10 Sleeping Bag Kualitas Terbaik untuk Tidur di Alam Bebas

Sleeping bag atau kantung tidur merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dibawa kala sedang berpetualang di alam bebas. Saat membelinya, pastikan Anda memilih sleeping bag terbaik dari merek yang sudah terjamin secara kualitasnya.

Berikut kami sajikan 10 sleeping bag kualitas terbaik untuk tidur di alam bebas lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai sleeping bag dan cara merawatnya.

Mengenal berbagai macam jenis sleeping bag

Penggunaan sleeping bag sangat penting untuk menjaga badan agar tetap hangat. Pasalnya, suhu di alam bebas biasanya lebih dingin dibanding di dalam rumah. Bahkan, beberapa di antaranya bisa tergolong ekstrem dan bersalju.

Sleeping bag ini tidak hanya memberi rasa hangat dan nyaman saat dipakai, namun juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari ancaman serangga yang banyak terdapat di ruangan terbuka.

Meski terkesan sama, ternyata ada banyak jenis sleeping bag yang dijual di pasaran. Masing-masing jenis dibuat dari bahan khusus sesuai dengan medan yang akan disinggahi. Agar bisa memilih yang sesuai, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis sleeping bag berikut ini.

  • Sleeping bag polar

Sleeping bag polar ini terdiri dari dua lapisan, yakni lapisan luar dan dalam. Lapisan luarnya dibuat menggunakan bahan parasut, sementara bagian dalamnya menggunakan material polar.

Selain itu, sleeping bag ini ukurannya tipis, kecil, dan praktis saat dimasukkan di dalam tas. Menariknya, lapisan polar pada kantungnya juga memungkinkan hawa panas dari dalam cepat terserap sehingga dapat membuat rasa hangat lebih cepat.

Namun, sleeping bag ini mudah dimasuki hawa dingin yang berasal dari luar. Oleh sebab itu, tidak disarankan untuk digunakan pada area yang cukup tinggi, seperti pegunungan tertentu.

  • Sleeping bag dacron

Kalau Anda ingin menelusuri tempat yang dingin, jenis ini sangat disarankan. Terdapat tiga lapisan, yakni luar, dalam, serta filling. Tiap lapisan terbuat dari material yang berbeda-beda.

Lapisan luarnya dibuat menggunakan bahan parasut. Pada lapisan luarnya menggunakan material taffeta. Sementara untuk lapisan filling-nya terbuat dari material Dacron, serat sintetis yang cukup mirip dengan kapas.

Meski cocok digunakan di seluruh pegunungan Indonesia, ukurannya termasuk cukup besar hingga menghabiskan ruang lebih banyak. Harganya pun juga relatif mahal ketimbang jenis polar.

  • Sleeping bag polar & dacron

Untuk memberi kinerja yang lebih baik, beberapa produsen menggabungkan bahan polar dan Dacron pada produk kantung tidurnya. Biasanya jenis ini memiliki tiga lapisan seperti sleeping bag Dacron.

Bedanya, lapisan dalamnya menggunakan material polar, sedangkan untuk filling-nya terbuat dari Dacron. Lalu untuk lapisan luarnya, dibuat dari bahan parasut atau sejenisnya. Hasilnya, sleeping bag jadi lebih cepat hangat dan tidak mudah ditembus hawa dingin.

  • Sleeping bag goose down

Ada beberapa produk sleeping bag yang menggunakan goose down atau bulu angsa sebagai bahan pembuatnya. Walau cukup unik, sleeping bag tersebut kurang pas digunakan di pegunungan Indonesia yang tropis.

Jenis kantung tidur ini dirancang khusus untuk menahan suhu ekstrem, seperti di pegunungan bersalju. Kemampuan menahan hawa dingin goose down ini jauh lebih baik ketimbang polar.

Pertimbangkan bobot dan kepraktisannya

Supaya lebih mudah dibawa bepergian, pilihlah sleeping bag yang memiliki ukuran ramping sehingga mudah dilipat dan disimpan dalam tas.

Ukuran lipat produk yang disarankan adalah 15 cm x 30 cm. Selain ringkas, sebaiknya pilih juga yang bobotnya tidak terlalu berat. Jadi, Anda tidak akan merasa terlalu terbebani dengan barang bawaan.

Sesuaikan dengan ukuran badan

Memilih diameter sleeping bag yang sesuai ukuran badan terbilang gampang-gampang susah. Anda diwajibkan memilih yang ukurannya pas dan tepat.

Ukuran yang kebesaran bisa mengurangi rasa hangat yang dihasilkan. Sedangkan kalau terlalu sempit, tentu akan terasa tidak nyaman digunakan. Oleh sebab itu, perhatikanlah baik-baik ukurannya agar sesuai dengan tinggi badan Anda.

Perhatikan suhu penggunaannya

Sleeping bag digunakan untuk tidur di alam bebas yang biasanya memiliki suhu berbeda dari tempat tinggal Anda. Suhu terbaik penggunaan tiap produk pun berbeda.

Anda bisa mengetahui suhu minimum penggunaannya pada informasi yang terdapat di situs website resmi atau toko online-nya. Disarankan juga untuk membawa baju tambahan ekstra untuk jaga-jaga akan kondisi penurunan suhu yang terjadi secara mendadak.

Cek harganya

Menentukan budget dalam membeli perlengkapan menjelajahi alam seperti sleeping bag ini sangat penting. Sebaiknya Anda pastikan dahulu kalau produk yang diinginkan sudah sesuai dengan anggaran Anda.

Sleeping bag dari bahan terbaik biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal, namun tentu sesuai dengan kualitas yang diberikan. Jika Anda ingin berhemat, menyewa sleeping bag bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang tidak terlalu sering bepergian.

Cara merawat sleeping bag yang baik

Agar sleeping bag tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat sleeping bag:

  • Segera bersihkan sleeping bag yang telah digunakan dari kotoran tanah atau sisa-sisa dedaunan.
  • Cucilah sleeping bag yang setelah dipakai. Anda bisa memakai cara manual atau mencuci dengan menggunakan mesin.
  • Jangan mencuci sleeping bag dengan menggunakan bahan yang keras. Pakailah sabun atau sampo yang memang khusus untuk mencuci perlengkapan outdoor. Anda bisa mencarinya di marketplace atau toko perlengkapan outdoor terdekat.
  • Saat mencuci dengan cara manual, jangan pelintir sleeping bag untuk memeras airnya. Hal itu bisa mengurangi kehangatan yang dihasilkannya.
  • Jangan jemur sleeping bag yang telah selesai dicuci dengan posisi digantung. Jemurlah dalam keadaan datar.
  • Kalau sedang tidak digunakan, sebaiknya keluarkan sleeping bag dari tas penyimpanannya. Ini untuk menjaga kualitas bulu-bulu di dalamnya. Bisa juga digantung pada gantungan baju.
  • Hindari menyimpan kantung sleeping bag di tempat yang kecil dan lembab. Letakkan saja di tempat yang lebih lega. Jangan lupa untuk memberi tambahan obat antijamur serta pengharum agar tetap terjaga kesegarannya.

10 Rekomendasi sleeping bag terbaik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sleeping bag hingga cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi sleeping bag terbaik dari berbagai merek berikut ini.

10. GRACE 808 LS

foto-sleeping-bag-kualitas-terbaik-untuk-tidur-di-alam-bebas-10

Harga : Rp 225.000

Dapat dijadikan tikar untuk bersantai

Produk sleeping bag dari brand Consina ini terbuat dari bahan Polar. Ciri khas bahan ini terdapat pada keberadaan bulu-bulu halus dan lembut. Hal inilah yang membuat tubuh penggunanya jadi terasa hangat walau sedang berada di alam bebas sekalipun.

Pada bagian luarnya, produk ini menggunakan bahan parasut yang aman dari cipratan air dan lembapnya tanah. Lalu di sisi kanannya terdapat resleting untuk membuka secara keseluruhan. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya sebagai tikar dadakan untuk duduk bersantai di atas rerumputan.

9. Summit Series Sleeping Bag

foto-sleeping-bag-kualitas-terbaik-untuk-tidur-di-alam-bebas-09

Harga : Rp 78.000

Untuk mengantisipasi perubahan cuaca mendadak

Alam bebas seringkali mengalami perubahan cuaca secara mendadak. Misalnya suhu dingin atau kabut yang ekstrem saat berada di pegunungan. Oleh sebab itu, diperlukan peralatan untuk mengantisipasi perubahan kondisi mendadak tersebut, seperti sleeping bag ini.

Produk ini terbuat dari material polar bulu di bagian dalamnya. Membuat tubuh Anda akan terlindungi dari terpaan suhu dingin yang ekstrem.

Kemudian untuk sisi luarnya menggunakan bahan parasut yang bisa mencegah masuknya udara dingin ke bagian dalam. Alhasil, tidur Anda akan terasa makin nyaman dan hangat.

8. Deuter Dreamlite

foto-sleeping-bag-kualitas-terbaik-untuk-tidur-di-alam-bebas-08

Harga : Rp 980.000

Bobotnya ringan dan kuat

Selain suhu dingin, sleeping bag ini juga bisa digunakan dalam cuaca yang panas. Produk ini dibuat menggunakan material polyester yang terkenal mampu menahan panas. Kelebihan lain adalah dapat kering dengan cepat jika terkena air.

Selain itu, pada bagian luarnya terbuat dari bahan Dura Hexlite RS, sehingga membuat sleeping bag ini bobotnya jadi lebih ringan dan kuat. Adapun bobot produk ini sendiri hanya berkisar 600 gram saja. Sangat mudah untuk dibawa bepergian ke alam bebas.

7. Eiger Lake Side Sleeping Bag

foto-sleeping-bag-kualitas-terbaik-untuk-tidur-di-alam-bebas-07

Harga : Rp 469.000

Ada resleting dua arah di sisi kiri dan kanan

Menjelajahi pegunungan di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia merupakan tantangan tersendiri. Diperlukan juga peralatan yang sesuai kondisi sekitar. Misalnya sleeping bag yang dapat menahan suhu panas dengan baik ini.

Produk bertipe mumi ini dirancang khusus agar Anda dapat tidur dengan nyaman di wilayah tropis. Terdapat resleting dua arah di sisi kanan dan kirinya untuk membuat pergerakan Anda menjadi lebih mudah.

6. Akina Tropical Sleeping Bag

foto-sleeping-bag-kualitas-terbaik-untuk-tidur-di-alam-bebas-06

Harga : Rp 150.000

Dengan dua lapisan pelindung ekstra

Menelusuri hutan dan pegunungan tentu memerlukan persiapan yang berbeda. Anda bisa menggunakan sleeping bag ini kalau ingin menjelajahi hutan, khususnya yang memiliki kondisi tropis.

Produk Akina ini terdiri dari dua lapisan pelindung untuk memberi keamanan ekstra. Bagian dalamnya dibuat menggunakan bahan fleece yang memiliki bulu lembut di salah satu sisinya.

Untuk sisi luarnya, bahan Tasland Windproof & Semi Waterproof dipakai untuk memberi ketahanan lebih dari air dan angin yang bisa tiba-tiba menerjang.

5. Eiger Sleeping Bag Kid Zoo 250 US Yellow

foto-sleeping-bag-kualitas-terbaik-untuk-tidur-di-alam-bebas-05

Harga : Rp493.000

Si kecil dapat bergerak lebih bebas

Siapa bilang aktivitas menjelajahi alam bebas hanya untuk orang dewasa saja?Sekarang ini, tidak sedikit anak-anak yang ikut serta dalam kegiatan di alam bebas.

Walau tingkat kesulitannya memang tidak sebesar orang dewasa. Produk Eiger ini sangat tepat diberikan untuk mendukung kegemaran mereka tersebut.

Sleeping bag ini memiliki bentuk envelope yang membuat si kecil bisa lebih bebas bergerak. Ditambah lagi dengan fitur dua penutup ritsleting agar mereka tidak merasa kedinginan di luar sana.

Warna kuning cerah yang dipakai juga akan membuat anak-anak merasa makin bersemangat dalam mengarungi dunia luar.

4. Snugpak Jungle Bag

foto-sleeping-bag-kualitas-terbaik-untuk-tidur-di-alam-bebas-04

Harga : Rp. 850.000

Dibekali kelambu untuk menghindari gangguan serangga

Tidur di alam bebas dengan beratapkan bintang-bintang di malam hari merupakan momen yang tidak terlupakan. Namun, keberadaan serangga seperti nyamuk seringkali mengganggu suasana menyenangkan tersebut. Sleeping bag dari Sugpak ini bisa jadi solusi terbaik untuk Anda.

Produk ini dibekali dengan fitur kelambu yang berada di bagian kepalanya untuk menghindarkan Anda dari gigitan serangga. Material yang digunakan memiliki sifat antibakteri sehingga aman dari bebauan tidak sedap saat dipakai di area yang lembap.

3. Highrock Leopard Down 5 C Ultralight

foto-sleeping-bag-kualitas-terbaik-untuk-tidur-di-alam-bebas-03

Harga : Rp 1.100.000

Menggunakan campuran 75% bulu angsa serta 25% Cashmere wool

Agar mudah dibawa bepergian, disarankan untuk memakai sleeping bag yang memiliki bentuk praktis dan berbobot ringan. Salah satunya adalah produk Hike n Run ini. Terbuat dari campuran 75% bulu angsa serta 25% Cashmere wool, membuat bobotnya jadi sangat ringan. Bahkan tidak sampai 1 kg!

Sleeping bag bertipe mumi ini memiliki diameter ukuran 200 cm x 78 cm. Di sisi kirinya terdapat ritsleting yang bisa dibuka-tutup dengan mudah. Bagian luar yang tahan air serta sisi dalam yang hangat dapat memberi perlindungan terbaik untuk tidur di alam bebas.

2. Klymit KSB 0 Sleeping Bag

foto-sleeping-bag-kualitas-terbaik-untuk-tidur-di-alam-bebas-02

Harga : Rp 5.900.000

Mampu menahan suhu hingga -17,2℃

Mendaki gunung es dan penuh salju diperlukan persiapan yang maksimal. Mengingat suhu di tempat tersebut sangat ekstrem. Melebihi hutan dan pegunungan biasanya. Salah satu perlengkapan yang harus Anda persiapkan adalah sleeping bag ini.

Produk ini terbuat dari material down 650 FP yang bisa menahan suhu hingga -17,2℃ sekalipun. Bagian bawahnya dirancang sefleksibel mungkin agar bisa mengikuti pergerakan bentuk tubuh penggunanya. Hasilnya, tidur Anda akan tetap nyaman walau berada di alam bebas yang bersuhu ekstrem.

1. Naturehike Double With Pillow SD15M030-J

foto-sleeping-bag-kualitas-terbaik-untuk-tidur-di-alam-bebas-01

Harga : Rp 549.000

Dilengkapi bantal kepala yang lembut dan nyaman

Beberapa orang ada yang merasa kesulitan tidur apabila tidak menggunakan bantal. Namun, tentu akan merepotkan kalau harus membawa bantal sesungguhnya saat menjelajahi alam bebas. Nah, produk satu ini bisa jadi solusi bagi Anda yang memiliki permasalahan tersebut.

Sesuai namanya, sleeping bag ini telah dilengkapi dengan dua bantal yang langsung tersedia di dalamnya. Karena terbuat dari bahan Polyester Taffeta berisi hollow cotton, produk ini jadi terasa lembut dan nyaman digunakan.

Menariknya lagi, produk ini dirancang khusus untuk bisa ditiduri oleh dua orang sekaligus. Cocok untuk Anda yang bepergian bersama orang terkasih.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sleeping bag, sebaiknya Anda mempertimbangkan kesesuaian ukuran, material/bahan, kemudahan portabilitas, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara merawatnya agar sleeping bag lebih awet dan bisa digunakan dalam waktu lama.
  • Anda bisa memilih Naturehike Double With Pillow SD15M030-J, karena dilengkapi dengan bantal kepala yang lembut dan nyaman digunakan.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin terbebas dari gangguan serangga saat tidur, Anda bisa memilih Snugpak Jungle Bag.
  • Namun, bila Anda menginginkan sleeping bag yang memiliki bobot ringan dan kuat, maka Anda bisa memilih Deuter Dreamlite.

Referensi

1. Backpacker (2011), Sleeping Bag Buying Guide, https://www.backpacker.com/gear-item/sleeping-bag-buying-guide/
2. Popular Mechanic (2020), The Best Sleeping Bags for Spending the Night Under the Stars, https://www.popularmechanics.com/adventure/outdoor-gear/a29553247/sleeping-bags/
3. Mountain Warehouse (2020), Sleeping Bag Guide: How To Choose A Sleeping bag, https://www.mountainwarehouse.com/expert-advice/sleeping-bag-guide/?__cf_chl_captcha_tk__=7643c0e4a8e25e8f95f6434c7247382eff76bd7d-1621724605-0-ATh0-gQTf3-RvszGcMtxvUZIXMiEMVeU5pfP4HFmX2Y8nho4QosaZCxR6E-tvNzpggBPK7dykg1Eyi42J_w5IdrtXaR87zqRXlh5Gx1xwc_nAwnkJggoae2vhirivWP_QIABCnDpCEK92IruNtkzoaYdZSctIg_R8-3a0cEpiKwAULC4lNdg-USLZeZz4cEGQaZzcJzsnTLtZQm5kKqWu4I2Op2–aVnA4qS4L7q-WPo5XUz_UhAC13PadRM8vmtWWYyQCmZGcjC0C2dyxx0IJJonpmipp8IUmsp0_awq-Z4P14NwPStSHA-k7bdWkT-R2U-UP8J5It2LJfXJSH8CR85DQ7bOSXe_Sc17kBlOlb_JxPIdpVOseFG3aUKmBg9n-2KN8KmIQk0FL9hUywURCZML2OevTzzEFtTMHnZR_4ucL0p5C4J9AUgfwPtNu4PAwZdev3n4WSgtu8B0mvMDYD6iw4rUh2JyPJthZ-7Xm3MG4TRTdh_EeaRUokn3COeeO8p8pXlIGSmvZN1Y6zpPDtuH8gRzuj-KuFDsa-G90afR4TkBCeiIlI50BNWaxWhW6_0r5xSfD8iOisqE0ZQk1FBE6rGoe7BCxAZNoF_ectJwNQfT-CKoRkDiFdDLiGc4oJZ-Gx8IAXkp8DcikjCmPUij7-nv-Sb_biT2leqXGqCYPxBijwEO5FFAazmZ_H09BSWqRkIDjfx2YbnmZlhhVs
4. Nunik Utami (2018), 3 Jenis Sleeping Bag Sintetis yang Banyak Digunakan oleh Pendaki Gunung, https://nunikutami.com/3-jenis-sleeping-bag-sintetis-yang-banyak-digunakan-oleh-pendaki-gunung.html/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *