10 Rekomendasi Kamera Anti Air Terbaik yang Aman dan Berkualitas

Kegiatan bawah air kini bukan lagi sesuatu yang asing dan jarang dilakukan. Tidak hanya kalangan profesional saja, orang-orang non profesional pun kini mulai melakukan kegiatan bawah air seperti snorkeling, berenang, dan diving untuk menikmati keindahan bawah laut. Jika begitu, tentunya Anda ingin mengabadikan momen-momen keindahan bawah laut tersebut bukan?

Untuk mengabadikan momen-momen indah bawah laut, Anda memerlukan waterproof camera atau kamera anti air yang mumpuni. Banyak sekali produsen kamera yang menawarkan beragam jenis kamera anti air, mulai dari harga jutaan hingga belasan juta. Namun, untuk mendapatkan kamera anti air terbaik, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal, seperti spesifikasi serta cara perawatannya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa kamera anti air lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai kamera air beserta cara perawatannya.

Perhatikan ketahanan kamera pada air

Seperti namanya, kamera anti air harus dapat bertahan saat terkena air atau ketika berada di dalam air. Meski namanya kamera anti air, namun masing-masing kamera memiliki tingkat ketahanan air yang berbeda-beda.

Semakin tinggi tingkat ketahanannya, maka kamera bisa dibawa masuk ke air semakin dalam. Jika kamera tersebut dapat digunakan pada kedalaman 10 meter atau lebih, maka kamera tersebut sangat bisa digunakan untuk fotografi bawah laut.

Jika Anda merupakan seorang profesional yang sering melakukan kegiatan bawah air dan bermaksud memakai kamera anti air, sangat disarankan untuk memilih kamera yang bisa digunakan hingga pada kedalaman 30 meter.

Pilih yang memiliki fitur dust proof atau anti debu

Debu berukuran sekecil apapun rupanya tetap dapat masuk ke dalam kamera dan akan sangat sulit dibersihkan. Debu-debu yang dibiarkan di dalam kamera mampu merusak kamera. Karena itu, Anda perlu memilih kamera dengan fitur anti debu ini.

Jika Anda pernah melihat lambang “IP O ∆” pada alat elektronik itu menunjukan adanya fitur waterproof/ dust proof. Ikon O menunjukan tingkat ketahanan pada debu, sedangkan ikon ∆ menunjukan tingkat ketahanan terhadap air. Untuk kamera anti air lebih baik memiliki grade 6 (IP 6 ∆).

Tingkat ketahanan barang dari debu diukur dengan 6 grade, yaitu:

  • Grade 1 : benda padat dengan diameter 50 mm atau lebih tidak dapat masuk
  • Grade 2 : benda padat dengan diameter 12,5 mm atau lebih tidak dapat masuk
  • Grade 3 : benda padat dengan diameter 2,5 mm atau lebih tidak dapat masuk
  • Grade 4 : benda padat dengan diameter 1 mm atau lebih tidak dapat masuk
  • Grade 5 : debu yang bisa menyebabkan efek berbahaya tidak dapat masuk
  • Grade 6 : debu dan partikel kecil lainnya tidak bisa masuk

Pilih kamera yang tahan banting

Jika Anda memiliki anak-anak disekitar Anda, pastikan Anda memilih kamera yang tahan banting. Anak-anak cenderung tidak bisa diam dan ada kalanya kamera akan terbentur benda-benda keras atau tersenggol hingga jatuh.

Shock resistance atau tingkat ketahanan kamera terhadap benturan, berupa sebuah klaim yang dikeluarkan oleh pabrik setelah melalui serangkaian tes. Semakin tinggi angkanya, kamera tersebut semakin tahan banting.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa klaim tersebut bukanlah jaminan bahwa kamera Anda tidak akan rusak jika jatuh dari ketinggian. Ada faktor lain yang bisa menjadi pemicu rusak atau tidaknya kamera saat terjatuh.

Jika Anda memilih kamera dengan shock resistance hingga 2 meter atau lebih, Anda bisa memotret dengan tenang di segala tempat dan suasana.

Pilih kamera dengan fitur optical zoom

Teknologi zooming pada kamera digital terbagi menjadi dua jenis, yaitu digital zoom dan optical zoom. Digital zoom merupakan metode pembesaran gambar dengan cara memotong gambar asli, sehingga ukuran piksel akan turun dan hasil fotonya pecah.

Sedangkan optical zoom adalah pembesaran yang sebenarnya, sehingga meski Anda memperbesar objek kecil yang tadinya terlihat jauh, hasil gambarnya akan tetap bagus dan ukuran pikselnya tetap sama.

Ketika di dalam air, fitur optical zoom ini akan sangat membantu karena Anda bisa memotret keindahan bawah laut dari tempat yang agak jauh.

Pilih kamera yang sederhana dan mudah dioperasikan saat di dalam air

Ketika menggunakan kamera di dalam air, Anda tidak bisa mengoperasikannya dengan mudah seperti saat di daratan. Hal ini karena adanya tekanan dan aliran air. Saat sibuk mengotak-atik kamera yang memiliki sistem pengoperasian yang rumit, Anda akan kehilangan momen dan kesempatan memotret.

Karena itu, pilihlah kamera yang sederhana dan mudah digunakan. Selain itu, pilihlah tombol shutter yang lebih besar dan mudah ditekan karena bisa jadi ketika di dalam air Anda akan menggunakan sarung tangan.

Pilih kamera dengan fitur image stabilization

Anda perlu ingat bahwa ketika didalam air, gerakan Anda menjadi tidak stabil karena adanya tekanan air dan arus air. Ketika menggunakannya di dalam air, Anda akan sering mengalami goncangan sehingga fitur image stabilization akan sangat membantu menghasilkan foto yang jernih dan stabil.

Ada dua jenis peredam goncangan pada kamera, yaitu optical type dan electronic type. Secara garis besar, fitur optical image stabilization akan menggerakkan lensa dan sensor sebelum mengambil gambar, sedangkan tipe electronic image stabilization akan mengkoreksi gambar setelah foto diambil, menggunakan komputer.

Kamera dengan optical image stabilization mampu mengambil gambar dengan kualitas yang jauh lebih bagus dibandingkan tipe electronic image stabilization, namun tentu saja harganya dipastikan lebih mahal.

Jika Anda akan memotret dengan pergerakan yang cepat, sangat disarankan untuk memilih kamera dengan fitur optical image stabilization. Tetapi jika Anda mencari kamera dengan harga yang lebih ekonomis, maka pilihlah tipe kamera yang memiliki fitur electronic image stabilization.

Cara merawat kamera anti air agar lebih awet

Agar kamera anti air Anda tetap terjaga kualitasnya dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kamera anti air:

  • Sehabis menggunakannya di dalam air laut, rendam kamera Anda menggunakan air tawar. Hal ini akan membantu melarutkan air laut yang asin dan korosif yang terperangkap di dalam alur o-ring dan tombol.
  • Gunakan alat peniup untuk menghilangkan air laut yang terperangkap di tombol. Jangan biarkan air laut terperangkap terlalu lama di dalam kamera Anda karena sifatnya yang korosif.
  • Keringkan permukaan port dan lensa bidik Anda. Hal ini perlu dilakukan agar pembentukan tanda air yang permanen tidak terjadi.
  • Setelah menggunakannya di dalam air, lap permukaan kamera supaya lekas kering dan debu tidak menempel.

10 Rekomendasi kamera anti air terbaik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kamera anti air lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami untuk memberikan rekomendasi kamera anti air terbaik dari berbagai merek berikut ini:

10. Fujifilm Finepix XP130

fujifilm_finepix_xp130

Harga : Rp 2.150.000

Kamera mungil yang mudah dibawa kemana saja

Kamera Fujifilm ini merupakan kamera yang berasal dari brand asal Jepang. Kamera ini dibekali dengan sensor CMOS BSI 16,4 MP dengan lensa Fujinon yang khas dari Fujifilm. Tak hanya itu, Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur optical zoom hingga 5 kali perbesaran sehingga gambar hasil zoom nya berkualitas tinggi.

Kamera ini mampu merekam video dengan kualitas full HD 1080p pada kecepatan 60fps. Meskipun bentuknya mungil, kamera ini juga dilengkapi dengan WiFi dan bluetooth untuk memudahkan transfer file ke device lain.

Ketahanannya pada air tidak perlu diragukan lagi karena kamera ini dapat bertahan hingga pada kedalaman 20 meter dibawah permukaan lain. Tidak hanya itu, kamera ini juga tahan dingin karena mampu bertahan hingga suhu -10 derajat celcius.

Kelebihan lainnya adalah kamera ini tahan terhadap benturan serta dilengkapi dengan casing anti debu.Anda dapat membeli kamera ini di Shopee.

9. Nikon Coolpix W300

nikon_coolpix_w300

Harga : Rp 4.711.500

Kamera mungil dengan fitur canggih

Seperti yang kita ketahui bahwa nikon sebagai perusahaan kamera tertua yang kali ini memproduksi kamera anti air Coolpix W300 dengan bodi mungil sehingga mudah dibawa kemana saja.

Coolpix W300 mengusung lensa dengan sensor 16 MP 1/2.3 CMOS. Terdapat fitur optical zoom dengan 5 kali perbesaran dan memiliki kemampuan untuk melakukan telephoto serta stabilisasi gambar Hybrid VR.

Kemampuan merekam videonya sudah 4K ultra HD pada kecepatan 30fps. Pada kamera ini juga disematkan bluetooth, WiFi, GPS, eCompass, serta pengukur kedalaman. Kamera ini dapat bertahan pada kedalaman 30 meter dan tahan banting pada ketinggian 2 meter dan tahan dingin hingga suhu -10 derajat celcius. Anda dapat membeli kamera ini di Blibli.

8. Canon Powershot D30

canon_powershot_d30

Harga : Rp 3.250.000

Kamera sederhana yang mudah dioperasikan

Kamera ini hadir dengan body mungil tetapi dilengkapi dengan performa yang handal. Kamera ini dapat bertahan hingga kedalaman 25 meter di bawah permukaan laut serta tahan banting dari ketinggian 2 meter, serta tahan dingin hingga suhu -10 derajat celcius.

Kamera ini dilengkapi sensor CMOS 12,1 MP dan lensa 28-140 mm. Tidak hanya itu, kamera ini juga dilengkapi dengan optical zoom hingga 5 kali perbesaran sehingga gambar yang dihasilkan akan sangat jernih.

Meski tidak dilengkapi WiFi, kamera ini sudah memiliki fitur GPS yang akan membantu Anda mengingat lokasi-lokasi pemotretan. Tombol shutter Canon Powershoot D30 berukuran besar, sehingga akan memudahkan Anda dalam mengoperasikannya sekalipun Anda mengenakan sarung tangan. Anda dapat membeli kamera ini di Tokopedia.

7. Panasonic Lumix DMC-LX10

panasonic_lumix_dmc_lx10

Harga : Rp 7.405.000

Kamera canggih dengan hybrid image stabilizer

Kamera Lumix ini mengusung lensa dengan sensitivitas tinggi yaitu 20,1 MP untuk menghasilkan gambar yang super jernih. Pengambilan gambar dijamin akan sangat jernih, karena dilengkapi dengan fitur 50-Axis Hybrid Image Stabilizer serta autofokus yang mampu mengenali 49 titik ketajaman.

Kamera ini mampu mengambil gambar berturut-turut hingga 10 foto sekaligus dan dapat merekam video dengan hasil Ultra HD 4K pada kecepatan 30/24fps. Tidak hanya itu saja, kamera ini dilengkapi dengan konektivitas wifi dan layar touchscreen yang dapat dimiringkan hingga 180 derajat. Anda dapat membeli kamera ini di Lazada.

6. Nikon 1 AW1

nikon_1_aw1

Harga : Rp 9.799.000

Gambar jernih dengan kamera berdesain elegan

Kamera Nikon yang satu ini merupakan produk terbaru dati Nikon dan dibandrol dengan harga yang relatif tinggi. Namun seperti yang kita ketahui bahwa kualitas gambar hasil jepretan Nikon tidak main-main.

Kamera ini dipersenjatai dengan sensor CMOS 14,2 MP dengan lensa utama aparture f/1.7. Kamera ini dilengkapi dengan fitur built in wifi dan GPS. Kamera ini hadir dengan desain yang sederhana yang tampak elegan. Nikon 1 AW1 dapat dibawa menyelam hingga kedalaman 15 meter. Anda dapat membeli kamera ini di Blibli.

5. GoPro Hero 7

gopro_hero_7

Harga : Rp 4.029.000

Sangat populer dikalangan milenial

Perusahaan kamera khusus adventure asal amerika serikat ini menawarkan kamera anti air yaitu GoPro Hero 7. Sensor yang dibekali pada kamera ini sebesar 12 MP serta dilengkapi dengan fitur Super Photo. Lensa kamera ini merupakan lensa super wide yang akan menghasilkan kualitas gambar yang nyaris sempurna.

Kamera ini mempunyai kemampuan untuk merekam video Ultra HD 4K pada kecepatan 60fps. Selain itu, kamera ini dilengkapi dengan fitur Hyper Smooth Stabilization untuk mengurangi buram akibat goncangan.

Fitur lainnya yang ditawarkan adalah voice control yang membuat kamera ini menjadi istimewa, serta terdapat fasilitas GPS dan LCD touchscreen. Anda dapat membeli kamera ini di Blibli.

4. Sealife Micro 2.0

sealife_micro_2_0

Harga : Rp 8.468.900

Tahan hingga kedalaman 60 meter

Dari namanya, kamera ini sudah terdengar jika Sealife sangat mendukung kegiatan bawah air Anda. Tidak tanggung-tanggung, kamera ini dapat dioperasikan dan tahan dengan kedalaman air hingga 60 meter dibawah permukaan air laut.

Bodi kamera ini terbuat dati karet yang dilapisi baja sehingga terjamin kekokohannya. Sensor kameranya mengadaptasi Sony yang berukuran 16 MP dan dilengkapi dengan fitur fish eye.

Kamera ini dapat merekam video bawah air dengan kualitas Full HD 1080p pada kecepatan 60fps. Selain itu, terdapat fitur koreksi warna untuk mendapatkan warna paling realistis di bawah air. Anda dapat membeli kamera ini di Lazada.

3. Ricoh WG-50

ricoh_wg_50

Harga : Rp 2.915.900

Desain ergonomis dan stylish

Ricoh merupakan produsen kamera asal Jepang, dan nampaknya brand ini belum terlalu terkenal di Indonesia. Ricoh seri WG-50 memiliki desain ergomonis dan stylist yang kedap air, tahan banting, serta anti debu. Sensor kamera ini CMOS sebesar 16MP yang tidak akan mengecewakan.

Kamera ini dilengkapi fitur optical zoom dengan 5 kali perbesaran yang mampu menghasilkan gambar-gambar tajam. Selain itu, fitur lainnya adalah outdoor view setting mode yang akan mengubah kecerahan cahaya secara otomatis saat berada di luar ruang.

Anda dapat membawanya menyelam hingga kedalaman 15 meter dan diklaim tahan banting hingga ketinggian 1.5 meter. Tidak hanya itu, WG-50 dapat merekam video 1080p pada kecepatan 30fps. Anda dapat membeli kamera ini di Lazada.

2. Nikon Coolpix AW130

nikon_coolpix_aw130

Harga : Rp 2.990.000

Baterai tahan lama dan sangat jernih hasilnya

Nikon Coolpix AW130 merupakan kamera besutan Nikon yang mampu bertahan di kedalaman air hingga 30 meter. Baterainya yang tahan lama pun mendukung kegiatan bawah air Anda dan mampu digunakan hingga 370 jepretan gambar.

Kamera ini dilengkapi dengan sensor CMOS 16 MP dengan lensa 24-120mm. Fitur menarik nya adalah kamera ini dilengkapi dengan optical image stabilization yang akan membuat hasil gambar Anda sangat jernih meskipun terkena goncangan .

Kamera dari Nikon ini juga dilengkapi dengan built in wifi dan GPS yang akan memudahkan Anda berbagi foto dan melacak jejak. Anda dapat membeli kamera ini di Tokopedia.

1. Olympus TG-5 Tough

olympus_tg_5_tough

Harga : Rp 6.350.000

Desain tangguh dan berkualitas

Tangguh seperti ‘Tough’ namanya, kamera ini didesain dengan kokoh dan siap menemani petualangan Anda. Kemampuan bertahan dibawah airnya hingga 30 meter di bawah permukaan air dan mampu bertahan pada cuaca dingin hingga -10 derajat celcius.

Tidak hanya itu, kamera ini juga tahan banting hingga ketinggian 2,1 meter dan tahan debu. Pada lensa kamera ini disematkan sensor CMOS sebesar 12 MP. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan built in WiFi dan GPS.

Anda dapat merekam video Ultra HD 4K pada kecepatan 120 fps jika menggunakan kamera ini. Anda dapat membeli kamera ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kamera anti air, sebaiknya Anda mempertimbangkan spesifikasi kamera, merek, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar kamera anti air Anda lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Nikon Coolpix W300, karena fiturnya yang lengkap dan tahan di kedalaman air hingga 30 meter
  • Sedangkan, untuk Anda yang merupakan profesional diver atau terbiasa melakukan kegiatan bawah air, Anda bisa memilih kamera Sealife Micro 2.0 karena kamera ini mampu bertahan di kedalaman air hingga 60 meter.
  • Namun, jika Anda yang ingin memiliki kamera adventure serbaguna, maka Anda bisa memilih kamera GoPro Hero 7.

Referensi

  1. Jon Stapley (2019), The best waterproof camera in 2020: underwater cameras for fun and action, https://www.digitalcameraworld.com/buying-guides/best-waterproof-cameras
  2. Mark Wilson (2020), Best waterproof camera 2020: 5 great cameras for seaside snapping, https://www.techradar.com/news/best-waterproof-camera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *