Mengenal Lebih Jauh Realme Narzo 30A, Smartphone Gaming Harga Rp 1 Jutaan!

Realme akhirnya resmi meluncurkan ponsel pintar pertamanya di tahun 2021 ini yang diberi nama Realme Narzo 30A. Kehadiran smartphone gaming ini semakin meramaikan persaingan ponsel, terutama dari kelas entry level.

Bermain game memang tengah menjadi aktivitas yang digemari oleh banyak kalangan. Hal ini membuat kebutuhan akan perangkat gaming cenderung meningkat.

Tidak hanya melalui komputer, perangkat ponsel pintar juga jadi pilihan untuk bermain game. Karena itulah, Realme memfokuskan diri untuk menghasilkan produk yang dapat memuaskan para penggila game.

Meski merupakan smartphone kelas entry level, Realme Narzo 30A menghadirkan deretan fitur unggulan yang membuatnya diklaim sebagai The Most Powerful Entry-Level Gaming Smartphone tahun 2021. Terutama untuk baterai berkapasitas super besar yang diyakini dapat dipakai untuk bermain game hingga 10 jam!

Realme Narzo 30A ini hanya dibanderol dengan harga kisaran Rp 1 jutaan saja, sehingga lebih menjangkau banyak kalangan. Khususnya bagi para gamers muda atau pemula yang memiliki budget terbatas.

Menyandang peran sebagai smartphone gaming dengan harga Rp 1 jutaan saja, tentu banyak yang mempertanyakan bagaimana kualitas Realme Narzo 30A secara keseluruhan. Mengingat harganya yang murah, bukan hal aneh kalau ada beberapa fitur dan bagian yang akhirnya disederhanakan.

Apakah ponsel ini sudah cukup worth it untuk kelas dan harganya? Simak penjelasan mengenai spesifikasi, keunggulan, dan kekurangan dari Realme Narzo 30A berikut ini.

Spesifikasi dan Keunggulan Realme Narzo 30A

foto-mengenal-lebih-jauh-realme-narzo-30-smartphone-gaming-harga-rp-1-jutaan-01

Harga:Rp 1.699.000

Bila Anda tertarik untuk mengetahui performa dari Realme Narzo 30A yang menarik perhatian para gamers, terutama fans Realme. Berikut kami sertakan spesifikasi dan keunggulan Realme Narzo 30A yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

  • Spesifikasi Realme Narzo 30A

Display
Type: IPS LCD
Resolution: 720 x 1600 pixel
Size: 6.5 inch

Network
2G/3G/4G LTE

Platform
OS: Android 10 (Realme UI)
GPU: Mali-G52
CPU: Octa-core
Slot card: MicroSDXC
RAM/ROM: 3GB/32GB, 4GB/64GB
Chipset: MediaTek Helio G85

Camera
Main (Dual): 13MP + 2MP(Video: 1080p, 30fps)
Selfie: 8MP (Video: 1080p, 30fps)

Body
Dimension body: 164,5 x 75,9 x 9,8 mm
Weight: 205 gram
SIM: Dual SIM
Colors: Laser blue, Laser black

Other
Feature: Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, Gyro, GPS, Bluetooth
Battery: 6000 mAh, Li-Po (with fast charging 18 W and reverse charging)
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
USB: USB Type-C, USB On The Go

  • Desain bodi lumayan oke

Dilihat sekilas, tampilan bodi depan dari Realme Narzo 30A mungkin hanya akan memberi kesan biasa-biasa saja. Hal ini karena pemosisian kamera depan yang dibuat waterdrop notch, sebuah desain yang cukup mainstream untuk ponsel pintar kelas entry level.

Meski begitu, tampilan bodi belakang dari smartphone ini bisa dibilang lumayan oke. Pada bagian atas dari coverbelakangnya dipoles dengan halussementara sisanya memiliki motif garis yang kadang bisa terlihat bergelombang. Pola desain seperti ini baru pertama kali diaplikasikan oleh Realme pada seri Narzonya.

Sementara itu, bagian cover belakang serta frame-nya dibuat menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan permukaan matte. Tapi tenang, meski memakai plastik sebagai material utamanya, build quality Realme Narzo 30A masih tetap terbilang cukup bagus dan solid.

Smartphone ini hadir dengan dua varian warna menarik, yakni laser blue dan laser black. Kedua warna yang memberi kesan fresh dan ekspresif sekaligus

Dimensi ukuran dari Realme Narzo 30A adalah 164.5 x 75.9 mm. Sementara untuk bobotnya sendiri mencapai 207 gram dengan ketebalan sekitar 9.8 mm, mungkin akan terasa agak besar dan berat saat digenggam. Ada yang bilang sensasi menggenggam smartphone ini sedikit mirip dengan saat menggunakan Nokia 3310.

Di sisi kiri ponsel ini terdapat dua buah slot SIM card micro serta satu slot microSD. Sedangkan di bagian bawahnya terdapat port USB type C, jack 3.5 mm, speaker, serta microphone. Tidak lupa juga ada modul kamera yang pinggirannya terasa agak menonjol, tapi tidak terlalu mengganggu ketika digenggam.

  • Layar anti gores

Untuk layarnya sendiri, Realme Narzo 30A menggunakan panel IPS dengan luas 6.5 inci serta rasio layarnya 20:9. Tampilan layar yang mungkin terasa cukup familiar dengan seri Realme C.

Bukan tanpa alasan, ukuran layar tersebut bertujuan untuk memberi pengalaman lebih saat bermain game atau menonton video karena sudut pandangnya yan gluas.

Selain itu, rasio screen-to-body Realme Narzo 30A mencapai 88,7 % sehingga Anda akan terhindar dari gangguan visual ketika sedang menikmati ragam konten multimedia.

Tidak hanya menggunakan lapisan antigores, Realme juga menggunakan Gorilla Glass 3 yang memberikan proteksi ekstra dari goresan. Ini juga yang membuat layar Realme Narzo 30A tetap terlihat jelas walau di bawah terik sinar matahari.

Sayangnya resolusi layarnya masih menggunakan HD+, bukan Full HD+ seperti para pesaing di kelasnya. Sepertinya bertujuan supaya performa bermain game-nya jadi lebih mulus dan untuk menghemat penggunaan baterainya juga.

Soal sensitifitasnya, layar Realme Narzo 30A memang tidak terlalu sensitif, tetapi respon sentuhannya juga tidak begitu lambat. Anda tetap akan merasa enjoy ketika bermain game selama berjam-jam.

Mungkin spesifikasi layar Realme Narzo 30A memang bukan yang terbaik, tetapi reproduksi warna dari smartphone ini sudah termasuk bagus untuk kelasnya. Wajar saja kalau Realme Narzo 30A mendapat julukan sebagai smartphonegaming murah yang tidak murahan tahun 2021.

  • Kamera cukup baik

Jangan tertipu dengan jumlah lingkaran kamera di bodi belakangnya. Meski modul kotak kamera di bagian belakangnya memiliki empat lingkaran, smartphone ini sebenarnya dibekali dengan dua kamera belakang serta satu buah lampu flash saja.

Masing-masing merupakan kamera utama dengan resolusi 13 MP f/2.2 serta lensa monokrom beresolusi 2 MP f/2.4. Penggunaan lensa monokrom memang tidak sebagus lensa ultrawide atau makro, tapi cukup baik untuk mengambil gambar dalam mode hitam putih.

Bagi Anda yang ingin mengambil gambar pada malam hari, disarankan untuk menggunakan mode super nightscape. Fitur mode malam satu ini dapat memberikan bidikan terbaik yang jernih dan cerah pada malam hari. Ada pula filter malam Modern Gold, Flamingo, serta Cyverpunk yang dapat memberi kesan lebih pada hasil jepretan Anda.

Selain kedua filter tersebut, Realme Narzo 30A jug memiliki berbagai fitur lainnya. Antara lain Chroma Boost yang bisa membuat hasil jepretan Anda terlihat makin hidup, menarik, dan berwarna. Ya, walau setup-nya terbilang sederhana, namun fitur kamera yang diberikan lumayan lengkap.

Sementara kamera depan Realme Narzo 30A memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0 yang kualitasnya bisa dikatakan cukup bagus. Terlebih kamera selfie ini juga dilengkapi berbagai fitur untuk memberi hasil jepretan yang menonjol, misalnya Portrait Mode, AI Beauty, dan sebagainya.

Kekurangannya hanya terdapat pada tone warna yang terlihat sedikit miss dalam kondisi pencahayaan tertentu. Misalnya warna bibir yang jadi terlihat lebih merah dari aslinya atau sebagainya.

Jadi, bagaimana dengan hasil jepretan menggunakan Realme Narzo 30A?Sebenarnya kalau hanya sekadar untuk kebutuhan sosial media, fitur kamera smartphone ini sudah cukup. Apalagi kemampuan HDR Realme Narzo 30A lumayan bagus dalam menyeimbangkan keseluruhan foto.

Kemampuan untuk merekam video dengan Realme Narzo 30A pun sebenarnya juga standar-standar saja. Resolusi maksimum pengambilan video dengan smartphone ini berada di kisaran 1080p dengan 30fps. Tapi kamera Realme Narzo 30A tidak dilengkapi dengan EIS atau penstabil sehingga perlu pegangan yang kukuh agar video tidak berguncang.

  • Performa smooth dan responsif

Urusan dapur pacunya, Realme Narzo 30A masih menggunakan chipset yang sama seperti seri sebelumnya, yakni MediaTek Helio G85.

Bukan tanpa alasan, chipset keluaran tahun 2020 dengan delapan ini memiliki arsitektur 12 nm yang membuatnya lebih modern. Ditambah lagi dengan kehadiran kartu grafis Mali-G52 yang kecepatannya bisa mencapai 1GHz.

Penggunaan chipset tersebut membuat Realme Narzo 30A dapat menyuguhkan performa yang smooth dan responsif. Bahkan mampu menjalankan aplikasi dalam jumlah banyak di belakang layarnya, tanpa menimbulkan jeda saat berpindah aplikasi.

Realme sepertinya cukup berani untuk menggunakan chipset kualitas terbaik dengan banderol harga hanya kisaran Rp 1 jutaan saja. Karena biasanya, smartphone dengan performa seperti ini mematok harga di kisaran mencapai Rp 2 jutaan.

Realme Narzo 30A juga dibantu dukungan tenaga RAM 3GB/4GB serta memori internal dengan kapasitas sebesar 32GB/64GB. Karena itu, smartphone ini jadi tidak mudah panas apabila digunakan untuk bermain game selama lebih daru dua jam atau menonton serial konten.

Skor-skor yang muncul dari uji benchmark Realme Narzo 30A dikatakan lumayan baik untuk jenis ponsel kelas entry-level. Sebut saja hasil uji skor antutu 8 yang dilakukan oleh Sushant Talwar, menghasilkan angka hingga 201637.

Adapun untuk skor singlecore dan multicore yang dilakukan Geekbench 5 mengungkapkan kalau masing-masing memiliki angka 350 dan 1283. Sedangkan untuk pengujian grafis 3D Mark Wild Life dan GFX Bench memberikan hasil skor masing-masing 701 dan 745.

  • Baterai jumbo

Julukan baterai “badak” sepertinya sangat cocok disematkan pada baterai dari Realme Narzo 30A ini. Tidak tanggung-tanggung, kapasitas baterainya bahkan mencapai 6.000 mAh.

Ukuran baterai jumbo ini merupakan hal yang luar biasa untuk smartphone kelas entry-level seperti Realme Narzo 30A. Di sisi lain, baterai ukuran jumbo memang sesuai dengan julukan power gaming smartphone yang disematkan pada smartphone ini.

Realme Narzo 30A bisa jadi pilihan tepat bila Anda ingin smartphone dengan performa gaming kencang yang tidak perlu sering-sering diisi dayanya. Hanya dengan sekali cas, Anda sudah bisa menggunakan ponsel pintar ini seharian.

Berdasarkan hasil pengujian Realme Lab, smartphone ini bisa bertahan hingga 46 hari dalam mode siaga. Jauh lebih baik bila dibandingkan dengan beberapa ponsel pintar flagship lain.

Selain itu, Realme Narzo 30A juga sudah mendukung fast charging 18 W yang memungkinkan pengisian daya lebih singkat. Pengisian daya baterainya sendiri memerlukan waktu sekitar lebih dari 3 jam untuk membuatnya penuh.

Kalau Anda ingin penggunaan baterainya lebih awet, bisa menggunakan fitur screen battery optimization untuk mengurangi efek visual yang terdapat pada aplikasi tertentu. Bisa juga menggunakan fitur sleep standy optimization agar penggunaan daya di jam tidurnya tidak boros.

Kelebihan Realme Narzo 30A

  • Perpaduan polesan halus serta motif garis-garis yang bertekstur membuat desain bodinya jadi terlihat keren.
  • Dipersenjatai chipset MediaTek Helio G85 keluaran tahun 2020 dengan arsitektur 12 nm serta delapan inti yang memberikan performa efisien dan memuaskan.
  • Mendapat dukungan RAM 3GB/4GB serta memori internal 32GB/64GB yang memberi kinerja multitasking lebih lancer.
  • Panel layarnya sudah dibekali dengan Corning Gorilla Glass 3 untuk memberi perlindungan ekstra dari goresan.
  • Dilengkapi dengan berbagai fitur kamera menarik, seperti AI Beauty, Portrait Mode, Mode Super Nightscape, dan lain sebagainya.
  • Kapasitas baterainya sangat besar, yakni mencapai 6000 mAh, lengkap dengan fitur fast charging 18W.

Kekurangan Realme Narzo 30A

  • Layarnya hanya mengandalkan resolusi HD+, bukan Full HD+.
  • Kamera belakangnya menggunakan lensa monokrom yang kurang bagus untuk menghasilkan bokeh terbaik.
  • Hasil jepretan kameranya biasa-biasa saja.
  • Bobotnya cukup berat dan bisa membuat pegal kalau belum terbiasa.
  • Perlu waktu lama untuk mengecas baterainya.

Tips Membeli Smartphone Realme

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satu produk smartphone Realme, sebaiknya Anda perhatikan dahulu tips agar tidak salah beli, sebagai berikut:

  • Periksa kesesuaian spesifikasi dari tipe ponsel Realme yang diinginkan. Pastikan spesifikasinya pas dengan yang Anda butuhkan.
  • Pertimbangkan ukuran layarnya. Pilihlah yang nyaman digenggam dan tidak licin.
  • Bila Anda memiliki mobilitas tinggi, sebaiknya pilih seri yang memiliki kapasitas baterai besar seperti Realme Narzo 30A.
  • Berhati-hatilah saat membeli smartphone Realme. Sangat disarankan untuk membeli produk ponsel pintar Realme melalui situs resminya, atau toko online resmi di e-commerce agar lebih aman.
  • Jangan tertipu dengan penawaran smartphone Realme yang dibanderol jauh di bawah harga pasaran. Sudah banyak kasus penipuan jual-beli ponsel dengan iming-iming harga murah. Tenang saja, karena Realme selalu menghadirkan produk smartphone murah dan terjangkau oleh berbagai kalangan. Anda bisa mengetahui harga aslinya dengan mengecek website resmi Realme.

Kesimpulan

  • Realme Narzo 30A merupakan smartphone keluaran brand Realme yang dirilis pada 3 Maret 2021malam melalui acara virtual secara online.
  • Realme Narzo 30A pertama kali dijual pada 5 Maret 2021 melaluievent flash sale di e-commerce Shopee dan Akulaku, serta website resmi Realme.
  • Realme Narzo 30A memiliki keunggulan dalam desain, performa dan baterai yang membuat banyak orang ingin memilikinya.
  • Sementara kekurangan Realme Narzo 30A terdapat pada waktu pengecasan yang lama, bobot yang berat, resolusi layarnya belum Full HD+, serta hasil jepretan yang standar.
  • Pastikan Anda memperhatikan beberapa tips sebelum membeli smartphoneRealme agar tidak salah membeli.

Referensi

1. Realme (2021), Realme Narzo 30A, https://www.realme.com/id/realme-narzo-30a
2. GSM Arena (2021), Realme Narzo 30A, https://www.gsmarena.com/realme_narzo_30a-10748.php
3. CNBC Indonesia (2021), Realme Narzo 30A Resmi Dirilis, Harganya Rp 1 Jutaan
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210303194214-37-227677/realme-narzo-30a-resmi-dirilis-harganya-rp-1-jutaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *