Mengenal Lebih Jauh Perbedaan Sony Xperia Docomo dengan Sony Xperia AU

Bila Anda merupakan penggemar brand Sony, pastinya tidak asing dengan label Docomo dan AU yang terdapat pada seri Sony Xperia. Bagi yang belum mengetahui, kami akan menjelaskan lebih jauh perbedaan Sony Xperia Docomo dengan Sony Xperia AU.

Namun sebelumnya, kami akan menyajikan beberapa hal penting mengenai Sony Xperia, keunggulannya, berikut dengan type dan ulasan pada masing-masing serinya.

Sekilas tentang Sony Xperia

Saat ini, bukan hal sulit untuk menemukan beragam jenis smartphone dengan berbagai keunggulannya. Ada berbagai model dan merek smartphone canggih dan modern yang bisa Anda pilih. Salah satunya Sony Xperia dari brand Sony.

Siapa yang tidak kenal Sony? Korporasi besar asal Jepang satu ini memang sudah lama malang melintang di dunia peranti digital. Anda pastinya tidak asing dengan nama-nama seperti Sony Pictures, Sony Playstation, Sony Entertainment, hingga Sony Ericsson.

Setelah kerja sama dengan brand Ericsson usai pada tahun 2011, Sony akhirnya membeli seluruh saham brand asal Swedia tersebut dan mulai mengubah namanya menjadi Sony Mobile Communications.

Sejak saat itu, mulailah bermunculan berbagai produk ponsel pintar keluaran brand asal negeri Sakura ini yang diberi nama Sony Xperia. Smartphone satu ini dikenal karena memiliki berbagai kelebihan dan keunggulan yang terbilang cukup canggih. Tidak kalah dengan brand kenamaan seperti Apple atau Samsung.

Keunggulan Sony Xperia

Dengan pengalaman di dunia elektronik selama bertahun-tahun, Sony berhasil memberikan produk ponsel pintar high-end yang memiliki berbagai keunggulan. Berikut adalah keunggulan dari produk Sony Xperia yang membuat para fans-nya sulit untuk move-on:

1. Desain body unik

Kalau diperhatikan, Sony Xperia memiliki bentuk body dengan desain kotak yang membuat sudutnya terlihat tajam. Suatu hal yang jarang ditemukan pada model ponsel pintar lain yang menghilangkan bagian ujung tajam di tiap sudut body-nya.

Desain body Sony Xperia ini pun menjadi ciri khas tersendiri dari jenis ponsel pintar keluaran Sony.

2. Tampilan UI yang nyaman dipandang

Berbeda dengan smartphone merek lain yang memiliki ikon rumit dengan berbagai efek, Sony Xperia justru memiliki UI atau tampilan antar muka yang sederhana dan tidak berlebihan. Sehingga UI Sony Xperia dapat membuat mata merasa nyaman saat menatap layar.

3. Keyboard fungsional

Bukan hanya tampilan UI, keyboard dari Sony Xperia juga memiliki tampilan sederhana yang fungsional. Keyboard Sony Xperia memiliki berbagai fitur yang mempermudah penggunanya. Sebut saja predictive text, koreksi otomatis, incognito, serta berbagai tema menarik yang bisa Anda pilih.

4. Kamera yang jernih

Kalau ditanya kelebihan dari ponsel keluaran Sony, sebagian besar akan menjawab kameranya. Ya, smartphone Sony seperti Sony Xperia memiliki fitur kamera yang dapat memberikan hasil jepretan terbaik dengan saturasi yang imbang. Apalagi bila tipe Sony Xperia tersebut sudah menggunakan Cybershot.

Perkembangan Sony Xperia

Seperti smartphone lain pada umumnya, Sony Mobile juga mengeluarkan banyak model produk Sony Xperia dalam berbagai seri berbeda, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sony Xperia S

Ponsel pintar satu ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 lalu dengan spesifikasi sebagai berikut:

Tipe Shape Bar
Type Smartphone
Display Resolution 1280 x 720
Height 4.3 inchi
Network Type 2G, 3G
2G GSM 850/900/1800/1900
3G HSDPA 850/900/1900/2100-LT26i
Platform OS Android
OS Ver Android 2.3 Gingerbread
CPU 1.5 GHz
Internal Memory 32 GB
RAM 1 GB
Battery Non-removable Li-Ion 1750 mAh (Up to 420H)
Camera Back camera 12.1 MP
Height Dimension 64x128x10.6mm
Other Feature Flash

Sejak awal peluncurannya, smartphone ini sudah berhasil meraih perhatian banyak orang. Termasuk di Indonesia. Hal ini karena desainnya yang terlihat unik serta elegan. Spesifikasi yang diberikan pun tidak kalah menarik.

Sony Xperia S memiliki tampilan dengan garis transparan yang bisa menyala apabila layar ponsel tersebut diaktifkan. Meski body-nya cukup tipis, smartphone ini cukup nyaman saat digenggam.

Sony Xperia S menggunakan jenis prosesor Qualcomm Dual Core dengan kecepatan 1,5 GHz serta RAM 1GB yang cukup besar pada masanya.

Memiliki layar 4.3 inchi, Sony Xperia S juga dilengkapi dengan fitur kamera 12 MP yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar hingga video dengan kualitas baik dan jelas.

Selain untuk memotret atau mengambil video, Anda juga bisa melakukan video call dan video chat dengan fitur kamera depan 1,3 MP.

Dengan desain kotak dan tipisnya, Sony Xperia S dapat dimasukkan ke dalam saku dengan mudah. Ukuran layar 4.3 inchi dengan resolusi 720 x 1280 serta 342 ppi dapat memberikan kepuasan tersendiri saat Anda menavigasikan smartphone ini.

Layar smartphone ini juga anti gores karena dilapisi dengan scratch-resistant glass serta Sony Mobile BRAVIA Engine.

Dalam hal konektivitas, Sony Xperia S juga tergolong cepat karena didukung oleh jaringan 3G HSDPA. Selain itu, ponsel ini sudah dilengkapi fitur NFC, Bluetooth, hingga GPS.

  • Sony Xperia Z

Ponsel pintar satu ini pertama kali diluncurkan pada Januari 2013 lalu dengan spesifikasi sebagai berikut:

Tipe Shape Bar
Type Smartphone
Display Resolution 1920 x 1080
Height 5 inch
Network Type 2G, 3G, 4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900
3G HSDPA 850/900/1900/2100
4G (LTE) LTE band 1 (2100) 3(1800) 7(2600) 8(900) 20(800) – C6603
Platform OS Android
OS Ver Android 4.1.2 Jelly Bean
CPU Quad-core1.5 GHz
Internal Memory 16 GB
RAM 2 GB
Battery Non-removable Li-Ion 2330 mAh (Standby: Up to 550 hours)
Camera Back camera 13.1 MP
Front Camera 2.2 MP
Height Dimension 64x128x10.6mm
Other Feature Flash

Saat pertama kali diluncurkan, Sony Xperia Z diklaim memberikan kemudahan dengan berbagai fitur, spesifikasi, hingga aplikasinya. Seperti Sony Xperia S, Sony Xperia Z memiliki desain body Omni Balance yang ramping (7,9 mm) dan dan memukau.

Kemudian, dilengkapi juga lapisan durable tempered glass pada serta anti-shatted pada bagian depan dan belakangnya.

Selain itu, layar berukuran 5 inci full HD Reality Display yang dimilikinya ikut andil dalam melengkapi tampilan menawan dari smartphone ini. Sony Xperia Z menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean v4.1.2 dengan prosesor Quad-core 1,5 Ghz serta RAM 2 GB.

Untuk kameranya sendiri memiliki kekuatan 13 MP lengkap dengan LED Flash serta autofocus sehingga dapat menghasilkan foto dengan kualitas tajam dan resolusi maksimal 4128 x 3096 pixels.

Smartphone ini sangat cocok digunakan untuk multitasking karena memiliki sistem komputasi yang mumpuni.

Terdapat pula fitur one-touch connectivity yang memungkinkan Anda untuk saling membagi gambar, video, hingga musik ke device Sony lainnya dengan cepat dan mudah.Sony Xperia Z juga memiliki baterai yang tahan lama.

Sony Xperia Z juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yaitu ungu, hitam, serta putih.

  • Sony Xperia XZ

Ponsel pintar satu ini pertama kali diluncurkan pada Januari 2013 lalu dengan spesifikasi sebagai berikut:

Tipe Shape Bar
Type Smartphone
Display Resolution 1920 x 1080
Height 5.20 inch
Network Type 2G, 3G, 4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900
3G HSDPA 850/900/1900/2100
4G (LTE) LTE band 1 (2100) 3(1800) 7(2600) 8(900) 20(800) – C6603
Platform OS Android
OS Ver Google Android M
CPU Qualcomm MSM 8996 Snapdragon 820
SIM Nano SIM, Dual SIM
Internal Memory 32 GB
RAM 64 GB
Battery Non-removable Li-Ion 2900 mAh (Standby: Up to 550 hours)
Camera Back camera 23 MP
Front Camera 13 MP
Height Dimension 146 x 71 x 8.1 mm
Other Feature Flash
Wifi
Hotspot
GPS

Sony Xperia XZ pertama kali diperkenalkan pada bulan Oktober tahun 2016 lalu pada IFA 2016, pameran gadget berskala global. Spesifikasi yang di miliki smartphone ini termasuk yang sangat tinggi pada masanya. Bahkan diklaim sebagai salah satu rilisan terbaik dari seri Xperia.

Ya, dengan berbagai fitur-fitur unggulan terbaiknya, Sony Xperia XZ dianggap telah menjawab seluruh kebutuhan dari para penggunanya. Sebut saja dari segi desain body, display, kamera, hingga dapur pacu. Tak heran kalau Sony Xperia masuk ke dalam kategori smartphone flagship.

Dari sisi desain, Sony Xperia XZ ini terlihat sedikit berbeda dari model smartphone keluaran Sony lainnya. Khususnya di bagian belakangnya. Tidak hanya kamera belakang, smartphone ini juga memiliki satu kamera depan.

Smartphone berdimensi 146 x 72 x 8,1 mm ini memiliki berat 161 gram ini sangat nyaman digunakan bahkan dengan satu tangan. Dengan body yang terbuat dari alumunium, smartphone ini memiliki ketahanan yang lebih kuat serta ringan.

Menariknya, desain Sony Xperia XZ ini telah memiliki sertifikat IP68 yang artinya juga tahan akan air dan debu.

Sony Xperia Docomo dan Sony Xperia AU

Berikut adalah penjelasan mengenai Sony Xperia Docomo dan Sony Xperia AU:

  • Sony Xperia Docomo

Docomo atau dikenal juga sebagai NTT Docomo sebenarnya merupakan nama dari perusahaan operator serta merk layanan telekomunikasi seluler yang ada di Jepang.

Docomo merupakan singkatan dari “Do Communications Over The Mobile Network”. Sementara dalam bahasa Jepang, Docomo artinya adalah “di mana saja”. Maksudnya adalah bahwa smartphone ini dapat digunakan di mana saja.

Meski begitu, smartphone Docomo belum tentu dapat digunakan di Indonesia. Biasanya smartphone Docomo tersebut harus di unlock terlebih dahulu untuk bagian operatornya. Barulah setelah itu bisa digunakan untuk semua jenis SIM Card di Indonesia.

Karena perbedaan ini, tidak sedikit yang menganggap bahwa smartphone Docomo adalah versi replica atau tiruan.Padahal sebenarnya bukan. Sony Xperia Docomo tetaplah produk original milik Sony.

Sebenarnya, selain Sony ada juga beberapa brand smartphone lain yang juga memiliki label Docomo, antara lain Iphone, Nexus, dan Samsung.

  • Sony Xperia AU

Sama seperti Docomo, AU merupakan merek smartphone asal Jepang yang dipasarkan oleh KDDI Corporation ke seluruh pulau utama di Jepang.

Sebagai perusahaan besar, AU tidak hanya bekerja sama dalam produk smartphone dengan brand besar seperti Sony, tapi juga menawarkan produk dan jasa lainnya

Nama AU ini juga memiliki arti tersendiri, yaitu A untuk access (akses, selalu, kemudahan) dan U yang berarti unique, universal, dan user. Logo AU ini dapat Anda lihat pada body smartphone atau saat melakukan booting (menghidupkan smartphone).

Penggunaan label AU pada smartphone juga diberikan bukan hanya pada Sony Xperia saja, tapi juga brand ternama lainnya seperti Iphone, Samsung, HTC, hingga Ipad. Harga smartphone AU biasanya lebih murah dari lainnya.

Perbedaan Sony Xperia Docomo dan Sony Xperia AU

Meski sama-sama berasal dari Jepang dan merupakan produk dari brand Sony, baik Sony Xperia Docomo dan Sony Xperia AU memiliki perbedaan, antara lain:

  • Body

Pada body smartphone Sony Xperia biasanya terdapat tulisan AU atau Docomo. Tergantung dari jenis mana yang menaunginya.

  • Booting

Seperti halnya pada body -nya, proses booting pada Sony Xperia AU dan Docomo juga memiliki perbedaan. Pada Sony Xperia AU, tulisan di layar saat proses booting adalah label AU. Sementara pada smartphone Sony Xperia Docomo, layarnya akan bertuliskan Docomo.

  • NFC

Near Field Communication atau biasa disebut NFC merupakan komunikasi medan dekat antara dua perangkat. Di mana salah satu perangkat berperan sebagai transmitter sementara yang satu lagi berperan sebagai penangkap sinyal.

Fitur NFC ini memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa hal, termasuk untuk topup saldo kartu uang elektronik.

Meski merupakan smartphone kelas unggulan, bahkan termasuk kategori flagship, tidak semua jenis Sony Xperia memiliki fitur NFC. Hanya Sony Xperia berlabel AU yang memiliki fitur NFC. Sementara Sony Xperia Docomo tidak memiliki fitur ini.

Sony Xperia Docomo vs Sony Xperia AU, mana yang lebih baik!

Pada dasarnya, spesifikasi dari Sony Xperia Docomo dan Sony Xperia AU tidak memiliki perbedaan yang begitu besar. Tinggal menyesuaikan dengan keinginan Anda saja, mana yang menurut Anda paling mudah dalam penggunaannya.

Tips membeli Sony Xperia Docomo dan Sony Xperia AU

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli Sony Xperia Docomo atau Sony Xperia AU, sebaiknya Anda perhatikan dahulu tips sebagai berikut ini :

  • Perhatikan kelengkapan unit yang diberikan. Mulai dari charger, headset, dan sebagainya.
  • Pastikan bahwa body dari Sony Xperia yang Anda pilih tidak mengalami cacat pada bagian body-nya. Apalagi bila Anda memilih untuk membeli batangan.
  • Periksa hardware dari Sony Xperia satu per satu. Pastikan kalau semuanya sudah berfungsi secara normal tanpa adanya kerusakan. Caranya mudah. Cukup masuk ke menu dial pada smartphone lalu klik ##7378423##. Nantinya akan muncul menu tes hardware, lalu pilih dan test satu per satu.
  • Lakukan tes waterproof. Caranya sama seperti test hardware, namun memilih menu Pressure Test. Tekan tombol depan dan belakang secara bersamaan lalu perhatikan apakah sensor tekanannya naik atau tidak. Kalau naik, berarti fungsi waterproofnya masih normal.
  • Gunakan smartphone untuk pemakaian selama sekitar 15-20 menit. Kalau setelah itu body smartphone menjadi panas, kemungkinan ada yang bermasalah.
  • Pastikan bahwa sinyal operatornya sudah di unlock terlebih dahulu. Karena kalau masih dalam mode unlock, Anda tidak akan bisa menggunakan simcard atau sinyal di Indonesia. Untuk mengeceknya, masukkan simcard Indonesia. Bila simcard tersebut bisa digunakan, maka smartphone tersebut sudah di unlock.

Kesimpulan

  • Sony Xperia memiliki keunggulan dalam desain body, tampilan UI, keyboard, serta kamera yang jernih.
  • Dalam perkembangannya, Sony Mobile telah mengeluarkan berbagai smartphone di antaranya Sony Xperia S, Sony Xperia Z, Sony Xperia XZ.
  • Sony Xperia Docomo dan Sony Xperia AU memiliki perbedaan pada bagian body, proses booting, serta fitur NFC.
  • Pastikan Anda memperhatikan beberapa tips sebelum membeli Sony Xperia Docomo dan Sony Xperia AU agar smartphone tersebut dapat digunakan dengan baik dan maksimal.

Referensi

  1. GSM Arena (2020), Sony Xperia S, https://www.gsmarena.com/sony_xperia_s-4369.php
  2. GSM Arena (2020), Sony Xperia Z, https://www.gsmarena.com/sony_xperia_z-5204.php
  3. GSM Arena (2020), Sony Xperia XZ, https://www.gsmarena.com/sony_xperia_xz-8313.php
  4. Wikipedia (2013), au (Mobile Phone Company), https://en.wikipedia.org/wiki/Au_(mobile_phone_company)
  5. Kasurnet (2016), Apa itu Smartphone Berlabel NTT DoCoMo, https://kasurnet.com/apa-Smartphone-berlabel-ntt-docomo/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *