10 Rekomendasi Proyektor yang Bagus dan Berkualitas

Proyektor berfungsi untuk menampilkan data, gambar, atau pun video ke sebuah layar atau dinding agar penonton lebih mudah melihatnya. Biasanya proyektor digunakan untuk presentasi bisnis, presentasi di kelas, hingga menonton film favorit di rumah.

Sekarang ini banyak tersedia proyektor dengan berbagai merek yang ada di pasaran. Untuk memilih satu merek yang sesuai dengan kebutuhan Anda tentu sedikit sulit, mengingat masing-masing mengklaim sebagai produk yang baik dan bermutu.

Untuk membantu mengatasi kesulitan Anda, pada artikel kali ini kami akan menyajikan 10 rekomendasi proyektor yang bagus dan berkualitas lengkap beserta harga dan ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai proyektor beserta cara merawatnya.

Mengenal jenis dan teknologi proyektor

Pada umumnya terdapat dua jenis proyektor yaitu data / business projector dan home theater projector. Sesuaikanlah jenis proyektor yang akan Anda pilih dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda salah dalam memilih jenis proyektor sehingga hasilnya tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Proyektor data / bisnis umumnya digunakan dalam ruang kelas untuk presentasi atau mengajar. Faktor pencahayaan berperan penting pada proyektor jenis ini. Apalagi jika ruangan tersebut terang dan berukuran besar. Memilih proyektor yang lebih ringan juga patut dipertimbangkan jika proyektor sering dibawa pergi.

Proyektor home theater biasanya digunakan untuk menonton film atau gaming. Faktor pencahayaan tidak terlalu penting, namun faktor resolusi sangat penting untuk menunjang kualitas gambar yang baik.

Proyektor untuk presentasi biasanya menggunakan teknologi Liquid Crystal Display. Teknologi LCD ini sangat populer serta memiliki resolusi, tingkat kecerahan dan rasio aspek yang lebih tinggi dibanding teknologi DLP (Digital Light Processing).

Untuk proyektor berteknologi DLP biasanya digunakan untuk kegiatan menonton film atau video. Teknologi DLP ini menggunakan jutaan kaca kecil untuk memancarkan gambar. Biasanya kualitas gambar akan lebih hidup, halus dan bagus.

Anda juga bisa membeli proyektor yang berteknologi LCoS (Liquid Crystal on Silicone). Teknologi ini adalah gabungan antara teknologi LCD dengan DLP. Gambar yang dihasilkan nantinya akan sangat tajam dan juga terang. Akan tetapi harga proyektor berteknologi LCoS ini terbilang mahal sehingga jarang ada proyektor di pasaran yang menggunakan teknologi LCoS.

Perhatikan jenis gambar apa yang akan Anda tampilkan

Mengetahui jenis gambar apa saja yang akan Anda tampilkan akan menentukan proyektor tipe apa yang akan Anda beli. Umumnya ada empat jenis gambar dasar yang akan ditampilkan pada proyektor yaitu foto, video, data, dan game.

Anda tentunya menginginkan proyektor yang bekerja dengan baik sesuai gambar yang ingin Anda tampilkan. Sebagian besar proyektor dijual sebagai proyektor data atau bisnis, bioskop rumah, maupun proyektor video. Sebagian kecil lainnya merupakan proyektor game play.

Proyektor data umumnya akan menampilkan gambar data dengan baik. Misalnya presentasi power point, spreadsheet maupun file PDF. Sementara proyektor home theater akan menampilkan video gerak penuh dengan lebih baik. Proyektor yang mampu menangani gerak video dengan baik juga biasanya mampu melakukan pekerjaan foto dengan baik, karena foto memiliki banyak kesamaan dengan video.

Untuk game akan memerlukan gabungan dari proyektor data dan gerak video yang baik. Jika Anda tidak bisa menemukan proyektor yang baik untuk game, Anda bisa mencari proyektor yang mampu menampilkan data dan gambar video dengan baik.

Perhatikan resolusi pada proyektor

Resolusi adalah besarnya ukuran layar proyektor. Semakin besar gambar yang ditampilkan maka semakin besar juga resolusinya. Jika Anda ingin menampilkan data gambar, Anda perlu mempertimbangkan seberapa detail gambar tersebut.

Presentasi power point umumnya SVGA (800 x 600 piksel) sudah cukup baik, dan Anda bisa menghemat biaya dari pada menggunakan resolusi asli yang lebih tinggi. Umumnya semakin detail gambar, akan semakin tinggi juga resolusinya. Sedang di pasaran kini juga sudah banyak proyektor dengan resolusi 1080 p (1.920 x 1.080 piksel)

Untuk video, 1080 piksel merupakan pilihan tepat. Jika kemungkinan Anda akan menonton video pada resolusi lebih rendah, sebaiknya periksa juga seberapa baik proyektor menangani resolusi tersebut.

Perhatikanlah nilai lumens dan fitur yang ada pada proyektor

Lumens biasanya ditujukan untuk tingkat terangnya sebuah lampu proyektor. Semakin terang lampu proyektor maka semakin tinggi pula lumensnya. Agar gambar atau data terlihat dengan jelas maka diperlukan lumen yang tinggi. Apalagi jika sebuah ruangan itu cukup terang, maka lumensnya juga lebih tinggi.

Untuk proyektor home theater biasanya menggunakan 800 – 1000 lumens. Sedangkan untuk keperluan presentasi kantor memerlukan lumen yang lebih tinggi diatas 2000 lumen. Apalagi jika ruangan tersebut memiliki banyak jendela, sehingga banyak cahaya yang masuk.

Banyak proyektor keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih. Misalnya saja USB, DVI, Port HDMI, VGA, Port SD Card, wireless dan masih banyak fitur lainnya.

Semakin canggih dan lengkap fitur yang tersedia tentu akan semakin memberikan kualitas yang bagus. Umumnya harganya juga akan semakin mahal dibanding dengan proyektor dengan fitur yang sederhana maupun sedikit fiturnya. Sesuaikanlah fitur-fitur tersebut dengan kebutuhan Anda.

Cara merawat proyektor agar tetap awet

Merawat proyektor dengan baik dan benar perlu dilakukan agar proyektor bisa bertahan lama meskipun sering digunakan. Berikut hal-hal yang perlu dilakukan untuk membantu menjaga proyektor Anda agar tetap awet :

  • Jauhkan proyektor dari sumber panas atau cahaya matahari langsung. Suhu yang panas dapat merusak komponen yang ada pada proyektor.
  • Hindari memindahkan proyektor pada saat beroperasi. Hal itu disebabkan bola lampu proyektor sangat berpengaruh terhadap getaran. Akibat terburuknya lampu proyektor bisa putus dengan tiba-tiba.
  • Pada saat proyektor beroperasi pastikan kipas proyektor tidak terhalang, hal itu untuk memastikan sistem pembuangan udara panas dapat berjalan dengan normal.
  • Ketika mematikan proyektor hindari mencabut kabel power secara langsung karena hal itu bisa menyebabkan kerusakan proyektor. Sebaiknya tekan tombol power terlebih dahulu, pastikan kipas pendingin sudah mati lalu baru mencabut kabel power.
  • Hindari menggunakan proyektor secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Jika terpaksa harus menggunakan proyektor dalam waktu yang lama, pastikan memberi jeda istirahat sejenak agar proyektor tidak panas.
  • Bersihkan filter proyektor secara teratur dua atau tiga minggu sekali. Langkah ini perlu dilakukan agar bisa menghilangkan debu yang ada pada kipas proyektor. Debu-debu yang menempel bisa menyebabkan overheating.
  • Simpanlah proyektor pada tempat yang aman. Hindari tempat yang basah, lembab ataupun panas.
  • Bawalah proyektor pada tas yang dilengkapi dengan peredam getaran atau goncangan jika terpaksa harus membawanya. Umumnya tas proyektor satu paket dengan pembelian proyektornya.

10 Rekomendasi proyektor yang bagus dan berkualitas

Setelah Anda menyimak berbagai pengetahuan tentang proyektor dan cara merawat proyektor yang benar agar tetap awet, maka berikut ini kami sajikan proyektor yang bagus dan berkualitas lengkap dengan harga serta ulasannya :

10. BenQ HT215ST

benq_ht215st

Harga : Rp 12.205.000

Proyektor yang bagus untuk menonton film di luar ruangan

Proyektor BenQ HT215ST merupakan proyektor yang memiliki resolusi 1080p. Merek ini juga memiliki kualitas gambar yang tajam. Jika Anda ingin menonton film di luar ruangan, merek ini cukup memberikan kecerahan yang bagus di malam hari.

Dengan harga yang terjangkau menjadikan proyektor ini patut untuk Anda beli. Proyektor ini juga cukup bagus untuk membantu tugas presentasi di perusahaan. Anda bisa membeli produk ini di Amazon.

9. Proyektor Kodak Luma 150

proyektor_kodak_luma_150

Harga : Rp 4.391.000

Proyektor kecil dengan harga terjangkau

Kodak luma 150 merupakan proyektor kecil dan portable yang dapat menampilkan konten dari berbagai sumber baik kabel maupun nirkabel. Desain proyektor ini juga terbilang stylish dan memiliki baterai internal yang dapat diisi ulang.

Proyektor ini memiliki harga yang sangat terjangkau dengan resolusi yang sederhana. Selain itu produk ini memiliki efek pelangi yang minim pada videonya. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

8. InFocus IN1118HD

infocus_in1118hd

Harga : Rp 18.624.000

Proyektor yang ringan dan portable

Proyektor Infocus IN1118HD ini terbilang ringan dan sangat portable. Memiliki resolusi 1080p sehingga mampu memproyeksikan teks dengan tajam. Selain itu proyektor ini juga memiliki memori internal sebesar 4GB serta mempunyai port yang bagus.

Proyektor ini dapat digunakan untuk klip video pendek. Kekurangannya hanya ada pada audionya yang lemah dan memiliki efek pelangi pada video. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

7. Casio XJ-UT311WN

casio_xj_ut311wn

Harga : Rp 48.200.000

Proyektor yang cocok untuk presentasi

Casio XJ-UT311WN memiliki kualitas gambar data yang bagus. Sumber cahayanya tergolong tahan lama dan bebas merkuri. Proyektor ini memiliki adaptor WiFi dan memiliki umur lampu yang sangat panjang.

Produk ini merupakan proyektor data laser / LED hybrid dengan jarak lemparan yang sangat pendek. Meskipun harganya mahal, namun kualitasnya tergolong bagus. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

6. Anker Nebula Capsule II

anker_nebula_capsule_ii

Harga : Rp 4.600.000

Proyektor yang menjalankan sistem operasi TV android

Proyektor dengan harga terjangkau ini mampu menjalankan sistem operasi TV android. Selain itu merek ini juga dapat menampilkan video, foto, game dan dapat memutar musik dengan baik. Audionya tergolong bagus dan keras. Selain itu juga bisa berfungsi sebagai speaker bluetooth yang berdiri sendiri.

Proyektor untuk keperluan hiburan ini memiliki kecerahan sederhana yang baik digunakan pada ruangan yang gelap. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Optoma GT1080HDR

optoma_gt1080hdr

Harga : Rp 12.305.000

Proyektor terbaik untuk para gamer

Proyektor ini sangat bagus digunakan untuk bermain game konsol favorit Anda di layar yang besar. Proyektor ini juga memiliki kecerahan 3.800 lumens. Selain itu juga memiliki kecepatan refresh 120 Hz untuk jeda yang lebih sedikit daripada model proyektor kebanyakan.

Produk ini memiliki tingkat kecerahan dan lompatan pendek hanya 3,5 kaki dari layar, menjadikan proyektor ini salah satu model terbaik untuk menonton film di luar ruangan. Anda bisa membeli produk ini di Amazon.

4. NEC NP-ME401W

nec_np_me401w

Harga : Rp 13.250.000

Proyektor dengan sound system yang bagus

Proyektor data berbasis LCD ini memiliki kecerahan warna yang baik. Produk ini juga mempunyai kualitas video yang bagus. Selain itu kualitas gambar datanya juga bagus, teksnya tajam dan terang. Kelebihan lainnya dari merek ini yaitu kualitas sound systemnya yang bagus.

Produk ini memiliki banyak port, bahkan memungkinkan juga menghubungkan dengan perangkat seluler yang kompatibel. Dengan resolusi WXG dan harga yang wajar menjadikan produk ini patut untuk Anda pilih. Anda bisa membeli produk ini di Amazon.

3. Epson EX3260 SVGA 3LCD

epson_ex3260_svga_3lcd

Harga : Rp 4.980.000

Proyektor yang cocok untuk kantor dan sekolah

Epson EX3260 ini merupakan proyektor yang sangat portable. Kualitas gambar data dan videonya bagus, sangat cocok digunakan pada kantor maupun sekolahan. Produk ini juga memiliki audio yang tak buruk.

Merek ini memiliki keseimbangan warna dan kontras yang baik. Selain itu merek ini juga didukung port USB tipe A. Anda bisa membeli produk ini di Amazon.

2. BenQ HT3550

benq_ht3550

Harga : Rp 23.085.000

Proyektor yang mudah dalam pengaturannya

Proyektor merek ini sangat ringan dan mudah untuk diatur. Menggunakan proyektor ini film yang ditampilkan akan lebih sinematik. Proyektor ini juga dilengkapi dengan zoom optik bawaan.

Produk ini memiliki resolusi 4K yang mampu untuk mengoptimalkan keluaran cahaya agar mendapatkan kontras yang lebih baik dari biasanya. Dengan kualitasnya yang bagus tak ada salahnya Anda menjadikannya sebagai pilihan utama. Anda bisa membeli produk ini di Amazon.

1. Epson 5050UB

epson_5050ub

Harga : Rp 50.820.000

Proyektor home theater terbaik

Jika Anda menginginkan home theater khusus dengan tempat duduk stadion, Anda memerlukan proyektor yang lebih besar seperti Epson 5050UB. Proyektor ini menawarkan lensa berkualitas bioskop. Warna-warnanya sangat tajam dan tingkat hitamnya menakjubkan.

Proyektor ini dilengkapi pemancar HDMI nirkabel. Andapun bisa mendapatkan konten hingga 4K / 30 frame per detik ke proyektor, tanpa menjalankan kabel HDMI super panjang. Meskipun harganya mahal kualitasnya sangatlah bagus. Anda bisa membeli produk ini di Amazon.

Kesimpulan

  • Sebelum Anda membeli proyektor, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti jenis gambar apa saja yang ingin ditampilkan, data gambar,video ataupun game. Perhatikan juga resolusi proyektor, nilai lumens, dan fitur yang ada pada proyektor.
  • Selain itu, Anda juga harus melakukan perawatan dengan baik dan benar, agar proyektor yang Anda miliki lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa membeli proyektor Kodak Luma 150, karena bentuknya mini dan harganya lebih terjangkau.
  • Namun, jika Anda ingin membeli untuk kebutuhan sekolah atau kantor, maka Anda bisa memilih proyektor Epson EX3260 SVGA 3LCD.
  • Sedangkan bagi para gamer, bisa membeli proyektor Optoma GT1080HDR, karena memiliki kecepatan refresh 120 Hz untuk jeda yang lebih sedikit dari pada model proyektor kebanyakan.

Referensi

  1. Tony Hoffman (2020), The Best Projectors of 2020, https://sea.pcmag.com/projectors/8173/the-best-projectors-of-2020
  2. Parker Hal L (2020), The Best Projectors (and 2 Screens) You Can Buy, https://www.wired.com/gallery/best-projectors/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *