10 Rekomendasi Produk Madu Anak yang Baik untuk Daya Tahan Si Kecil

Madu sudah lama dikenal luas sebagai cairan manis yang memiliki sejuta khasiat yang baik bagi tubuh, termasuk pada anak. Apalagi anak-anak memiliki daya tahan yang lebih rentan ketimbang orang dewasa. Karena itulah, kini para produsen juga membuat produk madu anak yang kaya akan manfaat bagi kesehatan mereka.

Kandungan yang biasa terdapat di dalam madu anak ialah maltose, fruktosa, glukosa, vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, amino, zinc, dan lain sebagainya. Dengan segudang nutrisi baik tersebut, tidak heran kalau banyak orang tua mempercayakan madu untuk dikonsumsi oleh anak mereka.

Madu anak biasanya hadir dalam berbagai kemasan, mulai botol hingga sachet. Kemasannya pun dibuat lebih cheerfull dan colorfull sehingga mudah menarik minat anak-anak. Anda bisa menemukan produk madu anak dengan mudah di apotek atau supermarket terdekat.

Berikut kami sajikan10 rekomendasi produk madu anak yang baik untuk daya tahan si kecil lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai madu anak hingga cara menyimpannya.

Manfaat memberikan madu kepada anak

Madu telah lama dikenal akan berbagai khasiatnya bagi kesehatan. Karena itu, banyak orang yang mengonsumsi madu setiap harinya. Para orang tua pun mulai memberikan madu kepada si kecil sejak dini. Berikut adalah manfaat memberikan madu kepada anak, antara lain:

  • Meredakan flu dan batuk anak

Di tengah masa aktifnya bermain, anak-anak jadi lebih rentan terkena masalah pada saluran pernapasannya, seperti flu dan batuk. Apabila anak Anda terlanjur terkena penyakit tersebut, segera berikan madu untuk membantu penyembuhan si kecil.

Anda dapat mencampurkan madu dalam segelas teh hangat atau air lemon hangat. Bisa juga dengan memberikannya secara langsung, sekitar 1,5 – 2 sendok teh.

  • Sebagai penambah sistem imun alami

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam madu antara lain Vitamin C, Kalium, dan berbagai mineral baik lainnya.

Seluruh kandungan madu tersebut dijamin dapat memberikan kekebalan pada sistem imun anak-anak. Madu juga mampu mencegah terjadinya infeksi pada anak yang disebabkan oleh virus, bakteri, serta jamur.

  • Meningkatkan kecerdasan dan daya ingat

Madu memiliki kandungan antioksidan alami yang bermanfaat bagi fungsi kinerja memori otak. Karena itu, banyak yang menjadikan madu sebagai suplemen alami bagi si kecil.

Di samping itu, madu juga dapat mendukung peningkatan daya ingat serta proses berpikir. Hasilnya, anak-anak akan jadi lebih aktif, kreatif, serta positif dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari.

  • Menyembuhkan luka lebih cepat

Anak-anak biasanya sangat suka bermain dan berlari ke sana-kemari. Sehingga tidak heran kalau jatuh dan luka sudah jadi rutinitas sendiri baginya.

Apabila si kecil terjatuh hingga mengalami luka, Anda bisa memberikan madu padanya. Karena madu mampu memperbaiki jaringan dan sel yang rusak pada bagian tubuh.

Untuk luka ringan, bisa langsung oleskan pada lukanya. Sementara bila lukanya cukup berat, campurkan madu ke dalam minuman dan makanannya.

Pilih jenis yang disukai anak

Ada dua jenis madu yang bisa Anda temui di pasaran, yakni madu murni dan madu campuran. Sesuai namanya, madu murni berarti tidak menggunakan bahan tambahan sama sekali. Bahkan kadang masih terdapat bekas-bekas serbuk sari atau rumah lebah yang masih tersisa. Namun, tekstur madu murni sangat kental sehingga kurang disukai anak-anak.

Sementara madu campuran merupakan madu olahan yang telah diberi beberapa bahan tambahan, seperti royal jelly, temu lawak, serta kurma. Madu campuran biasa lebih disukai anka-anak karena warnanya jernih dan teksturnya tidak sekental madu murni. Akan tetapi, khasiatnya tidak sebaik madu murni.

Cek keaslian madu

Anda bisa memilih jenis madu yang dirasa paling disukai si buah hati. Namun, apapun pilihannya, pastikan kalau itu bukan madu palsu.

Rasa manis pada madu asli lebih terasa manis alami. Berbeda dengan madu palsu yang rasa manisnya menggunakan bahan buatan. Selain itu, madu asli akan sulit larut bila di dalam air. Sedangkan madu palsu bisa langsung larut dengan air.

Perhatikan sertifikasinya

Salah satu poin penting yang harus diperhatikan dalam memilih bahan makanan dan minuman, seperti madu anak, adalah labelnya.

Pastikan kalau produk madu tersebut sudah memiliki sertifikasi BPOM dan label halal. Madu yang sudah memiliki label tersebut tentu sudah terjamin keamanannya untuk dikonsumsi anak-anak.

Periksa kemasannya

Hal termudah untuk mengetahui madu anak yang baik adalah dengan memeriksa kemasannya. Apakah ada kerusakan pada kemasannya atau tidak?Perhatikan juga tanggal kedaluwaras atau layak konsumsinya.

Ingat, mengonsumsi madu yang tidak layak konsumsi bisa berakibat tidak baik bagi tubuh anak. Apalagi mereka cenderung lebih rentan akan masuknya virus dan bakteri dibanding orang dewasa.

Cara menyimpan madu agar lebih awet

Agar madu tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda menyimpannya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan madu, yaitu:

  • Simpanlah madu di dalam wadah dengan tutup seperti botol. Anda bisa menggunakan botol plastik atau kaca sesuai keinginan.
  • Pastikan wadah madu selalu tertutup dengan rapat agar tidak dikerubungi serangga, seperti semut, dan tidak dimasuki debu atau kotoran.
  • Sebelum menyimpan madu di dalamnya, pastikan kalau wadah tersebut sudah benar-benar kering dan tidak kotor. Dengan begitu, nutrisi yang ada di dalam madu tidak akan rusak.
  • Letakkan wadah berisi madu di tempat yang kering dan sejuk agar ketahanannya lebih terjaga.
  • Hindari menyimpan madu di tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  • Sebaiknya Anda tidak menyimpan madu di dalam kulkas. Ini bisa membuat tekstur madu jadi terkristalisasi.
  • Gunakanlah sendok kering untuk mengambil madu dari wadahnya. Sendok yang basah bisa membuat madu jadi terfermentasi.
  • Jauhlah madu dari tempat yang memiliki bebauan yang menyengat. Bau tersebut bisa mencemari madu sehingga akan kehilangan aroma khasnya.

10 Rekomendasi produk madu anak yang baik untuk daya tahan si kecil

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang madu anak, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi 10 produk madu anak yang baik untuk daya tahan si kecil dari berbagai merek berikut ini.

10. Madu Syamil Anak

foto-produk-madu-anak-yang-baik-untuk-daya-tahan-si-kecil-10

Harga: Rp 13.800

Meredakan penyakit amandel

Di tengah maraknya jajanan kekinian yang minim gizi dan berisiko untuk kesehatan anak, seimbangkan dengan asupan madu Syamil.

Madu ini mengandung beragam kebaikan, seperti propolis, sari kurma, habatussauda, dan vitamin C. Walau kandungan sangat kaya, harganya sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 20 ribuan.

Madu ini juga bisa digunakan sebagai bagian dari terapi herbal ini minim risiko dan efek samping. Selain itu, produk ini diklaim dapat meredakan gejala penyakit amandel yang biasa diderita anak.

9. Madu Anak Smart Kids Al Barkah

foto-produk-madu-anak-yang-baik-untuk-daya-tahan-si-kecil-9

Harga: Rp 20.000

Kaya akan formula omega 3, 6 dan 9

Madu Smart Kids Al barkah ini memiliki kandungan omega 3, 6 dan 9 yang baik untuk mendukung tumbuh kembang otak anak Anda. Selain itu, madu ini juga dilengkapi dengan sari kurma, habatussauda, propolis, ekstrak pegagan dan zaitun yang kaya manfaat untuk anak.

Beberapa khasiatnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menambah nafsu makan, mendukung sistem kekebalan tubuh, memperlancar pencernaan anak, meningkatkan kualitas tumbuh kembang tulang dan otot anak serta meredakan radang tenggorokan.

8. Madu Jadied Kids Platinum

foto-produk-madu-anak-yang-baik-untuk-daya-tahan-si-kecil-8

Harga: Rp 14.500

Meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh anak

Di masa yang penuh risiko kesehatan untuk anak seperti saat ini, memberikan amunisi kesehatan ekstra untuk anak tidak lagi berlebihan. Madu Jadied Kids Platinum hadir sebagai pilihan tepat untuk orang tua yang ingin memberikan suplemen terbaik untuk jaga kesehatan anak usia 2 hingga 12 tahun.

Madu ini mengandung beragam komposisi alami seperti sari kurma, curcuma, spirulina, propolis, habatussauda, omega 3, 6 dan 9, serta jahe merah. Lengkap bukan? Madu ini bisa jadi pilihan tepat dan praktis untuk mendapat manfaat seperti peningkatan kecerdasan anak dan support ekstra daya tahan tubuh.

Kekayaan manfaat madu ini juga bisa didapatkan orang dewasa, lho. Jadi, Anda juga bisa menikmati madu ini bersama si kecil.

7. Madu Syifa Kids Isplek

foto-produk-madu-anak-yang-baik-untuk-daya-tahan-si-kecil-7

Harga: Rp 30.000

Rasanya sudah disesuaikan dengan lidah anak-anak

Anak-anak cukup rentan terkena ISPA atau gangguan pernapasan. Tentu sedih rasanya melihat buah hati tidak nyaman karena sakit.

Apalagi sekarang ini lingkungan sekitar sangat rentan untuk kesehatan buah hati tercinta. Mari selalu berikan perlindungan luar dalam terbaik untuk anak. Madu Syifa Kids Isplek bisa jadi pilihan tepat dan efektif untuk anak Anda.

Dengan segudang kandungan alami yaitu propolis, Nigella sativa, zaitun, Ekstrak Salaginella doerderlinii, Ekstrak Curcuma rhizoma, Ekstrak Andrographis peniculata, Ekstrak Cintella asiatica, Ekstrak Hedyotis corymbosa, Ekstrak Gynura sagetum da, Ekstrak Morinda citrifolia.

Adapun, manfaat kandungan tersebut dapat mendukung daya tahan tubuh anak dan mengobati infeksi saluran pernapasan atas pada anak. Rasa madu ini sudah menyesuaikan dengan lidah anak-anak sehingga mereka akan senang mengonsumsinya.

6. Madu AM Balita

foto-produk-madu-anak-yang-baik-untuk-daya-tahan-si-kecil-6

Harga: Rp 27.500

Bisa dipakai sebagai pemanis alami

Paparan polusi dan radikal bebas bisa membuat anak terlihat letih dan lesu. Oleh sebab itu, Madu AM diformulasikan tepat untuk anak usia balita ini dapat menyegarkan, menyehatkan dan menambah stamina pada anak. Berikan dukungan tanpa batas untuk aktivitas sehari-hari anak Anda dengan madu bergizi, alami dan higienis madu AM balita.

Madu ini juga dapat digunakan sebagai pemanis alami untuk susu, teh dan juga jus buah favorit si kecil. Bisa dikonsumsi sesuai kebutuhan untuk dapatkan langsung manfaat baik madu alami seperti meningkatkan daya tahan, menambah nafsu makan dan meredakan infeksi dan radang pada anak.

5. Madu TJ Joybee

foto-produk-madu-anak-yang-baik-untuk-daya-tahan-si-kecil-5

Harga: Rp 10.000

Hadirkan pilihan rasa favorit yang disukai si kecil

Biasanya kendala anak untuk cenderung lebih suka makan jajanan di luar adalah rasanya yang nikmat dan gurih di lidah anak. Menurut mereka, makanan sehat seperti sayur tidak cukup nikmat untuk mereka.

Madu TJ joybee ini bisa jadi pilihan tepat untuk anak Anda, karena hadir dengan berbagai pilihan rasa yang disukai anak, yaitu original, strawberry, dan jeruk.

Tidak cuma soal rasa. Madu TJ Joybee ini juga kaya kandungan yang tepat untuk usia tumbuh kembang anak, diantaranya propolis, sari kurma, vitamin B kompleks, vitamin C, Lysine, EPA dan DHA.

4. Madu Anak Ratu Lebah Junior

foto-produk-madu-anak-yang-baik-untuk-daya-tahan-si-kecil-4

Harga: Rp 12.000

Bantu anak tidur lebih rileks

Ada lima nutrisi esensial yang dibutuhkan anak usia balita yang sedang dalam fase penting pertumbuhannya.

Salah satunya adalah DHA. Menurut dokter anak Scott Cohen, DHA sangat penting untuk perkembangan otak anak usia 3 tahun yang sedang pesat. DHA dan Omega 3 dipercaya ahli dapat meningkatkan konsentrasi dan mengurangi risiko perilaku hiperaktif pada anak.

Seperti madu Ratu Lebah Junior ini yang telah dilengkapi dengan DHA gold dan Omega 3. Di mana kandungannya dapat meningkatkan tumbuh kembang otak, sistem koordinasi atau saraf dan mata anak. Selain itu, DHA-nya juga dapat membantu tidur anak lebih rileks agar bangun lebih segar.

3. Madu Vitabumin

foto-produk-madu-anak-yang-baik-untuk-daya-tahan-si-kecil-3

Harga: Rp 28.900

Meningkatkan nafsu makan anak

Menginjak usia balita, biasanya timbul gejala anak susah makan dan pilih-pilih makanan (picky eater). Ini bisa jadi masalah bila Anda tidak memiliki strategi tepat untuk tetap membuat kebutuhan nutrisi anak terpenuhi. Terutama di usia pertumbuhan dan di tengah banyaknya radikal bebas di luar.

Maduini bisa jadi pilihan praktis dan efektif untuk mencukupi gizi anak. Apalagi anak memang membutuhkan waktu untuk mengonsumsi makanan padat, madu bisa jadi alternatif tepat.

Dilengkapi dengan kandungan temulawak, madu ini dapat meningkatkan nafsu makan. Kombinasi aktif dengan ekstrak ikan gabusnya juga diklaim mampu menjaga daya tahan tubuh anak.

2. Alshifa Natural honey

foto-produk-madu-anak-yang-baik-untuk-daya-tahan-si-kecil-2

Harga: Rp 61.000

Teksturnya lembut dan mudah ditelan

Tekstur madu biasanya tidak terlalu disukai anak karena biasanya terlalu kental dan sulit ditelan sehingga menimbulkan rasa enek. Untuk itu, kami rekomendasikan Alshifa Natural Honey yang merupakan madu asli dari Timur Tengah dengan teksturnya yang lembut dan mudah ditelan.

Tampilan madu Alshifa ini juga sangat bersih dan jernih, karena dibuat dari kurma dan tanaman bidara di semenanjung Arab yang terjamin kehigienisannya.

Tidak hanya soal tampilan, madu ini juga kaya khasiat, seperti meningkatkan stamina dan sebagai bagian dari pengobatan.

1. Madu Antariksa

foto-produk-madu-anak-yang-baik-untuk-daya-tahan-si-kecil-1

Harga: Rp 90.000

Sebagai alternatif nutrisi lengkap si kecil

Madu yang diracik dengan sistem nanoteknologi sehingga menghasilkan ramuan madu dengan takaran yang tepat dan sangat kaya manfaat.

Madu Antariksa ini tepat dikonsumsi sebagai bagian dari pengobatan dan penyembuhan yang aman tanpa efek samping karena kandungannya berguna untuk menyeimbangkan cairan tubuh dan merawat pencernaan.

Dengan formulasi teripang, sangat cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan juga keluarga untuk melawan bakteri jahat, serta menjaga kesehatan jantung, tulang dan gigi.

Madu ini juga dikenal baik dapat menambah nafsu makan anak, apalagi usia balita. Selain itu, juga dapat menjadi alternatif asupan nutrisi lengkap untuk anak di luar makanan padat.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli madu anak, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis, sertifikasi, keaslian, serta kemasannya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara menyimpanannya agar madu anak bisa lebih awet dan bisa dikonsumsi dalam waktu lama.
  • Anda bisa memilih Madu Jadied Kids Platinum, karena dapat meningkatkan kecerdasan dan dukung daya tahan tubuh anak.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin madu untuk menambah nafsu makan si kecil, Anda bisa memilih Madu Vitabumin.
  • Namun, jika Anda menginginkan madu bertekstur lembut dan mudah ditelan anak, maka Anda bisa memilih Alshifa Natural Honey.

Referensi

1. Alodokter (2019), 5 Manfaat Madu untuk Anak, https://www.alodokter.com/manfaat-madu-untuk-bayi-1-tahun-ke-atas
2. Sioux Honey (2019), Best Practices for Storing Honey, https://siouxhoney.com/best-practices-for-storing-honey/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *