Rekomendasi 10 Pupuk Terbaik untuk Penghobi Tanaman Hias

Memiliki tanaman yang sehat dan indah tentu menjadi idaman bagi para penghobi tanaman hias. Selain pemilihan jenis tanaman, bibit dan media tanam, pemupukan menjadi satu di antara faktor penting yang tidak boleh dianggap remeh.

Pemberian pupuk menjadi satu di antara cara untuk mempercepat pertumbuhan dan membuat tanaman hias tampak lebih indah. Terlebih, bagi Anda yang gemar meletakkan tanaman hias di pot,tentu pupuk sangat diperlukan sebagai nutrisi utama pertumbuhan tanaman.

Karena itu, kami merekomendasikan 10 pupuk terbaik untuk penghobi tanaman hias lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih pupuk dan juga penyimpanannya.

Pilih pupuk berdasarkan jenisnya

Secara umum, ada dua jenis pupuk tanaman hias yang bisa Anda pilih, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik.

Beberapa pegiat tanaman hias profesional biasanya menggabungkan ke dua jenis pupuk tersebut. Hal ini dilakukan, untuk menghasilkan tanaman yang sesuai dengan keinginan atau memenuhi kriteria tertentu.

Sesuai namanya, pupuk organik adalah pupuk yang dibuat dari bahan-bahan alami, seperti kotoran hewan, limbah tumbuhan, hingga bahan-bahan tertentu yang bersifat organik.

Pupuk organik digunakan untuk meningkatkan kualitas media tanam dan menghasilkan tanaman agar lebih sehat. Namun, pupuk organik biasanya memiliki aroma yang tidak sedap dan menyengat.

Sedangkan, pupuk anorganik dibuat dari bahan-bahan yang bersifat sintetisdan tidak mengeluarkan aroma yang menyengat. Pupuk jenis ini biasanya digunakan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, meningkatkan produktivitas hingga menghasilkan karakteristik pada tanaman tertentu.

Perhatikan cara penggunaannya

Setelah mengetahui jenisnya, selanjutnya Anda juga harus mengetahui cara penggunaan pupuk yang benar. Tanaman hias juga harus diperlakukan secara tepat, agar pertumbuhannya maksimal.

Agar tidak salah, ada baiknya jika Anda mempelajari cara pemberian pupuk sesuai jenis tanamanya, misalnya berapa dosis yang dianjurkan, dan berapa lama waktu pemberian pupuk tersebut.

Apalagi jika Anda memilih pupuk anorganik atau sintesis, kandungan kimia yang ada pada pupuk tentu berpotensi merusak tanaman jika diberikan secara asal-asalan. Anda bisa melihat atau mempelajari penggunaan pupuk tanaman hias di forum-forum online, atau mengunjungi channel sosial media seperti YouTube.

Ketahui cara kerja dan kegunaannya!

Sejalan dengan cara penggunaan pupuk, Anda juga harus mempelajari cara kerja dan kegunaan pupuk tanaman hias yang Anda pilih. Pupuk tanaman terdiri dari dua bentuk, yaitu pupuk cair dan pupuk padat.

Tidak semua jenis pupuk bisa diterapkan pada tanaman kesayangan Anda, maka dari itu, ketahuilah cara kerja pupuk sebelum memilihnya. Secara umum, pupuk memiliki tiga kegunaan atau cara kerja, yaitu quick-release fertilizer, delayed-release fertilizer, dan slow-release fertilizer.

Quick-release fertilizer berguna untuk mempercepat nutrisi pada tanaman jenis bunga.Biasanya, pupuk jenis ini berbentuk cair yang mudah larut dalam air.

Karena bersifat mempercepat penyerapan nutrisi, ada baiknya jika pupuk ini diberikan pada tanaman yang kurang sehat. Pemberiannya pun harus diawasi sesuai dosisnya secara berkala.

Delayed-release fertilizer berguna untuk memberikan nutrisi pada tanaman dalam waktu lama. Pupuk jenis ini bekerja tidak secepat quick-release fertilizer, maka dari itu pupuk ini direkomendasikan sebagai pupuk tambahan. Terutama pada tanaman hias dalam pot, Anda bisa menambahkan pupuk jenis ini di atas permukaan media tanamnya.

Slow-release fertilizer digunakan sebagai nutrisi jangka panjang pada tanaman. Umumnya, pupuk jenis ini digunakan sebagai pupuk dasar ketika masa pembibitan, atau penanaman kembali. Pupuk yang terbuat dari bahan organik, seperti kotoran hewan, sisa makanan dan kulit padi termasuk dalam kategori pupuk slow-release fertilizer.

Perhatikan kandungannya

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah kandungan pada pupuk tanaman hias yang Anda pilih. Walaupun memiliki kegunaan yang serupa, masing-masing merek pupuk memiliki kandungan yang berbeda.

Selain tiga unsur utama yang penting yaitu nitrogen, fosfor dan kalium, beberapa jenis pupuk juga mengandung makronutrien lain yang dibutuhkan tanaman.

Misalnya boron, magnesium dan mangan yang dapat mendukung pertumbuhan tanaman tertentu. Ada pula pupuk yang memiliki porsi lebih dari tiga unsur NPK, misalnya lebih banyak unsur nitrogen untuk jenis tanaman hias daun seperti Aglonema atau janda bolong, dan mahkota dewa.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan energizing agent, atau suplemen khusus yang digunakan untuk menyehatkan tanaman yang kurang sehat.

Perhatikan ulasan pelanggannya

Setelah mendapatkan pilihan pupuk tanaman hias terbaik berdasarkan beberapa kriteria di atas, hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan ulasan pelanggannya. Karena, sebuah produk yang berkualitas tentu akan mendapatkan ulasan positif dari para pelanggan.

Anda bisa menemukan berbagai ulasan tersebut di sosial media, forum penggemar tanaman hias atau membaca review produk seperti pada artikel ini.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda perhatikan sebelum memilih pupuk tanaman hias. Setelah itu, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menyimpan pupuk agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, sebagai berikut:

  • Jangan menyimpan pupuk di tempat bersuhu rendah, seperti lemari es atau tempat yang lembab. Hal ini dapat merusak kandungan nutrisi atau hayati pada pupuk.
  • Simpanlah pupuk di tempat yang teduh. Hindari terkena sinar matahari langsung, agar mikroorganisme pada pupuk tidak terurai.
  • Gunakan wadah yang baik, tidak sobek atau bocor. Bila perlu tempatkan pupuk pada wadah khusus yang bersih dan steril.
  • Hindari menumpuk pupuk dengan benda lain. Tempatkanlah pupuk pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Jauhkan pupuk dari bibit atau calon biji yang akan ditanam. Bibit yang terkontaminasi pupuk sebelum ditanam akan mengalami proses tertentu yang berpotensi gagal tumbuh.

10 Rekomendasi pupuk terbaik untuk penghobi tanaman hias

Itulah beberapa cara menyimpan pupuk tanaman hias yang bisa Anda terapkan di rumah. Setelah mengetahui cara memilih dan menyimpannya, berikut adalah rekomendasi 10 pupuk tanaman hias terbaik yang bisa Anda jadikan referensisaat ingin membelinya.

10. Herbafarm Bio-Organic Fertilizer

foto-rekomendasi-pupuk-tanaman-hias-terbaik-10

Harga: Rp 132.000

Mengandung mikroba alami yang membantu penyerapan unsur hara

Pupuk produksi Herbafarm ini dapat menjadi pilihan terbaik, bagi Anda yang menginginkan tanaman hias yang sehat dan subur. Memiliki kandungan bio organik unsur hara makro dan mikro, Herbafarm Bio-Organic Fertilizer ini cocok digunakan pada media tanah yang kurang subur.

Selain meningkatkan penyerapan unsur hara pada tanah, pupuk ini juga memiliki kandungan asam humat, asam fulvat dan mikroba yang dapat mengatur hormon tanaman agar optimal menyerap nutrisi. Sehingga tanaman tumbuh lebih cepat dan lebih subur. Anda bisa membeli Herbafarm Bio-Organic Fertilizer ini di Shopee.

9. Pupuk Langsung Pakai (PLP)

foto-rekomendasi-pupuk-tanaman-hias-terbaik-9

Harga: Rp 37.000

Tinggal semprot, cocok untuk pemula

Terbuat dari formula yang seimbang, pupuk ini dirancang untuk memudahkan Anda merawat tanaman hias. Sesuai namanya, Pupuk Langsung Pakai (PLP) sangat cocok bagi para pemula. PLP berbentuk cair yang dikemas dalam botol plastik, sehingga Anda lebih mudah mengaplikasikan pupuk ini pada tanaman hias kesayangan.

Caranya, Anda tinggal menyemprotkan PLP ke media tanam sesuai dosis yang dianjurkan. Dalam waktu cepat, PLP akan meningkatkan penyerapan nutrisi tanaman dan merangsang pertumbuhan daun lebih maksimal. Anda bisa membeli PLP di Shopee.

8. Horti NEOBoost Flowers

foto-rekomendasi-pupuk-tanaman-hias-terbaik-8

Harga: Rp 90.000

Meningkatkan daya tahan tanaman dari hama dan penyakit

Sesuai namanya, pupuk yang satu ini direkomendasikan bagi penggemar tanaman hias bunga. Khususnya untuk merawat bunga Anggrek dan Mawar. Namun, kandungan pada Horti NEOBoost Flowers ini juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tanaman dari serangan hama atau penyakit yang menghambat pertumbuhan.

Selain itu, pupuk ini juga bisa diaplikasikan pada media tanam berbasis tanah, untuk meningkatkan kesuburan dan kualitasnya. Anda bisa mendapatkan Horti NEOBoost Flowers ini di Bukalapak.

7. Hyponex 20-20-20

foto-rekomendasi-pupuk-tanaman-hias-terbaik-7

Harga: Rp 42.800

Merangsang pertumbuhan pada tanaman yang kurang subur

Bagi Anda yang bermasalah dengan kesuburan tanaman, pupuk yang satu ini bisa menjadi solusi terbaik. Hyponex 20-20-20 diformulasikan untuk meningkatkan kesuburan berbagai tanaman hias, baik yang berbasis daun atau bunga.

Mengandung unsur NPK yang diperkaya dengan nutrisi mikro dan vitamin, pupuk berbentuk bubuk halus ini dapat diaplikasikan pada semua fase pertumbuhan.

Anda bisa melarutkan Hyponex 20-20-20 dengan air untuk disiram pada media tanam, disemprotkan ke bagian daun, batang dan bunga. Dapatkan pupuk Hyponex 20-20-20 ini di Shopee.

6. Purie Garden Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga

foto-rekomendasi-pupuk-tanaman-hias-terbaik-6

Harga: Rp 18.000

Pilihan terbaik bagi penggemar hidroponik

Produk yang satu ini menjadi pilihan populer di kalangan penggemar hidroponik. Purie Garden merupakan pupuk AB mix yang mengandung unsur hara mikro dan makro. Kandungan nutrisinya dirancang agar mudah larut dalam air, sehingga mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada media hidroponik.

Walaupun cocok untuk tanaman bunga, Purie Garden juga dapat Anda gunakan untuk menyuburkan tanaman budi daya seperti sayuran dan buah. Produk ini bahkan bisa juga diaplikasikan pada media tahan. Anda bisa membeli pupuk Purie Garden AB Mix ini di Shopee.

5. Golstar 250 SC

foto-rekomendasi-pupuk-tanaman-hias-terbaik-5

Harga: Rp 28.000

Cocok untuk tanaman bunga dan buah

Pupuk yang satu ini diformulasikan khusus untuk tanaman bunga dan buah. Mengandung unsur Zat Pengatur Tumbuh (ZPT), Golstar 250 SC dapat mempercepat pertumbuhan tanaman dan merangsang pembungaan pada tanaman buah.

Pupuk ini dirancang untuk menstimulasi pertumbuhan generatif dan menghambat pertumbuhan vegetatif, sehingga sangat cocok bagi Anda penggemar tanaman hias tipe bunga dan buah. Anda bisa membeli Golstar 250 SC ini di Shopee.

4. MAGICgro G8

foto-rekomendasi-pupuk-tanaman-hias-terbaik-4

Harga: Rp 135.000

Mengandung bahan alami untuk meningkatkan kualitas tanaman

Satu lagi produk pupuk berbasis bahan organik yang bisa menjadi pilihan terbaik. MAGICgro G8 dapat diaplikasikan ke semua tipe tanaman, baik sayur, buah, tanaman pangan hingga tanaman hias daun dan bunga.

Kandungan alami pada pupuk ini, dapat meningkatkan penyerapan nutrisi pada tanaman, sekaligus memperkuat daya tahan tanaman dari serangan hama dan penyakit. MAGICgro G8 juga dapat mempercepat masa produksi tanaman. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Grow More NPK 10-55-10

foto-rekomendasi-pupuk-tanaman-hias-terbaik-3

Harga: Rp 16.500

Kandungan fosfat tinggi untuk merangsang pertumbuhan bunga

Grow More NPK 10-55-10 menjadi satu di antara pupuk terlaris di kalangan penghobi tanaman hias. Dengan kandungan fosfar yang tinggi, pupuk ini cocok diaplikasikan pada tanaman hias berbasis bunga.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda tinggal mengaplikasikan pupuk NPK ini ke media tanam, atau mencampurkan air untuk disemprot ke batang dan bunga. Anda bisa membeli Grow More NPK 10-55-10 ini di Shopee.

2. NPK Mutiara 16-16-16

foto-rekomendasi-pupuk-tanaman-hias-terbaik-2

Harga: Rp 14.500

Diperkaya magnesium dan kalsium, menyehatkan tanaman dan memperkuat akar

Pupuk yang satu ini dapat dimasukkan dalam daftar pupuk tanaman hias terbaik di kelasnya. NPK Mutiara 16-16-16 kaya akan kandungan vitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman, seperti tiga unsur penting nitrogen, P2O5 atau fosfat dan K2O atau kalium.

Pupuk ini juga diperkaya dengan magnesium dan kalsium yang dapat meningkatkan kesegaran tanaman, memperkuat akar, hingga menyuburkan tanaman.

Selain itu, NPK Mutiara 16-16-16dapat menyehatkan tanaman yang kurang sehat atau layu. Sehingga tidak heran jika pupuk ini menjadi pilihan terbaik bagi para pebisnis atau pembudidaya tanaman hias. Anda bisa membeli produk pupuk tanaman hias ini di Shopee.

1. Pupuk Vitamin B1 Liquinox Start

foto-rekomendasi-pupuk-tanaman-hias-terbaik-1

Harga: Rp 10.500

Mengandung Vitamin B1 untuk memperbaiki metabolisme tanaman

Bagi Anda yang gemar bereksperimen pada tanaman hias, pupuk ini wajib masuk dalam daftar belanja Anda. Sesuai namanya, Pupuk Vitamin B1 Liquinox Start ini diperkaya dengan vitamin B1 atau thiamine mononitrate, yang dapat mendukung pertumbuhan tanaman.

Disamping itu, kandungan fosfor, iron dan NAA nya juga berguna untuk memperbaiki metabolisme tanaman hias kesayangan.

Pupuk Vitamin B1 Liquinox Start sangat cocok bagi Anda yang sering mengganti atau memindahkan media tanam. Kandungan pada pupuk ini dapat mencegah tanaman mengalami stres saat beradaptasi dengan lingkungan atau media tanam baru. Anda bisa membeli Pupuk Vitamin B1 Liquinox Start ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli pupuk tanaman hias, sebaiknya ketahui kandungan, cara penggunaan, dan ulasan pelanggannya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara menyimpan pupuk tanaman hias yang benar, agar nutrisinya tetap terjaga.
  • Anda bisa memilih Pupuk Langsung Pakai (PLP), Hyponex 20-20-20, dan Golstar 250 SC, jika menginginkan pupuk untuk merawat tanaman yang kurang subur dengan cara yang mudah.
  • Sedangkan bagi Anda yang menginginkan pupuk yang dapat merangsang pertumbuhan dan memperbaiki metabolisme tanaman, Anda bisa memilih Growmore NPK 10-55-10, NPK Mutiara 16-16-16, dan Pupuk Vitamin B1 Liquinox Start.
  • Namun, khusus bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas pertumbuhan, sekaligus menjaga daya tahan tanaman dari serangan hama dan penyakit, Anda bisa memilih Herbafarm Bio-Organic Fertilizer, Horti NEOBoost Flowers, dan MAGICgro G8.

Referensi

1. Kathi LaLiberte, Gardeners.com (2021), Fertilizer Basic, Don’t Let Your Plants Go Hungry, https://www.gardeners.com/how-to/fertilizer-ratios/5161.html
2. Jamie Mcintosh, The Spruce (2020), How To Choose The Right Flower Fertilizer Types, https://www.thespruce.com/choose-right-flower-fertilizer-1315828
3. Pawon Youtube (2020), Cara Menyimpan Pupuk Agar Nutrisinya Tidak Hilang, https://www.youtube.com/watch?v=snJYheFbKBE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *