Tangguh dan Murah! Ini Spesifikasi dan Kelebihan Poco X3 NFC

Xiaomi kembali hadir melepas rindu dari para penggemarnya.Pabrikan asal Tiongkok ini menambah koleksi jajaran ponsel pintarnya yang menjadi bagian dari seri Poco X, yakni Poco X3 NFC.

Smartphone tersebut dirilis oleh Pocophone, yang merupakan sub-brand dari Xiaomi melalui akun Instagram resminya (@poco_id). Poco Indonesia menjuluki produk Poco X3 NFC ini dengan ‘The Real Mid-Range Killer’.

Seperti diketahui bahwa smartphone ini merupakan kelanjutan dari seri Poco sebelumnya, yakni F2 Pro yang telah dirilis pada bulan Juli 2020. Poco X3 NFC juga sebelumnya telah diluncurkan di negara lain, seperti di wilayah Eropa.

Untuk versi Indonesia sendiri, Poco X3 NFC awalnya dikabarkan hanya akan membawa satu konfigurasi saja, yakni RAM 6GB disertai dengan storage berkapasitas 64GB. Namun dalam perkembangannya juga menawarkan kapasitas storage hingga mencapai 128GB.

Adapun harga ponsel ini terbilang cukup murah. Untuk Poco X3 NFC dengan RAM 6GB & ROM 64GB dipatok dengan harga sekitar Rp 3.2 jutaan saja. Sementara untuk Poco X3 NFC RAM 8GB & ROM 128GB dibanderol dengan harga kisaran Rp 3.6 jutaan rupiah.

Angka ini terbilang lebih murah dibanding dengan kisaran harga di Eropa. Di mana Poco X3 NFC RAM 6GB & ROM 64GB memiliki harga 229 Euro atau sekitar Rp 3,8 juta (1 Euro = Rp16.815). Sementara untuk Poco X3 NFC RAM 6GB & ROM 128 GB dipatok dengan harga 269 Euro atau sekitar Rp 4.5 jutaan

Setelah perilisannnya, Xiaomi melakukan penjualan perdana Poco X3 NFC melalui flash sale pada Kamis, 22 Oktober 2020. Namun, antusiasme masyarakat yang tinggi membuat brand tersebut akhirnya menambah waktu flash sale hingga tanggal 29 Oktober 2020.

Selain melalui flash sale, Poco X3 NFC juga bisa dibeli langsung melalui toko offline Mi Store. Sehingga membuat para pelanggan lebih mudah untuk mendapatkannya.

Fitur NFC yang lebih cepat

Sesuai namanya, keunggulan utama dari ponsel pintar ini terdapat pada bagian NFC-nya. Xiaomi mengklaim bahwa Poco X3 NFC ini memiliki teknologi NFC dengan waktu respons lebih cepat hingga 33 % dibanding dengan smartphone yang memiliki fitur NFC lainnya.

NFC atau Near-field Communication sendiri merupakan protokol komunikasi jarak dekat yang memungkinkan untuk menghubungkan dua buah perangkat elektronik tertentu secara nirkabel dalam jarak dekat (maksimal 4cm).

Fitur ini biasa digunakan untuk melakukan top up pada kartu elektronik seperti e-money atau e-toll dalam melakukan pembayaran tanpa perlu mengeluarkan uang cash. Selain itu juga dapat digunakan untuk memindahkan data dari dan ke device tertentu.

Spesifikasi dan Keunggulan Poco X3 NFC

Bila Anda tertarik untuk mengetahui performa dari Poco X3 NFC yang menarik perhatian para penggemar Xiaomi, berikut kami sertakan spesifikasi dan keunggulan Poco X3 NFC yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

  • Spesifikasi Poco X3 NFC
foto-tangguh-dan-murah-ini-spesifikasi-dan-kelebihan-poco-x3-nfc-01

Harga : Rp 3.199.000




























LaunchStatusAvailable
AnnouncedSeptember 7, 2020 (Indonesia: October 15, 2020)
ReleasedSeptember 8, 2020 (Indonesia: October 22, 2020)
DisplayTypeIPS LCD (with Corning Gorilla Glass 5 protection)
Resolution1080 x 2400 Pixel
Size6.67 Inch
NetworkType2G, 3G, 4G (LTE)
2GGSM (850/900/1800/1900)
3GHSPA (850/900/1700/1900/2100)
4G(LTE) 1/2/3/4/5/7/8/20/28/38/40/41
PlatformOSAndroid 10 with MIUI 12
GPUAdreno 618
CPUOcta-core
Slot (Card)microSDXC
RAM/ROM6GB/64GB, 8GB/128GB
ChipsetQualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G
CameraBack (Quad)64MP, 13MP, 2MP, 2MP
Front (Single)20MP
BodyDimension165.3 x 76.8 x 9.4 mm
Weight215 g
ColorsShadow gray, cobalt blue
OtherFeatureFingerprint, gyro, compass, proximity, accelerometer, NFC, splash resistant
Battery5160 mAh, Li-Po (with fast charging 33 w)
WiFi802.11 a/b/g/n/ac
USBUSB Type-C 2.0& USB On-The-Go
NFC Yes
GPSYes
  • Desain bodi unik dan elegan

Poco X3 NFC memiliki tampilan yang rasanya terlihat berbeda dibanding smartphone middle class lainnya. Smartphone ini menggunakan metallic luster texture sebagai desainnya. Tersedia dua opsi warna yang bisa Anda pilih, yakni Cobalt Blue dan Shadow Gray.

Bagian belakang bodinya terbuat dari material polikarbonat dengan bingkai alumunium. Terdapat pula logo ‘POCO’ sewarna bodi yang jadi ciri khas dari seri Poco.

Sementara pada bagian pinggirannya dibuat melengkung sehingga membuat penggunanya merasa nyaman saat menggenggam smartphone ini, meski ukurannya cukup besar.

Modul kamera yang terdapat di bagian belakang body Poco X3 NFC ini terbilang cukup unik. Kalau biasanya modul kamera pada smartphone lain berbentuk kotak atau persegi dengan peletakkan di sisi kiri atas, modul kamera pada Poco X3 NFC justru memiliki bentuk oval di bagian tengah dengan lensa serta lampu LED tambahan yang peletakkannya tersebar di lima titik.

Inilah yang memberikan kesan futuristik dan sporty pada desain Poco X3 NFC. Sayangnya, modul kamera tersebut cukup menonjol sehingga agak menyulitkan dan mudah tersangkut.

Tapi beruntung, Xiaomi telah menyertakan case anti bakteri untuk membuat permukaan modul kameranya menjadi sama sekaligus memberikan proteksi tambahan dari ancaman benturan dan sebagainya.

Bodi Poco X3 NFC memiliki ukuran 165.3 x 76.8 x 9.4 cm serta bobot 215 gr. Pada bagian kanannya tersedia tombol power, sensor fingerprint, serta tombol volume (+/-).

Pada bagian sebelah kiri tersedia dua slot kartu (SIM card dan Hybrid). Sementara pada bagian atasnya, Anda akan menemukan IR Blaster serta mic, dan di sisi bawahnya ada audio jack 3.5 mm, mic, speaker, serta port USB Type-C.

Untuk tampilan layarnya, Poco X3 NFC memiliki ukuran 6.67 inch dengan resolusi 1080 x 2400 pixel. Ditambah pula dengan touch sampling rate 240 Hz serta refresh rate 120 Hz.

Bagian panelnya menggunakan jenis IPS yang telah tersertifikasi TUV Rheinland Low Blue Light serta support HDR 10. Dan tidak lupa, bagian layarnya ini telah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5.

  • Kamera detail dan tajam

Tidak hanya tata letak modul kamera saja yang unik, Poco X3 NFC juga memiliki keunggulan dalam ‘isian’ kamera tersebut. Smartphone ini memiliki empat sensor kamera belakang layaknya ponsel pintar dari kelas tinggi.

Empat sensor tersebut terdiri dari sensor 64MP sebagai senjata andalannya. Diikuti dengan sensor 13MP, 2MP dan 2MP. Bagi Anda yang senang melakukan swafoto, tidak perlu khawatir. Karena Poco X3 NFC menyediakan lensa kamera dengan sensor 20 MP di bagian depan.

Menariknya, meski merupakan smartphone kelas menengah, lensa kamera utama pada Poco X3 NFC ternyata menggunakan sensor Sony IMX682 yang membuatnya dapat memberikan hasil jepretan yang amat jelas.

Seperti seri Xiaomi lainnya, modul kamera pada Poco X3 NFC telah dilengkapi dengan banyak fitur. Sebut saja VLOG mode, night mode, mode professional, focus peaking, AI Skyscaping 3,0, dan sebagainya.

Tersedia pula berbagai filter menarik seperti Cyberpunk yang dapat memberikan efek neon atau Gold yang memberikan warna keemasan.

Pada bagian menu ‘more’, Anda juga dapat menemukan pilihan untuk mendapatkan hasil jepretan long exposure yang memiliki enam preset berbeda. Tentunya akan sangat memudahkan Anda untuk mengambil gambar star trails atau light painting.

Kamera utama dari smartphone Xiaomi ini bisa memberikan hasil jepretan dengan warna cerah dengan detil tajam dan terbaik. Anda tidak akan merasakan perbedaan yang signifikan bila menggunakan mode 64MP ataupun mode auto. Keduanya sama-sama terlihat bagus dan tajam.

Hal serupa juga dirasakan saat menggunakan fotografi malam. Baik mode Night maupun Auto sama-sama dapat menghasilkan gambar yang jelas dan terang. Bahkan walau sumber cahaya di sekitar sangat minim sekalipun.

Begitu pun bila Anda ingin mengambil foto makro dan Ultra Wide-angle dengan menggunakan Poco X3 NFC ini. Kualitas dari foto yang dihasilkan sangat baik, bahkan tidak berbeda jauh dengan ketika Anda menggunakan mode Auto (walau warnanya sedikit agak pudar).

Pecinta selfie? tidak perlu khawatir. Karena Poco X3 NFC telah dilengkapi dengan kamera depan dengan sensor kamera 20MP yang dapat memberikan hasil foto selfie tajam dan detail. Efek bokehnya pun terlihat lebih rapi dan natural.Membuat Anda terlihat seperti fotografer profesional.

  • Performa andal dan baterai tahan lama

Untuk urusan dapur pacunya, Poco X3 NFC dipersenjatai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 732G dengan maksimum clock-speed di atas 2.3 GHz yang disertai peningkatan 15% untuk GPU Adreno 618.

Menariknya, Poco X3 NFC merupakan smartphone pertama yang menggunakan chipset yang baru diresmikan pada awal September 2020 lalu tersebut.Di mana chipset itu menjadi versi berkelanjutan dari Snapdragon 730G.

Chipset Qualcomm Snapdragon 732G dilengkapi dengan arsitektur 8nm yang membuat penggunaan daya dan baterainya menjadi lebih efisien.

Selain itu, juga memiliki kekuatan AI (kecerdasan manusia) yang mumpuni sehingga dapat melakukan kalkulasi AI sebanyak 3,6 triliun per detiknya.

Mengimbangi kemampuan dari chipset tersebut, Poco X3 NFC menggunakan RAM LPPDDR4X 8GB serta storage UFS 2.1 yang memiliki kapasitas 128GB. Tersedia pula varian lain dengan RAM 6GB serta storage berkapasitas 64GB.

Pada varian RAM 8GB dan storage 128GB, Poco X3 NFC meraih 566 poin pada Geekbench 5 untuk jenis Single-Core dan 1.628 poin untuk jenis Multi-Core. Sementara untuk skor AnTuTu nya sendiri meraih poin sebesar 270.241 poin.

Dengan angka tersebut, dapat terlihat bahwa Poco X3 NFC memiliki performa yang sangat baik untuk bersaing dengan smartphone unggulan lain di segmen kelas menengah.

Jadi tidak heran kalau smartphone ini dapat digunakan untuk aktivitas multitasking, termasuk memainkan game spek berat dengan grafis tinggi tanpa adanya kendala apapun.

Dengan performa yang mumpuni serta refresh rate yang tinggi tersebut, Poco X3 NFC juga dilengkapi dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 5160 mAh. Karena hal ini pula bobot dari Poco X3 NFC ini terbilang sedikit lebih berat dari sebelumnya.

Kapasitas baterai tersebut memungkinkan Anda untuk menonton video selama 24 jam full atau bermain game hingga 10 jam. Sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi tanpa harus repot membawa power bank atau mencari tempat untuk mengisi daya.

Poco X3 NFC ini sudah support fast charging dengan adaptor 33 watt yang tersedia di paket penjualannya. Bila Anda melakukan pengisian dari kapasitas daya 6%, maka hanya membutuhkan waktu sekitar 78 menit untuk terisi penuh 100%.

Kelebihan Poco X3 NFC

  • Bagian pinggir bodinya dibuat melengkung sehingga nyaman digenggam.
  • Dipersenjatai chipset Snapdragon 732G yang merupakan versi terbaru serta RAM 8 GB dan storage berkapasitas hingga 128GB.
  • Memiliki 4 lensa kamera belakang dengan sensor lensa utama sebesar 64 MP, 13MP, serta dua lensa lainnya memiliki sensor 2MP.
  • Tersedia pula kamera depan dengan lensa 20MP yang dapat menghasilkan foto selfie yang jelas dan tajam.
  • Dilengkapi dengna berbagai fitur kamera menarik, seperti VLOG mode, night mode, mode professional, focus peaking, AI Skyscaping 3,0.
  • Kapasitas baterainya cukup besar, yakni 5.160 mAh. Lengkap dengan fitur fast charging 33 watt yang memungkinkannya terisi penuh 100% dalam waktu 78 menit saja.
  • Dibekali dengan teknologi NFC yang 33% lebih cepat dibanding pada smartphone NFC lainnya.

Kekurangan Poco X3 NFC

  • Modul kameranya yang agak menonjol membuatnya cukup sulit dimasukkan ke dalam saku.
  • Memiliki getaran yang agak lemah dibanding seri lainnya.
  • Permukaan bodinya cukup licin dan sulit untuk dibersihkan.
  • Memiliki ukuran yang besar dan agak tebal.
  • Bodi belakangnya tidak menggunakan material kaca, melainkan plastik.

Tips membeli smartphone Xiaomi

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satu produk smartphone Xiaomi, sebaiknya Anda perhatikan dahulu tips agar tidak salah beli, sebagai berikut:

  • Ketahui peruntukkan penggunaan Anda. Bila membutuhkan smartphone Xiaomi untuk bermain game dengan grafis tinggi, sebaiknya pilih jenis smartphone Xiaomi yang memungkinkan Anda bermain game dengan lancar dan nyaman.
  • Perhatikan spesifikasi dari tipe smartphone Xiaomi tersebut. Pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan pemakaian Anda. Informasi lengkapnya bisa dilihat melalui situs-situs gadget tertentu.
  • Sebaiknya Anda tidak terburu-buru membelinya. Xiaomi termasuk brand yang sering mengeluarkan produk smartphone baru. Kalau sedikit bersabar, Anda bisa mendapat smartphone Xiaomi yang bagus dengan harga yang lebih murah.
  • Pastikan ukuran layar dari smartphone Xiaomi tersebut sudah pas dan nyaman saat digenggam.
  • Perhatikan kapasitas baterainya. Bila Anda merupakan tipe orang yang memiliki mobilitas tinggi atau sering menggunakan smartphone, maka pilihlah jenis smartphone Xiaomi yang memiliki kapasitas baterai besar.
  • Saat ini banyak penjual nakal yang sering memainkan pembelinya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membeli smartphone Xiaomi langsung di gerai resmi Xiaomi terdekat agar lebih aman.

Kesimpulan

  • Poco X3 NFC merupakan smartphone keluaran brand Xiaomi yang dirilis pada 15 Oktober 2020 melalui acara virtual di kanal resminya.
  • Poco X3 NFC sangat menarik antusiasme para penggemarnya. Bahkan waktu flash sale-nya pun ditambah sebanyak dua kali.
  • Poco X3 memiliki keunggulan dalam desain, kameranya, performa dan baterai yang membuat banyak orang ingin memilikinya.
  • Pastikan Anda memperhatikan beberapa tips sebelum membeli smartphone Xiaomi agar tidak salah membeli.

Referensi

  1. Xiaomi (2020), Poco X3 NFC, https://www.mi.co.id/id/poco-x3-nfc/
  2. GSM Arena (2020), OPPO Reno 4 F, https://www.gsmarena.com/xiaomi_poco_x3_nfc-10415.php
  3. Kompas.com (2020), Poco X3 NFC Mulai Dijual Hari Ini di Indonesia, Ada Harga Khusus, https://tekno.kompas.com/read/2020/10/22/07570067/poco-x3-nfc-mulai-dijual-hari-ini-di-indonesia-ada-harga-khusus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *