Rekomendasi 10 Pencukur Jenggot Elektrik Terbaik untuk Pria

Penampilan yang bersih dan rapi sudah menjadi keharusan bagi para pria masa kini. Salah satu faktor yang membuat penampilan pria terlihat rapi adalah kumis dan jenggot yang terawat.

Jangan salah, selain tampak lebih menarik, memiliki kumis dan jenggot yang terawat justru berdampak pada kesehatan Anda. Dengan merapikannya, Anda bisa mencegah kumis dan jenggot menjadi sarang bakteri atau parasit yang mungkin menempel.

Selain itu, kumis dan jenggot yang dicukur rapi juga dapat membuat kulit Anda terlindung dari infeksi, gatal maupun iritasi.

Agar lebih mudah menata dan merapikan kumis atau jenggot, Anda bisa menggunakan pencukur jenggot elektrik. Berbeda dengan alat cukur biasa, pencukur jenggot elektrik ini lebih cepat karena terdapat motor yang bisa membuat kegiatan mencukur lebih cepat dan hemat waktu.

Karena itu, kami menyajikan rekomendasi 10 pencukur jenggot elektrik terbaik untuk pria lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara mencukur jenggot dan kumis serta cara memilihnya.

Cara mencukur jenggot dan kumis dengan benar

Ternyata masih banyak pria yang kurang peduli terhadap kebersihan kumis dan jenggotnya. Hal ini terbukti dari cara bercukur yang kurang benar dan terkesan asal-asalan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika mencukur jenggot dan kumis, antara lain:

Mencuci wajah menggunakan air dingin

Ternyata, mencuci wajah atau bagian jenggot dan kumis dengan air dingin tidak dianjurkan saat bercukur. Suhu air yang dingin dapat mempersempit ukuran pori-pori, sehingga menyulitkan krim cukur meresap pada pori-pori kulit. Hal ini membuat alat cukur yang Anda gunakan terasa kasar, kesat dan berpotensi melukai kulit wajah Anda.

  • Tidak membersihkan wajah sebelum dan sesudah bercukur

Tidak hanya bagian kumis dan jenggot saja yang harus dibersihkan ketika bercukur, seluruh wajah Anda juga harus dicuci menggunakan sabun cuci muka sebelum dan sesudah bercukur.

Hal tersebut akan membuat kulit wajah lebih lembut dan mencegah iritasi ketika terkena alat pencukur jenggot elektrik. Bilasan air bercampur sabun cuci muka, akan melenyapkan minyak dan debu yang mungkin menempel pada areal wajah Anda, sehingga akan memudahkan proses mencukur.

  • Mengarahkan pisau cukur berulang kali pada bagian yang sama

Sebagian dari Anda tentu pernah melakukan hal semacam ini kan? Mengarahkan alat pencukur di bagian yang sama berulang kali, ternyata membuat hasil bercukur kurang maksimal. Karena dilakukan bolak balik, kemungkinan ada bagian yang tidak terkena pisau cukur.

Sebaiknya, gunakanlah alat cukur dalam satu arah yang sama, misalnya ketika mencukur bagian jambang dan jenggot. Anda bisa mencukur dalam satu gerakan mulai dari areal jambang, jenggot dan bagian leher. Cara ini membuat hasil bercukur menjadi lebih rapi dan bersih.

  • Tidak menggunakan krim cukur

Banyak pria yang mengabaikan krim cukur ketika merapikan jenggot dan kumis. Sebenarnya, krim cukur dibuat khusus untuk memudahkan proses bercukur dan mencegah terjadinya iritasi pada kulit.

Krim cukur umumnya mengandung minyak tertentu yang dapat membuat kulit tetap lembab selama proses bercukur.

Anda bisa saja menggunakan sabun mandi untuk memudahkan proses bercukur, tapi kandungan sabun mandi terkadang tidak cocok untuk kulit wajah. Itulah mengapa Anda kerap merasa gatal atau perih setelah bercukur.

  • Jarang mengganti pisau cukur

Walaupun cukup awet disimpan dalam waktu lama, pisau cukur pada alat pencukur jenggot elektrik juga harus rutin diganti dengan yang baru.

Jika memungkinkan, gantilah bagian pisau cukur setelah digunakan tiga sampai lima kali. Karena, pisau cukur memiliki batas waktu pemakaian, sehingga tidak akan maksimal jika sudah digunakan sampai pada batas maksimal pemakaiannya.

Perhatikan cara penggunaannya

Poin pertama yang harus Anda perhatikan ketika memilih alat pencukur jenggot, adalah bagaimana cara menggunakannya. Sebab alat pencukur jenggot elektrik atau shaver yang ada di pasaran, umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu mode foil dan rotary.

Alat pencukur jenggot elektrik jenis mode foil memiliki satu floating heads. Alat semacam ini dirancang untuk membersihkan rambut di wajah dengan cara meluncur sesuai kontur wajah Anda. Shaver jenis foil memiliki pemotong yang terhubung dengan layar berlubang (perforated screen) di bagian belakangnya.

Sementara alat pencukur jenggot jenis rotary dirancang dengan tiga sampai empat floating heads. Sesuai namanya, floating heads pada mode ini memiliki pemotong yang dapat berputar. Hasil dari alat jenis ini terbilang lebih halus, dan cocok untuk yang tidak ingin mencukur habis kumis dan jenggot.

Perhatikan fitur dan kelengkapannya

Setelah mengetahui cara penggunaannya, selanjutnya Anda juga harus memastikan kelengkapan dan memperhatikan fitur yang diusung alat pencukur jenggot yang Anda pilih.

Dalam satu unit shaver, biasanya terdiri dari alat utama, pisau cukur, pengaman pisau cukur, kabel (ada yang bisa dilepas), charger dan baterai untuk beberapa tipe alat pencukur.

Setelah dirasa cukup lengkap, ada baiknya jika Anda mempelajari fitur yang diusung shaver tersebut, seperti bagaimana bentuk tombol on-off nya, ada tidaknya LCD yang berisi informasi kondisi alat, hingga lampu indikator yang digunakan sebagai peringatan tingkat daya listrik.

Perhatikan desainnya

Pilihlah alat pencukur yang mengusung desain ergonomis atau yang sesuai kebutuhan Anda. Beberapa alat pencukur bahkan ada yang berbentuk kotak dan berukuran besar. Jika Anda menginginkan alat pencukur jenggot elektrik yang bisa dibawa kemana saja, pilihlah yang memiliki desain compact, ringan dan mudah disimpan.

Selain bentuk dan ukurannya, perhatikan juga kenyamanan penggunaannya. Agar lebih mudah digenggam, shaver elektrik biasanya dilapisi grip yang terbuat dari karet atau silikon.

Grip tersebut memudahkan Anda ketika menggenggam shaver agar tidak mudah terlepas atau slip saat digunakan. Adanya grip karet juga berfungsi untuk meredam getaran mesin pencukur ketika digenggam.

Perhatikan mode pengisian dayanya

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, alat pencukur jenggot elektrik memiliki mode pengisian daya yang berbeda-beda. Beberapa shaver mengusung mode isi ulang yang bisa Anda tancapkan langsung ke sumber listrik ketika dayanya mulai habis.

Jenis pencukur tersebut biasanya memiliki kabel yang bisa dilepas, atau tanpa kabel sama sekali, karena bisa diisi ulang menggunakan charger berbasis USB.

Namun, bagi Anda yang menginginkan alat pencukur yang berukuran compact, Anda bisa memilih shaver yang menggunakan baterai. Tipe baterai ini cukup efektif digunakan saat keadaan darurat, misalnya saat Anda kesulitan mencari sumber listrik. Shaver jenis ini menggunakan baterai tipe AA atau AAA yang bisa Anda beli di mini market terdekat.

Perhatikan ulasan pelanggan dan garansinya

Yang terakhir, sebelum memutuskan untuk membeli alat pencukur jenggot elektrik, pastikan Anda sudah mengetahui ulasan pelanggan yang pernah menggunakan alat tersebut. Karena, produk yang bagus tentu akan mendapatkan ulasan yang positif. Anda dapat dengan mudah mencari ulasan pelanggan terhadap sebuah produk di internet.

Selain ulasan pelanggan, Anda juga harus memastikan garansi yang diberikan. Garansi cukup penting sebagai after sales yang diberikan oleh penjual. Dengan garansi yang masih panjang, Anda akan lebih mudah mendapatkan produk baru atau perawatan ketika produk yang Anda beli bermasalah.

Cara merawat alat pencukur jenggot elektrik

Setelah mengetahui cara memilihnya, ada baiknya jika Anda juga mengetahui cara merawat shaver agar lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka panjang, sebagai berikut:

  • Bersihkan alat pencukur jenggot elektrik sebelum digunakan. Kita tidak pernah tahu, berapa banyak bakteri, virus atau parasit berbahaya yang mungkin menempel pada permukaan alat tersebut.
  • Gunakan cairan berbasis alkohol untuk membersihkan alat setelah digunakan. Alkohol dapat membunuh bakteri dan zat allergen yang mungkin tertinggal pada permukaan alat.
  • Gunakan minyak atau pelumas khusus pada bagian mata pisau. Hal ini dilakukan untuk mencegah karat dan membuat mata pisau tetap tajam.
  • Ganti mata pisau pada alat pencukur jenggot secara rutin. Jika telah digunakan, gantilah mata pisau minimal setelah tiga sampai lima kali digunakan.
  • Simpan alat pencukur jenggot elektrik di tempat yang aman, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

10 Rekomendasi pencukur jenggot elektrik terbaik untuk pria

Setelah Anda mengetahui cara memilih dan merawat alat pencukur jenggot, berikut adalah rekomendasi 10 alat pencukur jenggot elektrik terbaik dari berbagai merek.

10. Wahl USA Lodan Super Taper

foto-alat-pencukur-jenggot-elektrik-terbaik-10

Harga: Rp 270.000

Bisa untuk mencukur jenggot, kumis, dan rambut

Alat pencukur jenggot elektrik yang satu ini memiliki reputasi yang baik. Wahl Usa Lodan Super Taper dikenal akan kualitas mesin dan daya listriknya yang cukup hemat. Dilengkapi motor yang halus dan tahan panas, performa shaver ini makin menawan dengan aksesoris pendukung yang komplit.

Selain untuk mencukur jenggot dan kumis, alat ini juga bisa digunakan mencukur rambut. Tak heran jika shaver elektrik ini juga menjadi pilihan favorit barber shop. Desainnya yang kokoh juga sangat nyaman ketika digenggam. Anda bisa mendapatkan Wahl USA Lodan Super Taper di Shopee.

9. Boly Shaver

foto-alat-pencukur-jenggot-elektrik-terbaik-9

Harga: Rp 65.900

Praktis dan bisa dibawa bepergian

Desain Boly Shaver yang kompak dan praktis, sangat cocok digunakan bagi Anda yang gemar bepergian. Terbuat dari material stainless steel, alat pencukur jenggot elektrik ini dibekali mata pisau tajam yang awet digunakan.

Urusan pengisian daya, Boly Shaver mengusung tipe isi ulang yang bisa di-charge kapan pun Anda butuhkan. Satu unit Boly Shaver sudah dilengkapi sikat pembersih dan saringan pengaman. Anda bisa membeli alat pencukur jenggot elektrik ini di Shopee

8. Braun Series 3 310s Men’s Electric Shaver

foto-alat-pencukur-jenggot-elektrik-terbaik-8

Harga: Rp 799.000

Dilengkapi fitur serba otomatis dan tahan air

Bagi Anda yang menginginkan alat pencukur jenggot dengan fitur otomatis, Braun Serius 3 310s ini menjadi pilihan terbaik. Dirancang untuk kemudahan bercukur, alat pencukur jenggot elektrik ini dapat digunakan pada berbagai tipe atau kontur wajah.

Soal kualitas, jangan ditanya, alat cukur asal Jerman ini telah dilengkapi pisau cukur super tajam, dengan berbagai mode penggunaan. Ada pula lampu LED sebagai indikator pengisian daya. Tak hanya itu, alat pencukur jenggot elektrik ini bahkan tahan saat terendam air sedalam 5 meter. Anda bisa membeli Braun Serius 3 320s ini di Shopee.

7. ShengFa Rechargeable Shaver RSCW-2108

foto-alat-pencukur-jenggot-elektrik-terbaik-7

Harga: Rp 64.000

Murah dan mudah dibawa ke mana saja

Siapa bilang alat cukur murah tidak berkualitas? ShengFa Rechargeable Shaver RSCW-2108 memiliki fitur yang tidak kalah dengan alat pencukur elektrik ternama.

Dirancang dengan desain yang mudah digenggam, alat pencukur jenggot elektrik ini memiliki pisau berkualitas yang mampu merapikan jenggot atau kumis yang tebal sekali pun. Anda bisa membeli shaver elektrik ini di Shopee.

6. Panasonic ES3831K

foto-alat-pencukur-jenggot-elektrik-terbaik-6

Harga: Rp 225.000

Bisa digunakan dalam keadaan basah maupun kering

Satu lagi produk pencukur jenggot elektrik yang bisa Anda jadikan pilihan terbaik. Panasonic ES38831K dirancang dengan desain compact yang cocok dibawa bepergian. Soal kualitas, jangan ditanya, alat pencukur jenggot elektrik besutan Panasonic ini dibekali pisau cukur berbasis floating single blade yang berkualitas.

Bahan anti karat dan ketajamannya bisa diandalkan untuk merapikan jenggot atau kumis sesuai keingingan. Tidak hanya itu, shaver elektrik ini juga bisa digunakan dalam keadaan kering maupun basah. Anda bisa membeli Panasonic ES3831K ini di Shopee.

5. Remington Titanium Rechargable All In 1 PG6020-AP

foto-alat-pencukur-jenggot-elektrik-terbaik-5

Harga: Rp 689.000

Pilihan grooming kit profesional

Bagi Anda yang menginginkan alat pencukur multi fungsi, shaver elektrik buatan Remington ini bisa menjadi pilihan terbaik. Remington Titanium Rechargable All In 1 PG6020-AP ini mengaplikasikan mata pisau jenis trimmer yang bisa Anda gunakan mencukur jenggot, kumis hingga merapikan rambut.

Selain itu, mata pisau yang digunakan pada alat pencukur jenggot elektrik ini dibuat dari bahan titanium, yang tentu saja jauh lebih kuat dibandingkan stainless steel.

Bagian pengaman mata pisaunya, bisa Anda manfaatkan sebagai sisir yang bisa diatur sesuai keinginan. Untuk mencukur jenggot atau kumis, pengaman mata pisau alat ini bisa dijadikan pembatas ketebalan cukuran mulai 1 sampai 8 mm.

Sedangkan untuk mencukur rambut, Anda bisa megaturnya mulai dari ukuran 9 sampai 15 mm. Anda bisa membeli Remington Titanium Rechargable All In 1 PG6020-AP ini di Shopee.

4. Philips PQ 206

foto-alat-pencukur-jenggot-elektrik-terbaik-4

Harga: Rp 150.000

Fitur self sharpening blades membuat mata pisau selalu tajam

Jika Anda menginginkan shaver elektrik berukuran kecil, maka bisa memilih alat pencukur jenggot yang satu ini. Berukuran 10 x 5 cm, shaver ini sangat mudah dibawa ke mana saja, bahkan Anda bisa menyimpannya di saku jaket atau kantung tas. Dibuat dari bahan plastik yang ringan, shaver ini dapat diaktifkan menggunakan baterai.

Selain itu, mata pisau pada shaver ini juga diklaim sangat awet, karena mampu bertahan selama dua tahun. Menariknya, alat pencukur jenggot elektrik ini memiliki fitur self sharpening blades yang membuat pisau cukurnya bisa mengasah sendiri. Anda bisa membeli produk Philips SQ206 ini di Shopee.

3. Panasonic Shaver ES-534

foto-alat-pencukur-jenggot-elektrik-terbaik-3

Harga: Rp 80.600

Cocok dengan jenis kulit orang Asia

Bagi Anda yang ingin bercukur dalam waktu singkat, Panasonic Shaver ES-534 bisa menjadi pilihan yang tepat. Dilengkapi pisau cukur tajam yang terbuat dari stainless steel, alat pencukur jenggot elektrik ini dirancang khusus untuk jenis kulit orang Asia.

Ukurannya yang compact dan fleksibel, juga menjadikan alat ini mudah dibawa ke mana saja. Anda bisa membeli shaver elektrik buatan Panasonic ini di Shopee.

2. Nova NHC2012

foto-alat-pencukur-jenggot-elektrik-terbaik-2

Harga : Rp 42.500

Multifungsi dan mudah digunakan

Satu lagi alat cukur jenggot elektrik murah yang memiliki kualitas mumpuni. Nova NHC2012 memiliki fitur 3 in 1 yang bisa Anda guanakan untuk mencukur kumis atau jenggot, rambut dan bulu hidung.

Dengan tiga mata pisau yang bisa dibongkar pasang, Nova NHC2012 dapat diandalkan untuk merapikan jenggot dan kumis Anda setiap hari. Anda bisa membeli shaver elektrik ini di Shopee.

1. Philips Multi Grooming MG-1100

foto-alat-pencukur-jenggot-elektrik-terbaik-1

Harga: Rp 329.998

Hasil cukur bersih maksimal

Dibekali dua mata pisau stainless steel yang berkualitas, Philips Multi Grooming MG-1100 menjadi satu di antara shaver elektrik terbaik di kelasnya. Desainnya yang ergonomis membuat alat pencukur jenggot elektrik ini dapat menyesuaikan segala kontur wajah pemakainya.

Ukuran shaver yang cukup kecil dengan bobot yang ringan, menjadikan alat ini dapat dengan mudah dibawa ke mana saja. Sistem pencukur tiga sisi-nya juga dapat memberikan hasil potongan presisi, sehingga membuat wajah Anda bersih maksimal. Anda bisa mendapatkan Philips Multi Grooming MG-1100 ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli alat pencukur jenggot elektrik, sebaiknya perhatikan cara penggunaan, fitur dan kelengkapan hingga ulasan pelanggannya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawat alat pencukur jenggot elektrik agar awet dan tahan lama.
  • Anda bisa memilih Boly Shaver, Shengfa Rechargable Shaver RSCW-2108, Panasonic Shaver ES-534 dan Nova NHC2012 jika menginginkan produk pencukur jenggot elektrik murah, namun memiliki kualitas yang baik.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin alat pencukur jenggot multifungsi yang memberikan hasil cukur maksimal, Anda bisa memilih Wahl USA Lodan Super Taper, Panasonic ES3831K, Philips PQ 206 dan Philips Multi Grooming MG-1100.
  • Namun, jika Anda yang menginkan shaver elektrik dengan kualitas terbaik, yang dilengkapi berbagai fitur profesional, maka Anda bisa memilih Braun Series 3 310s Men’s Electric Shaver dan Remington Titanium Rechargable All In 1 PG6020-AP.

Referensi

1. Don Melanson And Paige Szmodis, Popular Mechanic (2021), The Best Electric Shaver For The Finest Shave,https://www.popularmechanics.com/technology/gadgets/a24177340/best-electric-shaver/
2. Saminu Abbas, Life Hack (2020), 8 Things To Know Before Choosing Electric Shaver,https://www.lifehack.org/517508/8-things-know-before-choosing-electric-shavers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *