Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Xiaomi Mi 11

Setelah bocoran desain dan spesifikasinya tersebar, akhirnya Xiaomi resmi memperkenalkan smartphone terbarunya pada awal tahun 2021 ini. Tepat pada tanggal 16 Maret 2021 lalu, Xiaomi memperkenalkan ponsel pintar kelas flagshipyang diberi nama Xiaomi Mi 11.

Seperti peluncuran smartphone lainnya, peluncuran Xiaomi Mi 11 dilakukan melalui acara virtual di kanal YouTube resmi Xiaomi Indonesia pada pukul 19.30 WIB.

Desain smartphone ini sama persis dengan yang gambaran yang telah beredar sebelumnya. Di mana bagian cover-nya diberi sudut melengkung dengan dua opsi materialdi bagian belakangnya, yakni vegan leather dan anti-glare frosted glass.

Dalam rilis yang terdapat pada situs resminya, Xiaomi menjadikan ponsel Mi 11-nya sebagai performance leader di tahun 2021 ini. Keunggulan yang paling menonjol terdapat pada penggunaan layar kualitas terbaik, chipset unggulan yang cepat, serta setup audio dan kamera yang mumpuni.

Selain itu, Xiaomi juga menjagokan desain bodi yang ringan dan tipis serta harganya yang murah untuk smartphone kelas flagship lainnya.

Untuk pemesanannya, bisa dilakukan mulai tanggal 23 Maret 2021 dengan sistempre-orderdi aplikasi Shopee serta website resmi mi.com dan Authorized Mi Stores. Selain itu, ponsel ini juga bisa Anda temukan di Authorized Mi Shops, Mi Partners, serta Erafone dengan harga mulai dari Rp 10 juta.

Tidak dilengkapi adapter charger

Sebelumnya, Xiaomi telah memperkenalkanproduk Mi 11 ini di negara asalnya, China pada 8 Februari 2021 lalu. Pada peluncurannya, Xiaomi mengklaim Mi 11 sebagai ponsel flagship pertama di dunia yang dipersenjatai chipset Snapdragon 888.

Perilisan Xiaomi Mi 11 di negara asalnya ini sempat membuat heboh di kalangan Mi fans. Pasalnya smartphone ini hadir dalam dua pilihan paket penjualan, yakni yang memiliki adapter charger dan tidak memiliki adapter charger. Meski begitu, untuk versi globalnya produk ini hanya menghadirkan varian dengan adapter charger saja.

Di Indonesia sendiri, Xiaomi Mi11 tidak dilengkapi dengan charger 18W.Akan tetapi, Xiaomi memberikan opsi lain yakni 55W Gan Charger. Jenis charger yang dilengkapi teknologi Gan ini juga dapat digunakan untuk mengisi daya konsol gim dan laptop.

Di China, Mi 11 menghadirkan tiga varian RAM dan ROM, yaitu 8GB/128GB, 8GB/256GB, serta 12GB/256GB. Sementara untuk produk yang dirilis secara global, Xiaomi Mi11 hadir dengan pilihan RAM dan ROM 8GB/128GB serta 8GB/256GB.

Spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Xiaomi Mi11

foto-spesifikasi-kelebihan-dan-kekurangan-xiaomi-mi-11

Harga : Rp 9.990.000

Bila Anda tertarik untuk mengetahui informasi dasar mengenai Xiaomi Mi11 yang sempat menghebohkan para penggemarnya, berikut kami sertakan spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Xiaomi Mi11 yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membelinya.

  • Spesifikasi Xiaomi Mi11

Display
Type: AMOLED(with Corning Gorilla Glass Victus protection)
Resolution: 1440 x 3200 pixel
Size: 6.8 inch

Network
2G/3G/4G LTE/5G

Platform
OS: Android 11
UI: MIUI 12
GPU: Adreno 660
CPU: Octa-core
RAM/ROM: 8GB/128GB, 8GB/256GB, 12GB/256GB
Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888

Camera
Main (Triple): 108MP + 13MP+5MP (Video: 8K with 24/30fps, 4K with 30/60fps, 1080p with 30/60/120/240fps)
Selfie: 20MP (Video: 1080p with 30/60fps, 720p with 120 fps)

Body
Dimension body: 164,3 mm x 74,6 mm x 8,1 mm (kaca), 164,3 mm x 74,6 mm x 8,6 mm (kulit)
Weight: 196 gram (kaca), 194 gram (kulit)
SIM: Dual SIM
Colors: Midnight gray, gold, special edition blue, cloud white, violet, horizon blue

Other:
Feature: Accelerometer, Proximity, Sensors, Fingerprint, Compass, Gyro, GPS, NFC, Infrared Port,
Battery: 4600 mAh, Li-Po (with fast charging 55 W, fast wireless charging 50 W and reverse wireless charging 10 W)
Wi-Fi: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6
Bluetooth: 5.2
USB: USB Type-C 2.0, USB On The Go

  • Bodi elegan dan futuristik

Secara konsep, ponsel flagship ini memiliki desain yang modern dan elegan yang menampilkan kesan futuristik begitu kuat. Keindahan desainnya dapat terlihat dari berbagai sisi bodi Mi 11.

Bagian layarnya dibuat lebih lebar dari seri sebelumnya serta ukuran lensa kamera depannya yang jadi lebih kecil, hanya 3 mm.

Xiaomi sepertinya benar-benar serius dalam membuat finishing dari desain smartphone ini. Terlihat dari celah perpotongan pada bagian depan, belakang, serta frame-nya yang dibuat dengan benar-benar presisi. Tidak ada satupun sudut yang terasa tajam saat disentuh.

Tombol-tombolnya pun terasa enak ketika ditekan. Tidak hanya itu, sisi bawahnya yang dibuat lurus membuat ponsel ini dapat diberdirikan dengan tegak.

Bagian cover belakang Mi 11 memiliki desain yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan seri pendahulunya. Terdapat enam pilihan warna menarik dalam dua jenis bahan yang berbeda.

Pada varian warna hitam, putih, biru, serta biru garis-garis (edisi spesial) menggunakan bahan kaca. Sementara untuk opsi warna khaki dan smoke purple dibuat dari bahan kulit.

Ini adalah kali pertama Xiaomi mengaplikasikan material kulit pada produk ponsel pintarnya. Meski menggunakan bahan kulit, Mi 11 ini tidak akan licin ketika dipegang sehingga cocok untuk Anda yang malas memakai sarung ponsel.

Menariknya, Anda tidak akan melihat logi “Mi” pada bagian cover dari ponsel ini, baik yang terbuat dari bahan kaca maupun kulit. Sebagai gantinya, akan terlihat tulisan “Xiaomi”. Hanya saja, pada Xiaomi Mi 11 yang terbuat dari bahan kulit terdapat tambahan hiasan logam yang membentuk lingkaran.

Untuk modul kamera utamanya dibuat dengan bentuk oval dan agak menonjol dari permukaan bodinya. Sebuah pilihan yang sangat tepat karena tidak mudah tersentuh oleh jari ketika sedang menggenggam smartphone.

Di bagian bawah permukaan layar smartphone ini terdapat sensor fingerprint yang membuatnya lebih aman. Namun, Anda harus berhati-hati karena sensor ini akan sulit membaca apabila bagian layarnya tergores.

  • Layar jernih dan memukau

Bagian layar dari Xiaomi Mi 11 turut mendapat peningkatan yang signifikan. Kalau pada versi sebelumnya hanya menggunakan resolusi Full HD+, Mi 11 sudah dibekali dengan panel AMOLED 2K disertai laju penyegaran 12Hz. Tingkat pengambilan sampel sentuhnya pun sudah mencapai angka 480Hz.

Terdapat pula teknologi Motion Estimation, Motion Compensation (MEMC) yang memiliki fungsi untuk menghaluskan tiap gerakan video, khususnya slow motion. Biasanya teknologi ini hanya terdapat pada TV yang canggih.

Meski ukurannya mencapai angka 6.81 inci, dimensi smartphone ini tidak terasa begitu besar. Hal ini karena Mi 11 memakai bezel yang cenderung tipis serta terdapat sedikit lengkungan di bagian kanan dan kirinya.

Reproduksi dan kualitas warna ponsel ini pun tidak perlu diragukan lagi. Berkat support dari resolusi HDR10+, kekayaan warna yang dihasilkan Mi 11 bisa mencapai 1 miliar.

Oleh karena itu, Mi 11 berhasil mendapat sertifikasi rating yang tinggi pada layarnya, yakni Display Mate A+.Dengan demikian, Anda bisa menyaksikan berbagai konten video dengan tampilan hampir seperti nyata.

  • Kamera canggih

Sudah jadi tradisi untuk membuat produk smartphone dengan kamera utama yang memiliki resolusi besar. Seperti pada Mi 11 dengan lensa utama beresolusi 108MP serta bukaan f/1.85, lengkap dengan 7 lapis lensa dan OIS.

Kamera ini sudah support akan teknologi binning pixel 4-in-1. Teknologi ini memungkinkan smartphone untuk menggabungkan berbagai piksel menjadi suatu piksel berukuran besar. Artinya, Mi 11 dapat menggabungkan resolusi 27 MP sebanyak 4 kali.

Dengan demikian, hasil jepretan ini terlihat sangat detail, serasa mirip dengan DSLR. Begitupun pemotretan dengan mode malam. Namun, stabilisasi optiknya tidak bisa bekerja dengan maksimal di malam hari sehingga Anda harus memegangnya dengan stabil.

Selain kamera utama dengan resolusi 108 MP, Mi 11 juga memiliki dua kamera lagi dengan lensa ultra-wide 13MP serta lensa makro 5MP. Hasil jepretan dengan lensa kamera ultra-wide dari Mi 11 sangat jernih seperti pada kamera utamanya. Meski detailnya yang kurang terlihat begitu bagus.

Sementara lensa kamera selfie Mi 11 dengan resolusi mencapai 20 MP. Hasilnya, Anda bisa mendapat jepretan gambar yang terlihat tajam dan bagus dalam kondisi apapun. Bukan hanya pada bagian wajah, detailnya juga akan terlihat pada aksesoris dan pakaian yang Anda kenakan.

Kemampuan daya rekam videonya pun tidak kalah andal. Kualitas video yang dapat ditangkap bisa mencapai resolusi 8K@30fps! Terdapat pula fitur gyro-EIS yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan ketika Anda merekam video.

  • Performa andal dan cepat

Menyandang titel sebagai smartphone pertama yang mengaplikasikan chipset high-class terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 888.

Snapdragon 888 ini diklaim sebagai chipset dengan performa terkencang di dunia saat ini.Kelebihan dari chipset ini adalah kinerjanya yang andal dan cepat. Chipset ini juga disebut lebih hemat pemakaian energi walau digunakan dalam intensitas yang cukup tinggi.

Dilengkapi pula dengan delapan inti serta kartu grafis Adreno 660 yang performanya diklaim 35% lebih baik dibanding versi sebelumnya.

Sedikit informasi, Adreno 660 merupakan kartu grafis pertama pada smartphone yang telah didukung dengan teknologi VRS (Variable Shading Rate). Teknologi ini umumnya digunakan pada kartu grafis pada komputer karena performanya yang lancar dan memberikan kualitas yang baik.

Terdapat pula RAM generasi terbaru, yakni LPDDR5 yang piawai untuk pengerjaan multitasking. Kecepatan transmisi dan frekuensinya pun mengalami peningkatan dari seri sebelumnya.

Perpaduan RAM LPDDR5 dengan chipset Snapdragon 888 membuat Mi 11 menjadi salah satu smartphone paling ganas saat ini.

  • Baterai didukung dengan pengisian daya super cepat

Performa unggulan pada Mi 11 juga didukung dengan kapasitas baterai yang mumpuni. Kapasitas baterainya memang tidak sebesar ponsel flagship lain. Juga sedikit lebih kecil dibanding dengan versi sebelumnya, yakni Mi 10. Namun, hal ini tidak menjadi masalah yang berarti.

Xiaomi Mi 11 sudah mendukung pengisian daya cepat dengan kabel 55W atau nirkabel 50W. Jadi, Anda bisa mengisi penuh daya baterai Mi 11 dengan cepat, hanya 45 menit saja.

Selain itu, tersedia pula fitur pengisian daya lain, seperti power delivery 3.0, reverse wireless charging 10 W, serta Quick Charger 4+.

Sayangnya, penggunaan chipset Snapdragon 888 yang memiliki performa kencang justru membuat pemakaian baterai Mi 11 jadi lebih cepat berkurang.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh James Smythe, ketika Mi 11 diatur dengan resolusi Quad HD+ serta refresh rate 120 Hz, baterainya langsung anjlok dari 83% ke 68%. Begitu pun saat resolusinya diatur Full HD+ dengan 60 Hz.

Ketika digunakan untuk menonton video dalam resolusi Quad HD+ dengan 120fps, baterai Mi 11 ternyata hanya tahan selama 9 jam saja. Lebih cepat habis dibandingkan dengan seri Mi 10 yang bisa betahan hingga 15 jam.

Sementara ketika digunakan untuk bermain game dengan pengaturan grafis yang tinggi seperti Genshin Impact, baterainya langsung berkurang 18% hanya dalam waktu setengah jam saja.

Kelebihan Xiaomi Mi 11

  • Desain bodinya terlihat elegan dan modern sehingga memberikan kesan futuristik.
  • Menggunakan chipset Snapdragon 888 keluaran Qualcomm yang diklaim memiliki kinerja cepat dan andal.
  • Layarnya telah mendukung resolusi HDR10+ untuk memberikan pengalaman menonton konten terbaik.
  • Resolusi kamera utamanya sangat besar, mencapai 108MP dengan teknologi binning pixel 4-in-1.
  • Kualitas pengambilan videonya sudah mencapai 8K.
  • Menggunakan racikan antarmuka terbaru, yakni MIUI 12.5 yang lebih hemat daya hingga 15% dibanding versi MIUI lainnya.
  • Telah dilengkapi dengan berbagai fitur premium layaknya smartphone flagship lainnya.

Kekurangan Xiaomi Mi 11

  • Peningkatan suhunya lebih tinggi bila dibanding dengan smartphone kelas flagship lainnya.
  • Kapasitas baterainya biasa saja, bahkan lebih kecil bila dibanding dengan seri sebelumnya.
  • Tidak adanya IP68 Rating atau sertifikasi anti air dan debu.
  • Lensa makro yang digunakan tidak didukung OIS sehingga perlu usaha ekstra agar seimbang.
  • Tidak dilengkapi dengan slot penyimpanan eksternal.

Tips Membeli Smartphone Xiaomi

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satu produk smartphone Xiaomi, sebaiknya Anda perhatikan dahulu tips agar tidak salah beli, sebagai berikut:

  • Sesuaikan jenis smartphone dengan kebutuhan penggunaan Anda. Bila Anda membutuhkan smartphone Xiaomi untuk bermain game grafis tinggi atau kebutuhan membuat konten kualitas terbaik, pilihlah seri Mi 11 yang memiliki performa mumpuni.
  • Pastikan kalau spesifikasi dari ponsel Xiaomi yang dijual sudah sesuai dengan yang terdapat di situs resmi Xiaomi.
  • Kalau Anda ingin mendapat smartphone Xiaomi bagus dengan harga yang murah, sebaiknya jangan terburu-buru membeli seri yang baru rilis. Tunggulah beberapa saat hingga Xiaomi meluncurkan seri baru lagi.
  • Pertimbangkanlah ukuran bodi dari smartphone Xiaomi yang ingin dibeli. Pilihlah yang ukuran bodinya pas dan nyaman saat digenggam.
  • Bila Anda sering bepergian, pilihlah seri Xiaomi yang memiliki kapasitas besar.
  • Sangat disarankan untuk membeli smartphone Xiaomi di toko atau gerai resmi Xiaomi untuk menghindari risiko penipuan.

Kesimpulan

  • Xiaomi Mi 11merupakan smartphone keluaran brand Xiaomi yang diresmikan pada 16 Maret 2021 malam melalui acara virtual di kanal YouTube resmi Xiaomi Indonesia.
  • Xiaomi Mi 11 dipasarkan pertama kali pada 23 Maret 2021 melalui di e-commerce Shopee, serta website resmi Xiaomi dan Authorized Mi.
  • Xiaomi Mi 11 memiliki keunggulan dalam desain, performa dan resolusi kamera yang membuat banyak orang ingin memilikinya.
  • Sementara kekurangan Xiaomi Mi 11 terdapat pada kapasitas baterainya, peningkatan suhunya, penggunaan lensa makro, dan tidak adanya slot penyimpanan eksternal.
  • Pastikan Anda memperhatikan beberapa tips sebelum membeli smartphoneXiaomi agar tidak salah membeli.

Referensi

1. Mi.com (2021), Mi 11, https://www.mi.com/global/mi-11/overview
2. GSM Arena (2021), Xiaomi Mi 11, https://www.gsmarena.com/xiaomi_mi_11-10656.php
3. CNBC Indonesia (2021), Resmi! Xiaomi Mi 11 Rilis di Indonesia, Harganya Rp 10 Juta, https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210316205442-37-230656/resmi-xiaomi-mi-11-rilis-di-indonesia-harganya-rp-10-juta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *