10 Roasted Bean Kopi Terenak untuk Ngopi di Rumah

Saat ini rasanya tidak sulit menemukan roasted bean kopi terbaik yang bisa Anda nikmati di rumah. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, di mana ngopi di rumah bisa menjadi pilihan terbaik.

Untuk itu, kami menyajikan 10 roasted beankopi terenak lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih roasted beankopi hingga cara menyimpannya.

Perhatikan jenis biji kopinya

Poin pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli roasted bean adalah jenis biji kopi yang akan Anda pilih.

Umumnya, ada dua jenis biji kopi populer yang bisa Anda pilih, yaitu Arabica dan Robusta. Kedua jenis kopi ini memiliki karakteristik rasa yang berbeda, hal ini mengingat keduanya ditanam pada lingkungan tumbuh yang berbeda.

Kopi jenis Arabica cenderung menghasilkan sensasi rasa manis, dengan tingkat kafein yang lebih rendah. Biji kopi Arabica hanya bisa tumbuh di dataran tinggi antara 1.000 hingga 2.500 meter di atas permukaan laut (MDPL). Semakin tinggi lingkungan tumbuhnya, maka kualitas dan karakteristik rasanya akan semakin kompleks.

Maka tidak heran jika kopi jenis ini dihargai lebih mahal dibandingkan Robusta, mengingat lokasi tumbuhnya dan perlakuannya yang lebih rumit. Apalagi, saat ini ada berbagai metode pasca panen yang diterapkan para petani kopi Arabica, seperti proses honey, wine dan washed. Masing-masing proses pasca panen akan menghasilkan cita rasa yang berbeda pula.

Sedangkan kopi berjenis Robusta biasanya digemari karena karakter rasanya yang kuat, dengan tingkat kekentalan yang tebal. Karena mengandung dua kali lipat kafein dari Arabica, kopi jenis Robusta sering dijadikan bahan dasar olahan kopi susu atau kopi kemasan yang sudah dicampur gula.

Berbeda dari Arabica, kopi Robusta dapat tumbuh di dataran rendah, sehingga memiliki daya tahan yang lebih kuat dari serangan hama dan penyakit. Itulah mengapa harga kopi Robusta cenderung lebih murah, mengingat biaya produksinya yang jauh lebih ringan dari pada kopi jenis Arabica.

Perhatikan tanggal roasting-nya

Setelah menentukan jenis roasted bean yang akan Anda pilih, selanjutnya Anda harus memperhatikan tanggal biji kopi tersebut di-roasting atau dipanggang. Hal ini penting mengingat biji kopi juga memiliki jangka waktu kadaluarsa setelah dipanggang.

Umumnya, kopi yang sudah di-roasting akan menghasilkan rasa terbaik paling lama sampai dua bulan setelah dipanggang. Sementara, kopi yang sudah lama di-roasting akan mengalami oksidasi, sehingga aroma dan rasanya kurang sedap.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui kopi yang kadaluarsa adalah dari aromanya yang apek. Maka dari itu, pastikan Anda mendapatkan roasted bean yang fresh dengan melihat tanggal roasting-nya.

Perhatikan level roasting-nya

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui level roasting pada kopi yang akan Anda beli. Hal ini penting, mengingat level roasting sangat mempengaruhi karakter rasa yang dihasilkan.

Misalnya, bagi Anda penggemar kopi Arabica single origin dari daerah Jawa Barat, cita rasa yang dihasilkan akan lebih nikmat jika di-roasting pada level light hingga light to medium.

Kopi Arabica Jawa Barat cenderung menghasilkan rasa manis yang insentif, dengan karakter buah-buahan dan karamel jika dipanggang di level light.

Sedangkan, jika Anda ingin mendapatkan roasted bean untuk espresso based, Anda bisa memilih level roasting medium hingga medium to dark.

Espresso lebih nikmat dibuat dari roasted bean yang bercita rasa kuat, tebal dengan tingkat keasaman yang seimbang. Cita rasa ini umumnya muncul pada roasted bean kopi yang dipanggang di level medium hingga medium to dark.

Perhatikan rekomendasi metode seduhnya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, memilih roasted bean kopi juga harus disesuaikan dengan metode seduh yang diinginkan.

Bagi Anda penggemar metode seduh manual, seperti tubruk dan pour over, sebaiknya Anda memilih roasted bean Arabica single origin dari daerah tertentu yang tidak tercampur dengan kopi dari daerah lain.

Kopi Arabica single origin juga nikmat disajikan dingin dengan metode cold brew atau Japanese ice coffee.

Sedangkan bagi Anda penggemar espresso based, Anda bisa memilih roasted bean yang sudah di-blend, atau dicampur dengan berbagai macam single origin kopi untuk menghasilkan karakteristik tertentu.

Umumnya, coffee blend yang ditujukan untuk espresso based, dicampur dengan memperhatikan rasio tertentu untuk menghasilkan rasa yang seimbang. Misalnya perpaduan antara rasa manis yang intensif, dengan rasa fruity yang segar beraroma karamel yang harum.

Perhatikan ulasan pelanggannya

Setelah menemukan pilihan roasted bean yang tepat, tidak ada salahnya jika Anda juga memperhatikan ulasan pelanggan yang pernah membeli produk tersebut.

Tidak sulit menemukan ulasan dari sebuah produk. Anda bisa menemukannya di berbagai forum penggemar kopi, di sosial media atau artikel ulasan seperti yang Anda baca ini.

Agar lebih yakin, Anda bisa mencicipi roasted bean yang inginkan terlebih dahulu, di kedai-kedai kopi yang menyediakan produk yang ingin Anda beli.

Nah, itulah beberapa cara mudah memilih roasted bean kopi untuk ngopi di rumah yang bisa Anda ikuti. Setelah menemukan roasted bean terbaik, selanjutnya Anda juga harus mengetahui cara menyimpan produk roasted bean kopi agar tetap segar ketika dinikmati, sebagai berikut:

  • Simpan roasted bean kopi pada wadah yang kedap udara. Anda bisa menggunakan toples kaca yang berisi seal, untuk menghindari roasted bean teroksidasi.
  • Tempatkan wadah berisi roasted bean di tempat yang kering. Tempat yang lembab dapat menurunkan kualitas dan cita rasa kopi.
  • Hindari roasted bean dari tempat yang terang, atau terkena matahari langsung. Hawa panas dari matahari dapat mempengaruhi rasa kopi ketika diseduh.
  • Jauhkan kopi dari benda yang beraroma tajam, seperti bumbu dapur, durian, dan bahan-bahan kimia yang berpotensi mengkontaminasi roasted bean Anda.
  • Jangan tinggalkan logam atau sendok plastik pada wadah berisi roasted bean setelah digunakan, karena partikel yang menempel pada benda asing juga dapat mempengaruhi rasa kopi.

10 Roasted Bean Kopi Terenak untuk Ngopi di Rumah

Setelah mengetahui cara memilih dan menyimpannya, berikut kami rekomendasikan 10 roasted bean kopi terenak untuk ngopi di rumah.

10. Tanamera Coffee 100gr

foto-roasted-bean-kopi-terenak-untuk-ngopi-di-rumah-10

Harga: Rp 70.000

Pilihan kopi lokal terbaik bercita rasa internasional

Nama Tanamera tentu sudah tidak asing bagi para penggemar kopi di Indonesia. Roastery yang terkenal dengan produk kopi Arabica lokal ini memiliki banyak varian roasted bean yang wajib Anda coba.

Selain sebagai roastery, Tanamera juga terlibat langsung dalam proses pasca panen biji kopi. Maka tidak heran, jika banyak produk roasted bean Tanamera yang terkenal sampai manca negara.

Beberapa produk single origin dari Tanamera antara lain Arabica Malabar Natural, Toraja Sapan, Rasuna Natural, Solok Honey dan Washed hingga Arabica Manggarai Honey dan Aceh Gayo.

Arabica Malabar Natural dari Tanamera bahkan berhasil memenangkan penghargaan Gold Award, pada ajang Melbaurne International Coffee Expo (MICE) pada 2016 lalu. Selain Arabica Malabar, pada ajang yang sama, Rasuna Natural juga mendapatkan Silver Awards. Anda bisa membeli produk kopi dari Tanamera ini di Shopee.

9. Fry and Roast – Gayo Natural Wine 100gr

foto-roasted-bean-kopi-terenak-untuk-ngopi-di-rumah-9

Harga: Rp 37.000

Cocok untuk seduhan manual atau disajikan dingin

Kopi Arabica dari dataran tinggi Aceh Gayo, memang dikenal memiliki cita rasa yang nikmat. Jika Anda menggemari kopi Arabica Gayo, maka produk roasted bean dari Fry and Roast layak untuk dicoba.

Diproses melalui metode pasca panen natural wine, roasted bean kopi ini menghasilkan rasa manis yang intensif, dengan aroma buah-buahan yang segar ditambah sensasi fermentasi wine yang unik. Soal kualitas, jangan ditanya, Fry and Roast tergolong sebagai veteran di dunia industri kopi tanah air.

Berdiri sejak tahun 1968, roastery ini juga terkenal lewat berbagai produk kopi nusantara lainnya, seperti Arabica Sidikalang, Mandheling, Lintong, Wamena Papua dan Kintamani Bali.

Fry and Roast juga menyediakan produk kopi Robusta dari berbagai daerah seperti Lampung, Temanggung, hingga Bali Pucaksari. Anda bisa membeli roasted bean dari Fry and Roast ini di Shopee.

8. Sentra Kopi – Arabika Timor Leste 200gr

foto-roasted-bean-kopi-terenak-untuk-ngopi-di-rumah-8

Harga: Rp 73.000

Diolah secara tradisional, menghasilkan rasa yang eksotis

Jika roasted bean Arabica Gayo, Kintamani, Malabar dan sejenisnya terlalu mainstream bagi Anda, maka produk dari Sentra Kopi ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

Arabica Timor Leste dari Sentra Kopi diolah melalui metode pasca panen yang tradisional, yaitu wet-process yang menghasilkan cita rasa unik nan eksotis.

Apalagi, kopi Arabica Timor Leste tergolong sebagai produk yang langka. Maka tidak heran jika produk dari Sentra Kopi ini masuk dalam daftar roasted bean terfavorit di kelasnya. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

7. JJ Royal 200gr

foto-roasted-bean-kopi-terenak-untuk-ngopi-di-rumah-7

Harga: Rp 54.500

Banyak pilihan rasa dan kemasan

Beberapa di antara Anda tentu sudah mengenal produsen roast bean yang satu ini. JJ Royal menjadi satu di antara pelopor industri kopi single origin yang patut diperhitungkan. Ada banyak pilihan single origin Arabica dari JJ Royal, seperti Arabica Aceh Gayo, Flores, Toraja hingga Kintamani Bali.

Selain Arabica, JJ Royal juga memiliki varian Robusta dan kopi Luwak. Bagi penggemar espresso based, Anda juga bisa memilih produk house blend dari JJ Royal.

Khusus bagi penggemar kopi bubuk siap saji, JJ Royal juga menyediakan berbagai varian kopi bubuk seperti Kopi Tubruk Pure, Kopi Tubruk Cinnamon, Kopi Tubruk Hazelnut, Carammel Latte dan Café Latte. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

6. Otten Coffee 200gr

foto-roasted-bean-kopi-terenak-untuk-ngopi-di-rumah-6

Harga: Rp 45.000

Pilihan kopi premium terlengkap

Siapa yang tidak kenal dengan Otten Coffee, supplier alat-alat kopi premium ini juga memiliki berbagai pilihan roasted bean yang ciamik.

Beberapa roasted bean yang menjadi favorit dari Otten Coffee di antaranya single origin Arabica Gayo, Mandheling, Flores Bajawa, Toraja Sapan, Sidikalang hingga Bali Kintamani.

Selain kopi single origin lokal, Otten Coffee juga memiliki produk kopi Arabica impor seperti Arabica Ethiopia, Kenya, Guatemala, Rwanda, Kostarika hingga Timor Leste.

Yang pasti, semua produk roasted bean dari Otten Coffee dijamin memiliki kualitas premium. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Awi Coffee – Arabica Sidikalang Premium 250gr

foto-roasted-bean-kopi-terenak-untuk-ngopi-di-rumah-5

Harga: Rp 60.000

Dipanggang di level full city, cocok dibuat espresso dan olahan kopsus

Bagi Anda yang menggemari kopi bercita rasa bold dengan aroma yang kuat, produk roasted bean dari Awi Coffee ini patut untuk dicoba.

Arabica Sidikalang Premium menjadi satu di antara roasted bean favorit dari Awi Coffee. Dipanggang pada level full city, roasted bean ini cocok untuk dijadikan espresso dan bahan dasar olahan kopi susu.

Menariknya, Awi Coffee menggunakan mesin roasting asal Amerika Serikat, Probatone 12 untuk menghasilkan roasted bean kopi yang berkualitas. Tidak heran jika produk Arabica Sidikalang Premium dari Awi Coffee sering dijadikan bahan baku house blend di beberapa coffee shop ternama di seluruh Indonesia. Anda bisa membeli roasted bean ini di Shopee.

4. Excelso Robusta Gold

foto-roasted-bean-kopi-terenak-untuk-ngopi-di-rumah-4

Harga: Rp 26.000

Kental dan tebal, cocok untuk penggemar robusta

Khusus bagi para penggemar Robusta, produk Robusta Gold dari Excelso dapat menjadi pilihan terbaik. Dibuat dari 100 persen kopi robusta dari berbagai daerah di Indonesia, Excelso Robusta Gold memiliki cita rasa robusta premium dengan aroma yang memikat.

Karakter Robusta yang kental, tebal sangat kentara pada produk ini. Anda dapat membeli Excelso Robusta Gold ini di Shopee.

3. Space Roastery – Wamena Raw Spices 200gr

foto-roasted-bean-kopi-terenak-untuk-ngopi-di-rumah-3

Harga: Rp 176.000

Perpaduan rasa hazelnut dan cokelat dengan sensasi rempah yang intensif

Satu lagi roastery yang menyajikan pilihan roasted bean lokal yang patut diperhitungkan. Produk Wamena Raw Spices dari Space Roastery ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk melengkapi ritual ngopi Anda.

Dibuat dari biji kopi Arabica yang tumbuh di perkebunan kopi Wamena Papua, roasted bean ini tergolong sebagai kopi specialty yang wajib dicoba. Dipanggang pada level light, Wamena Raw Spices menawarkan kompleksitas rasa unik yang mengagumkan.

Beberapa notes atau catatan rasa yang bisa Anda cicipi ketika menikmati seduhan kopi ini adalah hadirnya aroma hazelnut, yang berpadu dengan rempah-rempah seperti kapula dan cengkih.

Pada takaran yang tepat, roasted bean ini memunculkan rasa cokelat dengan manis yang intensif dan acidity yang nyaman khas biji kopi Arabica dari dataran tinggi. Anda bisa mendapatkan Wamena Raw Spices ini di Shopee.

2. Northsider Coffee – Arabica Java Malabar Red Honey

foto-roasted-bean-kopi-terenak-untuk-ngopi-di-rumah-2

Harga: Rp 57.000

Rasa manis dan asam yang seimbang, cocok untuk ngopi harian

Tidak bisa dipungkiri jika kopi dari Jawa Barat selalu menjadi favorit para pecandu kopi nusantara. Satu di antara kopi Jawa Barat yang wajib Anda coba adalah Arabica Malabar. Beruntung, Northsider Coffee memiliki roasted bean Arabica Malabar yang cocok untuk dinikmati di rumah.

Roasted bean dari Northsider Coffee ini memiliki karakter rasa manis yang intensif, dengan rasa asam buah yang seimbang. Cita rasa yang memikat ini menjadikan roasted bean dari Northsider sangat tepat untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Dapatkan Arabica Java Malabar Red Honey ini di Shopee.

1.Seniman – Bali Karana Madu Honey Process

foto-roasted-bean-kopi-terenak-untuk-ngopi-di-rumah-1

Harga: Rp 154.000

Sensasi cokelat dan karamel dengan kesegaran citrus khas kintamani

Ritual ngopi Anda akan semakin lengkap dengan produk roasted bean yang satu ini. Sebagai roastery yang berfokus pada Arabica Kintamani, Seniman selalu menyajikan roasted bean berkualitas yang wajib dicoba.

Satu di antara produk Seniman yang menjadi favorit para coffee snob adalah Bali Karana Madu. Sesuai namanya, roasted bean ini diproduksi melalui fermentasi honey process. Maka tidak heran jika Bali Karana Madu memiliki karakter rasa manis yang intensif dengan rasa asam segar khas buah tropis.

Dipanggang pada level light roast, Bali Karana Madu menampilkan notes kombinasi rasa cokelat, karamel dengan kesegaran citrus khas Kintamani.

Roasted bean ini cocok diseduh menggunakan metode manual brew seperti tubruk, pour over, atau disajikan dingin dengan metode cold brew atau Japanese ice coffee. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum memilih roasted bean kopi, sebaiknya perhatikan jenis kopi, tanggal roasting hingga level roasting-nya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara menyimpan roasted bean kopi agar tetap segar ketika diseduh.
  • Anda bisa memilih Fry and Roast – Gayo Natural Wine, Awi Coffee – Arabica Sidikalang Premium dan Northsider Coffee – Arabica Java Malabar Red Honey, jika menginginkan roasted bean Arabica Sumatera dan Jawa Barat yang bercita rasa manis intensif, dengan tingkat keasaman yang seimbang.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan roasted bean lokal maupun impor berkualitas dengan banyak pilihan, maka Anda bisa memilih Tanamera Coffee, JJ Royal dan Otten Coffee.
  • Namun, bagi Anda yang menggemari roasted bean kopi Arabica specialty berkarakter unik, yang memiliki rasa manis intensif dengan aroma cokelat dan karamel yang nikmat, Anda bisa memilih Space Roastery – Wamena Raw Spices dan Seniman – Bali Karana Madu.

Referensi

1. Adrian Dart (2020), Coffee Selection Guide: How To Choose The Bean That Are Right For Me, https://www.fivesenses.com.au/blog/coffee-selection-guide/
2. SungHee Tark (2020), Hot To Store Roasted Coffee & Prolong Its Freshness, https://perfectdailygrind.com/2019/04/how-to-store-roasted-coffee-prolong-its-freshness/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *