10 Rekomendasi Sambal Kemasan Terbaik yang Pedas dan Lezat

Bagi sebagian besar orang Indonesia, kurang lengkap rasanya kalau makan tanpa didampingi dengan sambal. Lidah orang Indonesia memang lebih terbiasa dengan hidangan yang berbumbu dan memiliki cita rasa pedas, sehingga tidak heran kalau rasa pedas dari sambal bisa memberi sensasi nikmat yang menambah nafsu makan seseorang.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat sambal tentu saja cabai. Kemudian dipadukan dengan bumbu dan rempah lain hingga menghasilkan cita rasa yang tidak hanya pedas, tapi juga lezat.

Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk membuat sambal setiap hari. Padahal sambal seperti sudah menjadi jati diri dalam tiap hidangan masyarakat Indonesia. Untungnya saat ini para produsen telah menciptakan berbagai produk sambal kemasan yang praktis dan lezat.

Pengemasan yang sangat baik juga membuat produk sambal tersebut jadi lebih awet dan tahan lama. Anda bahkan bisa menyimpannya selama satu bulan.

Soal rasa, tidak perlu khawatir. Tersedia varian rasa sambal kemasan khas nusantara yang dibuat sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi sambal kemasan terbaik yang pedas dan lezat dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai sambal kemasan dan cara penyimpanannya.

Mengenal jenis-jenis sambal yang populer di Indonesia

Daerah-daerah di Indonesia memiliki varian sambal yang berbeda. Begitu pun dengan rasa yang dimilikinya.

Tiap sambal memiliki cita rasa yang khas sesuai dengan daerahnya. Tidak hanya pedas, ada juga yang menambahkan kesan manis dan segar pada sambalnya. Berikut adalah beberapa jenis sambal yang populer di Indonesia.

  • Sambal terasi

Anda pasti sering menjumpai jenis sambal ini di berbagai rumah makan dan restoran. Terdiri dari racikan cabai merah, cabai rawit, bawah putih, bawang merah, gula pasir/merah, garam, dan tentunya terasi.

Perpaduan antara rasa pedas cabai serta aroma terasi yang khas dijamin akan meningkatkan selera makan Anda.

  • Sambal bawang

Sesuai namanya, sambal ini merupakan campuran dari bahan cabai dan bawang. Jenis bawang yang digunakan bisa bawang putih, merah, atau keduanya. Sambal bercita rasa lezat ini sangat cocok dinikmati dalam setiap hidangan, terutama olahan ayam dan daging.

  • Sambal bajak

Bagi yang tidak suka rasa pedas, sambal ini wajib Anda coba. Sambal bajak ini menggunakan racikan cabai merah keriting, cabai rawit, terasi, tomat merah, bawang putih, serta bawang merah yang kemudian diulek hingga halus.

Penggunaan cabai merah kering dan tomat merah inilah yang menekan rasa pedas dari sambal. Biasanya, ada juga yang menggunakan kulit jeruk perut sebagai penambah aroma dan cita rasa dari sambal bajak.

  • Sambal matah

Sambal khas Bali satu ini tengah populer, terutama di kalangan anak muda. Banyak olahan masakan kekinian yang dipadukan dengan sambal matah.

Dalam bahasa Bali, matah memiliki arti mentah. Sesuai namanya, sambal ini disajikan tanpa dimasak terlebh dahulu.

Bahan-bahan yang digunakan ialah bawang merah, serai, air jeruk nipis, minyak goreng, garam, daun jeruk purut, bawang merah, dan cabai. Setelah itu, seluruh bahan ditambahkan dengan jeruk nipis dan minyak kelapa.

  • Sambal tempoyak

Jenis sambal satu ini terbilang lebih unik dibandingkan dengan sambal lainnya. Karena sambal ini menggunakan campuran fermentasi buah durian atau tempoyak. Mungkin akan terasa sedikit aneh bagi sebagian orang. Tapi setelah mencobanya, Anda mungkin akan merasa kaget karena rasanya yang lezat dan bikin ketagihan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal ini antara lain cabai rawit, ikan teri, cabai merah, kunyit, garam, gula, ikan teri atau belibis, dan tentunya tempoyak. Seluruh bahan tersebut kemudian diulek hingga halus lalu ditumis sampai harum. Sambal tempoyak ini paling cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Perhatikan komposisi bahannya

Ada berbagai varian sambal kemasan dengan komposisi yang berbeda. Misalnya sambal matah dengan bahan-bahan yang fresh atau sambal bawang yang didominasi rasa bawang. Beberapa sambal kemasan juga mulai ditambahkan bahan lain yang makin variatif, misalnya cumi atau petai.

Selain kesegaran bahan, Anda juga harus memperhatikan penggunaan bahan pengawet. Sebaiknya Anda memilih sambal kemasan yang tidak memiliki kandungan bahan pengawet dan MSG.

Pertimbangkan tingkat kepedasannya

Cabai merupakan salah satu bahan utama yang digunakan untuk membuat sambal. Penggunaan cabai inilah yang memengaruhi tingkat dari sambal kemasan. Tiap jenis cabai memiliki tingkat kepedasan yang berbeda.

Salah satu jenis cabai pedas yang jadi favorit masyarakat Indonesia ialah cabai rawit. Makin matang cabai rawit, makin pedas pula rasanya. Namun kalau Anda tidak suka pedas, bisa memilih sambal kemasan yang mengandung bahan cabai merah biasa, cabai merah kering, atau tomat.

Cek masa kadaluwarsanya

Sambal kemasan umumnya menggunakan bahan-bahan alami seperti sambal biasa. Agar lebih aman dikonsumsi, banyak yang memilih tidak menggunakan bahan pengawet. Rata-rata sambal kemasan produksi rumahan hanya dapat bertahan paling lama sekitar tiga bulan. Itupun tergantung cara penyimpanannya.

Kalau disimpan dalam suhu ruang, sambal kemasan hanya bisa bertahan dalam hitungan hari. Sementara sambal kemasan bisa lebih awet kalau disimpan di freezer. Anda bisa menanyakan perihal cara penyimpanan dan masa kedaluwarsa sambal kemasan pada penjualnya.

Perhatikan kondisi kemasannya

Sambal kemasan hadir dalam bentuk botolan, plastik, atau toples kecil. Tiap kemasan memiliki ukuran yang berbeda.

Pengemasan tersebut bukan hanya untuk membuat sambal kemasan jadi lebih praktis, tapi juga menjamin keamanannya. Pada kemasan botol dan toples, biasanya diberi tambahan seal alumunium foil untuk membuat isinya tetap aman.

Selain itu juga ditambahkan lapisan plastic shirnk wrapping pada luar kemasannya untuk melindungi produk sambal kemasan tersebut.

Cara membuat sambal kemasan agar tahan lama

Agar sambal kemasan tidak mudah rusak dan bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda menyimpannya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan sambal kemasan:

  • Simpan isi sambal kemasan pada toples kaca untuk membuatnya tetap segar dan mudah disterilkan. Anda juga bisa memilih sambal yang dikemas langsung dalam toples kaca.
  • Pastikan kalau wadah yang akan digunakan sudah benar-benar steril. Caranya, rebus wadah tersebut dalam air panas selama 30 menit.
  • Masak kembali sambal tersebut untuk memastikan kematangannya. Sambal yang tidak begitu matang justru lebih cepat basi.
  • Pilihlah sambal kemasan yang menggunakan banyak minyak. Selain menambah cita rasanya, hal ini juga membuat sambal kemasan bisa lebih awet.
  • Disarankan untuk menyimpan sambal kemasan di tempat yang bersuhu dingin, misalnya kulkas atau freezer. Kalau disimpan pada suhu ruangan, sambal kemasan hanya dapat bertahan sekitar 2-3 hari saja.
  • Gunakan sendok yang bersih dan kering untuk mengambil sambal dari dalam toples. Sendok yang basah atau bekas dipakai sebelumnya bisa membuat sambal jadi cepat rusak. Sebaiknya pakai sendok khusus sambal agar lebih aman.

10 Rekomendasi sambal kemasan terbaik yang pedas dan lezat

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sambal kemasan lengkap dengan cara penyimpanannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi sambal kemasan terbaik yang pedas dan lezat berbagai merek berikut ini.

10. Delmonte Sambal Terasi Jar

foto-sambal-kemasan-terbaik-yang-pedas-dan-lezat-10

Harga : Rp 16.690

Hadirkan cita rasa terasi yang ringan dan tidak terlalu kuat

Tidak semua orang menyukai aroma khas terasi yang menyengat. Sebagian orang bahkan merasa malas kalau harus mengolah bahan satu ini. Padahal banyak hidangan lezat yang bisa dibuat menggunakan terasi. Salah satunya sambal terasi. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan Delmonte Sambal Terasi Jar.

Produk sambal kemasan ini menghadirkan cita rasa terasi yang ringan dan tidak terlalu kuat. Teksturnya pun cukup encer, namun tidak terlalu halus. Sangat pas untuk dijadikan teman santap berbagai makanan ringan, misalnya gorengan.

9. Finna Uleg Sambel Ijo

foto-sambal-kemasan-terbaik-yang-pedas-dan-lezat-09

Harga : Rp 1.250

Rasakan sensasi nikmatnya sambal padang setiap hari

Pecinta masakan Padang wajib coba produk sambal Finna satu ini. Diolah menggunakan kombinasi cabai hijau pilihan dengan berbagai bumbu berkualitas, hasilkan cita rasa sambal ijo khas Padang yang nikmat dan menggugah selera.

Tidak suka pedas? Jangan khwatir karena sambal ijo ini juga menggunakan tomat hijau yang dapat menekan rasa pedasnya. Dengan begitu, Anda bisa tetap menikmati sambal ini sebagai pendamping dari berbagai makanan seperti ayam goreng atau ikan goreng.

8. Sambal Cabe Ijo Teri Raja Rawit

foto-sambal-kemasan-terbaik-yang-pedas-dan-lezat-08

Harga : Rp 70.000

Tidak mengandung penyedap rasa dan bahan pengawet

Menyantap gurihnya ikan teri yang dipadukan pedasnya sambal ijo pastinya sangat nikmat bukan. Apalagi kalau ditambah dengan nasi putih hangat. Kalau Anda tidak sempat atau malas memasak, Sambal Cabe Ijo Teri Raja Rawit bisa jadi solusi untuk mengatasi rasa lapar.

Produk ini dibuat menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi. Semakin terasa sehat karena tidak menggunakan penyedap rasa dan bahan pengawet. Meski begitu, sambal kemasan ini bisa bertahan sampai satu bulan bila disimpan di dalam kulkas dan 3-4 hari bila disimpan pada suhu ruangan.

7. Dapoer Andien Sambal Ayam Geprek

foto-sambal-kemasan-terbaik-yang-pedas-dan-lezat-07

Harga : Rp27.900

Dibuat dengan bumbu rahasia untuk rasa yang lebih khas dan enak

Ayam geprek merupakan salah satu hidangan favorit masyarakat Indonesia yang hampir selalu tersedia di berbagai rumah makan. Poin utama terdapat pada sambalnya yang memiliki cita rasa pedas dan pas bila dipadukan dengan ayam goreng tepung. Kalau Anda ingin menikmati sambal geprek setiap hari, cobalah produk satu ini.

Olahan sambal geprek dari Dapoer Andin ini dibuat menggunakan perpaduan dari cabai segar, bawang putih, minyak, gula, garam serta bumbu rahasia. Inilah yang membuat rasanya jadi lebih khas dan enak.

6. Sambal Matah Bali 1 Liter

foto-sambal-kemasan-terbaik-yang-pedas-dan-lezat-06

Harga : Rp 180.000

Dibuat dengan resep asli dari masyarakat Bali

Biasanya sambal kemasan hanya memiliki ukuran puluhan hingga ratusan gram saja. Akan tetapi, sambal matah dari Nyambelin.idn ini hadir dalam kemasan botol berukuran 1 liter! Sangat besar bukan?

Sambal matah ini dibuat berdasarkan resep asli dari masyarakat Bali sehingga rasanya sudah dijamin sangat otentik. Perpaduan rasa segar dari bawang serta pedasnya cabai rawit membuat Anda ketagihan untuk menyantapnya.

5. ABC Homestyle Sambal Terasi

foto-sambal-kemasan-terbaik-yang-pedas-dan-lezat-05

Harga : Rp 18.500

Pedas dan gurih

Seolah memahami kebutuhan masyarakat Indonesia akan sambal, ABC kini juga membuat produk sambal kemasan yang praktis dan lezat. Terbuat dari kombinasi ekstra terasi dengan bahan cabai serta berbagai bumbu pilihan lain yang diolah secara modern, menghasilkan rasa sambal terasi layaknya hasil ulekan sendiri.

Anda bisa merasakan nikmatinya perpaduan terasi dan cabai dalam tiap suapannya. Rasa pedas dan gurih dari sambal kemasan ABC ini terasa begitu padu. Tekstur sambalnya pun tidak kalah dengan hasil ulekan ibu di rumah. Penasaran? Yuk dicoba.

4. Ma Nik Bumbu Pecel Tabur

foto-sambal-kemasan-terbaik-yang-pedas-dan-lezat-04

Harga : Rp. 14.000

Inovasi terbaru untuk menikmati bumbu pecel

Bosan dengan varian rasa sambal yang itu-itu saja? Kalau begitu, Anda wajib coba sambal pecel tabur dari Ma Nik ini. Bukan sekadar sambal pecel biasa. Terdapat empat varian rasa yang bisa Anda pilih, yakni original, pedes jeder, cakalang dan keju.

Karena dibuat dalam tekstur bubuk, sambal pecel ini dapat langsung Anda konsumsi dengan cara ditabur ke atas nasi putih atau cemilan lain. Bisa juga dilarutkan dengan air untuk ditambahkan ke sayuran untuk membuat gado-gado.

3. Dapoer Ngulek Sambal Matah Ayam Suwir

foto-sambal-kemasan-terbaik-yang-pedas-dan-lezat-03

Harga : Rp 55.000

Sudah dilengkapi dengan suwiran ayam yang gurih

Produk Dapoer Ngulek ini tidak hanya menghadirkan sambal matah yang fresh, tetapi juga suwiran ayam yang sebelumnya telah digoreng garing. Karena itu, Anda bisa langsung memakan sambal matah ini bersama dengan nasi.

Perpaduan rasa pedas dari sambal matah dengan gurihnya ayam suwir memberikan cita rasa yang memanjakan lidah. Sambal kemasan ini bisa jadi penyelamat Anda yang sibuk dan sulit menyisihkan waktu untuk memasak.

2. Sambal Geprek Cap Ibu

foto-sambal-kemasan-terbaik-yang-pedas-dan-lezat-02

Harga : Rp 32.000

Memakai 100% cabai rawit, pedasnya nampol!

Masakan ibu selalu jadi yang terbaik.Termasuk olahan sambalnya. Kini, Anda bisa merasakan sensasi menikmati sambal buatan ibu dalam produk ini. Sambal ini menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk membuatnya.

Untuk cabainya sendiri, yang dipakai bukan lagi cabai merah atau hijau biasa, melainkan 100% cabai rawit. Terbayang kan rasa pedasnya seperti apa. Belum lagi aroma bawangnya yang khas dan menggugah selera. Meski namanya sambal geprek, Anda juga bisa menggunakannya untuk menu selain geprek, loh.

1. Sambal Bawang Bu Rudy

foto-sambal-kemasan-terbaik-yang-pedas-dan-lezat-01

Harga : Rp 25.000

Menggunakan bahan non-hewani, cocok untuk vegetarian

Bu Rudy merupakan salah satu produk sambal tradisional dalam kemasan pertama di Indonesia. Di antara berbagai varian sambal kemasannya, varian sambal bawang jadi yang paling populer. Hal ini karena penggunaan bahan cabai rawit serta bawang yang berkualitas tinggi.

Cabai rawit yang digunakan pun cukup banyak. Jadi tidak heran kalau sambal ini memiliki rasa yang super pedas. Menariknya, sambal bawang ini hanya menggunakan komposisi bahan yang non-hewani sehingga dapat dikonsumsi oleh para vegetarian.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sambal kemasan, sebaiknya Anda mempertimbangkan komposisi bahan, tingkat kepedasan, masa kedaluwarsa, kondisi kemasannya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara penyimpanannyaagar sambal kemasan bisa lebih awet dan tidak mudah basi.
  • Anda bisa memilih Sambal Bawang Bu Rudy, karena hanya menggunakan bahan non-hewani.
  • Sedangkanuntuk Anda yang ingin mencicipi sensasi rasa terbaru, Anda bisa memilih Ma Nik Bumbu Pecel Tabur.
  • Namun, jika Anda yang sering mengonsumsi sambal setiap harinya, maka Anda bisa memilih Sambal Matah Bali 1 Liter.

Referensi

1. Kompas (2020), 11 Sambal Khas Indonesia, dari Sambal Terasi sampai Colo-colo,
https://www.kompas.com/food/read/2020/08/26/211551575/11-sambal-khas-indonesia-dari-sambal-terasi-sampai-colo-colo?page=all
2. Tokobumbu (2020), Bingung Memilih Sambal? Ini Tips Memilih Sambal Kemasan Terbaik,
https://tokobumbu.co/blog/bingung-memilih-sambal-ini-tips-memilih-sambal-kemasan-terbaik/=
3. IDN Times (2020), 5 Tips Menyimpan Sambal dalam Kemasan, Awet dan Tetap Lezat!,
https://www.idntimes.com/food/recipe/tresna-nur-andini/5-tips-menyimpan-sambal-dalam-kemasan-c1c2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *