10 Teether yang Bagus dan Aman untuk Bayi

Mainan gigitan bayi atau yang populer disebut dengan istilah teether ini biasanya digunakan bayi saat memasuki usia 4 hingga 6 bulan. Di mana usia tersebut merupakan fase gigi susu mulai tumbuh.

Pada fase tersebut, bayi kerap menggigit atau mengisap benda-benda yang ada di sekitarnya, seperti mainan, baju, dan lain sebagainya. Tujuannya agar bayi tidak merasa gatal dan nyeri akibat tumbuh gigi.

Karena itu, Bunda bisa mempertimbangkan untuk memberikan teether pada bayi. Karena selain bisa dibuat mainan, teether juga meredakan rasa gatal pada gusi serta mampu merangsang pertumbuhan gigi bayi.

Meskipun begitu, Bunda harus memperhatikan beberapa hal saat membelinya seperti mengetahui kualitas bahan yang digunakan, bentuk dan tekstur, serta isinya. Selain itu, usahakan memilih teether yang telah tersertifikasi dan aman digunakan untuk bayi.

Berikut ini kami sajikan 10 teether yang bagus dan aman untuk bayi lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai teether dan cara memilihnya.

Manfaat dan penggunaan teether untuk bayi

Umumnya teether digunakan sebagai mainan yang bisa digit oleh bayi. Ketika menggigit teether, bayi akan merasa gusinya jauh lebih nyaman. Hal ini karena bahan teether yang lentur bergesekan pada gusi bayi sehingga bisa meredakan rasa gatal.

Tidak hanya itu, teether juga berfungsi untuk merangsang kemampuan motorik si kecil melalui genggaman maupun kunyahan. Hal inilah yang kemudian membuat penggunaan teether untuk bayi justru sangat dianjurkan dari segi kesehatan.

Adapun beberapa kriteria yang menandakan bahwa si kecil perlu memiliki teether adalah seperti saat produksi air liur bayi lebih banyak dari biasanya, bayi mulai sering menggigit benda di sekitarnya, dan gusi terlihat membengkak.

Selain itu, juga saat kondisi bayi mulai rewel dan demam, bayi sering menarik telinga sambil menggaruk pipi, dan bayi sering mamasukkan jari ke mulut.

Perhatikan bahan teether

Poin pertama yang harus Bunda perhatikan sebelum membeli teether adalah bahan pembuatnya. Karena digunakan sebagai mainan perangsang gigi untuk bayi, pastikan teether yang Bunda pilih dibuat dari bahan baku yang aman, sebab tidak semua produk teether yang beredar di pasaran benar-benar aman.

Hasil riset British Dental Journal bahkan menyebutkan ada 14 produk teether yang terbukti berbahaya bagi bayi. Semua produk tersebut dibuat dari bahan baku yang tidak aman, misalnya mengandung alkohol, zat anestesi, sukrosa hingga Bisphenol-A (BPA) dan PVC. Teether semacam ini tentu akan berbahaya bagi kesehatan bayi.

Maka dari itu, pilihlah teether untuk bayi yang berbahan karet atau silikon berkualitas tinggi, bebas BPA dan PVC, dan terbukti aman secara klinis bagi pertumbuhan gigi si kecil. Jangan pernah asal-asalan memilih teether hanya karena harganya yang murah.

Perhatikan bentuk dan teksturnya

Pada umumnya, teether dibuat dari bahan yang lentur dan empuk. Misalnya dari silikon dan karet berkualitas tinggi. Namun, sebelum membeli teether yang tepat, ada baiknya jika Bunda memperhatikan lebih detail bentuk dan teksturnya.

Hal ini sangat berpengaruh pada kenyamanan si kecil saat menggigit teether yang Bunda pilih. Misalnya, pada fase awal di usia 4 bulan, lebih baik pilihlah teether yang lebih lunak dengan ukuran yang lebih kecil. Sesuaikan juga bentuk dan tekstur teether dengan perkembangan gigi sang buah hati.

Perhatikan isi teether

Teether yang beredar di pasaran biasanya disediakan dalam berbagai jenis. Misalnya yang terbuat dari silikon dengan isian cairan atau gel dan yang berbentuk solid. Teether yang berisi cairan atau gel dapat Bunda dinginkan di lemari es. Cara ini, berguna untuk memberikan rasa nyaman pada gusi bayi ketika digigit.

Namun, saat memilih teether jenis ini, usahakan untuk memperhatikan betul permukaan luarnya. Pastikan permukaan teether terbuat dari bahan yang kuat dan tahan gigitan, karena isian pada teether tentu akan berbahaya jika sampai bocor ketika digigit si kecil.

Pilih yang bersertifikat

Untuk menjamin keamanannya, teether yang bagus untuk bayi biasanya telah melalui uji standarisasi produk. Untuk teether buatan lokal, Bunda bisa memilih yang telah mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

Namun, jika Bunda memilih produk impor, pastikan teether tersebut dilabeli ASTM F963 untuk produk asal Amerika Serikat, dan EN71 untuk produk asal Eropa.

Pilih yang mudah dibersihkan

Karena digunakan sebagai mainan yang merangsang pertumbuhan gigi bayi, hendaknya Bunda memilih teether yang memiliki desain simple dan mudah dibersihkan.

Kebanyakan teether dirancang dengan bentuk yang bergerigi sebagai area yang mudah digigit oleh bayi. Karena itu, pilihlah bentuk teether yang tidak terlalu rumit, sehingga lebih mudah saat dicuci dan dibersihkan.

Cara merawat dan membersihkan teether

Setelah Bunda mengetahui cara memilihnya, kini saatnya Bunda memperhatikan cara untuk merawat dan membersihkan teether dengan benar, yaitu :

  • Cuci segera teether yang jatuh di lantai. Bunda tidak pernah tahu, berapa banyak virus, bakteri dan parasit berbahaya yang mungkin saja menempel pada teether saat menyentuh permukaan lantai.
  • Gunakan air hangat yang dicampur cuka untuk membersihkan seluruh permukaan teether. Membilas teether dengan air hangat dapat menghilangkan lebih banyak kuman dan bakteri berbahaya yang menempel pada permukaan teether.
  • Setelah mencucinya, Bunda juga harus menyikat seluruh bagian teether. Kebanyakan teether dirancang bergerigi atau memiliki bentuk yang tidak datar, maka dari itu sikatlah semua permukaan hingga ke bagian yang sulit dijangkau.
  • Lebih baik lagi jika menggunakan sabun atau cairan pembersih khusus perlengkapan bayi. Karena sabun khusus perlengkapan bayi dibuat dari bahan-bahan yang aman untuk membersihkan perlengakapan bayi termasuk teether.
  • Simpanlah teether di tempat yang steril, bebas dari debu dan sinar matahari langsung ketika tidak digunakan. Bila perlu bersihkan wadah penyimpanan tersebut dengan cairan desinfektan atau alkohol sebelum dipakai untuk menyimpan teether.

10 Teether yang bagus dan aman untuk bayi

Setelah Bunda mengetahui berbagai hal terkait dengan teether hingga cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi 10 teether yang bagus dan aman untuk bayi dari berbagai merek berikut ini.

10. Teether Pigeon Fruit

foto-teether-yang-bagus-dan-aman-untuk-bayi-10

Harga: Rp 52.500

Merangsang pertumbuhan rahang secara alami

Berbicara soal perlengkapan bayi, tidak afdol rasanya tanpa mengulas Pigeon. Sebagai salah satu pelopor produk perlengkapan bayi, produk Pigeon menjadi favorit para ibu. Selain produk botol susu dan perawatan bayi, Pigeon juga mengeluarkan produk teether untuk bayi.

Satu di antara produk teether keluarannya yang terbaik adalah Pigeon Fruit. Seperti namanya, mainan perangsang gigi untuk bayi ini mengusung desain yang unik, yaitu berbentuk buah-buahan.

Tidak hanya desainnya yang unik, produk ini juga dirancang khusus untuk merangsang pertumbuhan rahang si kecil secara alami. Selain itu, bahan food contact grade berkualitas yang elastis dan lembut, serta aman digunakan untuk bayi. Bunda bisa membeli teether ini di Shopee.

9. Teether Mother Care Penguin

foto-teether-yang-bagus-dan-aman-untuk-bayi-9

Harga: Rp 80.000

Desainnya lucu dan disukai si kecil

Produk teether dari Mothercare ini bisa menjadi pilihan bagi Bunda yang ingin mencari mainan gigitan bayi berbentuk unik. Seperti namanya, Mothercare Penguin ini memiliki bentuk seperti penguin yang lucu dan menggemaskan.

Selain desainnya yang unik, teether untuk bayi ini juga mudah digenggam oleh si kecil. Cara penggunaannya,Bunda bisa mendinginkan teether ini terlebih dahulu di lemari es agar si kecil lebih nyaman saat menggigitnya. Bunda bisa membeli teether ini di Shopee.

8. Teether Bunny Gel Filled

foto-teether-yang-bagus-dan-aman-untuk-bayi-8

Harga: Rp 24.000

Murah dan berkualitas

Bagi Bunda yang ingin memiliki produk lokal berkualitas, teether dari Lusty Bunny ini dapat menjadi pilihan terbaik. Dibuat dari bahan berkualitas berstandar food grade, Lusty Bunny Gel Filled ini dirancang dengan bentuk yang mudah digenggam oleh si kecil.

Selain itu, teether yang berisi gel ini bisa Bunda dinginkan terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada bayi Bunda, agar rasa nyeri yang dialami buah hati Bunda cepat reda. Bunda bisa membeli teether ini di Shopee.

7. Teether Dr. Brown’s A-Shaped Flexees

foto-teether-yang-bagus-dan-aman-untuk-bayi-7

Harga: Rp 82.000

Lentur dan ergonomis

Untuk si kecil yang sudah mulai tumbuh gigi, teether dari Dr. Brown’s ini bisa Bunda pilih. Dengan desain yang ergonomis, Dr, Brown’s Teether Flexees ini terbuat dari karet bilateral berkualitas yang aman digunakan.

Bahannya pun lentur sehingga teether bisa menjangkau hingga ke bagian belakang mulut si kecil. Bunda bisa membeli teether ini di Shopee.

6. Teether Nuby Safari Loop

foto-teether-yang-bagus-dan-aman-untuk-bayi-6

Harga: Rp 75.000

 

Teether yang satu ini sangat cocok untuk bayi yang baru mulai tumbuh gigi. Dirancang dengan permukaan yang bertekstur, Nuby Safari Loop dapat digunakan sebagai alat yang merangsang motorik halus si kecil.

Selain itu, bentuknya lucu dengan karakter binatang berwarna-warni yang dapat membantu stimulasi visual bayi. Bunda bisa membeli teether ini di Shopee.

5. Teether Baby Safe Puzzle

foto-teether-yang-bagus-dan-aman-untuk-bayi-5

Harga: Rp 21.000

Desain puzzle yang lucu dan menarik

Baby Safe dikenal sebagai produsen perlengkapan bayi berkualitas dengan harga terjangkau. Salah satu produknya adalah teether Baby Safe Puzzle.

Mainan perangsang gigi untuk bayi ini terdiri dari dua buah teether yang bisa dibongkar pasang seperti puzzle. Terbuat dari bahan berkualitas, teether ini dijamin aman untuk si kecil karena tidak mengandung BPA dan PVC. Bunda bisa membeli teetherini di Shopee.

4. Teether Comotomo

foto-teether-yang-bagus-dan-aman-untuk-bayi-4

Harga: Rp 138.000

Dirancang menyerupai jari bayi

Bagi Bunda yang ingin mencari produk teether impor, brand asal Amerika Serikat ini bisa menjadi pilihan terbaik, termasuk dalam kategori mainan gigitan bayi premium yang berkualitas.

Teether Comotomo dirancang sedemikian rupa untuk merangsang motorik si kecil dengan bentuk yang unik menyerupai jari-jari bayi.

Selain itu, bahan lembut,lentur, dan nyaman digunakan oleh bayi yang baru mulai tumbuh gigi. Menariknya lagi, teetherini mudah dibersihkan, karena tidak memiliki lekukan dan detail yang rumit. Bunda bisa membeli teether ini di Shopee.

3. Teether Chicco

foto-teether-yang-bagus-dan-aman-untuk-bayi-3

Harga: Rp 69.000

Lembut dan nyaman digenggam

Teether buatan Chicco ini cocok digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada gusi bayi. Terbuat dari plastik lentur yang transparan, teether ini berisi air steril yang bisa didinginkan sebelum digunakan.

Bentuknya yang unik dan lucu juga membuat si kecil suka menggenggamnya berlama-lama. Bunda bisa membeli teether ini di Shopee.

2. Teether Carter Box

foto-teether-yang-bagus-dan-aman-untuk-bayi-2

Harga: Rp 37.000

Dilengkapi bunyi-bunyian yang unik

Teether unik yang satu ini sangat cocok bagi Bunda yang ingin mencari mainan gigitan yang mutlifungsi. Dibuat dari bahan kain yang lembut, teether berbentuk buku ini sangat aman diberikan kepada si kecil karena tidak mengandung BPA dan PVC.

Menariknya, Carter Box dilengkapi bunyi-bunyian pada setiap bagianya, sehingga dapat digunakan untuk merangsang motorik halus, sekaligus pendengaran si kecil.

Walaupun terbuat dari kain, teether ini sangat mudah dibersihkan dan bisa digunakan berulang kali. Bunda bisa membeli teether ini di Shopee.

1. Teether Kidsme Icy Moo

foto-teether-yang-bagus-dan-aman-untuk-bayi-1

Harga: Rp 60.000

Cocok digunakan untuk jangka panjang

Satu lagi produk teether multifungsi yang bisa Bunda pilih, yakni teether Kidsme Icy Moo Moo. Produk ini dirancang khusus agar dapat digunakan dalam jangka yang panjang. Terbuat dari silikon berkualitas, teether ini bisa dimainkan bayi berusia 3 bulan sampai 9 bulan.

Uniknya, teether ini juga dapat digunakan sebagai cetakan pembuat ice pop. Bunda bisa mengisi bagian penutup teether dengan jus, susu atau minuman kesukaan si kecil untuk dibekukan menjadi ice pop.

Namun, ice pop ini hanya boleh diberikan kepada bayi yang sudah berusia 9 bulan. Bunda bisa membeli Kidsme Icy Moo Moo di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli teether untuk bayi, sebaiknya Bunda memperhatikan beberapa hal penting seperti bentuk, bahan pembuatnya, isian, hingga pilih yang aman dan telah melalui uji standardisasi produk.
  • Selain itu, Bunda juga harus memperhatikan cara untuk membersihkan dan merawat teether agar tetap aman saat digunakan si kecil.
  • Bunda bisa memilih Bunny Gel Filled dan Baby Safe Puzzle, jika menginginkan teether dengan harga murah dan berkualitas.
  • Sedangkan untuk Bunda yang ingin memilih teether serba guna dan digunakan dalam jangka panjang, Bunda bisa memilih Carter Box dan Kidsme Icy Moo Moo.
  • Namun, jika Bunda yang ingin mencari teether yang ergonomis untuk melatih motorik si kecil, maka Bunda bisa memilih Dr. Brown’s A-Shaped Flexees, Nuby Safari Loop, dan Comotomo.

Referensi

1. Medical News Today (2020), 9 Of The Best Baby Teether,https://www.medicalnewstoday.com/articles/best-baby-teethers
2. Very Well Family (2020), Why Do Babies Like Teethers, https://www.verywellfamily.com/why-do-babies-like-teethers-3255327#:~:text=Babies%20are%20given%20teethers.,when%20light%20pressure%20is%20applied

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *