10 Rekomendasi Sambal Kemasan Terenak dan Terlaris di Indonesia

Sebagian besar orang Indonesia gemar mengkonsumsi makanan bercita rasa pedas. Itulah mengapa, hampir 80 persen sajian kuliner di Indonesia mengandung sambal.

Seiring perkembangannya, olahan berbahan dasar cabai ini sudah menjelma menjadi produk khas yang diminati pasar. Saat ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan berbagai sambal kemasan tanpa harus repot-repot membuatnya sendiri.

Banyak produk sambal kemasan di Indonesia yang bisa Anda coba. Beberapa di antaranya bahkan telah menyandang status sambal kemasan terenak dan terlaris hingga berhasil menjamah pangsa pasar luar negeri.

Sebelum lebih jauh membahas sambal kemasan, ada baiknya jika kita membahas dulu mengapa orang Indonesia gemar mengkonsumsi sambal?

Sudah menjadi tradisi

Sebagian dari Anda tentu sudah mencicipi rasa sambal sejak kecil kan? Hal ini mengingat tradisi orang Indonesia yang gemar mencampurkan sambal ke dalam berbagai olahan makanan. Anda yang berasal dari Jawa tentu pernah merasakan nikmatnya sambal terasi ketika dicampurkan pada nasi hangat kan?

Tradisi mengolah cabai menjadi sambal sudah menyebar ke seantero nusantara. Maka dari itu, Anda dapat dengan mudah menemui berbagai olahan sambal khas daerah seperti sambal roa dari Manado, sambal matah dari Bali, sambal cabe ijo dari Padang hingga sambal Andaliman dari Sumatera.

Kebiasaan orang Indonesia menyantap makanan bersama sambal bahkan tertuang di dalam Seat Centh ini yang dibuat pada tahun 1814. Pada ulasan Serat Centh ini ada sebuah manuskrip yang menyebutkan bahwa orang mengkonsumsi olahan cabai yang pedas sudah menjadi tradisi turun temurun di Indonesia.

Menambah enak rasa masakan

Sebagian orang Indonesia bahkan tidak bisa makan jika tanpa sambal, hingga ada pula yang memanfaatkan sambal menjadi menu utama, seperti nasi putih hangat, tahu, tempe dan kerupuk akan terasa nikmat jika dibumbui dengan sambal yang pedas.

Manfaat sambal yang serba guna inilah yang membuatnya semakin istimewa. Tidak heran jika Anda kerap menemui rumah makan yang menyajikan puluhan jenis sambal sebagai menu andalannya. Dengan sambal, makanan yang awalnya biasa saja akan terasa lebih sedap.

Menyehatkan tubuh

Siapa sangka, di balik rasanya yang pedas, ternyata sambal memiliki segudang manfaat. Kandungan senyawa cap saicin pada cabai memiliki sifat analgesic yang dapat menghilangkan rasa sakit pada tubuh, sekaligus menghasilkan efek relaksasi.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa orang Indonesia sangat menggemari sambal. Meskipun begitu, membuat sambal yang enak tidaklah semudah yang dibayangkan. Selain harus menggunakan bahan baku berkualitas, meracik sambal tentu memerlukan keahlian khusus.

Maka dari itu, saat ini tersedia begitu banyak sambal kemasan yang bisa Anda pilih sebagai teman bersantap di rumah.

Banyak merek sambal kemasan terenak di Indonesia yang dapat Anda beli di berbagai toko online. Namun, sebelum membeli sambal kemasan, ada baiknya jika Anda memperhatikan kriteria berikut ini:

Perhatikan komposisi sambal kemasan

Anda tentu memiliki penilaian tersendiri pada produk sambal kemasan yang beredar di pasaran. Agar tidak salah pilih, sebaiknya perhatikan komposisi yang digunakan pada sambal kemasan tersebut.

Dari komposisi ini Anda akan dapat memperkirakan citarasa sambal yang akan dibeli, seperti apa saja bahan bakunya, berapa banyak variannya, hingga berapa level kepedasan yang akan Anda rasakan saat mencicipi sambal kemasan tersebut.

Umumnya, komposisi bahan baku sambal cukup sederhana, yaitu cabai merah atau hijau, tomat, bawang merah, bawang putih dan berbagai rempah pelengkap lainnya. Sambal kemasan yang berkualitas biasanya mencantumkan bahan baku yang digunakan pada kemasannya.

Dari komposisi tersebut Anda bisa melihat apakah sambal yang akan Anda beli mengandung pengawet, pewarna atau perasa sintetis.

Perhatikan tanggal kedaluwarsanya

Setelah mengetahui komposisi pada produk sambal kemasan terenak yang akan Anda pilih, perhatikanlah tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan produk tersebut. Karena beberapa sambal kemasan yang beredar tidak menggunakan bawah pengawet, tanggal kedaluwarsa pada produk tersebut tentu tidak lama.

Pada umumnya, sambal kemasan produksi industri kecil seperti UMKM, mampu bertahan hingga rata-rata tiga bulan. Maka dari itu, pilihlah produk sambal yang segar dan memiliki jangka waktu kedaluwarsa yang masih lama. Sambal kemasan yang sudah basi tentu tidak layak untuk dikonsumsi.

Perhatikan kemasan yang digunakan

Jika Anda memilih sambal kemasan yang dibuat tanpa pengawet, Anda juga harus memperhatikan keamanan kemasannya.

Ada berbagai kemasan yang digunakan pada produk sambal, misalnya yang terbuat dari botol kaca, botol plastik atau toples kedap udara. Agar kualitas sambal tetap terjaga kesegarannya, pihak produsen biasanya menggunakan segel berlapis alumunium foil di balik tutup luarnya.

Kemasan semacam ini tentu membuat produk sambal lebih aman, awet dan terjaga kesegarannya selama produk tersebut belum dikeluarkan dari tempatnya.

Agar lebih aman, Anda juga bisa memilih produk yang dikemas dalam botol kaca atau plastik food grade. Pilihlah kemasan yang sudah dilapisi plastik wrap di luarnya. Hal ini demi menjaga produk yang Anda pilih tetap steril sebelum digunakan.

Perhatikan harganya

Jangan terkecoh pada harga yang ditawarkan ketika membeli sambal kemasan. Berhubung bahan baku cabai yang digunakan selalu mengalami fluktuasi harga, produk sambal kemasan tentu terkena dampak dari harga pasaran bahan baku.

Sebagai referensi, produk sambal kemasan buatan UMKM umumnya dihargai mulai dari Rp 15.000 hingga di atas Rp 50.000. Jadi, jika ada merek yang menjual harga yang lebih murah, Anda harus memperhatikan betul kualitas sambal kemasan tersebut.

Perhatikan ulasan pelanggannya

Poin terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum memilih sambal kemasan terenak adalah ulasan pelanggan. Karena, produk yang berkualitas tentu akan mendapatkan ulasan yang positif dari para pelanggannya.

Untuk mengetahui ulasan dari produk yang akan Anda beli, Anda bisa melihatnya di berbagai platform online seperti sosial media, toko online yang menjual produk tersebut, hingga website bisnis yang dimiliki oleh produsen sambal kemasan pilihan Anda.

Itulah beberapa cara memilih sambal kemasan yang bisa Anda lakukan. Setelah mengetahui cara memilihnya, selanjutnya Anda juga harus mengetahui cara menyimpan sambal kemasan agar tasanya tetap enak, sebagai berikut:

  • Jangan membuka tutup kemasan jika belum ingin dikonsumsi. Apalagi jika Anda membeli lebih dari satu produk sambal kemasan. Hal ini ditujukan agar sambal kemasan yang Anda beli tetap terjaga kesegarannya.
  • Simpan sambal kemasan yang sudah dibuka dalam wadah yang bersih. Anda juga bisa menyimpanya di rak yang kering atau di lemari es.
  • Tutup rapat kembali sambal kemasan setelah digunakan. Jika kemasan tidak bisa ditutup rapat, ganti kemasan tersebut dengan toples kedap udara.
  • Saat mengambil sambal dari kemasannya, usahakan sendok yang Anda gunakan tetap kering. Sebaiknya siapkan sendok yang khusus Anda gunakan untuk menyendok sambal kemasan.
  • Jauhkan sambal kemasan dari jangkauan anak-anak. Anda bisa menempatkannya di rak yang tinggi atau tempat yang jarang dilihat anak-anak di rumah.

10 Rekomendasi sambal kemasan terenak dan terlaris di Indonesia

Setelah mengetahui cara memilih sambal kemasan, hingga cara menyimpannya agar tetap enak, berikut adalah 10 rekomendasi merek sambal kemasan terenak dan terlaris yang bisa Anda pilih, antara lain:

10. Sambal Mertua

foto-rekomendasi-sambal-kemasan-terenak-10

Harga: Rp 24.500

Sepedas nasihat mertua

Bagi para penggemar sambal, tentu sudah tidak asing dengan merek yang satu ini. Sambal Mertua menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mencoba rasa pedas yang berpadu rasa gurih yang nikmat.

Ada dua tingkat atau level pedas yang bisa Anda pilih, yaitu level tiga dan level lima. Sambal Mertua tersedia dalam beberapa varian rasa yaitu sambal teri, sambal ebi dan sambal bawang. Anda bisa membeli produk sambal kemasan ini di Shopee.

9. Sambal Naknan

foto-rekomendasi-sambal-kemasan-terenak-9

Harga: Rp 22.500

Rasanya bikin ketagihan

Sambal yang satu ini cukup viral di kalangan penggemarnya. Lima varian rasa yang disajikan, membuat siapa pun yang mencicipinya bakal ketagihan. Sambal Enak Tenan (Naknan) tersedia dalam berbagai rasa yang bisa Anda pilih, beberapa varian yang menjadi favorit adalah Sambal Mbe, Sambal Bawang dan Sambal Kemangi.

Selain variannya yang cukup banyak, Sambal Naknan juga menyediakan tiga level kepedasaan mulai dari level 1, level 3 dan level 5.

Namun, Anda harus hati-hati ketika mencicipi sambal kemasan yang satu ini. Karena, jika Anda memilih tingkat kepedasan level 5, Anda akan merasakan sensasi rasa dari varian cabai terpedas di dunia, Trinidad Scorpion. Anda bisa membeli sambal kemasan ini di Shopee.

8. Sambal Bu Rudy

foto-rekomendasi-sambal-kemasan-terenak-8

Harga: Rp 25.000

Juaranya sambel bawang legendaris

Siapa yang tidak kenal dengan produk sambal yang satu ini. Saking terkenalnya, Sambal Bu Rudy layak dimasukkan dalam daftar sambal kemasan terenak di Indonesia. Sambal legendaris ini dikenal memiliki cita rasa khas sambal bawang yang menghasilkan rasa pedas, segar, gurih yang mantap.

Tidak heran jika produk Sambal Bu Rudy kerap dijadikan buah tangan istimewa. Salah satu varian yang paling diminati dari Sambal Bu Rudy adalah sambal bawangnya.

Namun, sambal kemasan ini juga tersedia dalam berbagai varian lain seperti sambal teri, sambal petis dan sambal ijo. Anda bisa membeli Sambal Bu Rudy di Shopee.

7. Sambal Roa Judes

foto-rekomendasi-sambal-kemasan-terenak-7

Harga: Rp 29.900

Cita rasa khas pesisir Manado

Bagi Anda yang gemar mencicipi kuliner khas Manado, sambal kemasan yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Sesuai namanya, Sambal Roa Judes merupakan produk sambal yang diolah dengan bahan baku ikan roa khas pesisir Sulawesi. Walaupun hanya memiliki satu varian, Sambal Roa Judes memiliki cita rasa yang tidak kalah nikmat dari sambal kemasan lainnya. Anda bisa membeli sambal kemasan ini di Shopee.

6. Sambal Bajak Teri Yoek Ning

foto-rekomendasi-sambal-kemasan-terenak-6

Harga: Rp 25.000

Gurihnya teri yang menggugah selera

Sejak dulu, kuliner Jawa Timur dikenal dengan cita rasa pedasnya. Hampir setiap olahan makanannya menggunakan sambal. Bagi Anda yang sudah rindu mencicipi kuliner khas Jawa Timur, Anda bisa mencicipi Sambal Bajak Teri Yoek Ning.

Sambal produksi Kediri, Jawa Timur ini cukup terkenal di kalangan pecinta kuliner pedas. Rasa pedas yang khas dengan campuran teri yang gurih, membuat siapa pun yang mencicipinya langsung jatuh hati. Maka tidak heran jika Sambal Bajak Teri Yoek Ning dimasukkan dalam daftar sambal kemasan terenak yang harus dicoba.

Anda bahkan bisa membuat berbagai olahan makanan dengan sambal kemasan ini, seperti ayam geprek dan tempe penyet. Cita rasanya yang gurih juga cukup nikmat disantap hanya dengan nasi putih panas. Anda bisa membeli sambal Bajak Teri Yoek Ning ini di Shopee.

5. Sambal Encim

foto-rekomendasi-sambal-kemasan-terenak-5

Harga: Rp 25.000

Cocok dijadikan oleh-oleh khas Lombok

Bagi Anda yang gemar mencicipi kuliner nusantara, belum lengkap jika tidak mencoba sambal yang satu ini. Sambal Encim adalah produk olahan sambal khas Lombok yang memiliki cita rasa pedas yang unik. Sambal kemasan ini tersedia dalam berbagai varian, mulai dari sambal rumput laut, sambal ikan asap, sambal rending, ebi, cabai hijau sampai sambal terasi Taliwang.

Menariknya, Sambal Encim juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lombok. Saking terkenalnya, Sambal Encim bahkan dipasarkan ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, hingga ke Amerika Serikat. Anda bisa membeli sambal kemasan ini di Shopee.

4. Sambal CUK!

foto-rekomendasi-sambal-kemasan-terenak-4

Harga: Rp 22.500

Sambalnya anak kekinian

Satu lagi sambal khas Jawa Timur yang layak untuk Anda cicipi. Sesuai namanya, Sambal CUK!, menjadi salah satu merek sambal kemasan asal Surabaya yang banyak diincar penggemar kuliner pedas. Sambal yang disajikan dalam kemasan kekinian ini kerap menghiasi beranda media sosial.

Di balik namanya yang unik, Sambal CUK! digemari karena cita rasanya yang nikmat. Ada berbagai varian yang bisa Anda pilih, mulai dari sambal original, sambal bajak, sambal bawang, sambal pete, teri medan, roa asap, ikan asin klontok hingga sambal korek bebek Madura dan sambal matah Bali. Anda bisa membeli sambal kemasan ini di Shopee.

3. Sambal Matah Bu Majun

foto-rekomendasi-sambal-kemasan-terenak-3

Harga: Rp 29.000

Pedas, segar, gurih ala sambal matah Bali

Bagi Anda penggemar kuliner khas Bali, tentu tidak boleh melewatkan sambal kemasan yang satu ini. Sambal Matah Bu Majun diolah menggunakan bahan baku dan bumbu khas Bali yang menggugah selera. Anda bisa merasakan cita rasa cabai yang pedas bercampur bawang yang gurih dan aroma daun jeruk yang segar.

Uniknya, tidak seperti sambal kemasan lain, sambal matah ini dibuat tanpa dimasak. Karena sesuai namanya, sambal matah yang berarti sambal mentah, sambal khas Bali ini dibuat untuk menyajikan kesegaran setiap bahan baku yang digunakan. Anda bisa membeli sambal kemasan ini di Shopee.

2. Sambal Bu Victor

foto-rekomendasi-sambal-kemasan-terenak-2

Harga: Rp 30.000

Sambal dengan bonus lauk Ebi, Cumi dan Teri

Sambal asal Semarang, Jawa Tengah ini layak dimasukkan dalam daftar sambal kemasan favorit. Walaupun termasuk pendatang baru, Sambal Bu Victor mendapatkan tanggapan yang positif dari para penggemar sambal. Variannya yang cukup banyak, ditambah cita rasanya yang khas cukup ampuh untuk memenuhi standar rasa pecinta kuliner pedas.

Menariknya, isian dalam setiap variannya seperti sambal ebi, sambal cumi dan teri juga cukup banyak, sehingga dapat dijadikan lauk teman makan nasi putih. Anda bisa membeli sambal kemasan khas Semarang ini di Tokopedia.

1. Sambal Pete Chili Chila

foto-rekomendasi-sambal-kemasan-terenak-1

Harga: Rp 34.000

Sambal wajib untuk pecinta Pete

Jangan mengaku penggemar pete sebelum mencicipi sambal yang satu ini. Sejak kemunculannya, Sambal Pete Chili Chila cukup mencuri perhatian para penggemar kuliner pedas. Walaupun tersedia dalam 15 varian, sambal pete dari Chili Chila menjadi salah satu varian favorit.

Dibuat dari bahan baku segar, sambal kemasan ini diracik menggunakan bumbu spesial tanpa pengawet dan MSG.

Soal kualitas, jangan ditanya, sambal Chili Chila ini dikemas dalam botol plastik food grade yang berlapis alumunim foil di balik tutupya. Sehingga kesegaran dan rasa sambal ini tetap terjaga sampai ke tangan konsumen. Anda bisa membeli sambal kemasan ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sambal kemasan, sebaiknya perhatikan kemasan, bahan baku yang digunakan hingga tanggal kedaluwarsanya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara menyimpan sambal kemasan agar tetap enak saat dikonsumsi.
  • Anda bisa memlih Sambal Mertua, Sambal Naknan, dan Sambal Bu Rudy jika menginginkan cita rasa pedas yang khas dan membuat ketagihan.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan sambal khas daerah di Indonesia, maka Anda bisa memilih Sambal Roa Judes, Sambal Encim, Sambal Bajak Yoek Ning, dan Sambal Matah Bu Majun.
  • Namun bagi Anda yang ingin mencicipi sambal dengan berbagai varian yang unik, Anda bisa memilih Sambal CUK!, Sambal Bu Victor, dan Sambal Chili Chila.

Referensi

1. Taste Atlas (2021), Top 4 Most Popular Indonesian Sauce,https://www.tasteatlas.com/most-popular-sauces-in-indonesia
2. Youtube, Twins Arthur (2018), Pedas! Sambal Bu Rudy, Sambal Mertua, Sambal Bu Majun dan Sambal Naknan, https://www.youtube.com/watch?v=Y1sXDSu2Ruk
3. Youtube, Martin Johnson – Of Grid Living (2018), 6 Types Of Indonesian Sambal – Indonesian Food Taste Test, https://www.youtube.com/watch?v=0pcdsIWRzi0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *