Kenali Perbedaan antara Xiaomi POCO M3 dengan Xiaomi Redmi 9T

Pada awal tahun 2021, Xiaomi mengeluarkan produk terbaru mereka yakni POCO M3 dan Redmi 9T. Meskipun dirilis dalam waktu yang berdekatan, namun keduanya memiliki perbedaan dan keunggulannya masing-masing.

Seperti diketahui XiaomiPOCO M3 rilis pada 21 Januari 2021, sedangkan Redmi 9T resmi dirilis sebulan setelahnya, yakni 22 Februari 2021.

POCO M3 dan Redmi 9T mengusung spesifikasi yang hampir sama. Harganya pun dibanderol dengan harga yang tidak terpaut jauh.

Meskipun demikian segmen pasarnya berbeda, sehingga banyak penggemar beranggapan bahwa Redmi 9T merupakan solusi bagi konsumen yang sulit menemukan POCO M3 dalam harga normal.

Untuk memudahkan Anda mengenali kedua smartphone ini, maka kami sajikan informasi mengenai perbedaan Xiaomi POCO M3 danXiaomi Redmi 9Tyang bisa Anda jadikan sebagai rujukansebelum memutuskan saat ingin membelinya.

Spesifikasi Xiaomi POCO M3

foto-perbandingan-spesifikasi-dan-perbedaan-xiaomi-poco-m3-&-xiaomi-redmi-9t-01

Harga: Rp2.299.000

Display
Type: IPS LCD (with Corning Gorilla Glass 3 protection)
Resolution: 1080 x 2340pixel
Size: 6,53 inch

Network
2G/3G/4G

Platform
OS: Android 10 (MIUI 12)
GPU: Adreno 610
CPU: Octa-core
RAM/ROM: 4GB/64GB, 6GB/64GB, 4GB/128GB, 6GB/128GB
Chipset: Qualcomm Snapdragon 662

Camera
Main (Triple): 48MP+2MP+2MP (Video: 1080p with 30fps)
Selfie: 8MP (Video: 1080p with 30fps)

Body
Dimension body: 162,3 mm x 77,3 mm x 9,6 mm
Weight: 198 gram
Colors: Poco Yellow, Power Black, Cool Blue

Other
Feature: Accelerometer, Compass, Fingerprint, GPS, Bluetooth 5.0, Infrared Port, FM Radio,
Battery: 6000 mAh, Li-Po (with fast charging 18 W and reverse charging)
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
USB: USB On-The-Go, USB Type-C 2.0

  • Bodi funky dan trendi

Anda pasti akan sulit menemukan tampilan bodi seperti POCO M3 di smartphone lainnya. Lihat saja pada desain cover belakang yang menampakkan modul triple camera-nya yang dikemas dalam bentuk vertikal dengan block warna lainnya.

Meski terbuat dari material plastik, bagian bodi belakang POCO M3 juga dilengkapi dengan tekstur kulit sintetis sehingga nyaman dipegang dan tidak mudah kotor.

Menariknya lagi, karena sensor fingerprint POCO M3 berada di bagian samping, maka bodi belakangnya dijamin lebih aman dari bekas sidik jari.

POCO M3 sendiri memang memiliki desain yang diperuntukkan bagi para kaum muda.Sehingga tidak heran kalau tampilannya terlihat lebih funky dan trendi.

Terdapat tiga varian warna cerah yang bisa Anda pilih, yaitu Cool Blue, Poco Yellow, serta Power Black. Anda bisa memilih sesuai dengan selera yang Anda inginkan.

  • Layar luas dan nyaman dilihat

Berlanjut ke bagian depan alias layarnya. POCO M3 menghadirkan layar dengan panel IPS berdiamerer 6.53 inch disertai resolusi 1080 x 2340 pixel (FHD+).

Untuk kelas entry level, layar POCO M3 ini sudah termasuk besar dan nyaman dilihat. Mengingat beberapa ponsel di kelas yang sama dengan POCO M3 biasanya masih memakai HD+ saja.

Sementara untuk jumlah kameranya, POCO M3 memang kalah dari POCO M2 yang memiliki empat kamera. Akan tetapi, bukan berarti kemampuan kamera dari POCO M3 juga ikut berkurang, loh!

  • Kamera tajam dan memuaskan

Baik kamera belakang maupun kamera depan ponsel ini dapat menghasilkan kualitas foto yang ciamik. Selain itu, ketajamannya pun terbilang cukup baik untuk jenis smartphone di kelasnya.

Bahkan dalam kondisi cuaca kurang bagus, Anda tetap bisa menghasilkan foto yang bagus. Pun begitu dengan rekaman videonya yang memiliki resolusi 1080p dengan 30fps sehingga hasilnya juga tajam dan memuaskan.

Yang disayangkan adalah hasil pengambilan gambar di malam hari yang kurang begitu baik. Karena masih banyak area yang kurang nampak. Namun, hal ini bisa sedikit diatasi berkat fitur night mode-nya.

  • Baterai jumbo dan tahan lama

Sedangkan dari sisi baterai, sepertinya POCO M3 bisa jadi ancaman bagi para ponsel entry level lain. Pasalnya, produk Xiaomi ini bukan menawarkan kapasitas baterai 5000 mAh seperti lainnya, melainkan sudah 6000 mAh.

Kapasitas baterai jumbo tersebut juga dilengkapi dengan fitur fast charging 18W untuk mengecas dalam waktu lebih cepat. Memang bukan angka yang besar, namun wajar kalau mengingat POCO M3 merupakan bagian dari kategori ponsel entry level.

Kelebihan Xiaomi POCO M3

  • Menawarkan desain bodi berbeda yang terkesan funky dan trendi.
  • Sudah menggunakan layar Full HD+ yang memberi kenyamanan lebih saat menonton
  • Kapasitas baterainya sangat besar yakni 6000 mAh, lengkap dengan fitur fast charging dan reverse charging.
  • Dilengkapi triple camera belakang serta satu lensa selfie camera dengan hasil foto terbaik di kelasnya.
  • Menggunakan chipset Snapdragon 662 yang cukup tangguh.
  • Keberadaan sensor fingerprint di bagian samping membuat bodi belakangnya tidak mudah kotor.

Kekurangan Xiaomi POCO M3

  • Tidak dilengkapi dengan fitur NFC dan lensa kamera Ultrawide.
  • Laju penyegarannya hanya 90Hz.
  • Fitur fast charging-nya hanya 18 W sehingga memerlukan waktu lumayan lama untuk mengisi baterai hingga penuh.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9T

foto-perbandingan-spesifikasi-dan-perbedaan-xiaomi-poco-m3-&-xiaomi-redmi-9t-02

Harga: Rp1.999.000

Display
Type: IPS LCD (with Corning Gorilla Glass 3 protection)
Resolution: 1080 x 2340 pixel
Size: 6.5 inch

Network
2G/3G/4G LTE

Platform
OS: Android 10
UI: MIUI 12
GPU: Adreno 610
CPU: Octa-core
Memory card: microSDXC
RAM/ROM: 4GB/64GB, 4GB/128GB, 6GB/128GB
Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888

Camera
Main (Quad): 48MP + 8MP+2MP+2MP (Video: 1080p with 30fps)
Selfie: 8MP (Video: 1080p with 30fps)

Body
Dimension body: 162,3 x 77,3 x 9,6 mm
Weight: 198 gram
SIM: Dual SIM
Colors: Twilight Blue, Carbon Gray, Ocean Green

Other
Feature: Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, Gyro, GPS, NFC, Infrared Port, Radio FM
Battery: 6000 mAh, Li-Po (non-removable, with fast charging 18W and reverse wireless charging 2.5 W)
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth: 5.0
USB: USB Type-C 2.0, USB On The Go

  • Bodi elegan

Kalau dilihat sekilas, bagian depan Redmi 9T memiliki desain yang terlihat agak mirip dengan POCO M3. Dimensi dan bobotnya pun sama.

Kalau tidak teliti, pasti sulit membedakan mana Redmi 9T dan POCO M3. Perbedaannya sendiri hanya keberadaan lensa ultra wide dari kamera selfie yang terdapat pada Redmi 9T.

Sementara bodi belakang Redmi 9T lebih terlihat berbeda bila dibanding dengan POCO M3. Selain dari varian warnanya, tampilan logo Redmi 9T yang membentang di ujung kiri juga menjadi perbedaan mencolok.

  • Kualitas layar jernih dan tajam

Dari segi layarnya, Redmi 9T menggunakan panel IPS berdimensi 6,5 inch dengan resolusi 2340 x 1080 pixel (FHD+). Dukungan resolusi tersebut dapat memberikan visualisasi yang terlihat jernih dan sangat tajam. Membuat mata terasa nyaman saat menonton Netflix dalam kualitas tinggi.

  • Kualitas suara luar biasa

Sektor audio juga jadi nilai tambah tersendiri dari Redmi 9T. Di mana produk Xiaomi ini menghadirkan dual speakers yang menghasilkan kualitas suara stereo. Hasilnya, Anda akan mendapat pengalaman bermain gim terbaik dan menonton film yang terbaik dan menyenangkan.

  • Memiliki empat lensa kamera

Poin plus Redmi 9T juga terdapat pada sisi kamera belakangnya. Terdapat empat buah kamera belakang dengan lensa utama beresolusi 48MP, lensa ultrawide 8MP, lensa makro 2MP, serta sensor depth 2MP.

Kehadiran lensa ultrawide beresolusi 8MP inilah yang memberikan hasil foto lebih luas dengan ketajaman yang amat baik. Bahkan kualitas hasil jepretan Anda akan tetap memukau walau diambil pada kondisi cuaca kurang bagus.

Pada kamera depannya, Redmi 9T menyematkan lensa beresoluis 8MP yang dapat memberi hasil jepretan cukup bagus. Meski begitu, hasil jepretannya bisa berisiko menimbulkan noise apabila digunakan di tempat yang gelap seperti pada malam hari.

  • Performa andal dan kencang

Meski termasuk smartphone kelas menengah, Redmi 9T telah dibekali dengan chipset Snapdragon 662 yang cukup tangguh dan kencang. Penerapan chipset ini membantu Anda memainkan gim ringan dan menengah, menonton konten, hingga multitasking yang bebas lag dan lancar.

Keberadaan pengolah grafis Adreno 610 serta octa core turunan ARM Cortex A73 & A53
(empat buah Kryo 260 Silver dan empat buah Kryo 260 Gold), juga berperan besar dalam memberi tampilan visualisasi terbaik pada Redmi 9T.

Secara performa, Redmi 9T memang tidak beda jauh dengan POCO M3. Apalagi chipset yang digunakan keduanya sama-sama berupa Snapdragon 662. Hasil pengujian performa Redmi 9T dan POCO M3 pun tidak berbeda jauh.

Berdasarkan hasil pengujian dari Unbox.ph, Xiaomi Redmi 9T mendapat skor 314 untuk Geek Bench 5 pada single core dan skor 1.347 untuk multi-core.

Sementara dari pengujian GSMArena, POCO M3 mendapat skor benchmark AnTuTu v8 sebesar 177.904. Jadi, bisa dipastikan kalau performa dari Xiaomi Redmi 9T dan POCO M3 tidak berbeda jauh.

  • Kapasitas baterai jumbo

Untuk baterainya, Redmi 9T dibekali dengan kapasitas mencapai 6000 mAh, jauh lebih besar bila dibanding seri Redmi sebelumnya yang hanya 5000 mAh. Menariknya, meski kapasitas baterainya jumbo, bodi Redmi 9T ini tetap terasa ringan saat digenggam.

Selain itu, berdasarkan klaim dari Xiaomi diketahui kalau baterai Redmi 9T dapat digunakan untuk bermain gim hingga 14 jam, menonton film selama 17 jam, mendengar musik hingga 195 jam, serta menelepon dalam waktu 56 jam.

Sebagai pelengkap, Xiaomi juga menghadirkan fitur fast charging 18W pada Redmi 9T ini. Angka yang cukup besar mengingat Redmi 9T berada di kelas entry level serta memiliki harga yang murah. Akan tetapi, pada kotak penjualannya terdapat charger yang telah support pengisian daya hingga 22,5 W.

Dengan menggunakan charger tersebut, Anda bisa mengisi baterai Redmi 9T hingga penuh dalam waktu sekitar 3 jam saja. Memang cukup lama, tapi wajar kalau mengingat kapasitas baterai ponsel ini yang mencapai 6000 mAh.

Karena kapasitas baterai besar itu juga, ponsel ini dapat difungsikan sebagai powerbank untuk melakukan pengisian daya pada ponsel lain.

Kelebihan Xiaomi Redmi 9T

  • Desain bodinya memiliki tampilan yang cukup menarik, apalagi dengan lapisan bertekstur pada bagian belakangnya.
  • Dibekali chipset dengan performa kencang dan tangguh di kelasnya.
  • Menawarkan kapasitas baterai jumbo yang tahan lama, lengkap dengan fitur fast charging serta reverse charging.
  • Telah menggunakan lensa ultrawide di kameranya.
  • Menghadirkan dual speaker sehingga memiliki kualitas suara yang luar biasa
  • Memiliki ketahanan terhadap cipratan air.
  • Keberadaan sensor fingerprint di bagian samping membuat bodi belakangnya tidak mudah kotor.
  • Resolusi layarnya sudah menggunakan Full HD+.
  • Bodinya tetap terasa ringan saat digenggam walau kapasita baterainya jumbo.

Kekurangan Xiaomi Redmi 9T

  • Tingkat kecerahan pada layarnya kurang bagus, terutama untuk penggunaan di luar ruangan.
  • Tampilan UI-nya cukup berat.
  • Terdapat sedkit masalah pada dynamic range-nya sehingga memengaruhi hasil foto.
  • Hasil fotonya kurang bagus untuk dicetak karena lensa makronya hanya memiliki resolusi 2MP.

Perbedaan Xiaomi POCO M3 dan Xiaomi Redmi 9T

Meski sama-sama merupakan seri smartphone kelas entry level yang dirilis oleh Xiaomi, baik Xiaomi POCO M3 maupun Xiaomi Redmi 9Tmemiliki beberapa perbedaan, antara lain:

  • Xiaomi POCO M3 dilengkapi triple main camera, sementara Xiaomi Redmi 9T sudah memiliki quad main camera.
  • Tampilan logo Xiaomi POCO M3 berada di bagian pojok kanan atas, sementara Xiaomi Redmi 9T menerapkan logonya di sisi pojok kiri bawah.
  • Xiaomi POCO M3 tidak dilengkapi dengan lensa ultrawide, sementara Xiaomi Redmi 9T memiliki lensa ultrawide dengan resolusi 8MP.
  • Xiaomi POCO M3 memiliki harga sedikit lebih mahal dibanding dengan Xiaomi Redmi 9T.
  • Xiaomi POCO M3 menghadirkan varian warna Poco Yellow, Power Black, Cool Blue. Sementara Xiaomi Redmi 9T memiliki opsi warna Twilight Blue, Carbon Gray, Ocean Green.
  • Xiaomi POCO M3 memiliki bodi berbahan plastik dengan tekstur kulit sintetis. Sementara bodi Xiaomi Redmi 9T memiliki efek kaca.

Xiaomi POCO M3 & Xiaomi Redmi 9T, mana yang paling baik?

Pada dasarnya, baik POCO M3 maupun Xiaomi Redmi 9T sama-sama merupakan smartphone entry level unggulan di kelasnya. Secara tampilan dan spesifikasi, keduanya sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh.

Perbedaan dari kedua smartphone besutan Xiaomi tersebut paling terlihat pada keberadaan lensa kameranya. Di mana POCO M3 hanya memiliki tiga lensa kamera belakang, sedangkan Redmi 9T mempunyai empat lensa kamera.

Perbedaan lain juga terlihat pada tekstur bodinya. Meski keduanya sama-sama menggunakan material plastik, POCO M3 juga memiliki tekstur kulit sintetis. Sementara Redmi 9T memiliki efek kaca yang membuatnya terlihat lebih elegan.

Bila Anda menginginkan smartphone dengan desain bodi dengan kesan berbeda dan trendi, Anda bisa memilih Xiaomi POCO M3. Sementara bila Anda lebih memperhatikan kualitas kamera dalam memilih ponsel, Redmi 9T adalah pilihan terbaik.

Kesimpulan

  • Xiaomi POCO M3 dan Xiaomi Redmi 9Tmerupakan produk smartphone keluaran Xiaomi yang sama-sama diluncurkan pada awal tahun 2021.
  • Kedua smartphone entry level tersebut diluncurkan pada bulan yang berbeda. Di mana Xiaomi POCO M3 diluncurkan pada 21 Januari 2021. Sementara Xiaomi Redmi 9T diluncurkan pada 22 Februari 2021 lalu.
  • Xiaomi POCO M3 dan Xiaomi Redmi 9Tmemiliki spesifikasi yang berbeda pada jumlah lensa kamera belakang, keberadaan lensa ultrawide, varian warna, harga, peletakkan logo, serta tekstur bodi.
  • Sementara persamaan dari Xiaomi POCO M3 dan Xiaomi Redmi 9Tterdapat pada bagian layar, performa, serta baterainya.

Referensi

1. Mi (2021), Redmi 9T, https://www.mi.co.id/id/product/redmi-9t
2. GSM Arena (2021), Xiaomi Redmi 9T, https://www.gsmarena.com/xiaomi_redmi_9t-10670.php
3. Mi.(2021), POCO M3, https://www.mi.co.id/id/poco-m3/
4. GSM Arena (2021), Xiaomi POCO M3, https://www.gsmarena.com/xiaomi_poco_m3-10599.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *