Menggali Lebih Dalam Perbedaan Samsung Galaxy M11 dan Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy M12 adalah versi terbaru dari Galaxy M11 yang rilis pada akhir Mei 2020 lalu. Meski merupakan bagian dari seri yang sama, keduanya tetap memiliki beberapa perbedaan, seperti desain, spesifikasi, dan fitur-fitur yang baru terutama pada Galaxy M12.

Namun, ada juga beberapa bagian yang mirip atau sama dari produk Samsung seri Galaxy M. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai perbedaan spesifikasi dari Samsung Galaxy M11 dan Samsung Galaxy M12.

Samsung Galaxy M11

foto-menggali-lebih-dalam-perbedaan-samsung-galaxy-m11-dan-samsung-galaxy-m12-01

Harga: Rp1.569.000

Display
Type: PLS IPS
Resolution: 720 x 1560 piksel
Size: 6.4 inch

Network
2G/3G/4G LTE

Platform
OS: Android 10
UI: One UI 3.1
GPU: Adreno 506
CPU: Octa-core
Memory card: microSDXC
RAM/ROM: 3GB/32GB, 4GB/64GB
Chipset: Snapdragon 450

Camera
Main (Triple): 13MP+ 5MP + 2MP (Video: 1080p with 30fps)
Selfie: 8MP (Video: 1080p with 30fps)

Body
Dimension body: 161,4 mm x 76,3 mm x 9 mm
Weight: 197 gram
SIM: Dual SIM
Colors: Violet, Black, Metallic Blue

Other:
Feature: Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, GPS, Bluetooth 4.2
Battery: 5000 mAh, Li-Ion (non-removable, with fast charging 15W
Wi-Fi: 802.11 b/g/n
USB: USB Type-C 2.0

  • Bentuk bodi yang ergonomis

Secara ukuran, bodi dari Samsung Galaxy M11 ini masih terlihat cukup ramping dan tidak begitu berlebihan. Artinya, ponsel ini terbilang cukup ideal untuk penggunaan dengan satu tangan dan mudah ketika dimasukkan ke saku celana.

Samsung Galaxy M11 menghadirkan tiga opsi warna menarik yang bisa dipilih sesuai selera, antara lain Violet, Black, serta Metallic Blue. Balutan warna dif yang menyelimuti bodi ponsel ini makin menambah kesan kukuh dan tegas. Ditambah lagi penerapan konsep desain yang ergonomis sehingga membuatnya terasa nyaman saat digenggam.

Salah satu ubahan dari sisi desain ini adalah transisi dari Infinity-V Display ke Infinity-O Display, yang disertai keberadaan lensa kamera punch hole di bagian kiri atasnya. Kehadiran lubang kamera tersebutlah yang diyakini mampu menekan ukuran bezel hingga sekecil mungkin.

  • Desain layar Infinity-O Display yang memuaskan

Seolah memahami kebiasaan konsumen masa kini yang gemar menonton konten video secara online, Samsung pun membekali varian Galaxy M11 ini dengan panel layar IPS berdiameter 6,4 inc dengan desain Infinity-O Display.

Penerapan layar ini dimaksudkan agar aktivitas streaming para penggunanya bisa lebih nyaman dan memuaskan. Ditambah lagi dengan dukungan resolusi HD+ serta kerapatan piksel mencapai 268 pixel per inci yang makin menambah ketajaman visual pada layar.

  • Kualitas kamera cukup baik di kelasnya

Untuk menarik minat Generasi Z yang memiliki kegemaran akan fotografi, Samsung menghadirkan konfigurasi triple camera belakang dengan resolusi lensa utama 13MP, lensa ultrawide 5MP, serta sensor kedalaman 2MP.

Fungsi lensa ultra lebar ini adalah untuk menangkap foto panorama dari sudut pandang tertentu hingga mencapai 115 derajat. Bukan hanya dalam hal fotografi, perekaman video dari Samsung Galaxy M11 juga cukup memuaskan dengan resolusi tertinggi 1080p serta frame rate 60 FPS.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan selfie, Samsung Galaxy M11 memiliki kamera depan beresolusi 8 MP. Di lengkapi dengan fitur Live Focus yang bisa memisahkan antara background dengan objek fotonya serapi mungkin. Bisa juga diatur sedemikian rupa agar dapat menghasilkan suatu foto yang memiliki background blur.

  • Baterai yang tahan lama

Berbicara soal dapur pacu, performa dari Samsung Galaxy M11 ini bisa dibilang kurang memuaskan. Pasalnya ponsel ini masih menggunakan chipset Snapdragon 450 yang tergolong jadul dan usang.

Padahal di tahun yang sama, Qualcomm telah merilis chipset terbarunya yakni Snapdragon 865. Penggunaan chipset tersebut juga kurang bisa memberi tenaga lebih untuk memenuhi kebutuhan gaming anak muda.

Untuk prosesornya, Samsung Galaxy M11 dibekali CPU Octa-core serta GPU ADRENO 506 yang masih lumayan bagus. Ditambah lagi dengan RAM/ROM 3GB/32GB serta 4GB/64GB yang memberi ruang cukup luas di dalam ponsel ini.

Meski memiliki performa kurang bagus, Anda masih bisa menggunakan Samsung Galaxy M11 untuk memainkan game berat seperti PUBG Mobile. Akan tetapi, pengaturan grafisnya agak terbatas dan frame-rate yang dihasilkannya pun kurang begitu memuaskan.

Performanya mungkin kurang memuaskan, tetapi tidak dengan baterainya. Samsung Galaxy M11 dibekali baterai jenis Li-Ion dengan kapasitas 5000 mAh. Tentunya sangat menjanjikan untuk penggunaan dalam waktu lama. Apalagi kalau pengguna tidak memasang software atau aplikasi yang menguras baterai. Untuk pemakaian normal, ponsel ini mampu tahan sampai 2 harian.

Kapasitas baterai yang besar juga dibarengi teknologi fast charging 15W. Dengan begitu, pengisian baterai Samsung Galaxy M11 tidak akan membutuhkan waktu yang terlalu lama. Tidak sampai 2 jam, ponsel sudah akan terisi penuh.

Kelebihan Samsung Galaxy M11

  • Memiliki ukuran bodi yang tipis dan ringan, cocok untuk mobilitas tinggi.
  • Sistem Androidnya bisa di-upgrade ke versi terbaru.
  • Menggunakan desain layar Infinity-O Display berukuran besar yang memuaskan.
  • Memiliki triple camera serta satu selfie camera dengan kualitas foto lumayan baik.
  • Dibekali sensor fingerprint dan face recognition.
  • Masih menyediakan port audio jack 3,5.
  • Dilengkapi baterai dengan kapasitas besar, lengkap dengan fitur fast charging 15W.

Kekurangan Samsung Galaxy M11

  • Penerapan sensor sidik jari di bagian belakang membuat bodinya mudah kotor.
  • Masih menggunakan chipset jadul sehingga performanya kurang memuaskan.
  • Tidak memakai Bluetooth versi terbaru.
  • Tidak menghadirkan fitur infrared dan NFC.

Samsung Galaxy M12

foto-menggali-lebih-dalam-perbedaan-samsung-galaxy-m11-dan-samsung-galaxy-m12-02

Harga: Rp1.944.000

Display
Type: PLS IPS
Resolution: 720 x 1600 piksel
Size: 6.5 inch

Network
2G/3G/4G LTE

Platform
OS: Android 11
UI: One UI Core 3.1
GPU: Mali-G52
CPU: Octa-core
Memory card: microSDXC
RAM/ROM: 3GB/32GB, 4GB/64GB, 4G/128GB
Chipset: Exynos 850

Camera
Main (Quad): 48MP+ 5MP + 2MP + 2MP (Video: 1080p with 30fps)
Selfie: 8MP (Video: 1080p with 30fps)

Body
Dimension body: 164 mm x 75,9 mm x 9,7 mm
Weight: 212 gram
SIM: Dual SIM
Colors: Green, Black, Blue

Other:
Feature: Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, GPS, Bluetooth 5.0, NFC
Battery: 5000 mAh, Li-Po (non-removable, with fast charging 15W)
Wi-Fi: 802.11 b/g/n
USB: USB Type-C 2.0

  • Desain bodi cantik dan nyaman digenggam

Berbeda dengan Galaxy M11 yang menghadirkan bodi cenderung ramping dan tidak begitu berat, saudara kembarnya ini malah memiliki bodi yang tebal dan berbobot berat. Ya, Samsung Galaxy M12 ini memiliki bobot 212 gram dengan ketebalan 9,7 mm. Bagi yang tidak terbiasa, mungkin akan terasa pegal di tangan saat menggunakannya.

Meski begitu, konsep desain yang cantik bisa jadi pengobat. Samsung Galaxy M12 menerapkan finishing metalik yang disertai pola bergaris pada bagian permukaannya sehingga terlihat sedikit berbeda. Polanya yang agak melengkung tersebut bukan hanya membuatnya terlihat menarik, tapi juga memberi rasa cukup nyaman saat digenggam.

  • Layar berukuran besar dan hemat daya

Cukup disayangkan karena bagian depan Samsung Galaxy M12 ini masih menerapkan konsep Infinity-V Display atau waterdrop. Padahal Galaxy M11 saja sudah menggunakan Infinity-O Display atau bokeh.

Meski sudah menggunakan panel PLS IPS, resolusi dari ponsel ini masih HD+. Pun begitu dengan reproduksi warnanya. Tidak pucat ataupun se-vibrant ponsel pintar dengan panel IPS lain di kelasnya. Memang tidak bisa mengharapkan terlalu banyak mengingat ini merupakan ponsel kelas entri dari Samsung.

Yang cukup mencengangkan adalah keberadaan dukungan laju penyegaran yang mencapai angka 90Hz. Selain itu, refresh rate ini juga bisa disesuaikan dengan konten yang sedang disaksikan. Hasilnya, konsumsi baterai jadi lebih hemat dan tahan lama.

Ukuran layar dari Samsung Galaxy M12 juga lumayan besar, yakni 6,5 inci dengan rasio layar ke bodi 81,9%. Dengan demikian, pengguna bisa makin leluasa ketika menggerakkan jari-jemarinya untuk mengoperasikan ponsel.

  • Dukungan kamera yang bagus di kelasnya

Untuk ukuran ponsel kelas menengah ke bawah, keberadaan quad camera dari Samsung Galaxy M12 sudah terbilang cukup memuaskan. Konfigurasi empat kamera tersebut terdiri dari lensa utama beresolusi 48MP, lensa ultrawide 5MP, sensor makro 2 MP, serta sensor kedalaman 2MP.

Foto yang dihasilkan masih terbilang cukup oke untuk ponsel sekelasnya. Bahkan tanpa dukungan dari AI khusus pun, tone warnanya masih tetap mirip dengan objek aslinya.

Sementara untuk Anda yang gemar selfie, Samsung membekali kamera dengan dengan resolusi 8MP yang lumayan bagus. Menariknya, lensa kamera depan tersebut sudah dibekali fitur High Dynamic Range (HDR) sehingga mampu memberi pencahayaan yang sangat baik pada objek foto.

Yang disayangkan adalah absennya kehadiran night mode alias mode malam. Padahal ponsel lain sekelasnya sudah dibekali dengan fitur ini. Ditambah lagi tidak tersedianya gyro-EIS yang memungkinkan pengambilan video bebas guncangan. Mau tidak mau, Anda harus memakai alat khusus untuk merekam video yang stabil.

  • Performa cepat dan bertenaga

Julukan ponsel multitasking yang disematkan pada ponsel ini sepertinya bukan sekadar nama. Pasalnya Samsung Galaxy M12 ini dipersenjatai dengan chipset Exynos 850 serta CPU delapan core ARM Cortex-A55 yang memberi performa cepat dan bertenaga. Bahkan kecepatan maksimalnya sendiri bisa mencapai 2GHz.

Ditambah lagi dengan dukungan kartu grafis dari Mali-G52 yang memiliki peningkatan kinerja mencapai 30% serta efisiensi daya 15% dari versi G51. Kombinasi RAM/ROM berkapasitas 3GB/32GB, 4GB/64GB, atau 6GB/128GB makin menambah kecanggihan pada dapur pacu ponsel ini.

Samsung juga membekali baterai dengan kapasitas jumbo, yaitu 5000 mAh pada seri Galaxy M12 ini. Baterai ini diklaim mampu menonton video selama 19 jam, menelepon sampai 49 jam, serta bermain internet via WiFi hingga 19 jam. Fitur fast charging 15W yang disematkan pun membuat pengisian dayanya jadi lebih cepat dari biasanya.

Kelebihan Samsung Galaxy M12

  • Konfigurasi kameranya cukup professional.
  • Laju penyegarannya termasuk tinggi untuk kelasnya, yakni 90Hz.
  • Telah menggunakan sistem operasi Android terbaru, yakni Android 11.
  • Kapasitas RAM/ROM-nya lebih lega.
  • Hadirkan beragam fitur sensor terbaik.
  • Mengusung Exynos 850yang menghadirkan performa mumpuni dan hemat daya.
  • Dilengkapi baterai berkapasitas jumbo, lengkap dengan fitur fast charging 15W.
  • Sudah dilengkapi fitur NFC.

Kekurangan Samsung Galaxy M12

  • Bobotnya lebih tebal dan berat.
  • Masih menerapkan konsep Infinity-V Display atau waterdrop pada layarnya.
  • Perlu menggunakan alat khusus saat merekam video karena tidak dilengkapi dengan fitur gyro-EIS.
  • Tidak tersedia fitur mode malam pada kameranya.

Perbedaan Samsung Galaxy M11 &Samsung Galaxy M12

Meski merupakan bagian dari smartphone kelas entri yang dirilis oleh Samsung, baik Samsung Galaxy M11 dan Samsung Galaxy M12 memiliki beberapa perbedaan, antara lain:

  • Samsung Galaxy M11 dibekali tiga lensa kamera belakang, sedangkan Samsung Galaxy M12 sudah menggunakan quad camera.
  • Samsung Galaxy M11 telah mengusung konsep layar Infinity-O Display, sedangkan Samsung Galaxy M12 hanya memakai Infinity-V Display.
  • Bobot dari Samsung Galaxy M11 hanya 197 gram, sedangkan Samsung Galaxy M12 memiliki bobot mencapai 202 gram.
  • Samsung Galaxy M11 masih memakai chipset Snapdragon 450, sedangkan Samsung Galaxy M12 sudah menggunakan Exynos 850 yang performanya lebih baik.
  • Samsung Galaxy M11 masih memakaisistem operasi Android 10, sedangkan Samsung Galaxy M12 sudah menggunakan Android 11.
  • Samsung Galaxy M11 menghadirkan varian warna Violet, Black, dan Metallic Blue. Sementara Samsung Galaxy M12 memiliki opsi warna Green, Black, dan Blue
  • Samsung Galaxy M11 didukung kartu grafis Adreno 506, sedangkan Samsung Galaxy M12 menggunakan Mali-G52.
  • Samsung Galaxy M11 tidak menyematkan fitur NFC, sedangkan sudah menyediakan fitur NFC.

Samsung Galaxy M11 vs Samsung Galaxy M12, mana yang paling unggul?

Pada dasarnya, Samsung Galaxy M11 dan Samsung Galaxy M12 sama-sama menjadi salah satu ponsel pintar kelas menengah keluaran terbaik dari Samsung. Meski begitu, keduanya memiliki beberapa perbedaan dari sisi spesifikasinya.

Salah satu perbedaan paling mencolok dari kedua smartphone besutan Samsung tersebut ada pada bobotnya. Di mana Samsung Galaxy M11 memiliki bobot yang masih terbilang cukup ringan dan nyaman digenggam, yakni sebesar 197 gram. Sementara Samsung Galaxy M12 menghadirkan bobot yang lebih berat, mencapai 202 gram.

Perbedaan lain terdapat pada desain panel layar yang diusungnya. Sesuai namanya, Samsung Galaxy M11 sudah menyematkan Infinity-O Display alias bokeh pada layarnya. Sementara Samsung Galaxy M12 masih memakai Infinity-O Display atau waterdrop.

Konfigurasi kamera yang disematkan pada kedua ponsel ini pun tidak sama. Samsung Galaxy M11 hanya dibekali dengan konfigurasi tiga kamera dengan resolusi 13MP, 5MP, dan 2MP. Sementara Samsung Galaxy M12 memiliki jumlah lensa kamera lebih banyak, yakni quad camera dengan resolusi 48MP, 5MP, 2MP, dan 2MP.

Samsung Galaxy M11 sangat disarankan bagi Anda yang menginginkan ponsel pintar kelas entri dengan bodi ramping dan ringan. Sementara untuk Anda yang mencari ponsel dengan konfigurasi kamera terbaik serta performa dapur pacu mumpuni, Samsung Galaxy M12 adalah pilihan terbaik.

Kesimpulan

  • Samsung Galaxy M11 & Samsung Galaxy M12 merupakan produk smartphone keluaran OPPO yang diluncurkan di Indonesia pada waktu berbeda.
  • Samsung Galaxy M11 &Samsung Galaxy M12 memiliki spesifikasi yang berbeda pada konfigurasi jumlah dan resolusi lensa kamera belakang, varian warna, konsep layar, fitur NFC, bobot, sistem operasi, serta dukungan kartu grafisnya.
  • Sementara persamaan dari Samsung Galaxy M11 &Samsung Galaxy M12 terdapat pada kapasitas baterai, panel layar, serta fitur fast charging.

Referensi

1. GSM Arena (2020), Samsung Galaxy M11, https://www.gsmarena.com/samsung_galaxy_m11-10124.php
2. GSM Arena (2021), Samsung Galaxy M12, https://www.gsmarena.com/samsung_galaxy_m12-10860.php
3. Samsung (2020), Galaxy M11, https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-m/galaxy-m11-blue-32gb-sm-m115fmbdxid/
4. Samsung (2021), Galaxy M12, https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-m/galaxy-m12-blue-32gb-sm-m127flbdxid/?cid=id_paid_ppc_google_m12_launch_136-m12-kwb-phr-w-lc-r1-sem-conv-w_text_none-20210510_none&utm_source=adwords-search&utm_medium=ppc&utm_campaign=136-m12-kwb-phr-w-lc-r1-sem-conv-w&utm_term=2-warm-mass-none&utm_content=none-none&gclid=CjwKCAjwhYOFBhBkEiwASF3KGelA_TnJbUdkGMkBak8xaW7IJjji9O2ka6cfSYVDqWx23H_njecAJBoCdEoQAvD_BwE&gclsrc=aw.ds#specs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *