10 Rekomendasi Buah Kaleng yang Segar dan Tahan Lama

Di masa serba sibuk dan cepat seperti sekarang ini, buah kaleng mulai banyak dilirik karena kepraktisannya. Buah kaleng memudahkan siapapun yang ingin mengonsumsibuah tanpa perlu mengupas atau memotong-motongnya terlebih dahulu.

Bagi masyarakat modern, buah kaleng bisa menjadi opsi terbaik untuk memenuhi kebutuhan asupan buah setiap hari. Selain lezat dan menyehatkan, buah kaleng juga tersedia dalam berbagai pilihan jenis buah yang bisa dipilih sesuai dengan selera Anda.

Bahkan, ada beberapa produk yang menyediakan beragam jenis buah-buahan dalam satu kemasan atau kaleng yang sama, sehingga terlihat lebih menarik saat dikonsumsi. Belum lagi dibuat dari buah-buahan yang segar dengan kemasan kaleng yang tentunya lebih aman dan tahan lama.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi buah kaleng yang segar dan tahan lama lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai buah kaleng dan cara penyimpanannya.

Manfaat mengonsumsi buah kaleng

Buah kaleng hadir sebagai solusi untuk memudahkan orang-orang dalam mengonsumsi buah-buahan. Selain cepat dan praktis, rasanya pun tidak kalah lezat bila dibanding buah segar.

Jadi tidak heran kalau banyak yang mulai tertarik dengan buah kalengan ini. Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi buah kaleng, antara lain:

Keamanan buah lebih terjamin

Pengemasan buah dalam kaleng bukanlah tanpa alasan. Kaleng dianggap sebagai salah satu prosedur terbaik untuk menjamin keamanan isi buah di dalamnya.

Buah kaleng biasanya juga telah melalui berbagai prosedur yang memiliki standar food safety terbaik. Karena itu, buah kalengan justru cenderung lebih terjaga secara kualitas.

Selain itu, kemasan kaleng tidak mudah dibuka, lebih aman, dan membuat serangga atau kotoran tidak mudah masuk ke dalamnya.

  • Lebih aman dan steril

Inilah salah satu keunggulan yang membuat orang-orang tertarik untuk mengonsumsi buah kaleng, yakni lebih aman dan steril.

Proses pengalengan buah dilakukan di tempat bersuhu tinggi sehingga dapat mematikan berbagai mikroorganisme di dalam buah-buahan.

Selain itu, juga dilakukan proses untuk membuat kaleng tetap steril yang makin menjamin keamanannya.

  • Buah di dalamnya lebih awet

Buah-buahan termasuk makanan yang mudah kehilangan kesegaran dan cepat rusak bila tidak segera dikonsumsi. Karena itu, buah kaleng biasa menggunakan beberapa tambahan bahan untuk mengawetkan isi di dalamnya.

Tenang, biasanya yang digunakan merupakan pengawet alami sehingga rasanya cenderung sedikit manis. Tidak hanya itu, penggunaan kaleng juga dapat melindungi dari berbagi paparan luar yang dapat mengontaminasi buah di dalamnya. Misalnya cahaya atau suhu panas.

  • Praktis, bisa dikonsumsi kapan saja

Karena dikemas dalam bentuk kaleng, buah kalengan bisa dikonsumsi kapan pun dan di manapun. Biasanya buah kaleng sudah bisa langsung dimakan tanpa harus dikupas atau dipotong-potong terlebih dahulu.

Selain itu, tidak perlu juga melewati proses pemasakan, sehingga Anda pun bisa langsung mengkreasikan buah-buahan tersebut menjadi camilan lezat atau minuman yang segar.

  • Tetap memiliki kandungan gizi

Salah satu kekhawatiran untuk mengonsumsi buah kaleng adalah kandungan gizinya. Banyak yang mengira kalau buah kaleng sama sekali tidak memiliki kandungan gizi.

Padahal faktanya, buah kaleng tetap memiliki kandungan gizi yanghampir sama dengan buah-buahan segar. Hanya jumlahnya jadi sedikit berkurang, terutama zat gizi yang sensitif terhadap panas.

Pilih buah yang disukai

Ada berbagai varian buah lezat yang dikemas dalam bentuk kalengan. Banyaknya pilihan mungkin akan membuat Anda bingung.

Sebagai langkah awal terbaik, sebaiknya pililah produk berisi buah yang paling Anda sukai. Kalau bingung ingin berbagai buah berbeda, Anda bisa memilih buah kaleng campur.

Perhatikan kandungan gulanya

Penggunaan gula merupakan hal lazim yang bertujuan untuk menambah kelezatan sekaligus membuat buah kaleng lebih tahan lama. Namun, tentu bukan hal baik bila mengonsumsi buah kaleng dengan kandungan gula berlebih. Apalagi kalau Anda biasa menyantapnya sebagai camilan atau minuman segar.

Sebaiknya Anda lakukan pengecekan terlebih dahulu akan kandungan gula dalam buah kaleng tersebut. Anda bisa melihatnya di label yang terdapat pada kaleng. Pilihlah produk buah kaleng yangmemiliki kandungan gula kurang dari 20 gram per takaran sajinya.

Cek masa kedaluwarsanya

Meski telah ditambahkan pengawet, bukan berarti buah kaleng tidak memiliki masa kedaluwarsa. Justru karena menggunakan buah-buahan segar, buah kaleng tetap tidak luput dari kedaluwarsa.

Solusinya, Anda bisa mengecek tanggal kedaluwarsa yang terdapat pada buah kaleng. Sebaiknya pilih yang masa kedaluwarsanya masih lama. Kalau Anda berniat untuk membeli dalam jumlah banyak, sebagai stok jualan misalnya, disarankan untuk bertanya langsung kepada seller agar mendapat produk yang lebih baik.

Pertimbangkan kondisi kemasannya

Buah kaleng memiliki kemasan yang kuat dan kukuh sehingga tidak mudah terkontaminasi. Namun, dalam proses pengirimannya, ada kalanya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga memengaruhi kualitas dari kemasan kaleng tersebut.

Kemasan buah kaleng bisa saja mengalami kebocoran, penyok, retak, atau menggembung. Jangan sekali-kali memilih buah kaleng yang kemasannya sudah rusak seperti itu, Carilah buah kaleng lain yang memiliki kemasan lebih layak.

Selain kemasannya, perhatikan pula isi dari buah kaleng. Kalau ketika kaleng dibuka malah tercium aroma tajam atau terlihat berbusa, segera buang isinya.

Cara menyimpan buah kaleng yang baik

Agar buah kaleng tidak mudah rusak dan bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda menyimpannya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan buah kaleng:

  • Kalau setelah buah kalengan dibuka dan isinya belum habis, pindahkan sisa buah tersebut pada wadah penyimapanan lain yang lebih bersih. Kemudian simpan wadah tersebut di tempat yang sejuk dan kering, seperti di dalam lemari es.
  • Gunakan wadah penyimpanan dari bahan kaca atau plastik dan dilengkapi penutup yang telah dilengkapi dengan penutup kedap udara. Dengan begitu, kuman dan bakteri tidak akan mudah mengontaminasi buah yang tersisa.
  • Perlu diketahui, penyimpanan buah kaleng yang tutupnya telah dibuka sebelumnya hanya bisa sekitar 1-2 hari saja. Jadi, disarankan langsung menghabiskan isinya agar mendapat kesegaran yang lebih baik.
  • Jangan memasak atau memanaskan buah kaleng berulang kali. Hal ini bisa membuat nutrisi yang terdapat di dalamnya jadi mudah rusak.
  • Cairan yang terdapat di dalam buah kaleng sebenarnya sudah mengandung nutrisi. Bila Anda ingin menambahkan air lagi, gunakanlah air yang bersih dan matang.

10 Rekomendasi buah kaleng yang segar dan tahan lama

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang buah kaleng lengkap dengan cara penyimpanannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi buah kaleng yang segar dan tahan lama dari berbagai merek berikut ini.

10. Del Monte Fresh Cut Fruit Cocktail in Syrup

foto-buah-kaleng-yang-segar-dan-tahan-lama-10

Harga : Rp 54.500

Isian buah melimpah, cocok untuk menjamu banyak tamu

Bingung memilih satu jenis buah? Pilih saja buah kaleng campur. Sesuai namanya, buah kaleng Del Monte ini berisi varian buah berbeda yang disajikan dalam satu kemasan. Sebut saja buah anggur, pir, peach, ceri, dan lainnya.

Produk buah kaleng Del Monte ini memiliki jumlah isian yang cukup banyak, bahkan lebih dari 800 gram. Anda bisa menggunakan isiannya untuk membuat minuman cocktail. Bisa juga ditambahkan dibuat minuman segar untuk disajikan kepada para tamu yang berkunjung ke rumah Anda.

9. Herring Lychee

foto-buah-kaleng-yang-segar-dan-tahan-lama-09

Harga : Rp 23.300

Rasakan sensasi manis asam buah leci yang menyegarkan

Siapa yang tidak suka buah leci? Cita rasa manis asam yang fresh membuat siapapun akan kembali segar setelah mengonsumsinya. Seperti produk buah kaleng leci dari brandHerring yang satu ini.

Buah leci dalam kemasan kaleng ini memiliki tekstur juicy yang terasa nikmat dan segar saat dikunyah. Cocok digunakan sebagai campuran untuk berbagai minuman seperti ice tea, es buah maupun kreasi minuman lainnya.

8. Lindsay Ripe Pitted Olives Medium

foto-buah-kaleng-yang-segar-dan-tahan-lama-08

Harga : Rp 35.000

Tidak menggunakan sirup gula, aman dikonsumsi sehari-hari

Buah zaitun telah lama dikenal akan keampuhannya dalam mengobati berbagai penyakit, seperti anemia, asma, dan masalah pencernaan. Tidak hanya itu, buah zaitun juga memiliki kandungan karotenoid dan antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas di dalam tubuh.

Anda bisa mendapat ragam kebaikan dari buah zaitun dalam satu produk ini. Berbeda dengan buah kaleng lain yang menggunakan sirup gula sebagai pengawet, buah kaleng zaitun ini justru menggunakan larutan garam. Jadi, lebih aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

7. Harvest Delight Canned Longan Thailand

foto-buah-kaleng-yang-segar-dan-tahan-lama-07

Harga : Rp25.600

Bagian penutup kalengnya mudah dibuka, isi buah jadi aman

Karena dibuat dalam kemasan kaleng yang kukuh dan keras, terkadang Anda akan merasa kesulitan untuk membuka buah kaleng.

Akibat terburuknya, isi buah kaleng bisa tumpah keluar ketika Anda memaksakan diri membukanya dengan sekuat tenaga. Jari Anda pun bisa berisiko terluka karena menekan bagian kaleng yang keras.

Oleh karena itu, Harvey Delight menghadirkan produk buah kaleng yang bisa jadi solusi permasalahan Anda.

Bagian penutup dari buah kaleng Longans ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dibuka dengan begitu mudah. Kini, jari Anda tidak akan terasa sakit lagi karena harus bersusah payah membuka buah kaleng. Isian klengkeng di dalamnya pun tidak akan lagi berceceran.

6. Buah Kaleng Mandarin Rivoly

foto-buah-kaleng-yang-segar-dan-tahan-lama-06

Harga : Rp 13.300

Harganya murah, tamu pun puas

Jeruk mandarin merupakan salah satu buah yang cukup akrab di lidah masyarakat Indonesia. Biasanya buah ini sering disuguhkan sebagai hidangan saat ada tamu yang berkunjung. Baik dalam bentuk buah utuh atau olahannya.

Bagi Anda yang ingin menyuguhkan olahan jeruk mandarin segar, wajib coba produk satu ini. Selain mudah mengolahnya menjadi camilan lezat atau minuman yang menyegarkan. Harganya pun murah dan tidak akan membolongi dompet Anda.

5. Angel Rambutan Kaleng

foto-buah-kaleng-yang-segar-dan-tahan-lama-05

Harga : Rp 30.000

Solusi menyantap rambutan dengan mudah

Orang Indonesia umumnya sudah sangat familier dengan buah rambutan. Buah ini memang lazim tumbuh di beberapa wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tekstur buah yang lembut serta perpaduan rasa manis dan asamnya membuat siapapun tergiur untuk mencobanya.

Namun mengupas dan memisahkan biji rambutan bisa jadi effort tersendiri. Bagi Anda yang tidak ingin repot memisahkan biji atau mengupas kulit rambutan, produk ini bisa jadi solusi terbaik. Karena buah kaleng ini sudah dibuat tanpa kulit dan biji, sehingga Anda bisa menyantap buah rambutannya saat itu juga.

4. Wilmond Peach Premium Syrup

foto-buah-kaleng-yang-segar-dan-tahan-lama-04

Harga : Rp36.000

Warna dan tekstur buah persiknya tidak berubah

Segarnya buah persik memang paling cocok dinikmati untuk melepas lelah dan penat.Seperti yang dihadirkan dalam produk buah persik kalengan Wilmond ini.

Buah kaleng ini menggunakan persik yang segar, sehingga warna dan teksturnya tidak berubah. Rasanya yang manis makin jadi godaan untuk segera menyantapnya.

Ukurannya yang cukup besar, berat bersih 825 gram, membuat buah kaleng ini juga ideal untuk dinikmati bersama-sama. Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk menyantap aneka sajian dari buah perish.

Menariknya lagi, buah kaleng ini juga bebas kolestrol yang membuatnya makin aman dikonsumsi.

3. Vinisi Fruit Cocktail

foto-buah-kaleng-yang-segar-dan-tahan-lama-03

Harga : Rp 17.000

Pilihan ideal untuk sajian es buah di bulan Ramadhan

Es buah menjadi salah satu sajian yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Terutama ketika sudah memasuki bulan Ramadhan. Bagi Anda yang sering membuat sendiri es buah untuk hidangan berbuka untuk orang rumah, produk buah kaleng satu ini sangat tepat untuk dipilih.

Vinisi Fruit Cocktail bukan hanya berisi satu macam buah, tapi beragam jenis buah. Isian buahnya antara lain nanas, pepaya, labu siam, bengkuang, hingga nata de coco. Tapi tenang, walau isian buahnya bervariasi, harga produk Vinisi ini masih tetap ramah di kantong.

2. Yowe Pineapple Sliced

foto-buah-kaleng-yang-segar-dan-tahan-lama-02

Harga : Rp 33.000

Hadirkan potongan nanas segar untuk hidangan out of the box

Nanas selama ini sering dijadikan sebagai pilihan untuk membuat ragam camilan yang lezat, yang kadang cenderung out of the box. Sebut saja martabak, brownies, kebab hingga pizza. Bukan tanpa alasan, penambahan nanas inilah yang membuat aneka hidangan tersebut makin kaya akan rasa

Bagi para pecinta nanas, produk buah kaleng ini wajib untuk dicoba. Hadirkan potongan nanas yang segar, Anda bisa menikmatinya langsung atau dipadukan dengan olahan makanan dan minuman yang diinginkan.

1. Golden Fruits Cocktail in Heavy Syrup

foto-buah-kaleng-yang-segar-dan-tahan-lama-01

Harga : Rp 40.500

Kuah sirupnya pekat dan kental!

Pernahkah Anda mencicipi sajian koktail penuh warna yang nikmat?Bagaimana kalau Anda coba membuatnya sendiri di rumah? Produk ini bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin membuat koktail penuh warna yang segar dan nikmat.

Buah kaleng ini menghadirkan isian berupa persik, pir, anggur dan sebagainya. Selain itu, terdapat pula kuah sirup yang teksturnya pekat dan kental.

Rasa buah di dalamnya pun akan terasa makin enak. Anda juga bisa menambahkan air sesuai selera kalau tidak terlalu suka dengan kuah yang kental.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli buah kaleng, sebaiknya Anda mempertimbangkan buah yang disukai, kandungan gula, masa kedaluwarsa, serta kondisi kemasannya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara penyimpanannyaagar buah kaleng bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.
  • Anda bisa memilihWilmond Peach Premium Syrup, karena warna dan tekstur buah pir di dalamnya tidak berubah.
  • Sedangkanuntuk Anda yang sering bereksperimen untuk menghasilkan kreasi sajian terbaur, Anda bisa memilih Yowe Pineapple Sliced.
  • Namun, jika Anda yang memilih buah kaleng yang berisi lebih dari satu jenis buah, maka Anda bisa memilih Del Monte Fresh Cut Fruit Cocktail in Syrup.

Referensi

1. Okezone (2018), Amankah Mengonsumsi Buah Kalengan?, https://lifestyle.okezone.com/read/2018/04/08/298/1883681/amankah-mengonsumsi-buah-kalengan#:~:text=Buah%20kaleng%20dapat%20menjadi%20sumber,A%20dan%20E%2C%20serta%20serat.&text=Sebagai%20contoh%2C%20satu%20buah%20pir,kalori%20dan%2019%20gram%20gula
2. Honestdocs (2019), Sebelum Dimakan, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Makanan Kaleng, https://www.honestdocs.id/ini-kelebihan-dan-kekurangan-makanan-kaleng#:~:text=Beberapa%20kelebihan%20makanan%20kaleng%20dibandingkan,air%20dapat%20terjaga%20dengan%20baik
3. Sehatq (2020), Risiko Bahaya Buah Kaleng dan Tips Memilihnya dengan Benar, https://www.sehatq.com/artikel/risiko-bahaya-buah-kaleng-dan-tips-memilihnya-dengan-benar
4. chinacannedfruit.com (2019), Cara Menyimpan Setelah Buah Kaleng Dibuka, http://id.chinacannedfruit.com/news/how-to-save-after-the-canned-fruit-is-opened-27991436.html#:~:text=Cara%20Menyimpan%20Setelah%20Buah%20Kalengan,Xinanjiang%20Lvfanda%20Food%20Co.%2C%20Ltd&text=1.,tidak%20boleh%20melebihi%20tiga%20hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *