10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik untuk Atasi Mata Kering

Obat tetes mata menjadi salah satu obat-obatan yang banyak dicari saat ini. Terutama oleh mereka yang sering beraktivitas di depan layar, baik laptop, komputer, TV, ataupun HP. Hal ini tentunya dapat berdampak pada kesehatan mata manusia.

Salah satunya adalah dapat membuat mata kering. Penyakit mata kering biasa ditandai dengan mata yang tiba-tiba menjadi merah. Mata yang kering akan terasa panas, lelah, serta membuat daya pengelihatan menjadi berkurang.

Sebenarnya mata kering tidak hanya disebabkan oleh ketergantungan manusia akan gadget, tapi juga karena tren tertentu seperti pemakaian lensa kontak. Baik ketergantungan gadget maupun pemakaian lensa kontak telah menjadi alasan yang paling sering memicu penyakit mata kering.

Meski begitu, tidak semua orang bisa serta merta meninggalkan gadget atau pemakaian lensa kontak. Karena hampir semua pekerjaan yang dilakukan saat ini memerlukan bantuan gadget.

Selain itu, tidak sedikit pula orang yang memiliki daya pengelihatan kurang baik, sehingga memerlukan lensa kontak yang lebih praktis dibanding kacamata.

Solusinya, Anda bisa menggunakan obat tetes mata yang tersedia di pasaran. Namun, banyaknya merek dengan berbagai keunggulannya mungkin akan membuat Anda merasa bingung untuk memilih produk obat tetes mata yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi obat tetes mata terbaik untuk atasi mata kering dan merah lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai obat tetes mata dan cara penggunaannya.

Perhatikan kandungan obat tetes mata yang akan Anda beli

Jenis obat tetes mata kering yang diiklankan biasanya memiliki kandungan dekongestan. Namun, sebaiknya Anda hindari obat tetes mata dengan kandungan tersebut.

Meski dapat mengurangi merah pada mata, penggunaan dekongestan justru cenderung memperburuk gejala mata kering lainnya. Karena obat tetes mata kering ini memiliki cara kerja dengan mengecilkan pembuluh darah yang membuat mata Anda jadi terlihat putih kembali.

Untuk penggunaan jangka pendek mungkin masih bisa sembuh. Akan tetapi, kalau digunakan untuk jangka penjang justru dapat memberikan masalah mata yang lebih serius. Pastikan juga Anda tidak terlalu seing menggunakan obat tetes mata kering yang mengandung dekongestan.

Sesuaikan dengan kebutuhannya

Saat ini memang sudah banyak jenis obat tetes mata yang beredar di pasaran. Di mana keseluruhannya memiliki fungsi untuk mengatasi permasalahan mata yang berbeda, baik itu mata kering hingga alergi.

Bila Anda mengalami permasalahan mata kering, sebaiknya pilihlah obat tetes mata yang diperuntukkan bagi penderita mata kering. Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui obat tetes mata mana yang sesuai serta cara pemakaiannya.

Perhatikan masa kedaluwarsa obat tetes mata

Seperti obat-obatan lain pada umumnya, obat tetes mata pun juga memiliki masa kedaluwarsanya tersendiri.

Jadi ketika membeli, sebaiknya perhatikan dahulu masa kedaluwarsanya. Pilih yang tanggal kedaluarsanya masih lama.

Perlu diingat pula, obat tetes mata memiliki waktu penyimpanan yang berbeda setelah produk tersebut dibuka dari segelnya.

Setelah dibuka, biasanya obat tetes mata hanya bisa digunakan sekitar 1 bulan saja. Kalau sudah lebih dari 1 bulan, sebaiknya Anda buang obat tetes mata tersebut dan beli lagi yang baru.

Pilih yang sesuai dengan tingkat kenyamanan Anda

Menggunakan obat tetes mata biasanya memberikan sensasi tersendiri bagi para penggunanya. Ada jenis obat tetes mata yang bisa memberikan sensasi dingin, ada juga yang terasa cukup perih ketika diteteskan.

Pastikan Anda memilih obat tetes mata sesuai dengan tingkat kenyamanan saat Anda menggunakannya. Jika Anda ingin menggunakan obat tetes mata untuk penggunaan jangka panjang, sebaiknya pilih yang paling nyaman seperti sensasi sejuk ketika digunakan.

Cara menyimpan obat tetes mata yang baik

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk menyimpan obat tetes mata di rumah untuk digunakan di kemudian hari. Baik obat tetes mata yang masih baru atau sisaan dari yang sebelumnya.

Untuk menyimpan obat tetes mata, ada beberapa cara yang wajib Anda perhatikan sebelumnya. Berikut adalah cara menyimpan obat tetes mata yang baik untuk penggunaan jangka panjang:

  • Obat tetes mata berbentuk cairan memang sangat rentan. Oleh sebab itu, simpanlah obat tetes mata di wadah yang aman dan tertutup agar isinya tidak mudah terkontaminasi oleh zat-zat lainnya.
  • Simpanlah wadah obat tetes mata di tempat yang tidak lembap serta terlindungi dari sinar matahari agar tidak mudah dimasuki kuman dan jamur.
  • Setelah menggunakan obat tetes mata, tutup botolnya serapat mungkin agar isinya tidak mudah rusak dan tumpah.
  • Jangan terpaku dengan tanggal kedaluwarsa yagn tertera pada botol obat tetes mata. Kalau sudah 1 bulan penggunaan, segera ganti obat tetes mata dengan yang baru. Karena setelah dibuka, isinya sudah tidak steril lagi seperti ketika awal membeli.

Cara menggunakan obat tetes mata yang benar

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan obat tetes mata mungkin akan merasa bingung dengan cara menggunakannya. Apalagi kalau dipakaikan untuk diri sendiri. Penggunaan yang tidak benar bisa membuat obat tersebut tidak diteteskan ke tempat yang tepat.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan obat tetes mata yang benar:

  • Pastikan obat tetes mata masih steril, belum lewat masa kedaluwarsa atau belum disimpan selama lebih dari 1 bulan setelah tutupnya dibuka.
  • Cuci tangan Anda terlebih dahulu dengan air dan sabun hingga bersih.
  • Jangan sentuh bagian ujung pipet pada botol obat tetes mata. Obat tersebut harus tetap steril.
  • Tengadahkan kepala Anda ke arah atas lalu tarik kelopak mata bagian bawah Anda.
  • Pegang dan teteskan obat tetes mata tersebut sedekat mungkin ke arah mata, tapi jangan sampai menyentuhnya.
  • Pencet kemasan obat tetes mata secara perlahan ke arah bawah kelopak mata Anda, bukan ke bagian tengah mata.
  • Tutup dan tundukkan kepala Anda sekitar 2-3 menit sembari berkedip agar cairan tersebut dapat tersebar merata di bagian mata.
  • Berikan pijatan lembut ke bagian pembuluh air mata dengan menggunakan jari.
  • Bersihkan cairan obat tetes mata yang kelebihan dengan menggunakan tisu.
  • Kalau Anda ingin menggunakan lebih dari satu jenis obat tetes mata, tunggu terlebih dahulu sekitar 5 menit sebelum mulai meneteskan obat tersebut kembali.
  • Setelah selesai dipakai, tutup botol obat tetes mata sekencang mungkin. Ingat, jangan sampai menyeka bagian ujung pipet sama sekali obat tetes mata bisa tetap steril.
  • Cuci kembali tangan Anda dengan air dan sabun untuk membersihkan zat-zat obat tetes mata tadi.

10 Rekomendasi obat tetes mata terbaik untuk atasi mata kering

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang obat tetes mata dengan cara penggunaannya, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi obat tetes mata terbaik untuk atasi mata kering dari berbagai merek berikut ini.

10. ALCON Tears Naturale Free Lubricant Eye Drops 32 Vials

foto-rekomendasi-obat-tetes-mata-terbaik-untuk-atasi-mata-kering-10

Harga : Rp 186.480

Menggunakan kemasan ampul yang praktis

Produk obat tetes mata keluaran brand asal Amerika Serikat ini memiliki kandungan air mata buatan atau artificial tears yang bisa membuat mata Anda menjadi lebih sejuk.

Uniknya, obat tetes mata ini tidak dikemas dalam bentuk botol, melainkan kemasan ampul yang juga bisa dibuka dan ditutup lagi.

Bentuk kemasannya yang praktis membuat obat tetes mata ini sangat cocok untuk dibawa bepergian. Akan tetapi, isinya hanya dapat bertahan dalam waktu 12 jam setelah tutupnya dibuka. Anda harus menggunakannya sesuai kebutuhan dalam waktu tersebut.

9. Blink Contacts Eye Drops

foto-rekomedasi-obat-tetes-mata-terbaik-untuk-atasi-mata-kering-9

Harga : Rp 55.000

Cocok digunakan untuk lensa kontak

Mata Anda jadi kering karena penggunaan lensa kontak? Blink Contacts Eye Drops bisa jadi solusi terbaik untuk mengatasinya. Obat tetes mata ini dapat digunakan bersamaan dengan lensa kontak untuk keseharian Anda.

Caranya dengan membasahi kembali lensa kontak Anda tersebut sebelum digunakan. Tujuannya untuk melembapkan lensa kontak tersebut dan menghindari terjadinya mata kering. Dengan begitu, Anda tetap dapat menggunakan lensa kontak untuk sehari-hari dengan aman dan nyaman.

8. Insto Dry Eyes 7,5 ml

foto-rekomedasi-obat-tetes-mata-terbaik-untuk-atasi-mata-kering-8

Harga : Rp 12.000

Membuat mata kembali jernih dan sehat seperti sebelumnya

Kalau produk satu ini pasti sudah banyak yang mengetahuinya. Insto Dry Eyes merupakan andalan bagi mereka yang sering bekerja di depan layar laptop atau komputer. Fungsinya untuk melembapkan mata yang kering akibat aktivitas menatap layar yang terlalu lama.

Dengan formula bahan aktif, seperti hydroxypropyl methylcellulose, Insto Dry Eyes tidak hanya dapat digunakan sebagai pelumas mata, tapi juga membunuh bakteri yang terdapat di dalam mata. Hasilnya, mata akan kembali jernih serta sehat seperti sebelumnya.

7. Navitae Eye Drops Kalbe 15 ml

foto-rekomedasi-obat-tetes-mata-terbaik-untuk-atasi-mata-kering-7

Harga : Rp 166.500

Efektif digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka pada mata

Produk obat tetes mata dari Kalbe ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi mata, antara lain Sodium hyaluronate yang dapat melembapkan mata, serta Vitamin A dan E yang antioksidan.

Tidak hanya melembapkan mata yang kering, Navitae Eye Drops juga dapat mempercepat penyembuhan luka pada mata pascaoperasi. Kandungan antioksidannya juga dapat memproteksi mata Anda dari keberadaan radikal bebas.

6. Visine Original

foto-rekomedasi-obat-tetes-mata-terbaik-untuk-atasi-mata-kering-6

Harga : Rp 32.000

Atasi mata merah akibat kering atau iritasi dengan cepat

Masalah mata merah karena kering atau iritasi tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini bisa membuat penglihatan Anda menjadi terganggu bahkan kabur. Visine Original adalah solusi dalam mengatasi mata merah akibat kering atau iritasi dengan cepat.

Obat tetes mata ini dapat membuat mata jadi kembali lembap serta memberikan efek sejuk pada mata Anda. Selain itu juga bisa memberikan perlindungan lebih agar tidak terkena iritasi.

Akan tetapi, obat tetes mata ini kurang bagus bila digunakan secara rutin atau jangka panjang. Bila mata Anda belum membaik, sebaiknya datangi dokter mata terdekat sesegera mungkin.

5. ROHTO Eye Drops Aqua Tired Eye Relief

foto-rekomedasi-obat-tetes-mata-terbaik-untuk-atasi-mata-kering-5

Harga : Rp 167.000

Aman bagi penderita mata sensitif

Mata kering bisa terjadi kapan pun dan di mana pun. Termasuk ketika Anda sedang mengenakan lensa kontak.

Produk obat tetes mata Rohto Eye Drops Aqua Tired Eye Relief bisa jadi solusi bagi Anda yang mengalami mata kering ketika sedang mengenakan lensa kontak.

Dengan kandungan artificial tears atau air mata buatannya yang menyejukkan, obat tetes mata ini dapat meningkatkan kelembapan pada mata dan membuatnya kembali segar seperti sebelumnya. Obat tetes mata Rohto ini juga aman bagi Anda yang memiliki mata sensitif.

4. Cendo Hyalub MD Minidose

foto-rekomedasi-obat-tetes-mata-terbaik-untuk-atasi-mata-kering-4

Harga : Rp57.900

Mengobati mata kering dengan sangat cepat

Obat tetes mata ini mengandung sodium hyaluronate tinggi yang berguna untuk mempercepat pengobatan mata kering. Cocok juga untuk mengatasi iritasi ataupun pasca operasi.

Namun, produk obat tetes mata ini termasuk dalam golongan obat keras. Jumlah pembeliannya pun biasanya terbatas. Anda membutuhkan resep dan arahan dokter untuk membelinya.

3. Santen Hialid 0.1% Eye Drops

foto-rekomedasi-obat-tetes-mata-terbaik-untuk-atasi-mata-kering-3

Harga : Rp 82.000

Efektif sembuhkan mata kering hanya dalam satu tetes

Produk obat mata satu ini memiliki kandungan Natrium hyaluronat 0,1 % yang sangat efektif untuk membuat mata kering jadi kembali lembap. Selain itu, cocok juga digunakan bagi pengguna lensa kontak atau pasca operasi.

Untuk dosis pemakaiannya cukup satu tetes untuk sekali pakai. Anda bisa menggunakannya sebanyak 5-6 kali sehari. Karena termasuk obat keras, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter agar lebih aman menggunakannya.

2. Allregan Refresh Contacts Eye Drops

foto-rekomedasi-obat-tetes-mata-terbaik-untuk-atasi-mata-kering-2

Harga : Rp 55.000

Aman untuk penggunaan jangka panjang

Allergan Refresh Contacts Eye Drops merupakan produk obat tetes mata yang cocok untuk pengguna lensa kontak. Kandungan Carboxy Methyl Cellulose serta Purite di dalamnya dapat memberikan kesejukan sekaligus melembapkan mata kering dan gatal.

Anda juga bisa memakai obat tetes mata ini untuk pengobatan jangka panjang, karena Allergan Refresh Contacts Eye Drops tidak memiliki kandungan bahan berbahaya seperti merkuri.

1. Braito Tears Obat Tetes Mata

foto-rekomedasi-obat-tetes-mata-terbaik-untuk-atasi-mata-kering-1

Harga : Rp 10.350

Harga murah, kualitas jempolan

Produk obat tetes mata satu ini memiliki kandungan Hydroxypropyl Methylcellulose yang berfungsi untuk menyejukkan sekaligus membasahi mata yang kering.

Harga obat tetes mata berkapasitas 5 ml ini cukup murah dan terjangkau. Cocok untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran.

Namun, obat tetes mata ini tidak boleh dipakai untuk penggunaan jangka panjang. Karena terdapat kandungan benzalkonium klorida yang dapat merusak selaput mata bila digunakan berlebihan.

Selain itu, Anda juga harus melepas lensa kontak ketika menggunakan obat tetes mata ini. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli obat tetes mata ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli obat tetes mata, sebaiknya Anda mempertimbangkan kandungan, kebutuhan, kedaluawarsa, serta kenyamanan penggunaannya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara penyimpanannyaagar obat tetes mata tidak mudah terkontaminasi zat-zat berbahaya.
  • Anda bisa memilih ALCON Tears Naturale Free Lubricant Eye Drops, karena memiliki kemasan unik dan praktis untuk dibawa bepergian.
  • Sedangkan untuk Anda yang memiliki mata sensitif, Anda bisa memilih Rohto Eye Drops Aqua Tired Eye Relief.
  • Namun, untuk Anda yang menginginkan obat tetes mata yang aman untuk penggunaan jangka panjang, maka Anda bisa memilih Allergan Refresh Contacts Eye Drops.

Referensi

1. Halodoc (2018), Perhatikan Ini Sebelum Menyimpan Obat Tetes Mata, https://www.halodoc.com/artikel/perhatikan-ini-sebelum-menyimpan-obat-tetes-mata
2. Hellosehat (2019), Tak Semua Obat Tetes Mata Itu Sama, Begini Cara Memilihnya Sesuai Kebutuhan, https://hellosehat.com/mata/perawatan-mata/jenis-obat-tetes-mata/#gref
3. Hellosehat (2021), 12 Kondisi yang Memerlukan Obat Tetes Mata, https://hellosehat.com/mata/perawatan-mata/kondisi-yang-memerlukan-obat-tetes-mata/#gref

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *