10 Rekomendasi Milk Jug Latte Art Terbaik untuk Barista

Milk jug menjadi salah satu equipment wajib barista untuk membuat latte art. Namun, membuat latte art bukanlah perkara mudah. Selain keterampilan sang barista, kualitas susu dan buih atau foam yang dituangkan pada espresso juga menjadi poin yang perlu diperhatikan.

Tidak hanya itu, kualitas alat yang digunakan juga sangat berpengaruh pada hasil akhir latte art. Sehingga penting bagi seorang barista menggunakan milk jugterbaik untuk hasil latte art yang konsisten, unik, dan menarik.

Karena itu, kami menyajikan milk jug latte artterbaik untuk barista lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih milk jug dan juga perawatannya.

Perhatikan bentuk dan ukurannya

Bagi para penggemar kopi, tentu sudah tidak asing dengan café latte. Salah satu varian espresso based ini digemari bukan hanya karena rasanya yang nikmat, tapi juga cara penyajikan yang unik.

Latte art atau gambar menarik yang dilukis menggunakan milk jug di atas café latte, menjadi satu di antara daya tarik yang dapat menggugah selera konsumen. Poin pertama yang harus Anda perhatikan ketika memilih milk jug latte art, adalah bentuk dan ukurannya.

Ada beragam ukuran milk jug, mulai dari 350 ML hingga 1 liter. Pun begitu dengan bentuknya, ada yang berbentuk lurus simetris, hingga yang membesar di bagian bawahnya seperti lonceng.

Di kalangan barista profesional, bentuk milk juglatte art dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe Italia dan tipe Seattle. Untuk tipe Italia biasanya mengusung bentuk bulat dengan ujung atau mulut yang lebih panjang. Sedangkan, tipe Seattle memiliki ujung atau mulut yang lebih lancip.

Ada pula milk jug yang dirancang tanpa gagang, tipe ini biasanya digunakan oleh barista yang kesulitan mengontrol gerakan tangan ketika menuang milk foam.

Perhatikan material yang digunakan

Selain bentuk dan ukurannya, Anda juga harus mempertimbangkan bahan atau material yang digunakan pada milk jug latte art yang akan Anda pilih.

Ada berbagai material yang digunakan untuk membuat milk jug, seperti stainless steel, tembaga hingga keramik dan teflon. Masing-masing material tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Stainless steel misalnya, material ini menjadi yang paling umum digunakan untuk membuat milk jug. Stainless steel lebih tahan panas, anti karat dan lebih mudah saat dibersihkan.

Sementara milk juga berbahan tembaga dirancang khusus untuk menjaga suhu susu tetap ideal. Tembaga bersifat lebih cepat menghantarkan panas secara merata.

Ada pula milk jug yang dilapisi teflon. Milk jug jenis ini juga tergolong digemari para barista karena memiliki bobot yang ringan, awet dan lebih mudah saat dibersihkan. Lapisan teflon membuat sisa foam tidak menempel pada milk jug, sehingga tidak meninggalkan kotoran dan bau tidak sedap.

Perhatikan cara penggunaannya

Poin penting selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah cara penggunaannya. Ada berbagai teknik yang bisa Anda terapkan ketika membuat latte art.

Namun sebelum menuangkan milk foam pada espresso, Anda harus memahami cara menggunakan milk jug yang benar. Mulai dari bagaimana cara mengenggamya, posisi yang tepat ketika melakukan frothing susu, hingga bagaimana cara menuang dan mengayunkan milk jug untuk membentuk gambar tertentu.

Perhatikan harganya

Ada harga, ada rupa, kutipan ini seringkali mengidentikkan bahwa produk yang mahal merupakan yang terbaik.

Nyatanya, banyak produk dengan harga terjangkau yang memiliki kualitas baik. Begitu pula ketika Anda memilih milk juglatte art terbaik. Anda akan menemukan beragam produk dengan harga yang sangat bervariasi.

Mulai dari yang puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Namun, sekali lagi, saat memilih produk milk jug, usahakan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Harga milk jug juga sangat bergantung pada merek dan material yang digunakan. Milk jug dengan merek ternama luar negeri, tentu akan lebih mahal dibandingkan produk lokal.

Perhatikan ulasan pelanggannya

Last but not least, setelah menemukan produk milk jug latte art terbaik, jangan sungkan untuk mencari ulasan pelanggannya terlebih dahulu. Ulasan yang positif tentu menggambarkan bagaimana kualitas suatu produk.

Saat ini, tidak sulit menemukan ulasan tentang sebuah produk. Anda bisa menemukannya di berbagai forum pecinta kopi, di media sosial atau membaca artikel review seperti ini.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika memilih produk milk juglatte art yang terbaik. Setelah mendapatkan produk yang Anda butuhkan, selanjutnya Anda juga harus mengetahui bagaimana cara merawat milk jug agar tetap awet digunakan dalam waktu yang lama, antara lain:

  • Bersihkan milk jugsebelum digunakan. Hal ini penting untuk menghilangkan bakteri, kuman dan parasit yang mungkin menempel pada permukaan milk jug yang baru dibeli.
  • Gunakan air panas untuk mencuci milk jug yang telah digunakan. Air panas berguna untuk melunturkan atau meluruhkan sisa milk foam yang menempel pada milk jug.
  • Tambahkan perasan lemon untuk menghilangkan aroma tidak sedap yang mungkin tertinggal dari sisa susu yang menempel.
  • Gunakan milk jug hanya untuk susu. Jangan gunakan milk jug untuk menempatkan bahan lain seperti teh, gula, sirup dan sebagainya.
  • Simpan milk jug pada tempat yang bersih, seperti pada rak khusus, atau tempat penyimpanan yang kering dan tidak lembab.

10 Rekomendasi milk jug latte art terbaik untuk barista

Setelah Anda mengetahui cara memilih dan menyimpanmilk jug, berikut adalah rekomendasi 10 milk juglatte art terbaik untuk barista.

10. Worcas Coffee Milk Jug With Wrapped Rubber

foto-milk-jug-latte-art-terbaik-untuk-barista-10

Harga: Rp 260.000

Dilapisi karet antislip yang nyaman digenggam

Milk jug buatan Worcas Coffee ini menjadi satu di antara pilihan favorit para barista. Dirancang khusus untuk memudahkan proses penuangan milk foam, milk jug ini dilengkapi karet antislip yang nyaman digenggam.

Karet yang melapisi milk jug ini juga berfungsi untuk melindungi tangan Anda dari suhu panas susu. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli milk jug ini di Shopee.

9. Metallurgica Motta Profesional Milk Jug

foto-milk-jug-latte-art-terbaik-untuk-barista-9

Harga: Rp 680.000

Memiliki tampilan yang sedap dipandang

Produk buatan Motta tentu sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Sebagai produsen alat-alat kopi, Motta terkenal dengan berbagai varian milk jug profesionalnya. Satu di antaranya adalah Metallurgica Motta Profesional Milk jug.

Dibuat dari material stainless steel berkualitas, milk jug yang satu ini memiliki desain yang unik dan elegan. Pilihan motif dan warnanya yang semarak juga dapat menambah inspirasi ketika membuat latte art. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli milk jug ini di Shopee.

8. Latina Manta Black Teflon Milk Jug

foto-milk-jug-latte-art-terbaik-untuk-barista-8

Harga: Rp 190.000

Ergonomis dan mudah dibersihkan

Siapa yang tidak kenal dengan Latina. Salah satu produsen perlengkapan kopi ini cukup diperhitungkan di kalangan barista profesional. Termasuk untuk produk milk jug latte art, Latina Manta Black Teflon bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda.

Dirancang dengan desain yang ergonomis, milk jug ini dapat memudahkan Anda saat menuang milk foam pada permukaan espresso secara presisi.

Selain itu, Latina Manta Black Teflon ini dibuat dari material stainless steel berkualitas yang sudah dilapisi teflon, sehingga lebih mudah ketika dibersihkan. Anda bisa membeli Latina Manta Black Teflon ini di Shopee.

7. Tygolife Milk Jug Emboss Scale

foto-milk-jug-latte-art-terbaik-untuk-barista-7

Harga: Rp 92.000

Dilengkapi skala untuk menakar susu

Bagi Anda yang kesulitan menentukan takaran, produk milk jug dari Tygolife ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tygolife Milk jug Emboss Scale dilengkapi dengan satuan takar yang tercetak pada bagian luar dan dalamnya.

Takaran ini tentu memudahkan Anda ketika menentukan ukuran yang tepat ketika frothing susu. Berukuran 350 ML, milk jug ini sangat pas digunakan untuk membuat satu gelas café latte atau cappuccino. Anda bisa membeli Tygolife Milk Jug Emboss Scale ini di Shopee.

6. Yami Teflon Milk Pitcher 750 ML

foto-milk-jug-latte-art-terbaik-untuk-barista-6

Harga: Rp 420.000

Ukuran besar, cocok untuk membuat dua gelas café latte

Satu lagi produk milk jug latte art profesional yang pantas masuk dalam daftar belanja Anda. Yami Teflon Milk Pitcher 750 ML bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Dengan ukuran yang cukup besar, yaitu 750 ML, milk jug ini mampu untuk membuat dua gelas café latte.

Selain ukurannya yang cukup besar, milk jug ini juga dirancang untuk memudahkan proses penuangan milk foam. Dibuat dari stainless steel berlapis teflon, milk jug ini juga sangat mudah ketika dibersihkan. Anda bisa membeli Yami Teflon Milk Pitcher 750 ML ini di Shopee.

5. Tiamo Milk Jug Long Spout 700 ML

foto-milk-jug-latte-art-terbaik-untuk-barista-5

Harga: Rp 185.000

Long spout memudahkan proses menuang milk foam

Membuat latte art memang tidak semudah yang terlihat, selain teknik dan latihan khusus, rancangan milk jug yang digunakan juga menjadi faktor penentu keberhasilan.

Bagi Anda yang menginginkan tingkat presisi yang lebih tinggi saat membuat latte art, produk milk jug dari Tiamo ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dilengkapi dengan spout yang lebih panjang, milk jug ini dapat memudahkan Anda mengontrol tuangan milk foam pada kanvas espresso. Latte art yang dihasilkan pun akan tampak lebih rapi dan presisi, sehingga produk ini juga cocok bagi pemula. Anda bisa membeli Tiamo Milk Jug Long Spout 750 ML ini di Shopee.

4. Liguria Milk Jug Latte art Steam Pitcher with Measuring Scale 350 ML

foto-milk-jug-latte-art-terbaik-untuk-barista-4

Harga: Rp 110.000

Pas untuk satu gelas café latte dan cappuccino

Satu lagi produk milk juga dengan penakar yang bisa Anda pilih. Milk jug buatan Liguria ini cukup diminati oleh para barista. Dengan kapasitas 350 ML, milk jug ini cukup pas untuk membuat satu gelas café latte atau cappuccino.

Produk ini dibuat dari material stainless steel berkualitas, produk ini juga cukup mudah untuk dibersihkan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli milk jug ini di Shopee.

3. Kova Teflon Milk Jug

foto-milk-jug-latte-art-terbaik-untuk-barista-3

Harga: Rp 90.000

Harga murah, sudah dilapisi teflon

Tidak selamanya harga murah mencerminkan kualitas yang rendah. Produk milk jug buatan Kova ini, bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang menginginkan produk berkualitas dengan harga yang murah.

Dibuat dari bahan stainless steel, milk jug ini sudah dilapisi teflon sehingga lebih mudah ketika dibersihkan. Dari segi desain dan fungsi, Kova Teflon Milk jug ini tak jauh beda dari milk jug lain yang dijual dengan harga lebih mahal.

Dengan kapasitas 350 ML, milk jug ini memiliki spout yang lancip sehingga cukup mudah digunakan saat menuang milk foam pada espresso. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

2. Motta Teflon White Milk Jug 350 ML

foto-milk-jug-latte-art-terbaik-untuk-barista-2

Harga: Rp 715.500

Pilihan barista profesional

Satu lagi produk milk jug buatan Motta yang bisa Anda pilih. Dibuat dari stainless steel 18/10 Aisi 304 yang aman untuk bahan makanan, milk jug ini juga dilapisi oleh teflon berkualitas tinggi.

Milk jug yang dirancang oleh barista yang tergabung dalam Italian Barista Association ini, menjadi favorit bagi kalangan profesional.

Jadi tidak heran jika Motta Teflon White Milk Jug ini kerap digunakan pada kompetisi latte art tingkat dunia. Anda bisa membeli milk jug ini di Shopee.

1. Northsider Professional Latte Art Milk Jug

foto-milk-jug-latte-art-terbaik-untuk-barista-1

Harga: Rp 145.000

Memudahkan proses spout dan pouring

Selain memproduksi roasted bean, Northsider juga memiliki produk milk jug yang cukup diperhitungkan. Milk jug yang berukuran 600 ML ini dibuat dari bahan stainless steel 304 yang tebal, namun memiliki bobot yang cukup ringan.

Maka dari itu, milk jug ini cukup mudah digunakan untuk mengontrol proses pouring dan spouting untuk menghasilkan latte art. Anda bisa mendapatkan milk jug ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli milk juglatte art, sebaiknya perhatikan bentuk dan ukurannya, material yang digunakan, hingga cara penggunaanya.
  • Anda juga harus mengetahui cara merawat milk jug agar lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Untuk produk milk jug dengan harga murah namun memiliki kualitas yang baik, Anda bisa memilih Tygolife Milk Jug Emboss Scale, Liguria Milk Jug Latte ArtSteam Pitcher with Measuring Scale 350 ML, Kova Teflon Milk Jug, dan Northsider Professional Latte Art Milk Jug.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan milk jug dengan desain ergonomis yang memudahkan proses pouring dan spouting, maka Anda bisa memilih Worcass Coffee Milk JugWith Wrapped Rubber, Latina Manta Black dan Tiamo Milk JugLong Spout.
  • Namun, bagi Anda yang menginginkan produk milk jug berkualitas tinggi yang banyak disukai barista profesional, Anda bisa memilih Metallurgica Motta Profesional Milk Jug, Yami Teflon Milk Pitcher 750 ML, dan Motta Teflon White Milk Jug.

Referensi

1. Bean Head, Budget Barista (2020), 3 Top Pitchers to Make Amazing Latte art, https://www.budgetbarista.com/best-milk-frothing-pitcher-for-latte-art/
2. Asaf Rauch, Barista Swag (2020), Hot to Choose The Best Latte art Pitcher , https://www.baristaswag.com/blogs/news/how-to-choose-the-best-latte-art-pitcher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *