Ludes dalam 28 Detik! Ini Spesifikasi dan Keunggulan Huawei Mate 40

Setiap tahunnya, Huawei biasa mengeluarkan produk ponsel pintar sebanyak dua kali. Di mana salah satunya adalah bagian dari seri Mate.

Seperti smartphone terbaru mereka yang diluncurkan Oktober 2020 ini. Smartphone yang diberi nama Huawei Mate 40 tersebut digadang-gadang akan menjadi jagoan di kelas flagship.

Sebelumnya, Huawei melalui akun Twitter resminya (@HuaweiMobile) menyatakan bahwa mereka akan mengumumkan smartphone dengan tenaga yang belum pernah ada sebelumnya. Caption tersebut diperjelas dengan visual dedaunan menguning pada musim gugur yang ada di dalam frame lingkaran.

Hal itu memancing perhatian para pecinta gadget, terutama para penggemar brand asal Tiongkok tersebut. Masing-masing mereka saling melempar dugaan dan spekulasi mengenai produk terbaru yang akan dikeluarkan oleh Huawei.

Ada yang memprediksi bahwa smartphone tersebut akan dipersenjatai oleh chipset Kirin 5nm. Ada pula yang meyakini bahwa System-on-Chip (SoC) akan menjadi poin utama yang ditonjolkan, mengingat pada tweet sebelumnya mereka menggaungkan istilah ‘power’.

Selain itu, ada juga yang menganggap bahwa SoC Kirin yang digunakan tersebut akan menjadi kelas high-end terakhir dari produk Huawei sebagai akibat dari masalah perang dagang dengan AS.

Seluruh pertanyaan dari pecinta gadget tersebut akhirnya terjawab dengan dirilisnya produk Huawei Mate 40 series pada 22 Oktober 2020 lalu. Di mana seri tersebut diluncurkan dalam tiga varian, yakni Huawei Mate 40, Huawei Mate 40 Pro, serta Huawei Mate 40 Pro Plus.

Di antara ketiga varian tersebut, Huawei Mate 40 merupakan yang memiliki spesifikasi dan keunggulan paling ‘sederhana’.

Mengalahkan iPhone 12

Setelah resmi diluncurkan, seri Huawei Mate 40 langsung menarik antusiasme dari para penggemar gadget, terutama di China yang menjadi kandang dari Huawei.

Saking antusiasnya, pre-order dari seri Huawei Mate 40 di JD.com (e-commerce) langsung ludes hanya dalam 28 detik saja. Padahal Huawei masih belum mengumumkan berapa harga dari smartphone flagship terbarunya itu.

Para calon konsumen tersebut bahkan tidak ragu untuk mengeluarkan biaya booking lebih sebesar 100 Yuan atau sekitar Rp 215 ribu (1 Yuan = 2158 Rupiah).

Di situs e-commerce lainnya, yakni Tmall, lebih dari 5 juta pengguna mencari produk Mate 40 series beberapa saat setelah smartphone flagship tersebut diresmikan.

Bahkan seminggu sebelum diresmikan, angka pencarian untuk kata kunci Huawei Mate 40 di situs tersebut sudah mencapai lebih dari 1 juta kali.

Karena itulah pihak Tmall membatasi unit Huawei Mate 40 series yang dapat dibeli konsumen pada masa pre-order.

Yang paling menarik adalah bahwa ternyata pre-order dari Huawei Mate 40 berhasil mengalahkan pre-order dari iPhone 12 yang diluncurkan dalam waktu berdekatan.

Kalau Huawei Mate 40 membutuhkan waktu 28 detik untuk terjual habis, iPhone 12 justru membutuhkan waktu 30 detik pada situs e-commerce yang sama.

Menurut data dari IDC, pada paruh pertama tahun 2020, Apple dan Huawei telah menguasai segmen ponsel pintar high end hingga 88,1% dengan keunggulan 0,1% bagi Huawei. Hal ini menandakan bahwa konsumen di negeri Tirai Bamboo tersebut masih sangat antusias akan produk Huawei.

Spesifikasi dan Keunggulan Huawei Mate 40

Bila Anda tertarik untuk mengetahui performa dari Huawei Mate 40 yang bisa ludes hanya dalam waktu 28 detik, berikut kami sertakan spesifikasi dan keunggulan Huawei Mate 40 yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

  • Spesifikasi Huawei Mate 40
foto-ludes-dalam-28-detik-ini-spesifikasi-dan-keunggulan-huawei-mate-40-01

Harga : Rp 14.250.000
DisplayTypeOLED (HDR10)
Resolution1080 x 2376 Pixel
Size6.5 Inch
NetworkType2G, 3G, 4G (LTE), 5G
2GGSM (850 / 900 / 1800 / 1900 )
3GHSDPA (800 / 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100)
4G(LTE) LTE (1 / 2 / 3 / 4 / 5 / 6 / 7 / 8 / 9 / 12 / 17 / 18 / 19 / 20 / 26 / 34 / 38 / 39 / 40 / 41)
5G1 / 3 / 28 / 38 / 40 / 41 / 77 / 78 / 79 / 80 / 84 (SA/NSA/Sub6)
PlatformOSEMUI 11
GPUMali-G78 MP22
CPUOcta-core
Slot (Card)Nano Memory
RAM/ROM8GB/128GB, 8GB/256GB
ChipsetKirin 9000E
CameraMain (Triple)50MP, 8MP, 16MP (with Leica optics)
Front (Single)13MP
BodyDimension158.6 x 72.5 x 8.8 mm
Weight188 g (with glass), 184 g (with leather)
OtherFeatureFingerprint, Waterproof, Bluetooth, GPS, Face Unlock, NFC, 3.5 mm Headphone Jack
Battery4200 mAh, Li-Po (with fast charging 40 w)
WiFi802.11 a/b/g/n/ac/6
USBUSB Type-C 3.1& USB On-The-Go
  • Desain bodi inovatif dan ikonik

Inovatif dan ikonik. Rasanya dua kata tersebut sangat tepat untuk menggambarkan keindahan desain bodi dari Huawei Mate 40. Bentuknya yang imbang dan simetri dengan varian warna menambah kesan elegan pada smartphone ini.

Tersedia empat varian warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan, yakni White, Black, Mystic Silver, Sunflower Yellow, Olive Green.Keseluruhan varian warna tersebut dapat memberikan refleksi berbeda pada Huawei Mate 40 ini.

Warna putih yang memberikan kesan murni dapat membangkitkan nuansa di siang hari yang cerah. Warna hitam melambangkan suasana malam hari yang menyimpan keajaiban dan misteri tidak terduga.

Warna Mystic Silver dapat menciptakan refleksi cahaya yang berubah-ubah dan memberikan warna menawan. Sementara warna ‘vegan’ seperti Sunflower Yellow dan Olive Green menghadirkan cita rasa alami dari kuningnya bunga matahari atau hijaunya zaitun.

Bila Anda melihat bagian belakang dari Huawei Mate 40 ini, rasanya seperti sedang mengamati karya seni yang luar biasa.

Modul kamera yang digunakan tidak berbentuk persegi ataupun terletak di bagian pojok atas seperti tipe smartphone flagship lainnya, tetapi dibuat membentuk lingkaran layaknya cincin Saturnus. Di mana tiap lensa kameranya berada di dalam garis lingkaran tersebut. Inilah yang menjadi ciri khas tersendiri pada seri Huawei Mate.

Pada lingkaran tersebut, ada tiga sensor kamera dan satu sensor laser. Sementara di bagian lingkaran dalamnya terpampang tulisan LEICA yang menandakan bahwa lensa kamera dari Huawei Mate 40 menggunakan lensa dari brand tersebut.

Yang menjadi masalah pada modul kamera tersebut adalah peletakkan Dual Punch Hole yang berada di bagian depan. Di mana Huawei Mate 40 justru menjadikannya sebagai sensor pengenal wajah sekaligus kamera depan. Lebar dari punch hole tersebut bisa dibilang cukup besar dan lumayan memakan ruang di bagian depan.

Huawei Mate 40 dilengkapi dengan tampilan display melengkung yang memiliki sudut kemiringan mencapai 68 ° di tiap sisinya. Ini bisa memberikan imersi yang luar biasa untuk Anda yang sering melihat konten di layar.

Begitu pun dengan refresh rate layarnya yang mencapai 90 Hz serta touch sampling rate 240 Hz2 yang sangat responsif dan memberikan pergerakan sangat halus. Tingkat kecerahan pada layarnya juga dapat disesuaikan serta kalibrasi warna yang cerdas akan semakin membuat Anda merasa nyaman saat menatap layar.

Smartphone Huawei ini memiliki ketahanan bodi yang amat baik karena telah dilengkapi dengan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu. Bahkan bisa bertahan di dalam genangan air sedalam 1.5 meter dalam waktu setengah jam!

  • Kamera tajam dan jernih

Huawei Mate 40 dilengkapi dengan konfigurasi tiga kamera belakangnya, di mana lensa kamera utamanya menggunakan sensor Leica dengan resolusi 50 MP disertai sensor 1/1.28 inch dan aperture f/1.9.

Alih-alih menggunakan RGGB seperti ponsel pintar lain, lensa kamera utama Huawei Mate 40 justru menggunakan filter warna RYYB yang mampu menyerap cahaya lebih banyak dan memberikan hasil jepretan sangat baik, bahkan di malam hari.

Selain lensa utama tersebut, ada juga dua lensa tambahan lain yaitu lensa ultra lebar dengan resolusi 16MP serta aperture f/2.2 yang memungkinkan Anda mengabadikan berbagai momen dengan gaya sinematik.

Selain itu, ada pula sensor telephoto berkekuatan 3MP yang memungkinkan Anda untuk melakukan zoom optik sebanyak 3 kali, zoom hybrid sebanyak 5 kali, serta zoom digital sebanyak 30 kali. Sehingga Anda bisa menangkap berbagai momen indah walau dari jarak jauh sekalipun.

Kemudian ada juga sensor laser yang dapat membantu memberikan fokus pada momen yang akan diabadikan dengan cepat dan akurat.

Selain kamera belakang, Huawei Mate 40 juga memiliki lensa kamera beresolusi 13MP yang telah support untuk tiga sudut lebar. Sehingga Anda bisa mengambil berbagai foto ciamik, baik selfie maupun groupfie, dari berbagai sudut dan perspektif yang menarik.

Tidak hanya untuk swafoto, lensa kamera depan ini juga dapat merekam beragam video menarik dengan fitur-fitur terbaik yang dimilikinya. Sebut saja video 4K HDR Fusion XD yang memungkinkan Anda untuk mengambil video dengan akurasi warna terbaik dengan tingkat ketajaman dan pencahayaan yang sangat baik. Bahkan di malam hari.

Bagi Anda yang senang mengambil video sembari berjalan kaki atau berlari, tersedia fitur Steady Shot yang membantu Anda merekam video dengan stabil dan tidak goyang. Ada pula tampilan ultra wide yang memungkinkan Anda menangkap detail dari tiap momen dari berbagai perspektif terbaik.

Bagi Anda yang sering melakukan meeting online atau menggunakan fitur video call, kini tak perlu khawatir lagi tampilan video Anda akan buram atau pecah.

Hal itu karena Huawei Mate 40 dilengkapi dengan fitur Huawei MeeTime yang memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan video bersama kerabat atau keluarga dengan tampilan HD yang memanjakan mata.

Dan bagi Anda yang memiliki hobi vlog atau bekerja sebagai content creator, Huawei Mate 40 menyediakan asing ponsel mewah dengan lampu cincin yang akan muncul begitu tombolnya ditekan.

Lampu tersebut dapat membantu Anda dalam menerapkan pencahayaan secara profesional kapanpun dan di manapun. Case ini dijual terpisah dan hanya dapat digunakan untuk Huawei Mate 40 versi kaca.

  • Performa kencang dan didukung pengisian daya baterai yang lebih cepat

Urusan dapur pacunya, Huawei Mate 40 menghadirkan chipset terbaik dan bertenaga di kelas flagship, yaitu Kirin 9000E yang sudah dilengkapi dengan SoC, modem 5G serta manufaktur 5nm.

Chipset ini terbilang sangat ringkas dan memungkinkan Anda melakukan aktivitas multitasking, memproses data, serta melakukan komputasi AI responsif dengan mudah. Anda cukup bersantai dan biarkan chipset tersebut bekerja dengan sendirinya.

Huawei Mate 40 menghadirkan Mali-G78 22 Core sebagai GPU-nya. Inilah yang dapat memberi tampilan visual yang amat mengesankan dalam pengalaman bermain game Anda. Selain itu memiliki dual speaker dengan 3D audio serta getaran simulasi yang berasal dari motor liniernya, sehingga Anda akan merasa seperti menyatu dengan game yang Anda mainkan.

Kemudian dilengkapi dengan clocking inti yang cukup besar, yakni 3.13 GHz serta tiga tingkat arsitekturnya, CPU octa-core yang dimiliki Huawei Mate 40 dapat memberikan kinerja dan efisiensi penggunaan daya secara dinamis.

Selain CPU dan GPU, Huawei Mate 40 juga diperkuat dengan NPU yang merupakan bagian inti besar dan inti kecil. NPU ini dapat mendorong peningkatan AI hingga yang paling baru dan menerapkannya pada berbagai fungsi. Sebut saja control pergerakan, fitur kamera, hingga pengenalan objek.

Untuk networking-nya, Huawei Mate 40 sudah menggunakan koneksi 5G Super Uplin yang sangat memungkinkan Anda mengirim sekaligus mengunggah file besar dengan sangat cepat.

Lalu tersedia juga kolaborasi dual SIM-card yang bisa Anda gunakan untuk mendapat daya dan jaringan terbaik.

Selain itu, dukungan Wi-Fi 6+ yang dimilikinya juga memungkinkan smartphone tersebut mendapat jangkauan serta penetrasi sinyal yang kuat. Dengan begitu, koneksi internetnya akan lebih lancar dan stabil.

Salah satu hal yang menarik dari Huawei Mate 40 ini adalah fitur Air Gesture Control. Di mana fitur ini memungkinkan Anda untuk men-scroll layar atau melakukan navigasi lain tanpa harus menyentuh layar smartphone-nya.

Berbagai fitur dan performa unggulan dari Huawei Mate 40 diimbangi dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 4.200 mAh. Ponsel ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 40 W serta wireless charging 40 W yang dapat mengisi baterai dengan sangat cepat.

Kelebihan Huawei Mate 40

  • Memiliki tampilan bodi yang elegan dan nyaman digenggam.
  • Dipersenjatai chipset Kirin 9000E SoC yang dilengkapi modem 5G serta manufaktur 5nm.
  • Memiliki 3 lensa kamera belakang dengan sensor lensa utama Leica sebesar 50 MP, 16MP dan 3MP.
  • Tersedia pula kamera depan dengan lensa 13MP untuk menghasilkan foto selfie dan groupfie yang sangat jelas dan tajam.
  • Memiliki berbagai fitur kamera menarik, seperti 4K HDR Fusion XD dan Steady Shot.
  • Kapasitas baterainya cukup besar yakni 4.200 mAh, sudah dilengkapi juga dengan fitur fast charging 40W dan wireless charging 40W.
  • Dibekali dengan teknologi Air Gesture Control yang memungkinkan Anda melakukan navigasi tanpa harus menyentuh layar.

Kekurangan Huawei Mate 40

  • Tidak dilengkapi dengan Google Mobile Service (GMS).
  • Belum menggunakan refresh rate 120Hz seperti smartphone flagship lainnya.

Kesimpulan

  • Huawei Mate 40 merupakan smartphone keluaran brand Huawei yang diresmikan pada 22 Oktober 2020.
  • Huawei Mate 40 sangat menarik antusiasme para penggemarnya di China. Bahkan pre-order-nya ludes hanya dalam waktu 28 detik. Mengalahkan pre-order iPhone 12 rilis di waktu yang berdekatan.
  • Huawei memiliki keunggulan dalam desain, kameranya, performa dan baterai yang membuat banyak orang ingin memilikinya.

Referensi

  1. Huawei (2020), Mate 40, https://consumer.huawei.com/en/phones/mate40/
  2. GSM Arena (2020), Huawei Mate 40, https://www.gsmarena.com/huawei_mate_40-10553.php
  3. Detik.com (2020), Pre Oreder Huawei Mate 40 Kalahkan iPhone 12 di China, https://inet.detik.com/consumer/d-5230072/pre-order-huawei-mate-40-kalahkan-iphone-12-di-china?_ga=2.259093834.1399419347.1606049733-61458668.1598189726

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *