10 Rekomendasi Sandal Gunung yang Awat dan Kuat

Apakah Anda hobi traveling dan jalan-jalan?

Traveler umumnya penggemar segala aktivitas yang berfokus pada tantangan dan petualangan seperti hiking ke gunung, trekking ke hutan, rafting di sungai, dan menyusuri gua. Tentu untuk kenyamanan saat berjalan kaki di medan curam, tidak rata dan licin, Anda memerlukan sandal gunung yang tepat agar kaki terasa nyaman bebas pegal, pijakan tidak selip, dan bebas ancaman cidera.

Dalam memilih sandal gunung, Anda bisa memperhatikan beberapa hal seperti jahitan yang kuat, grip yang tebal, maupun tali webing yang kuat. Selain itu, yang terpenting dalam memilih sandal gunung yaitu disesuaikan dengan ukuran kaki Anda. Untuk kriteria pemilihan yang tepat adalah sebagai berikut :

Sesuaikan Dengan Ukuran Kaki Anda

Ukuran merupakan salah satu faktor penting sebelum Anda memilih dan membeli sebuah sandal gunung. Untuk ukuran sebaiknya Anda membeli sandal dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari telapak kaki Anda.

Karena jika Anda melewati jalur atau track yang menurun otomatis kaki Anda berusaha menahan beban Anda dan barang bawaan, dampaknya kaki terutama pada ujung kaki atau terdorong ke dapan. Bila Anda memakai sandal yang pas maka bagian ujung kaki akan keluar dari bantalan sandal dan beresiko terkena batu ataupun tergesek dengan tanah serta benda-benda lainnya yang terdapat pada jalur pendakian. Selain itu memilih sandal dengan ukuran yang sedikit lebih besar akan membantu kita bilamana kita melewati medan yang becek. kaki tidak akan mudah terkena lumpur karena lumpur tersebut hanya akan membasahi space antara kaki dengan ujung sandal.

Pilih Bentuk Sesuai Kebutuhan

Pada umumnya, sandal gunung diklasifikasikan menjadi tiga tipe, yakni tipe belt, tipe shoe, dan tipe clog. Masing-masing memiliki bentuk yang berbeda, begitu juga kegunaan dan cara memakainnya. Kami akan menjelaskan fitur dan medan yang cocok untuk setiap tipe sandal di bagian berikut ini.

  • Pertama, tipe belt tidak mudah lepas meskipun digunakan dalam air. Jika Anda memerlukan sandal untuk melintasi daerah yang cukup berair, pilihlah sandal gunung tipe belt. Sandal ini sangat cocok dan stabil dikaki karena tali-tali pengikatnya dapat diatur. Sandal tipe belt ini sulit mengapung ketika digunakan didalam air. Selain itu, sandal ini tidak mudah lepas karena memiliki dua atau tiga tali pengunci.
  • Kedua, tipe shoe memperkecil cidera di daerah bebatuan bagi Anda yang membutuhkan alas kaki untuk melintasi daerah penuh rintangan seperti daerah bebatuan, pilihlah sandal gunung tipe shoe yang memiliki pelindung pada bagian jari-jari kakinya.
  • Sayangnya, sandal dengan pelindung jari-jari kaki ini buruk dalah hal sirkulasi udara dibandingkan dengan tipe yang lainnya. Jika Anda khawatir soal pengeringan, lebih baik memilih produk berbahan jaring yang memiliki lubang-lubang pada bagian insole.
  • Ketiga, tipe clog mudah untuk dipakai dan dilepas. Jika Anda mencari sandal gunung yang mudah untuk dilepas, pilihlah sandal tipe clog karena produk tampa tambahan tali pengikat. Desain sandal ini hampir menutup bagian jari-jari hingga tempurung kaki. Bagi yang sering keluar masuk tenda saat camping, bisa jadi sandal ini akan sangat bermanfaat.

Periksa Bahan Yang Cocok Untuk Keperluan Anda

Pada dasarnya sandal gunung yang mudah kering dan berumur panjang terbuat dari bahan poliester. Akan tetapi, saat berbicara nyaman dan tidaknya di kaki, Anda perlu memperhatikan bahn-bahan lain yang dipergunakan untuk membuat sandal gunung.

Bagi Anda yang sering melewati aliran air baik sungai maupun laut, pilihlah sandal yang terbuat dari material rubber maupun EVA. Bahan ini ringan dan fleksibel.

Keunggulan lainnya adalah material ini sulit kotor dan mampu menyerap getaran sehingga dapat sedikit mengurangi rasa lelah. Jika Anda membutuhkan sandal untuk bergerak lebih aktif, patut rasanya mencoba sandal berbahan EVA.

Namun, jika Anda menginginkan alas kaki yang aman untuk digunakan lahan basah yang cocok adalah berbahan mesh (jala). Anda dapat menggunakannya untuk melintasi daerah pesisir juga daerah yang tidak terlalu banyak air. Mesh merupakan material yang sulit untuk meneteskan air meskipun sedang basah, disisi lain bahan ini juga cepat kering. Bahan ini sangat menunjang kenyamanan karena bobotnya ringan.

Selain itu jika kotor saat terkena lumpur atau pasir, Anda tidak perlu bersusah payah untuk membersihkannya., cukup mencucinya dengan air saja.

Pilih Sol Yang Kesat

Sangat penting untuk menggunakan sandal gunung yang kesat, terutama saat berjalan ditepi pantai atau semacamnya. Agar terhindar dari kemungkinan terpeleset saat menjelajah, yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa desian, material, dan fleksibilitas dari outsole.

Saat ini, sol terbaik dalam urusan cengkeraman (antiselip) adalah sol berbahan EVA.

Jika Anda memilih sol dengan cengkeram baik, Anda dapat berjalan dan memahami mana medan yang tidak stabil dan licin ketika menjelajah. Sayangnya bagian sol dari sandal gunung semacam itu umumnya tipis, jadi Anda tidak dapat melindungi telapak Anda dari batu tajam atau pecahan kaca.

Jika Anda menggunakannya di medan yang sulit dan berbatu, akan lebih baik untuk memilih sandal gunung yang solnya sedikit lebih tebal.

Grip Yang Tebal

Bagian grip sandal terlihat diperuntukkan untuk medan yang tidak rata. Carilah grip dengan bagian depan yang menghadap belakang, sedangkan bagian belakang menghadap ke depan.

Kegunaan arah grip ini adalah untuk melakukan pengereman ketika Anda merasakan selip pada medan yang Anda lalui. Ketika Anda sedang melewati medan yang naik, tekan bagian depan sandal gunung Anda untuk mencengkramkan grip tersebut pada permukaan yang Anda lalui.

Ketika Anda menuruni sebuah jalan yang licin, tekan bagian belakang sandal gunung untuk membuat gaya gesekan semakin tinggi terhadap permukaan tanah. Cara seperti ini diperlukan kebiasaan sehingga saat Anda terpeleset, maka dalam tubuh Anda sudah terekam sistem reflek untuk mengerem.

Jahitan Yang Rapi Dan Kuat

Bila sandal gunung mengalami kerusakan, banyak orang mempersalahkan tali webbing yang putus. Namun setelah diamati lebih teliti lagi, bukannya tali webbing yang putus melaikan jahitan pengikat antara webbing dengan bantalah yang bermasalah, jahitan tersebut memiliki kualitas dan lem yang kurang bagus.

Oleh karenanya perlu kita cermati terutama pada bagian sudut antara tali webbing dan bantalan sandal apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Merawat Sandal Gunung Agar Lebih Awet

  • Memiliki sandal gunung yang berkualitas memang memiliki banyak keuntungan. Selain kaki merasa lebih aman saat perjalanan outdoor juga mudah perawatannya. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan agar sandal gunung Anda lebih awet dan tahan lama:
  • Membersihkan sandal gunung secepatnya setelah digunakan
  • Membersihkan bagian alas sandal menggunakan bahan halus dengan bulu yang lembut
  • Membersihkan dengan air tampa campuran sabun, karena sabun atau detergen akan melunturkan lapisan tipis pada sandal yang menghalau air masuk ke bagian dalam
  • Menjemur sandal di area yang tidak terpapar sinar maahari langsung
  • Memberikan kertas di dalam sandal untuk menjaga bentuknya

10 Sandal Gunung Awet Dan Kuat

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sandal gunung yang awet dan kuat, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi sandal gunung yang awet dan kuat dari berbagai merk. Semoga jenis-jenis sandal gunung di bawah ini bisa membantu Anda.

10. Consina Adventure Trekker

Consina_Adventure_Trekker

Harga : Rp 225.000

Kurangi gesekan dengan kulit lewat tambahan padding

Consina Adventure Trekker memberikan kenyamanan bagi penggunanya melalui desain tali pengunci sandal yang dilengkapi dengan padding. Selain membuat kaki semakin nyaman, tambahan bantalan tersebut akan mengurangi gesekan terhadap kulit.

Sol yang empuk sebagai pijakan akan memanjakan kaki Anda. Hal ini dapat mengurangi rasa lelah saat menggunakannya. Anda bisa membeli sandal ini di Bukalapak.

9. Eiger Caldera Man Roll Strap

Eiger_Caldera_Man_Roll_Strap

Harga : Rp 275.000

Fleksibel, dan aman untuk menapak di berbagai medan

Eiger Celdera Man merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang mendambakan alas kaki untuk kebutuhan sehari-hari maupun penjelajahan alam. Bentuk yang fleksibel ditambah sol luar berbahan rubber yang membuat Caldera Man sanggup menapak di berbagai medan, baik tanjakan, turunan, maupun jalan datar.

Eiger Caldera Man menggunakan sistem pengunci hook and loop. Selain mudah untuk melepas dan memakainya, sistem ini memberikan kebebasan untuk mengatur tingkat keketatan tali pengunci.

Selain itu, sandal ini menggunakan bahan yang cepat kering sehingga tidak perlu khawatir untuk mengajaknya basah-basahan. Anda bisa membeli sandal ini di Bukalapak.

8. Eiger Toe Citadel

Eiger_Toe_Citadel

Harga : Rp 399.000

Antiselip, fleksibel, dan tahan abrasi

Eiget Toe Citadel didesain untuk kegiatan outdoor segala medan. Eiger menggabungkan mesh dan kain sintetis sebagai bahan penutup tempurung kaki yang membuatnya memiliki sirkulasi udara yang baik.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir saat bergesekan dengan batu karena alas kaki ini memiliki pelindung bagian mata kaki dan jari. Untuk outsole, Eiger merancang agar antiselip, fleksibel, dan tahan abrasi. Anda bisa membeli sandal ini di Tokopedia.

7. Quechua Men’s ARPENAZ 50

Quechua_Men_s_ARPENAZ_50

Harga : Rp 300.000

Berbahan EVA dan rileks saat digunakan

Bagi Anda yang hobi berjalan atau mendaki ringan saat weekend, Quechua Arpenaz 50 dapat menjadi teman yang baik. Sol berbahan EVA yang empuk yang membuat pengguna tetap merasa rileks saat berjalan.

Sol luarnya dari bahan rubber yang memiliki daya cengkram baik. Di bagian depan terdapat pelindung jari-jari kaki yang dapat menghindarkan kontak langsung dengan krikil. Selain itu, bobot yang ringan akan menunjang laju langkah dan menghemat tenaga kerja. Anda bisa membeli sandal ini di Bukalapak.

6. Teva Women Sanborn Universal

Teva_Women_Sanborn_Universal

Harga : Rp 550.000

Nyaman digunakan untuk sehari-hari

Teva merancang sandal ini agar ringan, nyaman, dan empuk untuk digunakan. Empuk dan ringannya sandal ini ditunjang oleh bahan EVA yang digunakan sebagai material bagian midsole.

Selain itu, bagian insole-nya unik karena menggunakan tambahan bagian mesh sebagai alas telapak kaki dapat menyerap keringat dari kaki pengguna dan tidak perlu khawatir masalah bau karena bahan tersebut breathable. Anda bisa membeli sandal ini di Bukalapak.

5. Quenchua ARPENAZ 100

Quenchua_ARPENAZ_100

Harga : Rp 420.000

Aman dan nyaman walau medan tidak rata

Quenchua Arpenaz 100 merupakan sandal yang didesain untuk keperluan pendakian ringan. Dilengkapi dengan crosscontact sole, membuat perjalanan Anda tetap nyaman walaupun medan tidak rata.

Selain itu, alas kaki tahan air memiliki tali pengunci yang dimodifikasi dengan tambahan bantalan empuk. Yang membedakan sandal ini dengan yang lainnya adalah sisitem pengunciannya yang sudah memakai gesper snap-fit buckle selayaknya rensel gunung. Anda bisa membeli sandal ini di Bukalapak.

4. Crocs Men’s Swiftwater

Crocs_Men_s_Swiftwater

Harga : Rp 865.000

Sandal tipe shoe dengan sol yang unik

Sandal yang satu ini sangat ringan dengan tipe shoe untuk menjajaki lahan basah dan memiliki ketahanan yang baik. Di bagian atasnya, Crocs mengaplikasikan bahan mesh untuk mendukung sistem sirkulasi udara secara optimal.

Bentuk sol dari sandal ini terbilang cukup unik. Di bagian depannya terdapat penutup yang siap melindungi jari-jari Anda dari batu-batu kecil. Selain itu, sol dalamnya sangat nyaman dengan bahan berteknologi Croslite. Anda bisa membeli sandal ini di JD.ID.

3. Crocs Yukon Vista Clog

Crocs_Yukon_Vista_Clog

Harga : Rp 959.000

Modis dengan varian kulit asli

Brand yang iconic dengan logo buaya ini di desain berbeda dengan menambahkan kulit asli di beberapa bagian sisi sandal. Anda dapat menemukan dibagian permukaan atas serta tali pengikat yang berada di bagian tumit.

Sandal ini memang terkesan gerah ketika dilihat sepintas. Namun, sandal ini memiliki lubang-lubang yang memuat udara dapat keluar masuk. Sandal ini sangat fleksibel dan mampu menahan getaran dengan baik sehingga dapat mengurangi rasa lelah.
Anda bisa membeli sandal ini di Bukalapak.

2. Adidas Cyprex Ultra II

Adidas_Cyprex_Ultra_II

Harga : Rp 970.000

Tahan basah dan mendukung untuk medan trail

Adidas Cyprex Ultra II merupakan pilihan terbaik untuk mendukung aktifitas trail dan kegiatan underwater yang Anda lakukan. Tali pengunci yang cepat kering dapat diatur dengan mudah. Sandal ini dilengkapi dengan sabuk tumit layaknya sandal tipe clog.

Selain itu, sol dalam yang empuk sangat nyaman di gunakan saat mendaki dan sol luar berteknologi paten Traxion yang memudahkan Anda saat menjajaki medan yang kasar. Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan gemar beraktivitas dimedan yang berat, sandal ini sangat cocok dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Anda bisa membeli sandal ini di Bukalapak.

1. Jack Wolfskin Seven Seas

Jack_Wolfskin_Seven_Seas

Harga : Rp 799.000

Berkualitas tinggi, nyaman dan bandel di segala medan

Jack Wolfskin memberikan sol dalam yang empuk dan bahan EVA sebagai alas pijakan, yang mendukung performa sandal ini agar mampu menyerap getaran ketika digunakan berjalan. Sandal ini dilengkapi sol luar yang fleksibel dan dapat mencengkram dengan baik.

Selain itu, sebagai sandal tipe belt, Jack Wolfskin Seven Seas sandal ini di tunjang dengan tiga tali pengunci yang dapat disesuaikan tingkat keketatannya. Di bagian tumit dan mata kaki terdapat pula bantalan-bantalan empuk yang akan memanjakan Anda. Anda bisa membeli sandal ini di bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sandal gunung, Anda harus menyesuaikan ukuran kaki Anda
  • Anda harus memperhatikan fitur terbaik dan aman, misalnya ada tali penguncinya
  • Anda biisa memilih sandal gunung Crocs Yukon Vista Clog untuk para pendaki agar terlihat lebih modis dengan varian kulit asli di beberapa bagian sisi sandal
  • Namun jika Anda ingin lebih aman saat menapaki berbagai medan, Anda bisa memilih Eiger Caldera Man Roll Strap
  • Sedangkan, jika Anda ingin sandal gunung yang nyaman digunakan untuk sehari-hari, Anda bisa menggunakan Teva Women Sanborn Universal yang ditunjang oleh bahan EVA yang digunakan sebagai material bahan midsole

Referensi

  1. Ghozali (2017), 7 Tips Memilih Sandal Gunung nyaman, https://www.pegipegi.com/travel/7-tip-memilih-sandal-gunung-nyaman/
  2. Newfuyi (2018), 6 Cara Efektif Merawat Sandal Gunung Agar Tidak Cepat Rusak, https://www.belajarmembuatwebsite.com/2018/03/6-cara-efektifmerawat-sandal-gunung.html?m=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *