10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik yang Awet dan Berkualitas

Saat ini mencari kabel data tidaklah sulit, karena berbagai merek dan tipe kabel data sudah tersedia di pasaran, baik di toko online maupun offline. Meski begitu, yang terpenting dari sebuah kabel data adalah keawetan dan kualitasnya.

Karena itu, pastikan Anda tidak sembarangan memilih kabel data. Anda bisa memperhatikan beberapa hal penting seperti mengetahui jenisnya, panjang dan material pembungkus kabelnya, hingga fiturnya.

Berikut kami sajikan beberapa kabel data terbaik yang awet dan berkualitas lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai kabel dataserta cara merawatnya.

Mengenal jenis-jenis kabel data

Kabel data merupakan salah satu bagian aksesori wajib bagi para pemilik smartphone, baik Android maupun iPhone.

Biasanya kabel data atau USB ini sudah termasuk dalam item di kotak penjualan gadget atau perangkat elektronik. Ada juga yang dijual terpisah sehingga bisa dibeli satuan apaila milik Anda hilang atau rusak.

Umumnya, kabel data didesain khusus untuk melakukan mengisi daya pada sebuah smartphone. Tanpa adanya kabel data, smartphone tidak akan bisa menyala dan bekerja dengan baik karena kehabisan baterai.

Selain itu, kabel data juga memiliki fungsi sebagai sambungan untuk melakukan proses transfer data dari komputer ke ponsel atau sebaliknya. Dengan begitu, Anda bisa mengambil atau mengirim file dengan lebih mudah.

Sebelum memutuskan membeli kabel data, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu jenis-jenis kabel data berikut ini.

  • USB Type-A

Kabel USB Type-A sangat umum digunakan pada komputer atau laptop. Saat ingin mengisi daya, Anda bisa menghubungkan sisi berbentuk persegi dengan dimensi lebar dari kabel ini ke port USB pada laptop dan komputer.

USB-A hanya bisa masuk pada port satu arah. Anda bisa mengetahui penempatannya dengan melihat simbol USB yang tercetak di sisi atas port tersebut. Selain komputer dan laptop, Anda juga bisa menggunakan kabel data ini pada televisi, pemutar Bluray, pemutar DVD, konsol game Nintento Wii, Playstation, dan Xbox.

  • USB Type-B

Port USB Type-B biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal seperti printer melalui komputer. Kabel ini memiliki bentuk persegi dengan sudut eksterior miring di bagian ujung atasnya. Untuk port-nya, kabel ini hadir dalam tiga varian berbeda, yakni Mini, Standar, dan Macro (versi 2.0 dan 3.0).

Saat ini, penggunaan sudah sangat jarang ditemukan. Bahkan hampir tidak pernah terdengar lagi. Hal ini karena sudah banyak bermunculan model USB lain dengan ukuran yang kecil sehingga lebih efisien.

  • USB Type-C

Jenis kabel satu ini sedang mengalami perkembangan pesat. Sebagian besar ponsel kelas menengah dan flagship mulai menggunakan kabel terbaru dari teknologi. Jadi tidak heran kalau kabel data ini dinobatkan sebagai ‘raja terbaru’.

Keunggulan dari versi USB ini adalah bisa langsung dicolokkan ke port perangkat dalam berbagai posisi, tanpa harus dibalik dahulu. Selain itu, USB Type-C memungkinkan Anda melakukan transfer data dalam kecepatan dan aliran daya yang tinggi. Dengan begitu, pengisian daya ponsel Anda bisa lebih cepat.

  • Micro-USB

Seperti USB Type-A, kabel data ini juga sangat umum digunakan. Bahkan masih cukup sering ditemukan di berbagai model perangkat lama. Micro-USB memungkinkan Anda membaca data dari Flash Disk langsung ke perangkat ponsel, tanpa membutuhkan komputer.

Kabel data ini memiliki cara masuk satu arah, mirip dengan kabel tipe A. Jadi, Anda harus memasukkannya dengan cara yang benar. Berhati-hatilah dalam mencocokkan bentuk port dengan ujung kabel micro-USB untuk menghindari risiko rusak.

  • Mini-USB

Kabel data ini merupakan model standar yang sering digunakan beberapa waktu lalu. Biasanya mini-USB dipakai untuk menghubungkan perangkat lama, seperti ponsel lawas, pemutar MP3, hingga kamera.

Dengan bentuk sambungannya yang lebih kecil, memungkinkan Anda menggunakannya pada port perangkat yang lebih kecil. Namun, saat ini keberadaan mini-USB sudah kalah pamor oleh jenis micro-USB.

Periksa panjang kabelnya

Layaknya jenis kabel lainnya, kabel data juga memiliki ukuran panjang yang berbeda. Anda bisa memilih ukuran panjang kabel sesuai dengan kebutuhan penggunannya.

Misalkan bila jarak sokel listriknya cukup jauh. Anda bisa memilih kabel data yang panjangnya sampai 100 cm. Namun, kalau hanya untuk sekadar untuk kebutuhan transfer file antarperangkat saja, kabel dengan panjang 25 cm –50 cm saja sudah cukup

Perhatikan material pembungkus kabelnya

Beberapa orang mungkin tidak begitu memperhatikan jenis material pembungkus atau coating kabel. Padahal tiap material memiliki kemampuan yang berbeda.

Umumnya material pembungkus yang sering digunakan antara lain sitetis, kulit fiber, PVC, nilon, serta karet. Anda bisa mengetahui material yang digunakan dari informasi di kotak penjualan atau website penjualnya.

Pertimbangkan fiturnya

Bukan hanya untuk kebutuhan transfer data, beberapa kabel data juga bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai pada smartphone yang kompatibel.

Karena itu, beberapa produsen juga menanamkan teknologi pengisian daya di dalamnya. Salah satunya adalah fast charging. Fitur ini membuat baterai ponsel dapat terisi dengan cepat dalam waktu singkat.

Pilih merek terpercaya

Ada banyak produk kabel data dari berbagai merek yang tersedia di pasaran. Seluruhnya menawarkan fitur dan kualitas unggulannya masing-masing.

Sebaiknya Anda memilih produk besutan merek ternama yang sudah dipercaya banyak orang. Hal ini untuk menghindari risiko barang palsu atau yang kualitasnya rendah.

Cara merawat kabel data agar lebih awet

Agar kabel data tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kabel data:

  • Jangan tekuk bagian sendi kabel data karena bisa membuat coating-nya terkelupas.
  • Hindari menumpuk kabel data dengan barang-barang lain di dalam tas.
  • Jangan sekali-kali mengikatkan kabel data dengan peralatan lain. Hal ini bisa membuat kabel tertekuk dan cepat rusak.
  • Disarankan untuk mengunakan klip khusus untuk mengikat kabel data agar tergulung rapi dan tidak berseliweran.
  • Sebaiknya Anda tidak menggunakan ponsel yang sedang dicas, dikhawatirkan akan membuat kabel tertekuk.
  • Berikan plester khusus di bagian sendinya agar terlindungi dari risiko terkelupas atau tertekuk.
  • Lepaskan kabel data dari kepala charger apabila sedang tidak digunakan, tujuannya untuk mencegah konsleting. Copot kabelnya dengan hati-hati agar tidak mudah rusak.

10 Rekomedasi kabel data terbaik yang awet dan berkualitas

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kabel data lengkap dengan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi kabel data terbaik yang dinginnya tahan lama dari berbagai merek berikut ini.

10. Vention Kabel Data USB 3.0

foto-kabel-data-terbaik-yang-awet-dan-berkualitas-10

Harga : Rp 26.000

Bebas kusut dan berbelit

Kesal karena kabel data Anda sering kusut? Anda bisa pertimbangkan menggunakan produk satu ini. Kabel ini dibentuk pipih sehingga dapat menghindari masalah terbelit.

Ukuran panjangnya hanya 25 cm. Tidak terlalu panjang atau pendek, Membuat kabel ini jadi lebih praktis untuk dimasukkan ke dalam tas.

Kabel ini termasuk dalam jenis USB Type-A 3.0. Artinya, Anda bisa menggunakan kabel data ini untuk menghubungkan perangkat eksternal seperti hard disk ke ponsel. Tersedia dua varian warna yang bisa dipilih, yakni hitam dan putih.

9. Baseus Cable U-shaped Portable 2in1 Type-C

foto-kabel-data-terbaik-yang-awet-dan-berkualitas-09

Harga : Rp 65.000

Mudah digulung dan disimpan

Kabel data satu ini sudah dibekali sertifikasi MFi yang membuatnya bisa digunakan di perangkat Apple. Semakin terasa lengkap dengan keberadaan tape measure box yang dapat digunakan untuk menggulung sekaligus menyimpan kabel data Anda dengan mudah.

Kecepatan transmisi kabel data ini sampai 480 Mbps, sedangkan arus transfer datanya sebesar 2.1A. Dengan begitu, proses transfer data Anda akan jadi lebih cepat. Pun begitu dengan pengisian dayanya.

8. UGREEN Original Kabel 100cm Lightning

foto-kabel-data-terbaik-yang-awet-dan-berkualitas-08

Harga : Rp 135.000

Dapat menjangkau area yang cukup jauh

Kabel data ini sangat cocok jika letak soket listrik terasa cukup jauh dari tempat Anda. Panjang kabel yang mencapai 100 cm ini memungkinkannya menjangkau area yang cukup jauh. Tidak perlu khawatir, karena kabel data ini memiliki bentukan yang kaku sehingga tidak mudah kusut.

Penggunaan material nilon serta alumunium membuat ketahanan kabel ini jadi sangat baik. Sangat cocok untuk penggunaan jangka panjang.

Produk berdesain elegan ini juga sudah memiliki sertifikasi MFi sehingga bisa digunakan pada ragam produk Apple, kecuali perangkat lawas seperti iPhone 4.

7. MCDODO Type C Lightning PD 36W

foto-kabel-data-terbaik-yang-awet-dan-berkualitas-07

Harga : Rp 72.500

Bahannya lentur dan bebas tertekuk

Produk yang memiliki panjang hingga 1,2 m ini terbuat dari material Zinc Alloy berkualitas tinggi yang terkenal kuat dan tahan lama. Balutan warna hitam pada kabel data ini membuatnya terkesan elegan dan menawan.

Kabel 2 in 1 ini memiliki bentukan yang fleksibel sehingga lebih lentur dan tidak mudah tertekuk. Ada dua warna LED dengan fungsian berbeda. Pertama adalah LED orange untuk pengisian cepat, sedangkan yang satu lagi adalah LED hijau untuk pengisian cepat normal.

6. REMAX Shadow Magnet 2 in 1 Micro USB RC-026t

foto-kabel-data-terbaik-yang-awet-dan-berkualitas-06

Harga : Rp 38.200

Kurangi risiko hilang saat dibawa bepergian

Kombinasi antara lightning cable dan micro-USB ini hadir dengan desain terpisah. Memungkinkan Anda melakukan pengisian daya atau transfer data secara bergantian hanya dengan satu kabel data saja.

Di bagian kepalanya, terdapat magnet yang bisa menempelkan adapter USB agar dapat dibawa-bawa dengan mudah. Hal ini juga sekaligus untuk mengurangi risiko hilang ketika dibawa bepergian.

5. Essager 180 Degree Rotate Cable Micro USB

foto-kabel-data-terbaik-yang-awet-dan-berkualitas-05

Harga : Rp 80.000

Bisa dibelokkan sampai 180 derajat

Kabel ini hadir dengan desain yang cukup unik. Anda bisa membelokkan kabelnya hingga 180 derajat secara otomatis sesuai kebutuhan. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terganggu dengan konektornya ketika sedang dipakai mengisi daya.

Keunggulan desain tersebut membuatnya sangat ideal bila Anda menginginkan kabel yang nyaman untuk digunakan sambil bermain gim. Arus transfer datanya mencapai 2.4A sehingga dapat mengirim dan menerima file dengan cepat.

4. Mazer Lightning Cable 120CM 3.1A

foto-kabel-data-terbaik-yang-awet-dan-berkualitas-04

Harga : Rp 189.000

Cocok disandingkan dengan varian ponsel Apple

Pengguna ponsel Apple wajib pertimbangkan produk ini. Kabel data bersertifikasi MFi ini terbuat dari bahan Nylon Woven yang sepuluh kali lebih kuat sehingga kukuh dan tidak mudah rusak. Panjangnya sendiri berkisar antara 120 cm hingga 200 cm.

Desainnya yang terlihat mewah dan elegan serta memiliki varian warna menarik, cocok disandingkan dengan ponsel Apple. Arus transfernya berada di angka 3.1 A sehingga transfer data dan pengisian dayanya jadi sangat cepat.

3. KiiP Magnetic USB Type C

foto-kabel-data-terbaik-yang-awet-dan-berkualitas-03

Harga : Rp 75.000

Mengusung kepala magnet sehingga mudah dilepas-pasang

Mencabut kabel data secara berulang bisa memicu kerusakan pada kabel. Karena itu, Kiip mengusung kepala magnet pada produk kabelnya yang memudahkan Anda ketika ingin mencolok atau mencabut (plug & play) kabel tersebut.

Kabel data jenis USB Type-C ini juga memiliki arus daya 2.4 A sehingga mendukung pengisian daya cepat. Karena terbuat dari bahan nilon berkualitas yang tahan aus dan goresan, kabel ini jadi lebih awet dan tahan lama.

2. Vyatta Gamer Kabel Data Type-C USB

foto-kabel-data-terbaik-yang-awet-dan-berkualitas-02

Harga : Rp 35.000

Tetap nyaman saat digunakan sambil dicas

Terkadang, Anda tetap harus menggunakan ponsel yang sedang dicas. Misalnya untuk bermain gim atau berkomunikasi.

Oleh karena itu, Vyatta menghadirkan kabel data Type-C dengan kepala model siku yang membuat tangan Anda tetap terasa nyaman walau digunakan ketika sedang dicas.

Bukan hanya desainnya, kabel data ini juga sudah dibekali teknologi pengisian cepat dari Qualcomm QC3.0. Alhasil, pengisian daya baterai pun jadi dua kali lebih cepat daripada menggunakan kabel data biasanya.

1. Anker Power Line Lightning

foto-kabel-data-terbaik-yang-awet-dan-berkualitas-01

Harga : Rp 75.000

Kinerjanya tidak berubah walau ditekuk hingga 30 ribu kali

Produk besutan ANKER ini dibuat dari material nilon premium berkualitas tinggi yang 10 kali lebih kuat dari kabel biasanya. Produsen asal Amerika tersebut mengklaim kabel ini tidak mengalami perubahan kinerja atau kerusakan walau ditekuk hingga 30 ribu kali.

Diameternya yang lebar serta berkurangnya resistensi membuat pengisian datanya jadi lebih cepat. Karena dibekali Lightning, kabel data ini juga ideal digunakan pada produk Apple, seperti iPhone 11 Series.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kabel data, sebaiknya Anda mempertimbangkan panjang, material, fitur, dan juga mereknya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara merawatnya agar kabel data bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.
  • Anda bisa memilih Essager 180 Degree Rotate Cable Micro USB, karena bisa dibelokkan hingga 180 derajat.
  • Sedangkan untuk Anda yang sering bermain gim sembari dicas, Anda bisa memilih Vyatta Gamer Kabel Data Type-C USB.
  • Namun, jika Anda ingin kabel data yang mudah digulung dan disimpan, maka Anda bisa memilih Baseus Cable U-shaped Portable 2in1 Type-C.

Referensi

1. Samsung (2021), What are the different types of USB cables?, https://www.samsung.com/uk/support/mobile-devices/what-are-the-different-types-of-usb-cables/
2. Compact Appliance (2016), How to Choose the Best Freezer [Buyer’s Guide], https://learn.compactappliance.com/freezer-buyers-guide/
3. FireFold (2021), How to Pick the Right USB Charger and Cabling, https://www.firefold.com/blogs/news/how-to-pick-the-right-usb-charger-and-cabling
4. Zendure (2018), How to Choose a Durable USB Cable, https://zendure.com/blogs/news/how-to-choose-a-durable-usb-cable

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *