyenangkan sekali jika permainan ini dimainkan oleh Anda sekeluarga di rumah.

Biasanya Monopoly akan sangat cocok dimainkan ketika waktu libur tiba. Anda bisa memainkannya seharian bersama anak tanpa harus khawatir waktu Anda teganggu. Justru dengan begitu Anda jadi bisa memiliki waktu yang berkuliatas bersama anak. Anda bisa membeli board game ini di Lazada.

3. Scrabble

scrabble

Harga : Rp 133.000

Melatih kecerdasan dalam diri anak

Mengenalkan board game pada anak merupakan salah satu cara untuk melatih kecerdasan dalam diri mereka. Pada papan permainan Scrabble, anak secara tidak langsung diajak untuk melatih kinerja otak saat memainkannya.

Scrabble sendiri merupakan game yang dapat dimainkan mulai dari 2 sampai 4 orang yang berukuran 15×15 cm yang terdapat sejumlah huruf besar di tiap kotak di dalamnya.

Cara mainnya adalah setiap pemain harus meletakkan kata di papan yang sudah disediakan menggunakan salah sat dari 7 huruf di kotak yang mana sesuai aturan yang berlaku dalam permainan Scrabble. Apabaila seorang pemain dapat memainkan semua kotak atau ubin yakni 7 buah pada satu giliran maka pemain tersebut akan mendapatkan 50 poin. Anda bisa membeli board game ini di Lazada.

2. Chess

chess

Harga : Rp 55.000

Mengajarkan anak untuk kompetitif

Chess atau catur adalah permainan yang dimainkan antara dua lawan di sisi yang berlawanan dari papan yang berisi 64 kuadrat warna yang bergantian. Setiap pemain memiliki 16 buah catur yang bisa dimainkan, yang meliputi 1 raja, 1 ratu, 2 benteng, 2 uskup, 2 ksatria, dan 8 pion.

Yang perlu Anda ketahui adalah bidak catur tidak hanya bisa maju dalam satu kotak. Tapi bidak dapat bergerak langsung ke depan dalam dua kotak pada langkah pertama mereka saja.

Selain itu, bidak juga dapat bergerak ke depan secara diagonal saat menangkap bidak catur lawan. Aturan lainnya yang bisa Anda ketahui adalah king dapat memindahkan tepat satu kotak secara horizontal, vertikal, atau diagonal.

Kemudian, ratu dapat memindahkan sejumlah kotak kosong secara diagonal, horizontal, atau vertikal. Dan benteng dapat memindahkan sejumlah kotak kosong secara vertikal atau horizontal. Sementara itu, uskup dapat memindahkan sejumlah kotak kosong ke arah diagonal apapun. Anda bisa membeli board game ini di Bukalapak.

1. Speak Out

speak_out

Harga : Rp 80.000

Mainan edukasi untuk anak

Ingin memberikan edukasi kepada anak lewat board game? Bisa kok. Dengan bermain Speak Out bersama anak, secara tidak langsung Anda dapat mengajarkan sisi edukatif kepada mereka.

Untuk bermain board game ini, Anda dan anak hanya perlu menghasilkan kartu dengan cara menebak frase dengan benar. Siapa yang berhasil mendapatkan kartu terbanyak di akhir permainan. Satu set board game Speak Out terdiri dari 5 mouth pieces, 200 double side cards dan timer.

Memainkannya juga cukup mudah, caranya adalah Anda harus menemukan corong agar sisi yang lebih lebar dari sayap melengkung paling dekat dengan mulut Anda. Selanjutnya, pegang gagang melengkung di gagang telepon dengan kedua tangan, geser satu sayap di antara bibir dan gigi Anda di satu sisi, sehingga nantinya menyentuh bagian dalam pipi Anda.

Ingat, jangan menggigitnya tapi tekuk saja pegangan sehingga sayap lainnya lebih dekat ke yang sudah ada di mulut Anda. Ulangi gerakan geser menggeser untuk memasukkan sayap kedua. Lepaskan gagang begitu corong mulut nyaman di mulut Anda. Anda bisa membeli board game ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli board game, sebaiknya Anda mempertimbangkan terlebihdulu jenis, judul, kriteria dan karakteristik board game yang sesuai dengan anak Anda. Hal ini dilakukan agar Anda tidak salah membeli dan saat dimainkan nanti anak tidak akan kesulitan dalam memainkannya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara memilih board game yang tepat untuk anak Anda. Jangan asal-asalan memilihnya. Sebab, nantinya Anda juga yang akan mengajarkannya dan memperkenalkan sekaligus memainkannya bersama anak Anda sendiri.
  • Anda bisa memilih board game Ular Tangga karena sangat mudah dimainkan oleh anak-anak. Harganya pun cukup terjang kau dan tidak terlalu mahal. Board game yang satu ini juga akan disukai oleh anak dengan beragam usia. Selain itu masih cocok juga dimainkan oleh orang dewasa.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin memiliki board game berkualitas bisa memilih Trivial Pursuit. Harganya memang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan board game sejenis lainnya. Sebab, papan permainan yang satu ini banyak digunakan oleh anak-anak di luar Indonesia dan populer di sana. Memainkan Trivial Pursuit dapat mengasah pola pikir pada anak.
  • Namun, jika Anda ingin mendapatkan board game yang bagus tapi dengan harga yang tetap irit di kantong, Anda bisa memilih Monopoly. Board game ini sangat populer di semua kalangan. Anda bersama anak juga tidak akan sulit untuk memainkannya nanti.

Referensi

  1. Brandon The Game Dev (2019), The 10 Most Popular Board Games of All Time and Why They Made Board Gaming Better, https://brandonthegamedev.com/the-10-most-popular-board-games-of-all-time-and-why-they-made-board-gaming-better/
  2. Board Game (2018), 5 Manfaat Board Game BagiAnak, https://boardgame.id/5-manfaat-board-game-bagi-anak/
  3. Board Game (2015), 4 Tips Beli Board Game Pertama Kali Agar TidakBingung,https://boardgame.id/4-tips-beli-board-game-pertama-kali/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *