10 Rekomendasi Payung Lipat yang Kuat dan Praktis

Payung lipat selalu jadi benda wajib bagi setiap orang di musim penghujan, terutama mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Apalagi jika cuaca tidak menentu, di siang hari begitu panas, namun berubah menjadi hujan deras di sore hari. Begitu pun sebaliknya.

Hal tersebut tentu bisa cukup merepotkan. Apalagi bagi mereka yang memiliki aktivitas di luar ruangan.

Meski begitu, Anda tidak boleh lengah atau menyerah dengan kondisi tersebut. Lakukan beberapa persiapan tertentu. Salah satunya dengan membawa payung saat beraktivitas di luar ruangan.

Payung yang dibawa bukanlah payung biasa yang memiliki ukuran besar dan merepotkan bila dibawa ke mana-mana, melainkan payung lipat yang memiliki ukuran lebih kecil, ringan, dan praktis.

Selain digunakan pada cuaca hujan yang tidak menentu, payung lipat juga efektif digunakan untuk melindungi kulit dari terpaan sinar UV. Seperti diketahui, sinar UV yang berlebihan tidak baik untuk kulit dan bisa menyebabkan timbulnya penyakit seperti kanker kulit, katarak, dan lain-lain.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi payung lipat yang kuat dan praktis lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai payung lipat dan cara merawatnya.

Perhatikan kualitas bahan kain payung lipat

Mungkin banyak yang berpikir kalau kain payung lipat yang baik adalah yang bahannya tebal. Akan tetapi, sebenarnya bahan kain payung lipat yang bagus adalah yang halus, serta tidak terlalu tipis dan tebal.

Bahan kain yang halus membuat payung lipat jadi lebih cepat kering. Selain itu, kain payung juga tidak akan mudah berongga ataupun sobek walau sering digunakan.

Anda juga bisa memilih bahan kain payung lipat yang dilengkapi dengan lapisan anti sinar UV untuk digunakan saat musim panas dan hujan.

Perhatikan jari-jarinya

Payung lipat memiliki jumlah jari-jari yang berbeda. Ada yang memiliki 7 jari, 8 jari, hingga 10 jari. Semakin banyak jumlah jarinya, makin besar pula dimensi payung lipat tersebut. Namun, harga payung lipat dengan 10 jari biasanya cenderung lebih mahal.

Anda bisa memilih payung lipat dengan 10 jari bila tidak masalah dengan berat dan ukurannya yang lebih besar. Namun, kalau Anda lebih suka payung lipat yang simpel dan praktis, sebaiknya pilh payung lipat yang memiliki 7 jari atau 8 jari.

Perhatikan rangka gagangnya

Rangka gagang adalah hal terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli payung lipat. Untuk mengetahui rangka gagang tersebut, Anda bisa memperhatikan susunannya, Apakah ketika ke atas susunan rangkanya akan jadi semakin membesar atau malah mengecil.

Kalau susunan rangkanya makin mengecil, artinya payung lipat tersebut menggunakan rangka biasa yang tidak begitu kuat. Bahkan bisa patah bila terkena angin.

Sementara bila susunan rangkanya makin membesar, artinya payung lipat tersebut memiliki kualitas yang bagus dan kuat. Tidak akan mudah patah jika terkena hembusan angin.

Perhatikan kekencangannya ketika dibuka

Salah satu hal yang sering diabaikan ketika membeli payung lipat adalah kekencangannya. Payung lipat dengan bahan kain yang bagus akan tetap kencang ketika dibuka.

Sementara bahan kain yang tidak kencang ketika dibuka menandakan bahwa payung lipat tersebut memiliki ukuran yang tidak pas. Bisa jadi karena kelebihan potong atau sebagainya.

Sebenarnya, payung lipat yang tidak kencang tersebut bukan berarti lebih jelek dibanding yang kencang. Namun, dari sisi penampilan, payung lipat ini akan terlihat kurang cantik dan menarik.

Cara merawat payung lipat agar lebih awet

Agar payung lipat Anda bisa tetap kuat, nyaman dipakai dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat payung lipat:

  • Buka payung secara perlahan

Saat ingin menggunakan payung, bukalah secara perlahan.Jangan lupa untuk menggoyang sedikit setelah terbuka. Fungsinya agar kain payung lipat yang sempat menempel bisa sedikit merenggang.

Kain payung dapat menempel satu sama lain apabila telah lama tidak digunakan atau disimpan dalam kondisi panas/lembab. Kalau dibuka pakasa dalam kondisi menempel seperti itu, rangka payung akan patah dan rusak.

  • Keringkan payung setelah digunakan

Beberapa orang sering lupa untuk mengeringkan payung lipat yang telah selesai digunakan. Payung lipat tersebut hanya ditaruh sembarangan dan membuatnya sulit kering.

Payung lipat yang tidak kering setelah dipakai dapat mempercepat munculnya karat pada bagian rangka payung. Kalau karat yang muncul pada bagian rangka semakin banyak, mau tidak mau Anda harus membeli payung lipat yang baru.

  • Tutup payung secara perlahan

Tidak hanya saat membuka, ketika selesai digunakan, Anda harus menutup payung lipat tersebut secara perlahan. Kemudian, lipatlah payung tersebut dengan rapi dan tidak berantakan.

Payung yang tidak dilipat dengan rapi akan membuat bagian jari-jarinya saling bertabrakan dan patah ketika dilipat. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda lipat payung secara perlahan dan rapi.

  • Letakkan kembali di tempatnya

Jangan sembarangan meletakkan payung lipat yang sudah digunakan. Letakkan payung lipat tersebut pada tempatnya agar tetap bersih dan rapi. Kalau payung lipat diletakkan sembarangan, akan menimbulkan bercak putih pada bagian kainnya.

Bercak-bercak putih itu merupakan jamur yang menempel di kain payung lipat.Jamur tersebut tentu tidak baik bagi pernapasan Anda. Tidak hanya itu, jamur yang menumpuk itu juga menyebabkan kain payung menjadi cepat lapuk.

  • Cucilah payung lipat secara berkala

Mungkin tidak semua orang berpikir untuk mencuci payung lipat. Padahal kalau tidak dicuci bisa membuat payung jadi berjamur, kotor, hingga rusak. Karena itu, sebaiknya Anda mencuci payung tersebut secara berkala walau sedang tidak digunakan.

Caranya cukup tuang sedikit cairan spirtus ke bagian kain payung, lalu gosok dengan kain halus secara merata. Lakukan hingga payung menjadi bersih.

Setelah itu, lap seluruh bagian payung dengan menggunakan kain. Kalau sudah dilap hingga bersih, jemur hingga payung lipat kering dan simpan kembali di tempatnya.

10 Rekomendasi payung lipat yang kuat dan praktis

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang payung lipat lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi payung lipat yang kuat dan praktis dari berbagai merek berikut ini.

10. Payung Lipat Loko Motif City Anti UV

foto-rekomendasi-payung-lipat-yang-kuat-dan-praktis-10

Harga : Rp 65.000

Terbuat dari material besi grade A yang kukuh dan kuat

Payung lipat Loko ini memiliki rangka payung yang terbuat dari material besi grade A yang terkenal kukuh dan kuat. Inilah yang membuat payung ini tidak mudah rusak walau terkena terpaan hujan yang disertai angin lebat.

Selain itu, payung lipat ini memiliki desain pegangan yang ergonomis sehingga tidak mudah tergelincir atau terlepas ketika digenggam dalam kondisi basah.

Untuk memanjangkan gagang, serta membuka dan menutup payung lipat ini, Anda hanya perlu memencet tombol otomatis yang terdapat pada bagian pegangannya. Anda bisa membeli payung lipat ini di Shopee.

9. Payung Lipat Tabasa Dompet Kacamata Nagoya

foto-rekomendasi-payung-lipat-yang-kuat-dan-praktis-9

Harga : Rp 85.000

Ukurannya hanya sebesar kotak kacamata

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, payung lipat adalah benda wajib yang harus selalu dibawa. Namun, terkadang tas Anda sudah terlalu penuh dengan barang bawaan penting lain yang tidak bisa ditinggal. Payung lipat Tabasa ini bisa jadi solusi untuk permasalahan tersebut.

Produk payung lipat ini memiliki bentuk yang kecil, seperti kotak kacamata, ketika dalam kondisi dilipat.

Meski ukurannya kecil, rangka payung ini sangat kukuh karena terbuat dari material besi yang kuat. Jadi tetap bisa membawa payung lipat walau tas Anda sudah cukup penuh dengan bawaan lainnya.

8. Mini Capsule Umbrella Five-folding Sun protection Anti-UV

foto-rekomendasi-payung-lipat-yang-kuat-dan-praktis-8

Harga : Rp 172.000

Disertai tempat penyimpanan berbentuk kapsul yang imut

Salah satu kelebihan dari payung lipat adalah desainnya yang cenderung simpel dan praktis. Seperti halnya produk payung lipat Mini Capsule Umbrella Five-folding Sun protection Anti-UV satu ini.

Payung lipat satu ini memiliki tempat penyimpanan berbentuk kapsul yang unik dan menarik. Ukurannya yang imut membuat payung lipat ini sangat praktis untuk dibawa bepergian ke mana-mana.

7. UBRELLO BOLDe

foto-rekomendasi-payung-lipat-yang-kuat-dan-praktis-7

Harga : Rp 85.000

Inovasi terbaru dalam melipat payung

Biasanya payung lipat akan tertutup bila ditarik ke bawah. Namun, produk payung lipat Ubrello dari BOLDe ini cukup berbeda. Karena payung lipat ini justru harus ditutup ke arah atas agar dapat dijemur setelah selesai digunakan.

Payung lipat Ubrello yang unik ini memiliki desain fashionable dengan pegangan berbentuk C yang membuatnya nyaman serta mudah digenggam. Bagian rangkanya juga sangat kuat dan kukuh sehingga aman walau diterpa hujan dan angin kencang.

6. Remax RT-U3 Violet Automatic Umbrella

foto-rekomendasi-payung-lipat-yang-kuat-dan-praktis-6

Harga : Rp 130.000

Tubuh lebih terlindungi dengan ukuran diameter yang besar

Payung lipat satu ini mungkin merupakan favorit bagi para kaum wanita. Terutama mereka yang sangat menyukai konsep floral. Remax RT-U3 Violet Automatic Umbrella memiliki desain bermotif bunga yang unik dan memanjakan mata.

Selain desain, payung lipat ini juga memiliki diameter yang cukup besar ketika dibuka. Dengan begitu, Anda akan benar-benar terlindungi dari terpaan hujan atau sengatan panas secara keseluruhan. Bahkan bisa digunakan untuk berdua juga, loh.

5. Jope Umbrella – Lipat 3 Anti UV

foto-rekomendasi-payung-lipat-yang-kuat-dan-praktis-5

Harga : Rp 78.900

Memiliki lapisan anti UV untuk melindungi dari sengatan panas matahari

Payung lipat tidak hanya berfungsi untuk melindungi tubuh dari basahnya air hujan, tapi juga sengatan sinar matahari. Seperti Jope Umbrella – Lipat 3 Anti UV ini.

Sesuai namanya, payung lipat ini dilengkapi dengan lapisan anti UV untuk melindungi penggunanya dari sengatan panas matahari yang berbahaya bagi kesehatan.

Jenis payung lipat tiga ini menggunakan material stainless steel yang kuat dan antikarat pada bagian rangkanya. Sementara kainnya menggunakan bahan nylon yang kuat dan tidak mudah kusut.Anda bisa membeli payung lipat ini di Shopee.

4. Payung Lipat Osaka Jepang

foto-rekomendasi-payung-lipat-yang-kuat-dan-praktis-4

Harga : Rp. 65.000

Dengan motif bunga yang cantik pada lima varian warna berbeda

Payung lipat banyak digemari tidak hanya karena memiliki bentuk yang praktis, tapi juga desainnya dan motifnya yang menarik. Seperti motif bunga yang cantik pada payung lipat Osaka Jepang ini.

Anda bisa memilih motif bunga pada lima varian payung lipat yang berbeda, antara lain warna biru, pink, hijau, ungu, serta fuschia.

Tidak hanya memiliki motif yang menarik, payung ini menggunakan bahan kain yang tebal sehingga tidak mudah sobek walau terkena derasnya air hujan dan kencangnya hembusan angin.

3. Xiaomi Pinluo Automatic Folding Umbrella

foto-rekomendasi-payung-lipat-yang-kuat-dan-praktis-3

Harga : Rp 218.000

Berikan perlindungan maksimal dari hembusan angin dan derasnya hujan

Tidak hanya memproduksi perangkat elektronik, Xiaomi juga merambah produk kebutuhan rumah tangga seperti payung lipat yang diberi nama Xiaomi Pinluo Automatic Folding Umbrella ini.

Payung lipat Xiaomi ini cocok digunakan untuk segala kondisi. Termasuk di kala siang hari yang panas terik. Penggunaan bahan berkualitas tinggi dan kuat membuatnya dapat memberikan perlindungan maksimal kepada Anda dari hembusan angin serta derasnya hujan.

2. Payung Lipat Mini Hoco Yu Meng

foto-rekomendasi-payung-lipat-yang-kuat-dan-praktis-2

Harga : Rp 75.000

Dapat diselipkan pada sedikit ruang tersisa di dalam tas

Terkadang, seseorang akan merasa malas membawa payung lipat karena tasnya sudah dipenuhi dengan keperluan lainnya. Padahal membawa payung lipat saat bepergian juga merupakan hal yang penting.

Karena itu, Anda bisa memilih payung lipat yang berukuran lebih kecil, seperti payung lipat mini Hoco Yu Meng ini.

Ukurannya yang cukup mini memungkinkan Anda menyelipkannya pada sedikit ruang tersisa yang ada di dalam tas. Bobotnya pun sangat ringan dan tidak akan membebani Anda saat membawanya ke mana-mana.

1. Payung Otomatis Motif Beruang

foto-rekomendasi-payung-lipat-yang-kuat-dan-praktis-1

Harga : Rp 55.000

Dapat terbuka dengan cepat untuk kondisi darurat

Hujan bisa saja turun secara tiba-tiba. Saat itu terjadi, Anda harus dapat membuka payung lipat sesegera mungkin agar tidak kebasahan. Payung lipat yang manual akan memberi sedikit effort untuk membukanya.

Karena itu, Anda membutuhkan payung lipat yang dapat terbuka cepat dalam kondisi darurat seperti payung lipat Otomatis Motif Beruang ini.

Produk payung lipat yang didesain dengan motif beruang ini dilengkapi tombol pada bagian pegangannya. Tombol tersebut dapat digunakan untuk memanjangkan serta membuka dan menutup payung lipat ini dengan mudah. Anda bisa membeli payung ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli payung lipat, sebaiknya Anda mempertimbangkanbahan kain, jari-jari, rangka gagang, serta kekencangannya ketika dibuka.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar payung lipat bisa lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilihpayung lipat mini Hoco YuMeng, karena memiliki ukuran mini sehingga dapat diselipkan pada ruang sempit dalam tas sekalipun.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin terlindungi secara keseluruhan dari air hujan, Anda bisa memilih Remax RT-U3 Violet Automatic Umbrella.
  • Namun, untuk Anda yang menginginkan payung lipat yang dapat terbuka dan tertutup dengan cepat, maka Anda bisa memilih payung lipat Otomatis Motif Beruang.

Referensi

1. Aneka Payung (2017), Serba Serbi Tentang Payung Lipat Promosi, http://aneka-payung.blogspot.com/2017/01/serba-serbi-tentang-payung-lipat-promosi.html
2. Dunia Payung (2015), Tips dan Trik Memilih Payung Lipat-3, http://www.dnpayung.com/tips-dan-trik-memilih-payung-lipat-3/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *