Kenali Berbagai Perbedaan Spesifikasi OPPO A74 dan OPPO A74 5G

Setelah mendapat sambutan yang memuaskan dari seri Reno5 5G pada Januari 2021 lalu, OPPO kembali menghadirkan smartphone lain di tanah air, yaitu OPPO A74 dan OPPO A74 5G. Kedua ponsel pintar yang diperkenalkan bersamaan ini menghadirkan perbedaan spesifikasi yang cukup signifikan.

Kehadiran OPPO A74 diproyeksikan sebagai penerus dari seri A92 yang pernah rilis di Indonesia pada awal Mei 2020 lalu. Menariknya, bagian dari seri A milik OPPO ini menjadi salah satu yang rilis pertama kali di Indonesia.

Sedangkan untuk OPPO A74 5G sudah dibekali chipset 5G keluaran Qualcomm, Snapdragon 480. Walau termasuk bagian dari ponsel 5G, harga yang ditawarkan sangat murah.Hanya dibanderol kisaran RP 3 jutaan saja. Sehingga tidak heran kalau OPPO menyematkan julukan ponsel 5G termurah di Indonesia.

Harga jualnya yang terjangkau membuat OPPO menjadikan perangkat terbarunya sebagai dukungan bagi ekosistem jaringan 5G di Indonesia, yang masih cukup jarang saat ini. Diharapkan dalam rentang waktu 1-2 tahun ke depan, jaringan 5G di Indonesia bisa jadi lebih merata.

Dijual secara terbatas

OPPO memulai sesi penjualan perdana dari seri A74 5G di Indonesia pada Jumat, 23 April 2021. Penjualannya hanya dilakukan melalui e-commerce Shopee dalam stok yang sangat terbatas. Bahkan saking terbatasnya, penjualan varian tersebut diperkirakan hanya akan bertahan dalam satu hingga dua minggu pertama saja.

Pembatasan tersebut terpaksa dilakukan karena kuota unit dari perangkat 5G ini tidaklah banyak. OPPO Indonesia pun harus membagi stok dengan negara-negara lain.

Apabila Anda melakukan pembelian melalui program flash sale via marketplace Shopee, Anda bisa mendapatkan potongan harga sampai Rp 100 ribu. Selain itu, khusus untuk pembelian di tanggal 23 April 2021, OPPO juga memberi bonus merchandise gratis berupa lampu portabel unik lengkap dengan speaker-nya.

Sementara untuk varian A74, calon pembeli bisa lebih bernapas lega. Karena stok dari ponsel pinter tersebut tersedia sangat melimpah. Anda bisa mendapatkannya melalui pembelian online maupun offline.

Meski merupakan satu seri yang diluncurkan bersamaan yang sama, baik OPPO A74 maupun OPPO A74 5G tetap memiliki perbedaan pada spesifikasinya. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan spesifikasi dari OPPO A74 dan OPPO A74 5G.

OPPO A74

foto-berbagai-perbedaan-spesifikasi-oppo-a74-dan-oppo-a74-5g-01

Harga:Rp3.499.000

Display
Type : AMOLED
Resolution : 1080 x 2400 pixel
Size : 6.43 inch

Network
2G/3G/4G LTE

Platform
OS : Android 11
UI : ColorOS 11.1
GPU : Adreno 610
CPU : Octa-core
Memory card :  microSDXC
RAM/ROM : 6GB/128GB
Chipset : Snapdragon 662 G

Camera
Main (Triple) : 48MP+ 2MP + 2MP (Video: 1080p with 30fps)
Selfie : 16MP (Video: 1080p with 30fps)

Body
Dimension body : 160,3 mm x 73,8 mm x 8 mm
Weight : 175 gram
SIM : Dual SIM
Colors : Midnight Blue, Prism Black

Other:
Feature : Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, GPS, Bluetooth 5.0
Battery : 5000 mAh, Li-Po (non-removable, with fast charging 33W and SuperVOOC 2.0)
Wi-Fi : 802.11 a/b/g/n/ac
USB : USB Type-C 2.0, USB On The Go

  • Desain bodi tipis dan ringan yang ideal

Kalau Anda tidak suka dengan bodi ponsel yang terlalu berat, OPPO A74 wajib dipertimbangkan. Bagaimana tidak, ketebalan bodinya hanya 8 mm, sedangkan bobotnya tidak lebih dari 175 gram. Sangat ideal untuk ukuran ponsel pintar sekarang ini.

Desain bodi-nya pun dirancang ultra-slim sehingga membuat smartphone OPPO ini jadi terasa nyaman ketika digenggam dalam waktu lama.

Selain itu, ditambah lagi balutan warnanya juga menambah kesan elegan dan premium yang terlihat mewah. Tersedia dua opsi warna yang bisa Anda pilih sesuai selera, yakni Midnight Blue dan Prism Black.

Bagian bodi belakangnya diberi lapisan glossy yang sedikit licin, namun dapat memancarkan visual warna yang memikat. Sementara di sisi kiri dan kanan belakangnya diberi lengkungan 3D yang makin menambah kesan tipis.

  • Teknologi layar yang juara

OPPO A74 hadir dengan ukuran layar 6,43 inci serta rasio layar ke bodi mencapai 84,4%. Terbilang cukup lega untuk mendukung aktivitas seperti bermain game dan menonton konten video.

Memang laju penyegarannya masih belum mendukung 90Hz, namun keberadaan panel AMOLED yang hemat energi dengan cakupan warna hingga 92% DCI-P3, rasanya cukup jadi alternatif.

Tingkat kecerahan layar pada OPPO A74 terbilang cukup tinggi, yakni 430 nits untuk kelas tipikal dan maksimal mencapai 800 nits. Membuatnya mampu terlihat jelas walau di bawah pantulan sinar matahari. Kerapatan pikselnya pun cukup tinggi, 409 ppi. Memberi tampilan begitu jelas dan detail untuk kelasnya.

  • Lensa kamera berkualitas baik di kelasnya 

Ponsel pintar ini menghadirkan tiga kamera belakang yang berisikan tiga sensor, antara lain lensa utama 48 MP sertadua sensor lain dengan masing-masing 2 MP. Sementara kamera depannya dibekali lensa beresolusi 16 MP.

Sensor kamera yang ditawarkan sebenarnya sudah sangat baik untuk kelasnya. Sayang, sensor ultrawide harus absen pada seri ini. Padahal sensor tersebut sangat berguna untuk pengambilan gambar secara meluas.

Sistem videografinya pun tidak memiliki teknologi gyro-EIS sehingga perlu alat penyeimbang khusus untuk mengambil video yang stabil.

  • Performa terjaga dan memuaskan

Berlanjut ke sisi performanya, OPPO A74 menjalankan chipset Snapdragon 662 dengan fabrikasi 11 nanometer dari Qualcomm SM6115. Ditambah dengan kehadiran delapan core serta RAM berkapasitas 6GB, membuatnya memiliki performa terbaik dan cukup terjaga.

Untuk grafisnya, ponsel pintar ini menyematkan GPU Adreno 610 yang memberikan tampilan visual yang memuaskan.

Ketahanan baterai-nya pun patut diacungi jempol.Kapasitas baterainya sangat besar, sampai 5000 mAh. Ditambah lagi dengan teknologi pengisian daya cepat hingga 33W, yang diklaim dapat mengisi baterai secara penuh keseluruhan hanya dalam waktu 72 menit saja.

Kelebihan OPPO A74

  • Memiliki ukuran bodi yang tipis dan ringan, cocok untuk mobilitas tinggi.
  • Sudah menerapkan sistem OS terbaru.
  • Menggunakan panel layar AMOLED yang hemat daya dengan kecerahan layar mencapai 800 nits.
  • Performanya kencang dan memuaskan karena menggunakan chipset kelas menengah terbaik Qualcomm, Snapdragon 662.
  • Dibekali kualitas kamera yang cukup baik di kelasnya.
  • Dilengkapi baterai berkapasitas melimpah, lengkap dengan fitur fast charging 33W.

Kekurangan OPPO A74

  • Tidak dibekali sensor ultrawide untuk menangkap gambaran secara luas.
  • Perlu menggunakan alat penyeimbang khusus karena tidak dilengkapi dengan fitur gyro.
  • Belum menggunakan teknologi Bluetooth terbaru.
  • Tidak menyematkan fitur NFC.

OPPO A74 5G

foto-berbagai-perbedaan-spesifikasi-oppo-a74-dan-oppo-a74-5g-02

Harga: Rp3.799.000

Display
Type : IPS LCD
Resolution : 1080 x 2400 pixel
Size : 6,5 inch

Network
2G/3G/4G LTE/5G

Platform
OS : Android 11
UI : ColorOS 11.1
GPU : Adreno 619
CPU : Octa-core
Memory card : microSDXC
RAM/ROM : 6GB/128GB
Chipset : Snapdragon 480 5 G

Camera
Main (Quad) : 48MP+ 8MP+ 2MP + 2MP (Video: 1080p with 30fps)
Selfie : 16MP (Video: 1080p with 30fps)

Body
Dimension body : 162,9 mm x 74,7 mm x 8,4 mm
Weight : 190 gram
SIM : Dual SIM
Colors : Space Silver, Fluid Black

Other:
Feature : Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, GPS, Bluetooth 5.1, NFC, gyro
Battery : 5000 mAh, Li-Po (non-removable, with fast charging 18 W)
Wi-Fi : 802.11 a/b/g/n/ac
USB : USB Type-C 2.0, USB On The Go

  • Bodi dengan tampilan gradasi warna yang halus

Kalau versi regulernya hadir dengan bodi tipis dan ringan, berbanding terbalik dengan versi 5G ini. Di mana bobotnya justru mencapai angka 190 gram dengan ketebalan 8,4 mm.

Hal itu tentu bukan berat yang ideal untuk ukuran ponsel pintar zaman sekarang. Akan tetapi, bagi Anda yang tidak mempermasalahkan soal berat, smartphone ini masih terbilang cukup nyaman untuk digenggam.

Desain yang ditawarkan tidak kalah elegan dan mewah dengan versi regulernya. Terlihat dari konsep Warm Tech dengan tekstur matte yang diterapkannya.

Ada dua varian warna yang bisa dipilih, yakni Space Silver serta Fluid Black. Gradasi warna yang ditampilkan pun tidak begitu silau, justru sangat halus dan memanjakan mata.

  • Layar dengan visualisasi warna yang kaya

OPPO A74 5 menyuguhkan layar IPS LCD berukuran 6,49 inci dengan rasio layar ke bodi mencapai 83,85. Ukuran yang terbilang cukup lega untuk ponsel pintar kelas menengah.

Untuk resolusi layarnya sendiri adalah 1080 x 2400 pixel dan kerapatannya 405 ppi. Sangat bagus untuk menampilkan visual yang jelas dan bebas buram.

Desain layar ponsel ini mengusung konsep Punch Hole. Di mana terlihat bulatan kecil di bagian kiri atas layar yang sekaligus jadi tempat lensa kamera selfie berada. Menjadikannya satu dari banyak kelebihan menarik yang diberikan OPPO pada seri A74 5G ini.

Berbicara soal visualisasi warna, smartphone ini dibekali teknologi Hyper color yang memberi suguhan warna yang kaya dan akurat. Bahkan dapat mencakup DCI-P3 yang membuat penggunanya bisa menonton konten layaknya sedang di bioskop.

Ponsel ini juga aman bagi mata para penggunanya karena memiliki tingkat kecerahan begitu tinggi, mencapai 480 nits. Ada lagi dukungan AI Eye Comfort yang dapat memberikan preferensi kecerahan tampilan layar secara otomatis sesuai kebutuhan.

Satu hal yang disayangkan adalah tidak digunakannya panel AMOLED yang memiliki saturasi lebih baik. Perangkat pintar ini malah memakai layar IPS LCD yang kualitasnya masih di bawah AMOLED. Meski begitu, dengan keunggulan lain yang disematkan di dalamnya, rasanya cukup untuk menutupi kekurangan panel layar ini.

  • Konfigurasi quad camera dengan resolusi terbaik

Kebutuhan generasi masa kini akan kamera ponsel anyar sangatlah tinggi. Karena itu, OPPO menyematkan fitur kamera belakang dengan konfigurasi empat lensa yang layak untuk dicoba.

Resolusi lensa yang ditawarkan antara lain sensor wide 48 MP sebagai lensa utama, sensor ultrawide 8MP, dan dua sensor lain beresolusi 2MP.

Sensor kamera tersebut juga dimeriahkan dengan teknologi gyro-EIS yang dapat memberikan hasil rekaman video stabil dan bebas goyang. Selain itu, ada juga sekitar 15 fitur fotografi lain yang wajib dipertimbangkan, seperti AI Beautification, LED Flash, AI Scene enhancement 2.0, serta Panorama.

Sementara untuk kebutuhan selfie, OPPO A74 menyediakan kamera depan dengan resolusi 16 MP. Dimeriahkan juga dengan berbagai fitur menarik seperti panorama untuk mengabadikan swafoto pada jangkauan bidang yang lebih lebar dan luas.

  • Performa dapur pacu bawaan yang sangat bagus

Bagi Anda yang gemar bermain game, ponsel ini sangat tepat untuk dipertimbangkan. Prosesor bawaan yang disematkan di dalamnya sangat bagus, yakni chipset Snapdragon 480 5G dengan fabrikasi 8 nm. Membuatnya sangat mampu mendorong ragam aktivitas dan kebutuhan mobile harian penggunanya dengan maksimal.

Apalagi ditambah dengan Octa-core yang diboyongnya serta RAM/ROM berkapasitas 6GB/128GB. Membuatnya mampu menjalankan dan menyimpan aplikasi berat dengan sangat baik. Kartu grafis Adreno 619 yang disematkan di dalamnya dapat memberi tampilan visual yang bagus, baik saat menonton video atau bermain game.

Sementara bila Anda membutuhkan ponsel pintar yang tahan lama agar bisa digunakan seharian, OPPO A47 5G adalah pilihan terbaik. Tidak tanggung-tanggung, baterai yang ditanamkan memiliki kapasitas 5000 mAh. Sangat besar untuk ukuran ponsel kelas menengah.

Kapasitas baterai yang melimpah tersebut diklaim mampu bertahan untuk menelepon selama 27 jam serta 40 jam siaga. Kehadiran fitur fast charging 18 W membuat waktu pengisian dayanya bisa lebih cepat dari biasanya.

Kelebihan OPPO A74 5G

  • Diameter layarnya lumayan lega.
  • Laju penyegarannya tinggi.
  • Dibekali empat lensa kamera belakang dengan resolusi terbaik.
  • Dilengkapi teknologi gyro-EIS yang membuat pengambilan videonya bebas goyang.
  • Mengusung Snapdragon 480 5G dengan performa yang sangat mumpuni di kelasnya.
  • Dibekali kualitas kamera yang cukup baik di kelasnya.
  • Dilengkapi baterai berkapasitas melimpah, lengkap dengan fitur fast charging.
  • Sudah dilengkapi fitur NFC.

Kekurangan OPPO A74 5G

  • Ukuran bodinya lebih tebal dan berat dibanding versi regulernya.
  • Tidak menggunakan panel AMOLED yang kualitasnya lebih baik.
  • Pengisian daya cepatnya hanya 18 W saja.

Perbedaan OPPO A74&OPPO A74 5G

Meski merupakan seri smartphone kelas menengah yang dirilis oleh OPPO dalam waktu bersamaan, baik OPPO A74 dan OPPO A74G memiliki beberapa perbedaan, antara lain:

  • OPPO A74 dibekali tiga lensa kamera belakang, sedangkan OPPO A74 5G sudah menggunakan quad camera.
  • OPPO A74 telah mengusung panel layar IPS LCD, sedangkan OPPO A74 5G hanya memakai AMOLED.
  • OPPO A74 tidak dibekali dengan fitur gyro-EIS, sedangkan OPPO A74 5G sudah menggunakanfitur gyro-EIS.
  • OPPO A74 memiliki harga sedikit lebih murah dibanding dengan OPPO A74 5G.
  • OPPO A74 masih menggunakan jaringan 4G LTE, sedangkan OPPO A74 5G sudah mengusung jaringan 5G.
  • OPPO A74 menghadirkan varian warna Midnight Blue dan Prism Black. Sementara OPPO A74 5G memiliki opsi warna Space Silver dan Fluid Black.
  • OPPO A74 memiliki bobot yang ringan , yakni 175 gram. Sementara OPPO A74 5G bobotnya lebih berat, yakni 190 gram.
  • OPPO A74 tidak menghadirkan fitur NFC, sedangkan OPPO A74 5G sudah menyematkan fitur NFC.

OPPO A74 vs OPPO A74 5G, mana yang paling unggul?

Pada dasarnya, OPPO A74 dan OPPO A74 5G sama-sama menjadi salah satu ponsel pintar kelas menengah keluaran terbaik dari OPPO. Meski begitu, keduanya memiliki beberapa perbedaan pada sisi tampilan dan spesifikasi.

Salah satu perbedaan paling mencolok dari kedua smartphone besutan OPPO tersebut ada pada bobotnya. Di mana OPPO A74 memiliki bobot yang ringan, yakni sebesar 175 gram. Sementara OPPO A74 5G bobotnya lebih berat, mencapai 193 gram.

Perbedaan lain terdapat pada jaringan yang diusungnya. Sesuai namanya, OPPO A74 5G sudah menyematkan jaringan internet 5G untuk konektivitasnya. Sementara OPPO A74 masih memakai jaringan 4G LTE.

Konfigurasi kamera yang disematkan pun tidak sama. OPPO A74 hanya memiliki tiga buah lensa kamera belakang dengan resolusi 48MP, 2MP, dan 2MP. Sedangkan OPPO A74 5G dimeriahkan dengan empat buah lensa kamera belakang beresolusi 48MP, 8MP, 2MP, dan 2MP.

OPPO A74 5G sangat disarankan bagi Anda yang menginginkan ponsel pintar dengan kualitas spesifikasi yang baik. Sementara bila Anda lebih suka dengan ponsel pintar dengan bodi tipis dan ringan, OPPO A74 bisa jadi pilihan terbaik.

Kesimpulan

  • OPPO A74 & OPPO A74 5Gmerupakan produk smartphone keluaran OPPO yang diluncurkan pada waktu bersamaan, yakni pada tanggal 23 April 2021.
  • OPPO A74 & OPPO A74 5G memiliki spesifikasi yang berbeda pada jumlah dan resolusi lensa kamera belakang, varian warna, harga, panel layar, fitur NFC dan gyro-EIS, fitur pengisian daya, serta bobotnya.
  • Sementara persamaan dari OPPO A74 & OPPO A74 5G terdapat pada kapasitas baterai, resolusi layar, sistem operasi, serta kapasitas RAM dan ROM-nya.

Referensi

1. OPPO (2021), A74
https://www.mi.co.id/id/poco-x3-nfc/
2. OPPO (2021), A74 5G
https://www.oppo.com/id/smartphones/series-a/a74-5g/specs/
3. GSM Arena (2021), OPPO A74
https://www.gsmarena.com/oppo_a74-10829.php
4. GSM Arena (2021), OPPO A74 5G
https://www.gsmarena.com/oppo_a74_5g-10830.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *