Tengok Spesifikasi Lengkap, Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra

Mi 11 Ultra adalah salah satu varian ponsel pintar terbaru dari Xiaomi yang hadir di pertengahan tahun 2021. Xiaomi Mi 11 Ultra mengusung spesifikasi lengkap dan high end. Meskipun begitu, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang patut Anda cermati saat ingin membelinya.

Dibandingkan dengan jajaran seri Mi 11 lainnya, Mi 11 Ultra ini bisa dibilang jadi yang paling tertinggi. Wajar saja kalau melihat berbagai spesifikasi sadis yang disematkan didalamnya. Mulai dari sensor kamera hingga tampilan antarmuka, seluruhnya menggunakan versi terbaru dan terbaik di kelasnya.

Kelebihan lain yang dimiliki ponsel ini adalah keberadaan layar sekunder berukuran kecil di bagian belakang bodinya. Tepatnya dekat modul kamera.

Layar berdiameter 1,1 inci tersebut, diperuntukkan agar pengguna bisa melihat notifikasi sekaligus petunjuk kala mengambil selfie dengan kamera belakang.

Menariknya, ternyata layar tambahan ini diadopsi dari display Mi Band 5. Salah satu perangkat gelang pintar wearable Xiaomi yang dirilis pada tahun 2020 lalu. Penggunaan display ini diyakini sebagai salah satu langkah untuk menghemat biaya produksi yang dikeluarkan.

Unjuk ketangguhan di bawah air

Xiaomi Mi 11 Ultra rilis di Indonesia pada tanggal 29 Maret 2021. Perilisannya berbarengan dengan smartphone Xiaomi lain dari seri yang sama, yakni Mi 11 Pro dan Mi 11 Lite.

Ada yang unik dari cara Xiaomi mengenalkan Mi 11 Ultra kepada publik. Sebelumnya ponsel ini diklaim memiliki ketangguhan yang sangat baik akan debu dan air. Hal ini dibuktikan dengan sertifikasi rating IP68 yang dimilikinnya.

Seolah ingin memberi bukti konkret dari klaim tersebut, Xiaomi mencoba hal ekstrem untuk menguji ketahanan dari Mi 11 Ultra. Caranya dengan melakukan demonstrasi unboxing atau membuka kemasan dari ponsel tersebut di bawah air.

Momen tersebut dapat dilihat pada video yang diunggah oleh Xiaomi di akun Weibo resminya. Dalam video tersebut, terlihat seorang penyelam sedang membuka kotak penjualan dan mengeluarkan isinya satu per satu. Kemudian ia pun mengaktifkan ponsel tersebut langsung di bawah air.

Beberapa orang menganggapnya sebagai sebuah gimmick. Akan tetapi, dari video tersebut bisa dilihat kalau Xiaomi telah sukses mengembangkan smartphone dengan sertifikasi IP68. Di mana ponsel ini tetap dapat beroperasi walau berada di bawah air dengan rentang kedalaman 1-3 meter selama 30 menit. Jadilah Mi 11 mendapat julukan sebagai jagoan IP68.

Ketahanan akan debu dan air dari MI 11 Ultra juga terlihat pada cover depan dan belakang ponsel ini.

Di bagian depannya, terdapat lapisan pelindung Gorilla Glass Victus yang berfungsi untuk memproteksi panel layarnya. Sementara di sisi belakangnya dilapisi dengan keramik dengan maksud untuk mencegah masuknya air dan debu ke dalam perangkat ini.

Spesifikasi lengkap, Kelebihan, dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra

Berikut merupakan penjelasan mengenai spesifikasi lengkap, kelebihan, serta kekurangan dari smartphone Xiaomi Mi 11 Ultra.

  • Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Ultra

Foto-spesifikasi-lengkap-kelebihan-dan-keurangan-xiaomi-mi-11-ultra-01

Harga: Rp21.650.000

Display
Type: AMOLED (with Corning Gorilla Glass Victus Protection)
Resolution: 1440 x 3200 pixel
Size: 6.81 inch

Network
2G/3G/4G LTE/5G

Platform
OS: Android 11 (MIUI 12.5)
GPU: Adreno 660
CPU: Octa-core
RAM/ROM: 8GB/256GB, 12GB/256GB, 12GB/512GB
Chipset: Snapdragon 888 5G

Camera
Main (Triple)): 50MP + 48MP + 48MP (Video: 8K with 24 fps, 4K@ with 30/60 fps, 1080pwith 30/60/120/240/960/1920 fps)
Selfie: 20MP (Video: 1080p with 30/60fps, 720p with 120fps)

Body
Dimension body: 164,3 mm x 74,6 mm x 8,4 mm
Weight: 234 gram
Colors: Cosmic Black (Ceramic Black), Cosmic White (Ceramic White)

Other:
Feature: Accelerometer, Proximity, Fingerprint, Compass, Gyro, GPS, Bluetooth 5.2, NFC, colors spectrum
Battery: 5000 mAh, Li-Po (with fast charging 67W, reverse wireless charging 10W, Quick Charge 4+, and Power Delivery 3.0)
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac/6e
USB: USB Type-C 2.0, USB On The Go

  • Tampilan bodi ramping dan elegan

Secara garis besar, dimensi dan desain dari Mi 11 Ultra ini hampir menyerupai dengan saudara kandung dari seri yang sama, Xiaomi Mi 11. Persamaannya terdapat pada tampilan bodi yang terlihat tipis dan ramping.

Wajar saja kalau bodi dari Mi 11 Ultra ini cukup tipis. Ketebalan dari material alumunium yang dipakai sebagai rangkanya hanya berkisar 8,4 mm saja.

Rangka tersebut dibuat melebar dengan empat sudut yang berfungsi untuk meminimalisir risiko kerusakan yang timbul kala ponsel terbentur atau terjatuh.

Di bagian belakangnya terlihat cover yang terbuat dari material keramik. Membuat kesan elegan dan menawan begitu terasa dari bodinya. Bukan hanya itu, penerapan material tersebut juga membuat ponsel jadi terbebas dari noda sidik jari yang menempel.

Ini berbeda dengan yang terdapat di seri Mi 11, yang bagian cover belakangnya hanya menggunakan material kaca sehingga lebih mudah kotor. Penutup belakang dari Mi 11 Ultra juga memiliki kesan kekar dan kukuh arena tidak dibentuk terlalu melengkung seperti pada Mi 11.

Modul kamera menjadi salah satu bagian yang paling mencolok dari Mi 11 Ultra. Tentu saja mengingat bentukannya yang besar dan atratif. Di sini terdapat dua lensa kembar, yakni lensa utama dan ultrawide, serta lensa periskop dan beberapa sensor kamera lainnya. Bentuan modul ini tidak akan Anda temukan pada ponsel pintar mana pun.

Terdapat juga tiga buah lampu flash yang disusun berbaris, disertai layar sekunder yang memiliki ukuran sekitar 1,1 inchi.

Layar tersebut memiliki fungsi untuk menampilan berbagai informasi, misalnya tanggal, jam, hingga kapasitas baterai. Bisa juga difungsikan sebagai viewfinder bagi Anda yang ingin mengambil swafoto menggunakan main camera.

Ukuran modul kamera yang besar tersebut ternyata juga memiliki efek samping. Di mana terdapat tonjolan berkisar 3,7 mm.

Memang akan terasa sedikit mengganggu, apalagi bila ingin dimasukkan ke dalam saku celana. Akan tetapi, bentukan modul tersebut bisa membuat lensa kamera jadi tetap jernih karena terhindarkan dari sentuhan jari.

Beralih ke bagian bawah bodi. Di sini ada laci khusus yang digunakan untuk menyematkan dua buah kartu SIM tipe nano, port USB Type C, speaker, serta mic. Sementara di sisi atasnya terdapat speaer tambahan dengan logo Harman Kardon, mic kedua, IR Blaster, serta earpiece.

Sayangnya tidak tersedia slot untuk memasang kartu SD eksternal. Meski begitu, kapasitas ROM yang dimiliki ponsel ini sangat besar sehingga Anda tidak akan merasa begitu kehilangan.

Bagian lain yang absen adalah port jack audio 3,5 mm. Sebagai gantinya, Anda bisa memakai perangkat audio yang wireless atau support Bluetooth.

Hal penting lain yang harus Anda ketahui adalah bahwa Mi 11 Ultra telah memiliki sertifikasi IP68. Artinya, ponsel ini memiliki ketahanan sepenuhnya akan debu dan air. Bahan Mi 11 Ultra bisa tahan hingga 30 menit saat tercelup ke air yang memiliki kedalaman sekitar 1-3 meter.

  • Tampilan layar dengan resolusi 2K yang memuaskan

Di tengah era full view display seperti sekarang ini, tiap ponsel terbaru selalu dituntut untuk memberikan peningkatan pada ukuran layar, tanpa harus memperbesar diameter bodi ponselnya. Hasilnya, ukuran bezel pun mulai diperkecil. Seperti pada Mi 11 Ultra ini.

Diameter dari layar Mi 11 Ultra lebih besar dibanding rata-rata ponsel pintar di kelasnya, yakni 6,81 inci. Bagian bezelnya pun dibuat dengan sangat tipis. Sehingga tidak heran kalau rasio layar ke bodi-nya berhasil menembus angka 91,4%.

Teknologi panel layar AMOLED dengan rasio aspek 20:9 yang dibenamkan pada ponsel ini memberikan resolusi yang tinggi, yakni 1440 x 3200 pixel alias 2K.Perpaduan dari resolusi dengan diameter layar juga membuat kepadatan layarnya jadi sangat tinggi, bisa mencapai angka 515 ppi.

Sebenarnya, resolusi 2K bukanlah yang tertinggi, mengingat ponsel keluaran Sony sering menerapkan resolusi 4K. Meski begitu, resolusi 3K sudah terbilang bagus untuk memberi tampilan visual yang mulus dan memuaskan.

Ditambah lagi dengan kekuatan laju penyegaran adaptif dengan angka maksimal 120Hz. Inilah yang membuat kegiatan scrolling Anda jadi terasa makin lancar dan bebas tersendat. Agar lebih hemat daya baterai, Anda bisa menurunkan angkanya secara otomatis, misalnya ke 60 Hz atau 90 Hz.

Selain itu, kedalaman warna pada layar Mi 11 Ultra juga termasuk salah satu yang jawara sekelasnya. Karena ponsel ini telah dibekali sistem warna 10 bit atau sekitar 1,07 miliar warna! Ditambah lagi dengan teknologi Dolby Vision dan HDR10+ serta rasio kontras yang mencapai 1:5.000.000. Memberikan kesan realistis dan nyata pada konten video yang Anda tonton.

  • Fitur kamera kelas unggulan

Alih-alih menyematkan resolusi 108MP seperti pada Mi 11, Xiaomi lebih memilih resolusi 50MP pada lensa utama dari Mi 11 Ultra. Selain itu, bukaan lensa pada kamera utamanya pun dibuat mengecil dengan angka f/1.95.

Walau begitu, jangan remehkan angka kecil yang disematkan. Pasalnya, Mi Ultra merupakan smartphone pertama yang menggunakan sensor kamera Samsung ISOCELL GN2. Sensor kamera kelas atas dari Samsung ini begitu istimewa karena memiliki ukuran yang besar, bahkan sampai 1/1.12 inci.

Ukuran tersebut sama dengan sensor kamera ponsel terbesar di dunia saat ini, yakni Nokia PureView 808. Samsung GN2 mampu menghasilkan tiap piksel gambar dalam ukuran 1,4 µm. Jadi, secara default resolusi maksimal yang dihasilkan bisa sampai 12,5MP.

Untuk membuat kualitas kamera belakang dari Mi 11 Ultra tetap terjaga, Xiaomi menyematkan dua kamera lain yang memiliki resolusi serupa. Di mana lensa ultrawide serta lensa telephoto periskop dengan sensor Sony IMX586 dan PDAF tersebut sama-sama memiliki resolusi 48MP.

Yang membedakan adalah sudut pandang dan bukaan lensanya. Kamera ultrawide-nya memiliki lensa berukuran 12 mm yang memiliki sudut pandang 128˚ dengan bukaan f/2.2. Sementara kamera telephoto periskop memakai lensa berukuran 120mm dengan bukaan f/4.1.

Pada kamera depannya, disematkan lensa beresolusi 20MP. Sama dengan yang terdapat pada Mi 11. Detail dan ketajaman yang dihasilkannya pun sama-sama bagus. Hasil jepretan yang diambil bisa lebih lembut apabila dilakukan pada kondisi yang pencahayaannya kurang.

Bagi Anda yang ingin mengabadikan momen dalam bentuk video, Mi 11 Ultra ini sangat tepat digunakan. Seluruh lensa kamera belakangnya dapat dipakai untuk merekam video dalam resolusi maksimal 8K dengan 60 fps. Terdapat pula fitur penstabil sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan alat eksternal untuk mencegah goyang pada video.

  • Performa dapur pacu yang super kencang

Sebagai ponsel pintar kelas atas, wajar kalau spesifikasi dapur pacu yang dimiliki Mi 11 Ultra termasuk yang tertinggi. Ini bisa terlihat dari penyematan chipset 5G keluaran Qualcomm, yakni Snapdragon 888 yang masih jadi terkencang di dunia saat ini.

Ketangguhan ponsel ini makin terasa dengan adanya dukungan dari komponen jeroan lainnya. Salah satunya adalah RAM jenis LPDDR5 berkapasitas 12GB serta ruang penyimpanan dari teknologi UFS 3.1 dengan kapasitas 256GB.

Untuk menunjang aktivitas bermain game penggunanya, Xiaomi juga menambahkan aplikasi bawaan yang diberi nama Game Turbo. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengatur beberapa hal, misalnya memblokir notifikasi masuk agar pengalaman bermain gim yang didapat jadi lebih maksimal.

  • Kapasitas baterai jumbo dengan ragam fitur pengisian daya

Bukan Xiaomi namanya kalau tidak menggunakan baterai dengan kapasitas besar pada produk ponselnya. Kali ini, Xiaomi memeriahkan varian Mi 11 Ultra dengan baterai jenis litium polimer yang memiliki kapasitas 5000 mAh. Lebih tinggi 500 mAh dari Mi 10 Ultra.

Peningkatan kapasitas baterai ini berhasil mendongkrak lama waktu nyala dari Mi 11 Ultra ini. Hanya dalam satu kali pengisian daya, ponsel ini mampu melayani telepon di jaringan 3G selama 28 jam 5 menit, browsing via Wi-Fi selama 11 jam 3 menit, serta menonton video offline selama 15 jam 10 menit.

Kapasitas baterai yang besar ini juga dibarengi dengan teknologi fast charging 67 W yang sangat cepat. Dalam waktu 30an menit saja, baterai ponsel ini sudah bisa terisi penuh 100%. Selaini tu, ada juga fitur pengisian daya balik nirkabel 10W, Power Delivery 3.0, serta Quick Charge 4+.

Kelebihan Xiaomi Mi 11 Ultra

  • Dibekali dengan desain atraktif yang elegan dan menawan.
  • Telah memiliki sertifikasi IP68 yang tahan debu dan air.
  • Sudah memakai resolusi 2K yang memberi tampilan halus dan realistis.
  • Menggunakan chipset tercepat di dunia saat ini, yaitu Snapdragon 888 5G.
  • Didukung dengan tampilan antarmuka dan teknologi Bluetooth terbaru.
  • Menjadi ponsel pintar pertama yang menyematkan sensor kamera Samsung ISOCELL GN2.
  • Kapasitas baterainya sangat besar, ditambah dengan pengisian daya cepat 67W.

Kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra

  • Bobotnya sangat berat.
  • Penerapan layar sekundernya dirasa kurang nendang dan sia-sia.
  • Tidak menghadirkan slot untuk kartu memori eksternal.

Kesimpulan

  • Xiaomi Mi 11 Ultra merupakan bagian dari seri Xiaomi Mi 11 yang telah dirilis pada 29 Maret 2021.
  • Xiaomi Mi 11 Ultra dirilis berbarengan dengan seri Mi 11 lainnya, yakni Mi 11 Pro dan Mi 11 Lite.
  • Keunggulan dari Xiaomi Mi 11 Ultra paling terlihat pada desain, teknologi layar, sertifikasi IP68, dapur pacu, sensor kamera, serta kapasitas baterai dan fitur pengisian dayanya.
  • Sementara untuk kekurangan dari Xiaomi Mi 11 Ultra adalah bobot yang cukup berat, penerapan layar sekunder yang terasa sia-sia, serta absennya slot untuk kartu memori eksternal.

Referensi

1. GSM Arena (2021), Xiaomi Mi 11 Ultra, https://www.gsmarena.com/xiaomi_mi_11_ultra-10737.php
2. Mi.com (2021), Mi 11 Ultra, https://www.mi.com/global/product/mi-11-ultra/overview

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *